Ini Dia Jenis Tabungan yang Menguntungkan Untuk Masa Depan

Kebiasaan menabung harus ditanamkan sejak dini, terutama untuk generasi milenial yang terbiasa hidup boros. Karena dengan menabung, artinya kita sudah menginvestasikan masa depan. Untuk itu, menabung menjadi suatu keharusan untuk semua orang yang ingin sukses.

Menabung artinya merencanakan keuangan di masa depan. Bahkan dengan menabung, artinya kita juga secara tidak langsung telah mendongkrak perekonomian Indonesia. Menabung juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa secara konvensional atau deposito.

Pentingnya Menabung

loader

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, menabung sejak dini itu sangat penting. Tujuannya jelas, untuk investasi di masa depan. Dengan membiasakan menabung, artinya kamu telah berhasil merubah gaya hidup yang lebih baik. Ini perlu ditanamkan sejak dini.

Dengan menabung juga, kamu telah belajar untuk lebih bijak lagi dalam mengatur keuangan. Jadi mulai sekarang kamu bisa menghindari membeli sesuatu yang kurang berguna dan menyisihkan uang untuk ditabung agar kebutuhan dana saat hari tua nanti bisa tercukupi.

Meski menabung boleh dibilang sudah menjadi kewajiban semua orang, sesuai dengan yang diamanatkan orang tua dan guru-guru kita, tapi masih ada yang sulit untuk melakukannya. Rasanya seperti banyak hambatan dan rintangan yang membuat menabung itu terasa berat.

Hambatan Menabung

Saat ingin menabung demi masa depan yang lebih baik, tapi ada saja hambatannya sehingga rencana itu pun gagal. Ketidakmampuan menabung inilah yang menjadi masalah serius dari sudut pandang keuangan dan dapat dikatakan sebagai hambatan untuk menabung.

1. Uang Belum Cukup

Alasan klasik. Mungkin ini yang akan dikatakan saat mendengar seseorang yang tidak ingin menabung karena alasannya uangnya belum cukup untuk ditabung. Padahal menabung tidak dipatok dengan nominal. Jadi berapapun nominalnya kita bisa menabung.

2. Masih Punya Tagihan

Meski punya beberapa tagihan, sebenarnya kamu masih bisa menyisihkan sebagiannya untuk ditabung. Kembali lagi ke poin satu, menabung itu tidak mematok nominal. Karena ada istilah yang mengatakan “Sedikit demi sedikit jadi bukit”.

Kemana uang saya?

Ini yang sering bikin orang kebingungan. Bahkan saya sendiri pernah merasakannya. Saya tidak tahu kemana uang saya pergi dan kenapa uang saya habis. Kebiasaan seperti inilah yang harus dihilangkan dari pikiran kita dan mulai membiasakan menabung.

3. Menabung Nanti

Lebih cepat menabung artinya lebih baik. Jangan menunda untuk menabung, karena sesuatu yang ditunda-tunda ujung-ujungnya tidak akan jadi. Ini juga yang pernah dirasakan oleh saya.

Malas menabung

Sebenarnya ini menjadi hambatan yang serius ketika  meniatkan diri untuk malas menabung. Artinya masa depan kamu  akan terlihat sangat suram karena tidak adanya investasi di masa depan. Jadi mulai sekarang janganlah bermalas-malasan dalam menabung ya.

Baca Juga: Biaya Umroh: Tips menabung dan Mempersiapkan Diri untuk Umroh

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Jenis Tabungan yang Menguntungkan

Ada banyak jenis lainnya tabungan yang bisa mendatangkan keuntungan untuk masa depan. Apa saja? Berikut ulasan jenis-jenis tabungan yang menguntungkan yang bisa kamu pertimbangkan untuk dimiliki kedepannya. 

Jenis Tabungan Keterangan
Tabungan konvensional

Tabungan ini boleh dibilang tabungan sejuta umat. Karena sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki rekening tabungan ini. Keuntungan tabungan ini adalah dana bisa disetor dan diambil kapan saja tanpa ada batas waktu.

Nasabah tabungan konvensional akan mendapat bunga dari tabungannya sendiri, tapi hanya sekitar 0,5 persen sampai 2 persen saja. Nasabah juga akan dikenakan biaya administrasi yang berbeda antara satu bank dengan bank lainnya.

Tabungan investasi Pernah mendengar tabungan berjangka? Nah, tabungan investasi itu hampir sama dengan tabungan berjangka. Yang termasuk ke dalam jenis tabungan ini adalah deposito serta tabungan rencana, saham dan mata uang asing.
Tabungan deposito Keuntungan dari tabungan deposito adalah nasabah tidak bisa mengambil dana sesuai dengan kehendaknya. Ada waktunya untuk bisa menarik dana itu, misalnya 1 bulan atau 3 bulan atau 6 bulan dan seterusnya. Tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhannya.
Tabungan rencana Mirip seperti tabungan deposito, tabungan rencana juga untuk investasi di masa depan. Biasanya tabungan ini dipilih orang tua untuk rencana pendidikan anaknya di masa depan. Syarat untuk tabungan ini, kamu harus punya tabungan konvensional terlebih dahulu.
Tabungan saham Meski belum semua bank memiliki layanan ini, tapi setidaknya kamu bisa mencari tahu bank mana saja yang sudah tersedia tabungan saham. Tabungan ini sangat direkomendasikan untuk  yang membeli saham secara rutin dan menyimpan keuntungan dari hasil transaksinya.
Tabungan mata uang asing Tabungan ini biasanya digunakan oleh orang yang terbiasa menggunakan uang asing. Atau bisa juga memang sengaja hanya untuk investasi saja. Jadi jika dollar naik, maka dollar tersebut bisa dijual sesuai dengan kurs mata uang dalam negeri.
Tabungan haji Tabungan haji digunakan untuk melaksanakan ibadah haji. Minimum setoran perbulannya mencapai 100 ribu sampai 500 ribuan. Jika tabungan sudah tembus Rp25 juta maka nasabah bisa langsung daftar haji di Kementerian Agama untuk mendapat nomor antrian.

Baca Juga:  Jangan Biarkan Uang Terkuras Karena Tak Atur Budget Nongkrong dengan Tips Ini

Pilih Jenis Tabungan yang Sesuai dengan Goal Finansial dan Kebutuhannya

Kesimpulannya adalah menabung menjadi suatu keharusan untuk menggapai kesuksesan di masa depan. Jadi mulai sekarang  biasakanlah menabung secara rutin dan disiplin ya.

Jangan pernah takut untuk memulai, begitu juga saat kamu  baru akan mulai menabung. Percayalah kalau tabungan tersebut investasi di masa depan. Sehingga kamu  tak perlu khawatir saat nanti membutuhkannya.

Baca Juga:  Jadi Bukti Anak Berbakti, Ini Tips Atur Keuangan untuk Diberikan pada Orang Tua