10 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Jenis pekerjaan tentu akan sangat menentukan besaran penghasilan yang bisa didapatkan oleh seorang pekerja. Hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa sebagian besar orang berupaya untuk mendapatkan pekerjaan terbaik dengan gaji yang besar. 

Idealnya seorang pekerja memang akan memiliki banyak sekali pertimbangan dalam memilih pekerjaan. Namun di antara berbagai pertimbangan tersebut, jumlah gaji yang bisa didapatkan merupakan salah satu poin utama yang kerap dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih pekerjaan itu sendiri. 

Baca Juga: Gaji UMR Terkini yang Pekerja Wajib Tahu

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Jenis Pekerjaan dengan Gaji yang Fantastis 

loader

Gaji Besar dalam Pekerjaan

Jika selama ini kamu berpikir bahwa gaji yang besar hanya bisa didapatkan ketika bekerja di luar negeri, maka mulailah mengubah pemikiran tersebut. Bukan hanya di negeri orang saja, di tanah air juga ada banyak pekerjaan yang bisa memberikan penghasilan atau gaji yang besar. 

Jenis pekerjaan ini tentu tidak bisa dipegang oleh semua orang, sebab biasanya pekerjaan-pekerjaan ini akan membutuhkan skill tertentu. Pekerja di bidang tersebut pada umumnya adalah pekerja profesional, di mana mereka memiliki latar belakang pendidikan dan juga pengalaman di bidang tersebut. 

Tidak tanggung-tanggung, berbagai profesi ini biasanya diganjar dengan gaji ratusan juta rupiah. Beberapa waktu lalu sejumlah wanita bahkan mengaku bisa mendapatkan penghasilan ratusan juta hingga lebih dari 1 miliar dari pekerjaan yang mereka geluti. Ini tentu jumlah yang luar biasa besar dan menjanjikan, bukan? 

Berikut ini adalah beberapa jenis profesi dengan penghasilan tertinggi di Indonesia: 

  1. Corporate Suite

    Pekerjaan yang kerap disingkat menjadi C-Suite ini merupakan salah satu di antara jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di tanah air. Ada sejumlah posisi yang masuk dalam kategori C-Suite ini, antara lain: Chief Operating Officer, Chief Executive Officer, dan juga Chief Financial Officer

    Gaji yang didapatkan seorang C-Suite tentu beragam, tergantung pada jenis dan skala perusahaan itu sendiri. Namun jika dilihat secara rata-rata, penghasilan yang bisa didapatkan dari pekerjaan ini sekitar Rp150 – Rp250 juta per bulannya. 

    Jenis pekerjaan ini bisa memberikan jumlah penghasilan yang lebih besar, terutama untuk mereka yang bekerja di beberapa bidang yang terbilang vital, seperti: Industri & Manufaktur, Properti & Konstruksi, Bisnis & Layanan Keuangan, dan yang lainnya. 

  2. Risk Director 

    Risk Director juga dikenal dengan sebutan Direktur Risiko dan menjadi salah satu profesi dengan bayaran fantastis. Pada umumnya, setiap perusahaan akan selalu mengutamakan manajemen risiko di dalam bisnis yang mereka jalankan, agar berbagai risiko bisnis dapat dikelola dengan sebaik mungkin. 

    Ada banyak risiko yang perlu ditangani dalam perusahaan, mulai dari risiko keuangan, risiko kepatuhan, dan yang lainnya. Hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa seorang Direktur Risiko wajib memahami dengan baik kompleksitas berbagai risiko yang rentan dialami oleh perusahaan. 

    Pekerjaan di bidang ini bahkan semakin dibutuhkan selama beberapa tahun belakangan, terutama untuk perusahaan-perusahaan yang menjalankan bisnis secara online. Besaran gaji untuk profesi ini juga terbilang besar, yakni sekitar Rp180 jutaan per bulannya. 

  3. Country Sales Manager

    Jenis pekerjaan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu yang memiliki gaji tinggi di hampir semua industri. Sesuai dengan namanya, profesi ini akan menangani dan bertanggung jawab untuk membawa bisnis perusahaan mendapatkan kesuksesan yang besar. 

    Tanggung jawab yang besar tersebut tentu harus diimbangi dengan latar belakang pendidikan dan skill yang mumpuni di bidang tersebut. Seorang  Country Sales Manager biasanya bisa mendapatkan gaji sekitar Rp175 jutaan perbulannya. 

  4. Vice President of Government Relation

    Profesi yang satu ini biasanya terdapat pada perusahaan startup dan juga perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang digital dan teknologi. Seseorang yang menduduki posisi ini akan menjadi penghubung antara perusahaan dan pihak pemerintah, sehingga wajib memiliki kemampuan negosiasi yang bagus.

    Selain itu, Vice President of Government Relation juga tentu wajib memahami dengan baik industri digital dan teknologi itu sendiri. Dengan semua kemampuan tersebut, profesi ini rata-rata bisa membawa pulang gaji sebesar Rp170 jutaan per bulannya. 

