Jangan Ngandelin Keberuntungan, Kamu Harus Lakukan Ini Kalau Mau Kaya

Menjadi sukses dan kaya adalah impian banyak orang. Tetapi pada kenyataannya, hanya segelintir yang mampu mewujudkan mimpi tersebut.

Bukan melulu karena dewi fortuna belum berpihak. Namun bisa jadi karena beberapa faktor, seperti kurang kerja keras, malas, mudah menyerah, tidak punya koneksi, hanya mengandalkan gaji, atau sebab lainnya.

Kalau mau kaya raya, kamu harus memiliki 6 hal berikut ini. Poin-poin di bawah ini pun menjadi kebiasaan para miliarder yang bisa kamu tiru.

Baca Juga: Mau Kaya Raya dari Investasi Saham? Ikuti Tips Keren dari Lo Kheng Hong

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Selalu memiliki rencana

loader
Selalu memiliki rencana 

Orang sukses tidak begitu saja mendapatkan kekayaannya. Mereka harus melewati proses panjang untuk bisa mendulang limpahan harta. Proses tersebut pastinya sudah direncanakan dengan baik.

Mereka ‘mendesain hidupnya’ dengan sebuah perencanaan besar. Baik jangka pendek, menengah, dan panjang. Misalnya hari ini akan mengerjakan apa, siapa yang akan ditemui, apa target yang harus dicapai.

Bisa dimulai dari hal-hal kecil maupun hal besar. Membuat perencanaan merupakan kebiasaan orang kaya. Tetapi tidak hanya sekadar rencana. Mereka yang sukses, berani untuk bertindak, mengambil risiko untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

2. Pembuat keputusan yang tegas

loader
Pembuat keputusan yang tegas 

Orang yang sukses dan kaya tahu betul apa yang diinginkan. Kemudian mengambil keputusan tegas untuk menjalankan usaha tersebut sesuai rencana.

Tanpa ketegasan, mereka akan menjadi lembek. Mudah terpengaruh hasutan sana sini, sehingga bisa menggoyahkan niat dan tekad mereka untuk kaya. Mereka tidak plin plan atau ragu dengan keputusan yang diambil.

3. Berinvestasi dengan bijak

loader
Berinvestasi dengan bijak

Orang kaya tahu caranya menempatkan uang. Uang tidak dibiarkan mangkrak di satu tempat, tanpa menghasilkan apapun.

Uang tersebut pasti akan diputar dengan cara investasi. Investasi adalah cara paling tepat untuk menggandakan uang. Membuat uang beranak pinak, dengan hasil atau keuntungan besar. Bukan cuma satu atau dua persen saja per tahun.

Uang harus menghasilkan lebih banyak cuan, meskipun ada risiko rugi atau gagal. Tetapi kalau ingin mendapatkan untung besar, berinvestasilah pada portofolio yang memiliki risiko tinggi. Itu sudah hukum investasi.

Mereka juga berani berinvestasi dengan modal besar dan dalam jangka panjang. Agar hasilnya pun maksimal. Bukan main-main.

Baca Juga: Resep Kaya Raya Ala Orang Tionghoa yang Bisa Kamu Terapkan

4. Memiliki banyak sumber penghasilan

loader
Memiliki banyak sumber penghasilan 

Selain investasi, orang kaya punya banyak sumber penghasilan. Contohnya dari bisnis, dan lainnya. Jika kamu mau kaya, jangan cuma mengandalkan dari gaji bulanan saja.

Cari usaha lain yang menguntungkan. Misalnya membangun bisnis, kerja tambahan, menyewakan aset untuk mengantongi penghasilan pasif, dan sebagainya.

Dengan demikian, kamu dapat menghasilkan banyak uang dari sumber-sumber penghasilan yang dijalankan. Punya banyak sumber pendapatan juga meminimalisir risiko, bila sumber yang satu mandek atau merugi.

5. Berkumpul dengan orang sukses

loader
Berkumpul dengan orang-orang sukses 

Mau kaya raya, berkawanlah dengan orang-orang yang lebih dulu sukses. Atau jadikan orang-orang sukses tersebut sebagai mentormu. Gali dan resapi ilmunya, kemudian praktikkan.

Sukses itu seperti ‘virus menular.’ Jika berkumpul dan bergaul dengan mereka, maka sangat besar peluangnya kamu mengikuti jejak mereka.

6. Banyak membaca

loader
Banyak membaca

Agar bisa menggapai kesuksesan, banyak hal yang harus dipelajari. Kamu bisa memperoleh semua itu dengan rajin membaca buku.

Membaca bukan hanya akan menambah wawasanmu, tetapi mendukung proses pengembangan diri yang akan berpengaruh padamu.

 

Bacalah buku mengenai kisah sukses seseorang, tips investasi, membangun bisnis, atau buku lain yang mengedukasi sehingga dapat membuatmu terinspirasi. Bisa melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk kemajuan dirimu.

Apa Semua Itu Ada Dalam Dirimu? 

Coba evaluasi diri. Apakah poin-poin di atas sudah ada dalam dirimu? Jika punya sifat, sikap, atau karakter di atas, kamu berpotensi besar menjadi orang sukses dan kaya.

Apabila belum, bagian yang mana? Apakah semua atau hanya sebagian? Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. Lebih baik terlambat, daripada tidak sama sekali.

Kamu dapat terus mengasah dan mengembangkan potensimu, memperbanyak jaringan atau koneksi, bekerja cerdas, belajar investasi, perbanyak membaca buku, atau upaya lainnya.

Yakinlah, tidak ada usaha yang sia-sia. Semua orang punya kesempatan yang sama untuk sukses dan kaya. Tinggal bagaimana kamu, mau atau tidak menjadi kaya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kata Kata Bijak yang Keren Banget agar Hidupmu Penuh Motivasi