Sudah Punya dari Kantor tapi Ingin Ajukan Asuransi Kesehatan Tambahan? Pelajari dulu Keuntungannya Berikut

Memiliki asuransi di zaman yang semakin maju seperti sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Namun beberapa orang terkadang memilih memanfaatkan asuransi yang diberikan oleh kantor sebagai solusi kesehatan. Lantas jika sudah mendapatkan asuransi dari kantor apakah perlu menggunakan asuransi kesehatan tambahan?

Fasilitas asuransi yang diberikan oleh perusahaan biasanya tergantung jenis jabatan maupun kebijakan tiap perusahaan yang berbeda beda. Di beberapa perusahaan, semakin tinggi jabatan maka semakin tinggi pula fasilitas yang diberikan oleh asuransi untuk mengcover masalah kesehatan. 

Yang menjadi masalah, tak semua orang memiliki level kerja di jajaran manajerial yang dapat memanfaatkan asuransi kesehatan terbaik dari kantor secara maksimal. Oleh karenanya sangat penting untuk memiliki asuransi tambahan lainnya.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan: Pengertian, Jenis, Cara Beli hingga Cara Klaimnya

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Asuransi Kesehatan Tambahan

loader

Asuransi Kesehatan

Berikut ini adalah hal-hal yang patut diperhitungkan dalam memilih asuransi tambahan :

  1. Dana

    Idealnya pengeluaran untuk asuransi kesehatan tak boleh lebih dari 10% dari total pendapatan. Jika melebihi 10% dari pendapatan maka dapat dikatakan asuransi tambahan justru akan menambah pos pengeluaran bulanan. Mengingat premi asuransi harus selalu konsisten dibayar agar selalu mendapatkan perlindungan dari asuransi (tidak lapse), hitunglah dana yang dapat dialokasikan untuk asuransi tersebut. 

    Saat ini ada banyak sekali asuransi baik swasta maupun milik pemerintah yang dapat digunakan. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk memilih asuransi mana yang akan kamu gunakan lakukan survey terlebih dahulu terhadap besaran premi asuransinya.

  2. Fasilitas Terbaik

    Selain masalah dana, fasilitas yang diberikan oleh asuransi tambahan pun setidaknya harus lebih baik dari asuransi yang diberikan oleh kantor. Setidaknya jenis asuransi yang dipilih adalah asuransi yang memiliki fasilitas hospital cash plan

    Dengan adanya fasilitas satu ini, kamu bisa mendapatkan dana pertanggungan untuk perawatan. Di beberapa case perusahaan asuransi, jika pihak tertanggung memiliki dua jenis asuransi atau BPJS Kesehatan salah satu pihak asuransi akan tetap memberikan manfaat berupa reimbursement dana pertanggungan. 

  3. Layanan Rumah Sakit

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika memutuskan untuk menggunakan asuransi tambahan, pilih lah jenis asuransi yang memberikan manfaat maupun layanan lebih baik dari asuransi yang diberikan oleh kantor. Beberapa layanan yang setidaknya harus ada dalam asuransi adalah layanan transportasi ambulans, layanan resep darurat, evakuasi, dan lain sebagainya yang mampu membantu permasalahan kesehatan pada saat situasi kritis. 

    Oleh karena itu jika merasa asuransi kesehatan yang diberikan oleh kantor dirasa masih kurang, sangat disarankan untuk membeli asuransi kesehatan tambahan.

  4. Masa Pertanggungan

    Sebuah asuransi individu memberikan masa pertanggungan yang biasanya lebih panjang dibandingkan dengan asuransi corporate yang biasanya disediakan oleh perusahaan untuk karyawannya. Sedangkan pada asuransi corporate hanya akan memberikan masa pertanggungan selama setahun namun dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan bersama. 

    Mungkin hal ini tak terlalu penting bagi seorang karyawan, namun asuransi corporate menganut hukum bilangan besar yang mana bila peserta asuransi tak memenuhi jumlah tertentu, maka asuransi corporate ini tak akan dapat diperpanjang. Di lain sisi jika klaim asuransi dalam jangka waktu satu tahun mengalami kenaikan, premi asuransi corporate di tahun berikutnya akan mengalami lonjakan yang cukup drastis.

  5. Manfaat Pertanggungan

    Tak dapat dipungkiri, asuransi corporate yang diberikan oleh kantor pada karyawannya memberikan manfaat yang berbeda beda terhadap karyawan satu dengan yang lainnya tergantung dari jabatan. Bisa jadi manfaat asuransi jiwa ini hanya akan ditentukan berdasarkan perkalian gaji yang tentunya juga akan berpengaruh saat mendapatkan kenaikan jabatan, gaji dan lain sebagainya. 

    Selain perubahan status karyawan, kamu juga dapat meminta tingkat pertanggungan di atas plafon atau batas yang telah ditentukan meskipun tetap saja ada batasannya. Pada jenis asuransi corporate ini terdapat istilah Free Cover Limit (CFL) yakni pertanggungan maksimum yang diberikan oleh asuransi pada peserta asuransi corporate

    Namun CFL ini ditentukan oleh beberapa faktor, yakni usia rata rata peserta, ukuran kelompok, dan lain sebagainya. Biasanya untuk mendapatkan uang pertanggungan di atas CFL ini kamu harus melakukan proses underwriting tambahan yang akan mengukur tingkat resiko dan hal hal yang perlu diketahui oleh perusahaan asuransi.

Asuransi Tambahan itu Penting, Namun Perhatikan Kebutuhan

loader

Pentingnya Asurans Kesehatan Tambahan

Demikian lah beberapa hal tentang pentingnya membuat asuransi tambahan bilamana telah mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor. Selalu proteksi diri sedini mungkin untuk mengantisipasi hal hal terburuk. 

Akan tetapi perhatikan juga kebutuhan jaminan yang ingin dimiliki. Jangan sampai membayar mahal untuk jaminan yang telah disediakan asuransi kantor. Maka dari itu, gunakan asuransi kesehatan tambahan untuk melengkapi fasilitas atau jaminan dari asuransi kantor yang mungkin belum maksimal.

Baca Juga: Lindungi Karyawan dari Beragam Risiko Medis dengan Asuransi Kesehatan Karyawan Terbaik