    Baca Juga: 9 Cara Membuat Surat Referensi Kerja dan Contohnya

  5. Vice President of Data Science

    Perkembangan digital dan bisnis online membuat profesi yang satu ini menjadi lebih menjanjikan. Ada banyak pebisnis yang membutuhkan pengolahan data dan juga hal lainnya yang berkaitan dengan penjualan serta strategi bisnis mereka. 

    Vice President of Data Science pada umumnya berasal dari profesional di bidang teknologi informasi. Dengan berbagai tugas yang ditanganinya, profesi ini biasanya bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp150 jutaan setiap bulannya. 

  6. Director of Corporate Strategy 

    Ini menjadi salah satu jenis pekerjaan yang bisa memberikan penghasilan terbesar, terutama bagi mereka yang bergelut di layanan Business & Financial Services. Tidak tanggung-tanggung, seorang Kepala Strategi Perusahaan bahkan bisa mendapatkan gaji sebesar Rp150 jutaan per bulannya. 

    Penghasilan besar di bidang ini juga bisa dilihat dari pengakuan beberapa wanita yang sempat viral melalui media sosial Tiktok beberapa waktu lalu. Para wanita yang mengaku sebagai pekerja di bisnis asuransi tersebut mengaku bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp600 jutaan hingga lebih dari satu miliar perbulannya. 

  7. Direktur Proyek

    Profesi yang satu ini bertanggung jawab dalam mengatur berbagai proyek di dalam perusahaan. Hal ini membuat seorang Direktur Proyek wajib memahami dengan baik berbagai isu strategis terkait pengelolaan biaya, kewajiban pajak, perubahan iklim dan hal lainnya yang akan mempengaruhi kelancaran proyek yang ditangani. 

    Tanggung jawabnya yang besar membuat jenis pekerjaan ini termasuk salah satu yang bisa mendatangkan gaji tinggi. Rata-rata setiap bulannya, seorang Direktur Proyek bisa mendapatkan gaji sekitar Rp150 jutaan. Ini bahkan bisa saja lebih tinggi bagi mereka yang bekerja di perusahaan besar. 

  8. Direktur Teknis

    Ada banyak tugas yang ditangani seorang Direktur Teknis, antara lain: membeli sistem teknologi, melakukan pengawasan terhadap pemasangan sistem tersebut, termasuk melatih para karyawan untuk memakai teknologi baru di dalam kegiatan produksi perusahaan. 

    Profesi ini juga memiliki tanggung jawab yang terbilang besar di dalam sebuah perusahaan, jadi wajar saja jika gaji yang didapatkannya juga tinggi. Pada umumnya, seorang Direktur Teknis bisa membawa pulang gaji dengan kisaran Rp130 jutaan setiap bulannya. 

  9. Direktur Pemasaran

    Profesi yang satu ini akan bertanggung jawab untuk memastikan kesuksesan pemasaran perusahaan, termasuk dengan mengatur strategi dan juga melakukan branding terhadap perusahaan itu sendiri. Skill yang mumpuni dan pengalaman panjang di bidang pemasaran tentu wajib dimiliki.

    Ada beberapa tugas yang biasanya ditangani oleh Direktur Pemasaran, antara lain: menyusun program pemasaran tahunan, menyusun kalender kampanye dan berbagai event yang akan diadakan perusahaan, menentukan anggaran pemasaran, termasuk melakukan analisa pasar serta kompetitor. 

    Jenis pekerjaan yang harus ditangani oleh Direktur Pemasaran terbilang rumit dan beragam. Profesi ini rata-rata bisa mendapatkan gaji yang terbilang besar, yakni sekitar Rp120 jutaan setiap bulannya, terutama mereka yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang berskala besar. 

  10. Head of Legal

    Tenaga ahli di bidang ini pada umumnya sangat dibutuhkan oleh perusahaan, terutama yang sudah cukup ternama dan memiliki banyak kepentingan terkait hukum. Jika melihat kenyataan tersebut, jelas seorang Head of Legal wajib memahami dengan baik berbagai hal terkait hukum yang berkaitan dengan perusahaan. 

    Selain itu, profesi ini juga akan memegang tanggung jawab menjadi penasihat bisnis bagi CEO perusahaan itu sendiri, di mana yang bersangkutan akan memberikan berbagai masukan, terutama yang berkaitan dengan hukum. 

    Meski tidak mencapai ratusan juta, rata-rata seorang Head of Legal bisa mendapatkan gaji sekitar Rp50 sampai Rp90 jutaan per bulannya. Jumlah ini tentu tergantung pada jenis perusahaan dan juga pengalaman yang dimiliki oleh yang bersangkutan. 

Tanggung Jawab Besar yang Sepadan dengan Gaji tinggi

Pekerjaan dengan gaji tinggi memang selalu menjadi godaan tersendiri bagi banyak orang. Tidak harus selalu di luar negeri, jenis pekerjaan yang seperti ini juga ada di tanah air. Namun sebagaimana gajinya yang tidak biasa, berbagai tanggung jawab yang harus dipikul dalam profesi bergaji tinggi ini juga tentu akan sepadan dengan penghasilan itu sendiri.

Baca Juga: Drafter: Jenis, Tanggung Jawab, Keahlian dan Kariernya