Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

Bagi sebagian masyarakat, buah yang satu ini memang tidak terlalu familiar. Biasa dijadikan jus, terong belanda masih jarang diolah ke dalam masakan di Indonesia. Apakah karena namanya, yang mengingatkan masyarakat pada penjajahan zaman dahulu?

Yang pasti, terong belanda bukanlah buah yang ditemukan di Belanda. Buah dengan latin Solanum Betaceum ini justru pertama kali ditemukan di Andes, Ecuador, Colombia, Peru. Dari sini, buah ini kemudian dikembangbiakkan di seluruh belahan dunia.

Pedagang buah yang paling berhasil membawa terung belanda ke kancah internasional, berasal dari Selandia Baru. Tepatnya pada 1993, mereka memproduksi 2 ribu ton terong. Lalu, dikembangbiakkan di tanah seluas 200 hektar.

Terong yang diproduksi, kemudian dipasarkan di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa.  Hingga akhirnya, buah yang lebih dikenal dengan nama Tamarillo itu pun sampai di Indonesia (tahun 1941) dan dikembangkan untuk pertama kalinya di Bogor, Jawa Barat. Tamarillo masuk ke Indonesia, karena dibawa oleh Belanda.

Mungkin karena ini lah, kenapa orang-orang menyebutnya dengan sebutan ‘Terong Belanda’. 

Baca Juga: Beragam Manfaat Nangka yang Tidak Pernah Diketahui

Apa Saja Nutrisi yang Ada di Terong Belanda?

loader

Terong Belanda

Tidak hanya terkenal, karena bentuk dan namanya yang unik. Terong belanda, ternyata juga memiliki berbagai macam nutrisi di dalamnya. 

  • Protein.
  • Lemak Nabati.
  • Serat.
  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Zat Besi.
  • Fosfor.

Nutrisi-nutrisi inilah yang memberikan manfaat kesehatan, jika dikonsumsi secara rutin. Berikut ini, merupakan manfaat terong belanda yang sangat baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Begini Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Setiap Harinya

10 Manfaat Terong Belanda

  1. Melancarkan Pencernaan dan Mencegah Sembelit

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terong belanda memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat merupakan zat yang paling dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan dan bisa melancarkan BAB (buang air besar) setiap harinya. 

    Dengan mengonsumsi terung belanda secara rutin, dijamin sembelit tidak akan pernah datang lagi. 

  2. Mencegah Diabetes

    Serat yang ada di dalam terung belanda ternyata tidak hanya bermanfaat bagi saluran pencernaan saja. Melainkan untuk menjaga kadar gula dalam darah (jika dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan).

    Selain serat, tamarillo juga mengandung asam klorogenik di dalamnya. Zat ini dibutuhkan tubuh untuk merangsang produksi insulin, zat yang diproduksi tubuh secara alami untuk memecah lemak menjadi energi.

    Jika tubuh masih bisa memproduksi insulin dengan baik, maka risiko terkena/ mengidap diabetes pun akan menurun. 

  3. Mencegah Kanker

    Terong belanda juga dikenal sebagai buah yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tidak hanya ampuh dalam menghalau segala jenis penyakit dan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan juga ampuh dalam mencegah munculnya sel kanker.

    Bayangkan saja, dalam setiap 100 gram terong belanda segar, ada 1.659 antioksidan di dalamnya. 

    Jadi bisa dibayangkan, semakin banyak terong yang dikonsumsi, maka semakin banyak pula asupan antioksidan yang masuk ke dalam tubuh.

  4. Menjaga Kesehatan Mata

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tamarillo juga mengandung vitamin A. Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh untuk memelihara kesehatan mata. 

    Buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sering menatap layar selama seharian penuh.

    Jadi dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, Anda akan terhindar dari berbagai kelainan/kerusakan mata.

  5. Baik untuk Kesehatan Jantung

    Dalam 100 gram terong belanda, ditemukan 321 mg kalium. Zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga detak jantung agar stabil dan tetap normal. 

    Tamarillo sangat disarankan untuk orang yang memiliki detak jantung kurang normal atau tidak senada. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi jus buah berwarna merah keunguan ini secara rutin. 

  6. Mencegah Darah Tinggi

    Kalium juga berfungsi untuk menjaga tekanan darah, sehingga bagus dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

  7. Menjaga Metabolisme Tubuh

    Terong belanda mengandung banyak vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks akan memproduksi enzim-enzim metabolisme yang dibutuhkan oleh tubuh.

    Jadi, jika rutin mengonsumsi buah ini, tubuh akan semakin sering memproduksi enzim-enzim yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

  8. Bisa Menurunkan Berat Badan (Menjadi Menu Diet)

    Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, terung belanda merupakan salah satu buah yang bisa dimasukkan ke dalam pilihan menu untuk diet. 

    Mengapa tamarillo sangat efektif untuk membantu program diet? Pertama, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga bisa membersihkan saluran pencernaan setiap hari. 

    Kedua, memakan terung belanda akan memberikan sensasi kenyang lebih lama. Sehingga Anda tidak akan tergoda untuk makan atau ngemil sedikit pun. Ketiga, buah yang masih jarang diketahui ini juga bisa melawan sel-sel lemak jahat yang ada di dalam tubuh.

  9. Membangun dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Terong belanda adalah buah yang tinggi akan Vitamin C. Seperti yang kita semua tahu, Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat sistem imun. Sehingga, tidak rentan terkena penyakit yang masuk dari luar.

    Vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan, apalagi di saat pandemi seperti ini. Di mana, masyarakat beramai-ramai untuk mengonsumsi suplemen vitamin setiap hari. 

    Jadi, jika masih sulit menemukan suplemen vitamin di pasaran, cobalah menggantinya dengan buah kecil sejuta manfaat ini.

  10. Menjaga dan Mempercantik Kulit

    Tidak hanya itu, kandungan Vitamin C yang ada di terung belanda juga bagus untuk peremajaan kulit. Mengonsumsi buah ini secara rutin bisa membuat kulit Anda semakin bercahaya.

Tips Memilih Terong Belanda

Kini Anda sudah mengetahui apa saja manfaat terong belanda. Mulai dari mencegah penyakit-penyakit seperti sembelit, menjadi menu pilihan untuk diet, mempercantik kulit, hingga menghalau tubuh dari penyakit berbahaya juga.

Tentu saja khasiat-khasiat tersebut akan lebih cepat dirasakan, jika diimbangi dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Selain itu, untuk mendapatkan manfaat terong belanda secara maksimal. Anda pun harus lebih jeli dalam memilih buah ini. Jangan sampai tertipu penjual, yang hanya mau untung saja.

Salah-salah, bukan kesehatan yang didapat, terong yang dibeli justru sudah tidak layak konsumsi. Sehingga hanya akan mendatangkan penyakit, jika dikonsumsi. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk memilih terong belanda yang baik dan benar:

  1. Pilihlah warna yang terang. Warna yang tepat mengindikasikan tingkat kematangan sebuah buah.
  2. Jangan pilih yang bertekstur lunak. Sebab tekstur tersebut menandakan bahwa terong sudah hampir busuk.
  3. Jika membeli terong belanda dalam keadaan belum matang. Ada baiknya jika buah tersebut disimpan di dalam suhu ruangan agar cepat membuatnya matang.
  4. Kupas kulit dan cuci buahnya sebelum dimakan. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari pestisida dan berbagai macam kotoran yang menempel di buah tersebut.
  5. Bak tomat, terong belanda harus dimakan secara langsung. Buah ini juga bisa digunakan sebagai topping makanan atau tambahan jus.

Baca Juga: 25 Cara Hidup Sehat