Jalan Tergenang Air? Ini Hal yang Harus Para Pengendara Lakukan!

Kondisi jalanan di beberapa wilayah Indonesia memang belum semuanya mulus, ada beberapa lubang yang ketika hujan akan tergenang air. Selain kondisi jalanan yang berlubang, genangan air juga muncul di ruas-ruas jalan utama akibat posisi jalan yang rendah.

Kondisi jalan yang tergenang air ini tentunya cukup membahayakan pengguna jalan. Pasalnya, lubang, benda tajam, bebatuan, dan benda-benda lainnya tidak akan terlihat, hingga bisa memicu terjadinya kecelakaan. Belum lagi jika genangan tersebut dekat dengan instalasi listrik yang berpotensi menyebarkan arus listrik.

Genangan air di jalanan juga bisa membuat kendaraan mogok yang akhirnya harus mendapatkan penanganan di bengkel. Langas, apa yang harus dilakukan ketika menemukan jalanan penuh dengan genangan air? Yuk, simak tipsnya dibawah ini!

Baca Juga: Mengenal Mobil Mewah Mulai dari Jenis, Harga, dan Rekomendasi

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Jalan yang Dilalui Tergenang Air

loader

Jalanan yang Tergenang Air

  1. Periksa Kedalaman Genangan Air

    Sebelum memasuki genangan air, perhatikan kedalamannya. Jika kamu tidak dapat menilai kedalamannya dengan jelas, lebih baik untuk mencari jalur alternatif. 

    Genangan air yang terlalu dalam dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan dan meningkatkan risiko kecelakaan. Jangan buru-buru di-trabas ya, periksa dulu genangannya untuk meminimalisir resiko jatuh atau kendaraan mogok. 

    Cara termudah untuk mengecek kedalaman air adalah dengan memperhatikan kendaraan-kendaraan yang melewatinya. Jika saat dilewati kendaraan lain airnya lebih dari bagian roda, sebaiknya cari jalan alternatif lain.

  2. Kurangi Kecepatan

    Jika dirasa genangan tersebut aman untuk dilalui tapi kamu masih ragu, coba deh kurangi dulu kecepatan berkendara. Menurunkan kecepatan akan membantu mengurangi risiko tergelincir dan memungkinkan laju kendaraan tetap stabil.

    Selain itu, mengurangi kecepatan kendaraan juga bisa mengurangi fatalitas saat terjatuh terutama saat mengendarai motor. Genangan yang tenang atau tanpa arus sekilas akan terlihat aman.

    Tapi jika kamu menerjangnya dengan kecepatan tinggi, daya dorong air tersebut ke arah yang berlawanan akan semakin besar. Akibatnya, bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan karena pengendara lain yang terjatuh. 

  3. Berkendara di Bagian Tengah

    Jika jalanan tersebut sepi, coba berkendara di bagian tengah jalan alias jangan terlalu pinggir. Bagian tengah merupakan bagian teraman untuk dilewati ketika ada genangan air, apalagi genangannya rata dan cukup dalam.

    Alasannya air cenderung lebih dangkal di bagian tengah, jadi bagian ini lebih aman untuk dilewati. Selain itu, untuk jalanan yang dekat dengan parit atau selokan, berkendara terlalu pinggir membuat pengemudi rentan terperosok.

    Hal ini karena bagian pinggir yang dilalui ban-ban kendaraan besar cenderung lebih cekung kedalam. Jadi volume air genangannya lebih banyak, dan ini harus dihindari.

  4. Jalan Bergantian dengan Pengemudi Lain

    Jika jalan tergenang yang dilalui memiliki 2 lajur dan kondisinya tengah ramai, coba jalan bergantian dengan kendaraan lain. Selain untuk meminimalisir bahaya akibat terjatuh, cara ini juga efektif untuk menghindari percikan air ke tubuh sendiri maupun pengendara lain.

