Jangan Asal Tergiur ‘Double Claims’ Asuransi: Pahami Maksudnya!

Memperoleh privilage (hak istimewa) dari produk asuransi maupun produk perbankan lainnya memang menyenangkan, juga menguntungkan. Akan tetapi ada baiknya Anda memahami setiap kata privilage yang ditawarkan untuk menarik minat memiliki produk tersebut.

Keuntungan seperti apa yang akan diperoleh nantinya dengan jelas tanpa persepsi yang berbeda, tidak akan membuat Anda menyesal di kemudian hari. Jadi konsumen cerdas itu keharusan demi menyelamatkan keuangan.

Seperti halnya istilah double claims pada asuransi kesehatan yang kerap menjadi daya tarik tersendiri untuk memiliki produk tersebut tanpa mengerti maksudnya. Sepintas, tidak ada yang salah memang dengan istilah tersebut. Namun tidak sedikit orang yang salah mengerti maksud dari istilah dobel klaim ini.

Hingga akhirnya berharap lebih dari asuransi kesehatan tambahan di luar yang sudah disediakan oleh perusahaan. Untuk itu, memahami maksud dari double claims asuransi penting adanya.

Baca Juga: BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih Baik?

Lalu Apa Maksud ‘Double Claims’ Asuransi?

Reimbursement
Jangan salah paham dengan istilah dobel klaim asuransi kesehatan

Jangan salah paham dengan maksud dari double claims asuransi ini. Maksud dari dobel klaim ini adalah perlindungan atau reimbursement (pengembalian) biaya yang ditanggung oleh kartu asuransi tambahan atas klaim yang tidak ditutup (cover) oleh kartu asuransi utama (yang sudah disediakan oleh perusahaan tempat bekerja).

Artinya, kartu asuransi tambahan (di luar kartu asuransi di tempat kerja) ini hanya sebagai backups atau penyokong dari biaya yang telah Anda keluarkan. Bila kartu asuransi di tempat kerja Anda tidak mengganti semua klaim Anda, maka kartu asuransi tambahan Anda bisa mengganti sisanya. Itulah yang dimaksud dari istilah double claims asuransi.

Contoh:

Ayu telah melakukan rawat inap di rumah sakit ‘A’ dengan biaya rawat inap per harinya sebesar Rp500.000. Ayu telah dirawat selama 7 hari, maka totalnya menjadi Rp3.500.000 biaya yang telah dia keluarkan.

Lalu Ayu mengajukan klaim atas biaya rawat inap tersebut kepada asuransi di tempat kerjanya. Namun ternyata asuransi tersebut hanya memberikan pengembalian/penggantian biaya sebesar Rp300.000 saja untuk rawat inap per harinya.

Maka, sisa biaya rawat inap per harinya sebesar Rp200.000 harus ditanggung Ayu sendiri. Tapi karena Ayu telah memiliki asuransi kesehatan lain, maka dia mengajukan klaim dari sisa biaya yang tidak dicover kartu asuransi yang disediakan perusahaan tempat dia bekerja.

Jadi, itulah yang disebut double claims asuransi.

Oleh karena itu buang jauh-jauh pemikiran bahwa Anda bisa untung dengan kartu asuransi yang katanya bisa dobel klaim karena beranggapan Anda bisa mendapatkan penggantian dua kali lipat dari biaya yang telah dikeluarkan. Bukan, bukan demikian maksudnya!

Karena pada dasarnya, istilah dobel klaim ini benar-benar hanya untuk menutup biaya yang telah dikeluarkan, agar Anda tidak merugi. Jadi, pengertian dobel klaim ini benar-benar berbeda, bukan?

Contoh pemahaman double claims asuransi yang salah kaprah:

Budi sudah punya kartu asuransi kesehatan dari kantor dia bekerja. Lalu dia membeli produk asuransi lain karena tergiur istilah double claims. Berharap ketika dia mengeluarkan biaya pengobatan dan mengklaim biaya ke asuransi dari kantor, setelah itu dia klaim juga ke asuransi lain yang dia punya.

Ia beranggapan akan memperoleh penggantian biaya berobat menjadi dua kali lipat alias dobel. Yakni setelah dapat reimbursement dari asuransi di kantornya, dia juga memperoleh reimbursement dari asuransi lainnya. Tidak, bukan demikian maksudnya. Maka, Budi telah beranggapan salah kaprah atas maksud dari memiliki 2 kartu asuransi tersebut.

Misal,

Budi melakukan rawat inap di rumah sakit ‘B’ selama 5 hari dengan biaya sebesar Rp1.000.000 per hari, sehingga total biaya yang telah dikeluarkan sebesar Rp5.000.000.000.

