Deretan Fitur dan Keuntungan JATS Sebagai Sistem Investasi Modern Besutan BEI

Ketika bermain saham di bursa Indonesia, kamu tentu tidak asing dengan apa itu JATS atau Jakarta Automated Trading System. Bagi yang belum tahu, JATS adalah sebuah sistem perdagangan saham pada pasar modal Indonesia yang didirikan oleh Bursa Efek Indonesia atau BEI. Sistem ini sendiri telah ada sejak beberapa dekade lalu, tepatnya dari tahun 1995. 

Semenjak kehadirannya, bisa dibilang sistem investasi saham di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Pasalnya, ada banyak penerapan sistem baru yang terkomputerisasi dan tersentuh teknologi digital berkat adanya JATS. Tapi, apa sih sebenarnya JATS itu?

Untuk mengenalinya lebih lanjut, yuk simak penjelasan tentang JATS, termasuk sederet fitur dan keuntungan yang dihadirkan oleh sistem tersebut berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian JATS atau Jakarta Automated Trading System

loader

Merupakan singkatan dari Jakarta Automated Trading System, JATS adalah sistem perdagangan efek terkomputerisasi yang diaplikasikan pada Bursa Efek Indonesia atau BEI. Sistem tersebut dibuat dengan tujuan memudahkan proses transaksi penjualan dan pembelian saham investor karena dapat dilakukan secara otomatis. 

Diberlakukan pada pasar modal di Indonesia, sistem ini sudah ada semenjak 27 tahun lalu. Lebih tepatnya, JATS sudah digunakan para investor dan pemain pasar modal dari 22 Mei tahun 1995. 

Awalnya, sistem ini diberlakukan untuk menggantikan sistem perdagangan manual yang digunakan kala itu. Karena menggunakan sistem komputerisasi, JATS mampu memproses segala aktivitas pembelian maupun penjualan saham pada BEI menggunakan perangkat digital. Jadi, proses transaksi yang awalnya dilakukan secara manual dan memakan waktu bisa berjalan lebih praktis dan ringkas. 

Dengan sistem komputernya tersebut, JATS akan mencocokkan jumlah dari lembar saham dengan harganya secara langsung antara pesanan penjualan dan pembelian yang masuk sampai terjadi proses transaksi. Via sistem tersebut, transaksi saham menjadi jauh lebih mudah dan juga fleksibel. 

Keuntungan yang Diberikan oleh JATS

Diluncurkan agar proses transaksi saham di bursa Indonesia lebih simpel dan praktis, tentu ada beragam keuntungan yang diberikan oleh JATS. Beberapa di antaranya adalah penerapan RT atau Remote Trading serta sistem perdagangan tanpa warkat. Berikut penjelasan tentang remote trading dan sistem perdagangan tanpa warkat pada sistem JATS tersebut. 

Remote Trading

Remote trading adalah sistem robot yang diterapkan di JATS sejak tahun 2002. Sistem ini melakukan pencatatan serta penyampaian pesanan penjualan dan pembelian dengan lebih efisien dan efektif. Tidak hanya itu, robot tersebut juga membuat peran dari floor trader tak lagi dibutuhkan sebab dealer bisa langsung memasukkan pesanan dari broker.

Karena keuntungannya tersebut, kini BEI tak lagi memerlukan lantai bursa dan menggantinya dengan remote trading. Bahkan, aktivitas investasi juga sekarang bisa dilakukan melalui online trading di mana nasabah bisa langsung memasukkan order tanpa jasa dealer. Jadi, aktivitas transaksi pun bisa berlangsung dengan lebih cepat, praktis, dan efektif tanpa ada gangguan apa pun. 

Sistem Perdagangan Tanpa Warkat

Sebelum sistem JATS hadir, bukti dari kepemilikan saham ditunjukkan dengan bentuk warkat ataupun sertifikat. Dulu, apabila ada transaksi saham yang mengubah kepemilikan saham, wajib dilakukan balik nama pada warkat yang bersangkutan. Proses tersebut tentu memakan waktu yang lama dan tak efisien, sekaligus rentan terjadi kesalahan ataupun penyalahgunaan. 

Karena risiko tersebut, otoritas BEI mulai menerapkan Sistem Perdagangan Saham Tanpa Warkat atau Scripless di tahun 2000. Lalu, warkat digantikan dengan Kartu Akses KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia. Adanya Kartu Akses tersebut berguna sebagai akses investor pada sub rekening efek di KSEI agar bisa memonitor posisi dari efek serta mutasi dana yang dimilikinya. 

Sederet Fitur Besutan JATS bagi Para Pemain Modal

Selain keuntungan dari remote trading dan sistem perdagangan tanpa warkat, ada banyak fitur lain yang tersedia di sistem JATS, antara lain:

  • Menyediakan fasilitas perdagangan saham yang terpadu dalam 1 sistem yang mencakup single operation, single market supervision, dan single price dissemination. 
  • Sinergi yang optimal antara operating system Linux, software aplikasi, dan hardware. 
  • Integrasi pada sistem pendukung, yaitu DataFeed, SMARTS atau Surveilance System, dan JATS-Remote Trading,
  • Sistem Load Balancing & High Availability.
  • Kapasitas dari mesin DRC setara mesin utamanya.
  • JATS-NextG bisa menangani semua produk finansial, termasuk saham, obligasi, sampai produk turunannya ataupun produk derivatif pada 1 platform. 

Kehadiran JATS Membawa Banyak Kemudahan dalam Sistem Investasi Indonesia

Tak dapat dipungkiri jika JATS sebagai sistem yang ada di pasar modal Indonesia membawa banyak fitur dan keuntungan yang menjadikan aktivitas investasi menjadi lebih mudah. Mulai dari sistem komputerisasi pada segala aktivitas di pasar modal membuat transaksi saham bisa dilakukan dengan praktis dan simpel. Oleh karena itu, sebagai pemain modal di dalam negeri, memahami apa itu JATS, termasuk keuntungan dan fitur yang ditawarkannya menjadi hal yang penting agar mampu memaksimalkan sistem tersebut.