Jangan Terburu-buru Menerima Pekerjaan, Pertimbangkan 5 Poin Penting ini Dulu!

Siapa yang tidak senang mendapat jawaban dari perusahaan kalau Anda berhasil melewati tahapan perekrutan karyawan dengan baik dan diterima kerja. Ya, pastinya akan langsung menerimanya begitu saja tanpa berpikir panjang. Namun, baru merasakan beberapa bulan bekerja, muncul ketidaknyamanan yang membuat kinerja menurun. Hal ini tentunya membuat nilai karir menjadi buruk. 

Agar tidak terjadi pada diri Anda, sebaiknya sejak awal jangan terburu-buru menerima pekerjaan yang baru. Meski sudah melalui banyak tahapan seleksi karyawan yang dilakukan, tapi mempertimbangkan kembali bekerja di kantor tersebut tentu akan menjadi keputusan yang tepat untuk meyakinkan diri bahwa pekerjaan tersebut akan berdampak baik pada karir di masa depan.

Berikut ada beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, sebelum menerima pekerjaan baru yang sudah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Ketertarikan pada Pekerjaan yang Baru

wanita karir
Ketertarikan pada pekerjaan yang baru

Jika ini akan menjadi pekerjaan pertama, maka Anda mungkin saja tidak akan memiliki banyak pertimbangan terkait poin yang satu ini. Namun jika ternyata ini akan menjadi pekerjaan baru yang menggantikan pekerjaan sebelumnya, maka sangat penting untuk menilik kembali mengenai ketertarikan pada pekerjaan tersebut. 

Hal ini bisa saja berkaitan dengan alasan Anda meninggalkan pekerjaan yang lama. Segera tanyakan kembali kepada diri sendiri, apakah pekerjaan yang baru ini benar-benar menarik dan sudah sesuai.

2. Kesesuaian Pekerjaan dengan Karir Impian

Di posisi manakah Anda sekarang dan seberapa jauh dari karir yang diimpikan? Hal ini tentu menjadi pertanyaan yang penting, apalagi jika selama ini karir Anda belum merasa dekat dengan karir impian. Untuk itu, lihat kembali pekerjaan yang baru nanti, bisa mendekatkan Anda ke karir impian atau tidak.

Pekerjaan yang baru ini justru bisa saja jauh dari karir impian, apalagi jika bidang tersebut bahkan sama sekali tidak berkaitan. Sebelum terlambat, pertimbangkan hal ini dengan baik, sebelum akhirnya mengambil keputusan yang tepat.

Baca Juga: Bagaimana Peruntungan Karir dan Keuangan Kamu di 2020? Cek Ramalan Zodiak Disini!

3. Kesesuaian Lingkungan dan Budaya Perusahaan

meeting
Kesesuaian lingkungan dan budaya di kantor

Pekerjaan baru tentu identik dengan hal baru, mulai dari memiliki tanggung jawab yang baru, budaya kerja yang baru, termasuk orang-orang yang baru di sekitar lingkungan kerja tersebut. 

Penting untuk selalu memiliki persiapan yang matang terkait dengan hal ini, sebab akan mempengaruhi kenyamanan dan juga kualitas pekerjaan yang bisa dihasilkan nantinya. 

Tanyakan kepada HRD mengenai lingkungan dan budaya kerja perusahaan saat Anda mendapat telepon dari perusahaan atau bisa mendapatkan informasi tambahan terkait hal ini melalui internet dan juga teman atau saudara yang bekerja disana. 

4. Keuntungan yang Akan Didapatkan 

Gaji menjadi pertimbangan penting ketika akan menerima sebuah pekerjaan, sebab bagaimanapun juga setiap orang akan selalu mengharapkan gaji yang layak dan sesuai dengan kemampuannya. 

Namun selain gaji, banyak poin penting lainnya yang patut dijadikan sebagai pertimbangan dalam hal ini, seperti: tunjangan dari perusahaan, jatah cuti, layanan asuransi, bahkan kesempatan untuk menguasai berbagai ilmu atau bidang yang baru. 

Baca Juga: Jam Kerja Fleksibel dan Gaji Tinggi, Ini Dia 10 Negara Terbaik untuk Para Pekerja

5. Peluang Mengembangkan Karir

karir
Peluang mengembangkan karir

Saat akan menerima sebuah pekerjaan, mempertimbangkan peluang berkarir di perusahaan tersebut merupakan hal yang sangat penting. Tak ada satu orang pun yang ingin bekerja di level yang itu-itu saja, apalagi jika ingin mengembangkan karir secara maksimal. 

Lihat peluang yang Anda miliki untuk mendapatkan skill terbaru atau bahkan karir yang lebih tinggi kedepannya, agar kelak bisa mendapatkan karir yang selama ini diimpikan. Selain itu, peluang karir yang sudah jelas sejak awal juga akan mendorong karir berkembang maksimal dan tidak menemukan rasa bosan di dalam pekerjaan baru tersebut.

Pilih yang Terbaik untuk Masa Depan

Mengingat pekerjaan yang akan Anda ambil adalah perjalanan karir untuk masa depan yang cerah, maka jangan sembarang pilih pekerjaan. Pilihlah pekerjaan yang terbaik dan sesuai dengan passion. Dengan begitu, mencapai kesuksesan bisa lebih mudah tercapai.

Baca Juga: Apakah Bekerja Harus Sesuai Passion? Ini Jawabannya