Jelang Lowongan CPNS 2018, Siapkan Diri dengan 6 Tips Ampuh Lulus Seleksi

Siapa yang tidak tergiur menjadi pegawai negeri sipil atau biasa disebut PNS. Hampir semua orang terutama kalangan pekerja pastinya menjadi PNS merupakan sebuah impian besar yang harus dicapainya.

Sebab, banyak keuntungan yang bisa dinikmati sebagai pekerja PNS seperti gaji yang diperoleh lebih besar daripada di perusahaan lain, adanya tunjangan keluarga, dana pensiun, bila kita berpotensi tinggi ada peluang besar mendapatkan beasiswa ke luar negeri dan masih banyak lagi.

Namun, untuk menjadi PNS tidaklah mudah, sama halnya dengan kalau mau kerja di posisi enak tentu harus berjuang dulu untuk mendapatkannya.

Artinya, sebagai pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) butuh melewati beberapa tahapan, di antaranya harus mengikuti beberapa tes, belum lagi harus bersaing ketat dengan CPNS lainnya yang diperkirakan jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu orang, bahkan lebih.

Rencananya, rekrutmen CPNS yang diselenggarakan pemerintah pusat ini akan diselenggarakan pada 19 September 2018. Yuk, persiapkan diri Anda mulai dari sekarang untuk ikut CPNS 2018.

Menyoal lolos atau tidaknya, tergantung dari sejauh mana Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Berikut ini ada beberapa yang sangat perlu di perhatikan dengan detail, mulai dari lowongan yang dibuka hingga tips-tips biar lulus CPNS 2018.

Posisi yang Dibuka untuk CPNS 2018

cpns
Posisi yang dibuka untuk CPNS 2018

Menurut Asman Abnur sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang dikutip dari website resmi PANRB, lowongan untuk CPNS 2018 kali ini akan difokuskan di beberapa jabatan teknis dan spesialis.

Tujuannya guna adanya dukungan yang kuat untuk pembangunan daerah-daerah yang tertinggal, sehingga daerah tersebut maju dan berkembang yang pada akhirnya akan menyeimbangi daerah lain. Dengan begitu bisa meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional.

Secara detail, CPNS 2018 akan merekrut untuk posisi tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi dan ketahanan pangan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Prosedur Pendaftaran CPNS 2018

prosedur
Prosedur pendaftaran CPNS 2018

Tak perlu khawatir menyoal prosedur pendaftaran CPNS 2018, karena dari tahun ke tahun prosedur yang diterapkan relatif sama. Bila adanya tambahan informasi prosedur pastinya akan langsung diumumkan langsung oleh pihak BKN melalui www.bkn.go.id.

Jika semua jadwal CPNS 2018 sudah terjadwal dengan lengkap, maka jangan menunda-nunda waktu untuk mendaftarnya. Lakukan pendaftaran CPNS segera mungkin secara online dengan cara berikut ini yang dikutip dari cpnsnews.com:

  • Kunjungi website sscn.bkn.go.id untuk mendapatkan akses formulir pendaftaran CPNS 2018
  • Isi formulir registrasi CPNS 2018 dengan lengkap
  • Print out hasil pendaftaran online

Dokumen Penting yang Harus Disiapkan

dokumen
Dokument penting yang harus disiapkan

Sama halnya dengan prosedur pendaftaran online, pada dokumen yang mejadi salah satu dari persyaratan juga sama seperti tahun sebelumnya. Berikut daftar dokumen sebagai administrasi secara umum yang harus disiapkan oleh pelamar CPNS 2018 untuk lulusan sarjana hingga tingkat lanjut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang sudah dilegalisir
  3. Surat Keterangan akreditasi dari BAN PT.
  4. Pas foto 4cm x 6cm sejumlah 4 lembar dengan background merah

Sementara bagi lulusan DIII dan SMA/sederajat, ada tambahan dokumen lain di antaranya:

  1. Materai Rp6000
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi ijazah/STTB
  4. Fotokopi ijazah SD
  5. Fotokopi ijazah SMP
  6. Fotokopi ijazah SMA

Kelengkapan informasi mengenai dokumen atau persyaratan lain untuk pendaftaran online CPNS 2018, bisa didapatkan langsung di (https://www.cpnsnews.com/2016/08/pendaftaran-cpns-tahun-2018-online-juga.html)

Baca Juga: Selamat! Gaji PNS 2019 Bakal Naik

Tips Ampuh Lulus CPNS 2018

lulus
Tips lulus CPNS 2018

1. Persiapkan dari Jauh Hari

Bagi yang sudah berniat penuh menjadi PNS, pastinya tak perlu lagi mengulur waktu lama untuk melakukan persiapan segala sesuatnya mulai dari yang kecil hingga besar. Hal ini tentu yang akan mendukung Anda lolos atau tidaknya saat penyeleksian CPNS.