Karena Budi salah persepsi, lalu budi berpikir akan memperoleh Rp10.000.000 dari klaim yang akan dia lakukan ke asuransi utama (dari kantor dia bekerja) sebesar Rp5.000.000 dan dari asuransi tambahan sebesar Rp5.000.000.

Budi berpikir akan memperoleh keuntungan Rp5.000.000 dari sakit dia itu. Ini adalah contoh perhitungan dari anggapan dia yang salah selama ini mengenai double claims asuransi.

Dobel Klaim Asuransi Bukan Omong-Kosong

Benefit
Dobel klaim akan menutup semua biaya yang Anda keluarkan

Lalu, apakah istilah double claims asuransi ini hanya sebuah omong-kosong saja? Tentu tidak. Itu bukan tipu-tipu marketing agar produknya laku ditawarkan. Karena memang itu benar adanya. Karena kartu asuransi itu benar-benar bisa menutup biaya yang berpotensi menjadi kerugian bagi Anda.

Sebagaimana penjelasan di atas, bahwa kartu asuransi tambahan bisa mengcover biaya-biaya yang Anda keluarkan yang tidak dicover oleh kartu asuransi utama dari perusahaan Anda bekerja.

Maka dari itu, memiliki kartu asuransi tambahan juga penting. Dan Anda tahu benerfit yang bisa diperoleh dengan istilah double claims tersebut.

Contoh:

Rita mengeluarkan biaya rawat inap di rumah sakit ‘C’ selama 5 hari sebesar Rp2.000.000 per hari, sehingga totalnya sebesar Rp10.000.000.

Karena Rita punya 2 asuransi, yakni asuransi utama dari perusahaan/kantor dia bekerja dan asuransi tambahan pilihan dia dari asuransi lain, maka dia tidak mengalami kerugian atas biaya yang telah dikeluarkannya.

Sebab tidak semua biaya pengobatan itu ditanggung oleh asuransi kesehatan yang disediakan oleh kantornya. Katakanlah yang dicover oleh asuransi utama hanya Rp7.000.000 saja, maka sisanya yang Rp3.000.000 itu bisa diajukan klaim ke asuransi tambahan yang dia miliki.

Dengan demikian, Rita tidak mengalami kerugian atas biaya perawatan di rumah sakit selama 5 hari tersebut. Maka, Rita menjadi untung, bukan?

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Keuntungan Punya Lebih dari Satu Asuransi Kesehatan

Kartu Asuransi
Tak ada salahnya memiliki lebih dari satu kartu asuransi kesehatan

Bagi Anda yang punya dana lebih dan ingin mendapatkan proteksi kesehatan maksimal, pilihan untuk memiiki lebih dari satu asuransi menjadi pilihan yang menarik. Namun yang perlu diperhatikan agar proteksi Anda maksimal dan premi yang dibayarkan tidak memberatkan, cek terlebih dahulu apakah paket asuransi yang akan Anda ambil memiliki fasilitas dobel klaim atau tidak. Sebab tidak semua asuransi memberikan fasilitas yang sama.

Fasilitas double claims ini banyak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi sebagai nilai tambah yang banyak dilirik oleh nasabah. Sehingga nasabah yang sudah memiliki kartu asuransi pun tetap tergiur dengan fitur dobel klaim ini.

Sebab, dengan fasilitas dobel klaim, nasabah akan mendapat proteksi maksimal, di mana biaya pengobatan yang dia keluarkan akan mendapatkan proteksi dari dua perusahaan asuransi yang berbeda. Sehingga terhindar dari over ceiling (melebihi plafon) yang tidak terbayarkan.

Prinsip Asuransi Dobel Klaim

Double claim
Ikuti prosedur klaim asuransi kesehatan

Prinsip dari asuransi dobel klaim perlu dipahami dengan baik untuk menghindari kesalahpahaman. Berikut prinsip asuransi dobel klaim ini, yaitu:

  • Asuransi bukanlah tempat mencari keuntungan, tetapi sarana untuk mengganti kerugian. Artinya, bila Anda memiliki 2 polis asuransi dan salah satunya telah mengganti kerugian secara penuh, maka perusahaan asuransi lainnya tidak akan mengganti lagi kerugian Anda.
  • Dobel klaim bisa dilakukan, namun tidak akan memberikan penggantian lebih dari kerugian Anda.
  • Pengajuan klaim kedua asuransi ini adalah untuk membayar kekurangan atau selisih biaya pengobatannya, bukan membayar secara keseluruhan sehingga Anda memperoleh penggantian dobel.

