Jangan Berkecil Hati, Begini Cara Menghadapi Feedback Negatif dari Orang Lain

Dalam pekerjaan maupun usaha, feedback negatif adalah hal yang tidak bisa dihindari. Meski biasa dialami oleh siapa saja, namun feedback negatif tetap membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Lantas pernahkan Anda berpikir situasi ini terjadi kepadamu? Bagaimana cara menghadapinya agar tetap terus maju?

Jika hal itu benar terjadi kepadamu, maka jangan dulu merasa putus asa sehingga ingin langsung menyerah. Feedback negatif yang diberikan oleh orang lain bisa membuatmu lebih termotivasi untuk maju jika Anda bisa menghadapinya dengan baik, khususnya di bidang bisnis atau usaha.

Sebelum mengetahui cara menghadapi feedback negatif, Anda harus mempelajari apa itu feedback negatif dan apa penyebabnya. Langsung saja, simak penjelasan mengenai feedback negatif beserta caranya pada ulasan berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Mengetahui Apa Itu Feedback Negatif

feedback

Mungkin banyak dari Anda yang belum memahami betul apa itu feedback negatif sehingga tidak sadar bahwa mendapatkannya dan membuat semangat menurun. Pada umumnya, feedback negatif merupakan situasi dimana seseorang menerima ucapan, tulisan, dan lain sebagainya yang memberikan efek negatif atau efek buruk pada sesuatu yang dihasilkannya. 

Contoh nyatanya, misalnya saja ketika Anda memiliki usaha dalam memproduksi baju yang selanjutnya dijual, kemudian seorang pembeli mengatakan baju yang dibuat tidak bagus baik dari segi model maupun kualitasnya. Hal ini merupakan feedback atau respon negatif yang menjatuhkan orang lain.

Jika Anda merasa putus asa dan ingin menyerah setelah mendengar perkataan tersebut maka keputusan tersebut adalah keputusan yang sangat salah. Pasalnya, feedback negatif tersebut bisa dihadapi sehingga membuatmu maju dan menghadirkan kualitas baju yang lebih baik.

Contoh lain dari feedback negatif untuk Anda yang bekerja di kantor adalah ucapan teman setim yang ada di tempat kerja. Mereka yang memberikan feedback negatif terhadap pekerjaan yang sudah susah payah dikerjakan terkadang juga membuatmu ingin menyerah.

Jika hal-hal tersebut terjadi maka pahami terlebih dahulu apa yang dirasakan, apa penyebab mereka memberikan feedback negatif, dan cari tahu apa yang harus Anda lakukan agar bisa terus maju. Pasalnya, jika Anda mampu menghadapinya dengan baik maka hal baik akan terjadi sebagai gantinya.

Baca Juga: Mau Sukses? Lakukan Ini Sejak Kamu Masih Umur 20an

Penyebab Feedback Negatif

Ada banyak faktor yang membuatmu mendapatkan feedback negatif, misalnya seperti ketidakpuasan pelanggan, seseorang yang memang tidak menyukaimu, rasa iri dari orang lain, dan masih banyak faktor lainnya. Kontrol diri sendiri agar tidak langsung merasa down terhadap apa yang orang-orang katakan terhadap usaha atau kerja.

Usahakan untuk menjadikan ucapan negatif mereka sebagai motivasi diri untuk terus maju. Setiap pekerjaan yang Anda lakukan terkadang memang membutuhkan kritik dari orang lain. sudah banyak yang membuktikan bahwa kritik mampu membuat seseorang untuk maju menjadi lebih baik.

Selain itu, feedback negatif juga bisa menjadi pelajaran berharga bagimu agar tidak mendapatkan kritikan yang sama. Pasalnya, kejadian buruk biasanya lebih mudah untuk diingat dibandingkan dengan pengalaman baik sehingga Anda akan berusaha sebaik mungkin untuk menghindari kritikan yang sama.

Banyak orang yang berkata bahwa cara terbaik untuk membalas keburukan dari orang lain adalah dengan menghasilkan sesuatu yang terbaik. Sama halnya denganmu yang menerima feedback negatif dari orang lain, maka balaslah dengan hasil dan kesuksesan terbaik.

Cara Mengatasi Feedback Negatif

feedback negatif
Cara atasi feedback negatif

Ketika Anda mendapatkan feedback negatif dari orang lain, anggap saja bahwa hal tersebut merupakan motivasi. Jangan malah menjadikannya penghalang untuk maju karena merasa tidak percaya diri lagi. Setelah mendapatkan pengalaman negatif, Anda biasanya akan lebih hati-hati untuk melakukan sesuatu agar feedback negatif tidak lagi didapatkan.

Perasaan kecewa dan sakit hati dari masa lalu yang tidak menyenangkan bisa memberi pelajaran serta perubahan pada dirimu. Menerima kejadian tersebut menjadi salah satu cara terbaik untuk menghadapi feedback negatif. Jadi usahakan untuk menerima ucapan negatif orang lain dan memanfaatkannya sebagai momentum untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

Menerima feedback negatif bukan berarti membuatmu harus terbiasa dengan hal tersebut dan membiarkannya. Namun, Anda harus membuatnya sebagai motivasi maju dan membuktikan bahwa apa yang mereka ucapkan adalah salah. Jadi cara terbaik untuk menghadapi feedback negatif adalah pembuktian yang nyata bukan balasan ucapan negatif yang sama.

Baca Juga: Tips ‘Menjual Diri’ Lewat Personal Branding

Terima dengan Lapang Dada dan Jadikan Pembelajaran

Apapun feedback yang diberikan oleh orang lain, Anda tak perlu kesal atau berkecil hati. Sebab memiliki sifat yang seperti tentunya hanya akan membuat kualitas diri Anda menjadi menurun. Alangkah baiknya, menerima dengan lapang dada apapun feedback negatifnya. Lalu, feedback tersebut bisa Anda jadikan sebagai pembelajaran yang berharga untuk memperbaiki diri atau apapun agar menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: 6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Melakukan Pekerjaan dengan Baik