Jika sudah mendengar informasi kalau pemerintah akan membuka penerimaan CPNS, tak ada salahnya mulai sejak itu langsung persiapnkan diri dengan matang. Bila ingin lulus CPNS, maka hal ini janganlah dianggap remeh karena Anda akan bertemu dengan banyaknya pesaing lainnya.

2. Lengkapi Dokumen

Apakah dokumen yang diperlukan sudah lengkap? Jangan sampai di saat waktu pendaftaran online tiba, malah ada dokumen yang kurang. Kondisi yang seperti tentunya akan membuat pendaftaran CPNS terhambat dan bisa saja langsung gagal di tahap penyeleksian dokumen administrasi.

Agar hal itu tidak terjadi dengan Anda, maka perhatikan dokumen-dokumen penting seperti fotokop yang dibutuhkan saat pendaftaran CPNS. Bila sudah tau apa saja dokumennya, segeralah susun dengan rapih dan kumpulkan dalam sebuah map, agar tidak berantakan dan mudah di temukan bila dibutuhkan.

3. Teliti saat Isi Formulir

Setelah formulir pendaftaran online sudah terisi, maka pihak pelamar CPNS bisa langsung print out hasil perdaftarannya. Tapi janganlah terburu-buru untuk melakukan prin out tersebut.

Biasakanlah sebelum print hasilnya, jangan lupa pastikan kembali kalau formulir sudah terisi dengan lengkap dan data yang digunakan benar adanya tanpa adanya kesalahan sedikitpun. Hal ini perlu dilakukan karena pendaftaran online ini hanya bisa dilakukan sekali.

4. Belajar Soal-soal Tes CPNS

Tak hanya mempersiapkan dokumen penting saja saat penyeleksian administrasi CPNS 2018, tapi setiap pelamar juga harus persiapkan diri saat mengikuti tes, dimana Anda akan menjawab beberapa pertanyaan pengetahuan.

Agar dalam saat menjawabnya bisa lancar tanpa adanya hambatan, maka belajar soal-soal CPNS sangat perlu dilakukan. Soal-soal tersebut berisi materi tes wawasan kebangsaan (TWK), di antaranya meliputi UU45, Pancasila dan sejarah Republik Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian para peserta pelamar CPNS terhadap sejarah Indonesia tercinta.

Anda bisa belajar soal-soal CPNS yang terdahulu dari buku yang sekarang ini sudah tersedia di toko buku terdekat atau melalui internet.

Baca Juga: Butuh Uang? Emak-Emak Kini Bisa Gadai Tupperware di Pegadaian

5. Ikut Bimbel

Selain belajar mandiri, pelamar CPNS juga bisa mengikuti kegiatan bimbingan belajar atau biasa disebut bimbel. Biasanya, menjelang pembukaan CPNS, banyak yang menyediakan jasa bimbel kepada calon pelamar CPNS.

Bimbel yang dilukakan ini bisa menjadi tolak ukur peserta untuk tahu seberapa besar kemampuan diri sendiri, kemudian baru bisa dilanjutkan untuk melihat formasi atau lowonan CPNS yang dibuka, berapa jumlah. Dari situlah peserta bisa melihat peluang yang ada.

6. Jaga Kesehatan

Dokumen sudah lengkap, belajar untuk tes juga sudah, lalu apa lagi yang harus disiapkan ya? Semua yang dipersiapkan itu akan sia-sia bila kesehatan diri sendiri tidak diperhatikan dengan baik. Tentunya, Anda tidak mau sakit disaat sedang mengikuti tes CPNS, bukan?

Tak ada kata terlambat untuk mulai hidup sehat, demi kelancaran saat mengikuti penyeleksian CPNS 2018. Sebaiknya mulailah, pilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi serta imbangi dengan olahraga ringan. Dengan begitu, tubuh akan tetap terjaga dengan baik.

 Yakin lulus CPNS 2018

Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan matang, selanjutnya yang dilakukan adalah hanya tinggal menjalankan proses penyeleksian dari tahap awal hingga ke tahap berikutnya. Jangan mudah menyerah, apalagi putus asa sebelum mencobanya, itu merupakan hal yang sangat tidak baik untuk masa depan sendiri. Yakinlah bahwa apa yang dicita-citakan tercapai, termasuk lulus CPNS. Jangan lupa juga tingkatkan doa agar semua proses bisa berjalan dengan baik dan membuahkan hasil yang baik juga.

Baca Juga: Mulus Lolos Wawancara Kerja dengan Tips Berikut Ini