    Dengan begitu, perjalanan bisa lebih nyaman tanpa perlu kebasahan akibat cipratan genangan air. Hal ini juga harus dilakukan ketika berkendara berdampingan dengan kendaraan besar, seperti truk dan bus.

    Baca Juga: 15 Istilah Otomotif Penting yang Harus Diketahui Setiap Pemilik Kendaraan

  5. Jaga Jarak Aman

    Pertahankan jarak aman antara kendaraan milikmu dengan kendaraan didepannya. Tujuannya untuk memberikan ruang yang cukup saat terjadi hal-hal tidak terduga.

    Misal saat mengerem mendadak akibat kendaraan di depan yang berhenti tiba-tiba. Sehingga kendaraan di belakang tidak saling bertabrakan.

    Jika kamu naik sepeda motor, jangan terlalu mengekor pada mobil atau kendaraan roda empat lain yang ada di depan. Terutama kendaraan bermuatan berat seperti truk, hal ini berbahaya. Apalagi kendaraan tersebut bisa memicu gelombang air besar yang membuat kestabilan kendaraan terganggu.

  6. Jangan Terlalu Memaksakan Jalur

    Apa yang dialami kendaraan di depan mungkin saja bisa kamu alami jika kamu memaksakan diri untuk melewatinya. Jika melihat kendaraan lain kesulitan melintasi genangan air, hindari menggunakan jalur yang sama.

    Mungkin saja ada kerusakan tersembunyi di bawah genangan air yang dapat menyebabkan masalah pada kendaraan atau terjatuh. Cari jalur yang lebih aman jika memungkinkan.

  7. Tetap Konsentrasi

    Apapun kondisinya, saat berkendara setiap orang dituntut harus konsentrasi penuh. Hilang fokus sebentar saja bisa berakibat fatal, apalagi jika kondisi jalan yang tergenang tersebut buruk alias berlubang-lubang.

  8. Usahakan Laju Kendaraan Stabil dan Konsisten

    Saat berkendara di jalanan yang tergenang, usahakan kecepatan kendaraan tetap stabil dan konsisten. Jangan mengurangi atau menambah kecepatan kendaraan secara mendadak.

    Hal ini akan membuat kamu rengan kehilangan kestabilan atau keseimbangan kendaraan. Apalagi jika kendaraan yang dinaiki adalah sepeda motor.

  9. Jangan Memaksakan Diri dan Cari Rute Alternatif

    Jika jalanan yang dilalui tergenang banjir dengan kedalaman lebih dari 15 cm atau mencapai lebih dari setengah bagian dari roda kendaraan, jangan memaksakan diri, ya. Apalagi jika genangan tersebut memiliki arus yang cukup deras, bisa-bisa kendaraan yang dinaiki akan ikut terseret.

    Hal ini tidak hanya berlaku untuk sepeda motor saja, tapi juga mobil. Meskipun sepeda motor lebih rawan tergelincir dan jatuh saat melewati genangan air, tapi mobil juga bisa, lho.

    Jadi, tetap waspada dan hati-hati ketika melewati jalanan yang tergenang air. Selain berbahaya untuk diri sendiri, kurang berhati-hati saat berkendara di jalanan penuh genangan air juga bisa membahayakan pengendara lain jika lalai.

Selalu Waspada Saat Berkendara, Terutama di Jalanan Penuh Genangan Air 

Pada intinya, ketika melewati jalanan yang tergenang air atau banjir setiap pengendara harus tetap waspada dan berhati-hati supaya tidak jatuh. Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Ada baiknya periksa terlebih dahulu apa genangan tersebut memungkinkan untuk dilewati atau tidak. Ingatlah, keselamatan adalah prioritas utama saat berkendara di tengah genangan air. Bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga keselamatan semua pengguna jalan.

Jika kamu merasa tidak yakin atau tidak nyaman, lebih baik cari rute alternatif lainnya yang dirasa lebih aman dari genangan air.

Baca Juga: Mengenali Masalah Pada Kopling di Mobil SUV