Jawab dengan Jujur: Seberapa Puas Anda dengan Pekerjaan Saat ini?

Tak sedikit, tingkat loyalitas karyawan terhadap perusahaan perlahan-lahan semakin menurun. Apakah Anda salah satunya?

Menurut studi di Amerika, 51 persen karyawan memiliki tingkat engagement yang tidak baik dengan perusahaan lama. Akibatnya mereka sering keluar masuk perusahaan untuk mendapatkan satu perusahaan yang benar-benar sesuai dengan kriterianya.

Padahal rekrutmen karyawan menghabiskan dana yang cukup besar. Bayangkan jika perusahaan melakukan rekrutmen kerja dua hingga tiga kali dalam setahun.

Betah atau tidaknya karyawan di perusahaan disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya karena adanya ketidaksesuaian antara gaji dan effort bekerja.

Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan Anda dalam bekerja saat ini, coba jawab beberapa pertanyaan berikut dengan jujur.

1. Apakah Perusahaan Sudah Transparan?

Transparan di sini bukan sekadar kegiatan operasional saja, tetapi juga kondisi keuangan di perusahaan. Meskipun karyawan tidak seutuhnya berhak atas informasi mengenai keuangan, karyawan perlu tahu sedikit tidaknya mengenai arus penggunaan kas perusahaan.

Apabila suatu hari perusahaan mengalami goncangan keuangan dan dikabarkan tidak bisa bertahan, karyawan dapat mencari pekerjaan lain untuk mengantisipasi adanya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dari perusahaan.

Pertanyaan seputar kinerja perusahaan bisa ditanyakan di sela-sela rapat kerja. Sampaikan dengan cara yang sopan untuk menghindari kesan “sok” di depan rekan kerja yang lain.