Nah, jika Anda hanya membeli asuransi tambahan karena ingin penggantian uangnya, tentu itu tidaklah benar. Karena yang Anda lakukan tak lebih dari megeluarkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Karena akan ada premi yang harus Anda bayarkan setiap bulan, bukan?

Manfaat Double Claims Asuransi Kesehatan

Double benefit claims
Nikmati manfaat ganda dari dobel klaim asuransi kesehatan

Beberapa manfaat dari fasilitas dobel klaim berikut perlu Anda pahami dengan baik agar merasa nyaman dalam mengikuti program asuransi tersebut:

  • Anda bisa berobat atau menjalani perawatan di rumah sakit manapun yang bukan rekanan dari perusahaan asuransi dengan fasilitas dobel klaim tersebut.
  • Anda bisa melakukannya dengan cara reimburse. Biasanya Anda akan diminta membayar terlebih dahulu biaya pengobatan dan perawatan selama Anda di rumah sakit. Kemudian kuitansi tagihan tersebut bisa Anda klaim ke perusahaan asuransi dan pihak asuransi akan mengganti sesuai dengan jumlah uang yang sudah Anda keluarkan sesuai dengan yang tertera pada kuitansi.

Baca Juga: Pahami Sistem Klaim Asuransi Kesehatan Berikut untuk Memudahkan Klaim Asuransi

Cara Melakukan Dobel Klaim Asuransi Kesehatan

Rincian klaim asuransi
Ilustrasi rincian klaim asuransi kesehatan

Cara melakukan klaim untuk layanan asuransi dobel klaim ini tidak jauh berbeda dengan klaim asuransi pada umumnya, yaitu:

  • Apabila Anda memiliki BPJS Kesehatan, maka asuransi pertama yang harus digunakan saat Anda dirawat adalah asuransi BPJS Kesehatan ini. Dan kekurangan pembayarannya baru bisa diklaim ke asuransi swasta lainnya yang Anda miliki.
  • Saat akan pulang dari pengobatan atau rawat inap, mintalah rincian dari perusahaan asuransi pertama mengenai rincian biaya apa saja yang tidak dicover oleh perusahaan tersebut untuk proses klaim ke perusahaan asuransi yang kedua. Sertakan dokumen asli yag dilegalisir.
  • Lengkapi berkas dengan resume medis dari dokter, lengkapi pula dengan hasil laboratorium yang berhubungan dengan pengobatan, untuk disertakan pada pengajuan klaim ke asuransi kedua (asuransi tambahan) Anda.

Data yang Dibutuhkan untuk Memenuhi Syarat Klaim Asuransi

Proses klaim asuransi
Lengkapi syarat yang dibutuhkan untuk klaim asuransi kesehatan

Data atau dokumen resmi yang wajib disertakan pada saat mengajukan klaim asuransi kesehatan Anda pada umumnya sama, yaitu:

  1. Perincian biaya yang ditanggung oleh asuransi kesehatan pertama (asuransi utama)
  2. Fotocopy kuitansi biaya keseluruhan pengobatan
  3. Formulir resume medis dokter (disediakan oleh asuransi kedua/tambahan)
  4. Hasil laboratorium yang berhubungan dengan pengobatan (biasanya diperbolehkan berupa salinan)
  5. Form pengajuan klaim asuransi kesehatan

Pahami Istilah Double Claims Asuransi dan Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan

Memanfaatkan fasilitas asuransi kesehatan dengan maksimal akan memberikan keuntungan tersendiri. Seperti halnya fasilitas double claims asuransi, Anda bisa memanfaatkaan layanan mereka tanpa merasa rugi.

Tapi yang pasti jangan pernah bermimpi mencari ‘untung’ dari fasilitas dobel klaim ini. Karena kartu asuransi Anda tidak bisa digunakan untuk menggandakan uang. Buang jauh-jauh pemikiran demikian itu. Karena asuransi bukanlah tempat untuk mencari keuntungan, namun melindungi Anda dari risiko kerugian.

Tidak ada salahnya Anda memiliki 2 kartu asurnasi kesehatan, lebih-lebih memiliki fasilitas dobel klaim. Anda tidak akan merugi. Bahkan pengajuan dobel klaim asuransi kesehatan tersebut sebenarnya mudah dan cepat, asalkan Anda tahu caranya dan lengkap datanya.

Satu hal lagi, memahami istilah dobel klaim asuransi ini penting agar Anda tidak salah paham dan tidak kecewa di kemudian hari.

Baca Juga: Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik? Ini Kriterianya