Biaya Umroh: Tips menabung dan Mempersiapkan Diri untuk Umroh

Biaya umroh tentu menjadi hal menarik bagi kamu yang berniat untuk segera menunaikan ibadah umroh. Ibadah umroh sudah kembali bisa dilakukan setelah beberapa waktu lalu harus ditunda karena alasan pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir. Biaya umroh setiap tahunnya tentu akan mengalami kenaikan, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Kebutuhan akan tes PCR terkait Covid-19 juga akan ikut menambah besaran biaya umroh tahun ini. Selain itu, pemerintah dan pihak penyelenggara juga menerapkan masa karantina bagi para peserta ibadah umroh, dan ini juga tentu akan menambah biaya. Lalu, setelah dijumlahkan dengan berbagai penambahan biaya tersebut, berapa biaya umroh tahun ini? 

Biaya Umroh Terbaru Sudah Ditetapkan Pemerintah 

loader

Terkait pertanyaan berapa biaya umroh tahun ini, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Kementerian Agama (Kemenag) Nur Arifin telah memberikan penjelasan beberapa waktu lalu. Menurut beliau, biaya umroh tahun ini sudah ditetapkan sebesar Rp 28 juta untuk setiap jamaah. Jumlah biaya umroh tahun 2022 ini ditetapkan berdasarkan musyawarah dengan asosiasi pelaksana jemaah umroh dan haji. 

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, biaya umroh tahun ini mengalami kenaikan. Namun besaran biaya umroh tersebut belum termasuk biaya PCR dan juga karantina yang biasanya dilakukan sebelum, saat menunaikan umroh dan setelah kembali umroh. Hal ini disebabkan kebijakan tersebut akan diatur oleh Satgas Covid-19 selaku pejabat yang berwenang terkait hal tersebut. 

Selain itu, Nur Arifin juga menegaskan bahwa meski biaya umroh tersebut telah disepakati, namun belum ditanda tangani oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Artinya, besaran biaya umroh ini belum bersifat final dan masih memiliki peluang terjadinya penyesuaian. Hal ini juga disebabkan oleh sulitnya menentukan harga acuan untuk tarif PCR yang akan dikenakan pada biaya umroh itu sendiri. 

Cara Menabung Dana Umroh dengan Mudah

Jika kamu termasuk orang yang memiliki keinginan untuk segera menjalankan ibadah umroh ke tanah suci, maka akan sangat tepat untuk mulai mempersiapkan dananya. Jumlah biaya umroh memang terbilang besar, sehingga perlu waktu untuk mempersiapkannya. Mulailah menabung, lakukan investasi, dan alokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan ini secara rutin, agar niat umroh bisa segera dijalankan. 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menabung biaya umroh tahun yang dapat dilakukan dengan mudah: 

1. Alokasikan 10% Penghasilan Secara Rutin

Jika sudah mengetahui berapa biaya umroh tahun ini, maka mulailah mengalokasikan penghasilan rutin setiap bulannya. Tabungkan 10-20% penghasilan untuk kebutuhan ini secara rutin ke dalam rekening khusus, agar tidak tercampur dengan dana lainnya. Hal ini juga untuk mencegah dana tersebut terpakai di luar peruntukannya. 

Saat jumlahnya sudah memadai, maka segera lakukan pendaftaran ke agen umroh yang tepat. Biasanya pendaftaran ini akan membutuhkan sejumlah uang muka. Namun jangan khawatir, jika sudah mendaftar seperti ini, maka kamu akan lebih rajin untuk mengumpulkan lebih banyak uang setiap bulannya. 

2. Terapkan “Hukuman” Jika Tidak Menabung 

Bila tidak menabung sesuai dengan target di atas, maka tidak ada salahnya untuk menerapkan “hukuman” pada diri sendiri. Lakukan hal ini dengan mengalokasikan uang 2x lebih banyak di bulan berikutnya ke dalam tabunganmu. Hal ini akan menjadi pelajaran untuk tetap konsisten dan disiplin menabung biaya umroh tersebut sampai memenuhi target. 

3. Ajak Teman atau Kerabat 

Jika dilakukan sendirian, menabung biaya umroh 2022 ini mungkin akan terasa berat. Tidak ada salahnya mengajak teman ataupun kerabat untuk menabung dan mendaftar ibadah umroh bersama-sama. Ini bisa jadi motivasi tersendiri, apalagi jika nantinya bisa berangkat dan menjalankan ibadah umroh bersama dengan mereka. 

Baca Juga:  Penghasilan Bukan Halangan, Ini Cara Menabung untuk Umrah dan Simulasi Perhitungannya

4. Dapatkan Penghasilan Tambahan 

Semakin banyak uang yang bisa ditabung, maka akan semakin cepat juga Biaya umroh terpenuhi dengan baik. Bila memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan ini bisa menambah dana rutin yang ditabungkan dari penghasilan utama setiap bulannya. Carilah pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan utama, agar tujuan mendapatkan penghasilan tambahan ini bisa diwujudkan dengan baik.

5. Lakukan Penghematan di dalam Pengeluaran Bulanan 

Jangan lupa untuk melakukan penghematan di dalam pengeluaran rutin bulanan. Misalnya: jika selama ini 40% penghasilan dialokasikan untuk kebutuhan ini, maka mulailah menguranginya menjadi 35% saja. Namun pastikan semua kebutuhan pokok dapat terpenuhi dengan baik, agar penghematan ini tidak sampai memberi masalah di dalam kehidupan sehari-hari. 

6. Belanjalah Sesuai Kebutuhan 

Masih berkaitan dengan poin di atas, lakukan penghematan dengan memangkas berbagai pengeluaran yang tidak begitu penting. Prioritaskan berbagai kebutuhan pokok, termasuk pengeluaran rutin yang wajib dibayarkan setiap bulannya. Catat semua rencana belanja dengan baik dan patuhi, agar tidak terjadi “kecelakaan”  yang membuat pengeluaran membengkak saat sedang berbelanja.

7. Pilihlah Paket Umroh yang Sesuai dengan Keuangan 

Jika sudah mengetahui berapa biaya umroh tahun ini, maka sesuaikan dengan kondisi keuangan. Pilihlah paket umroh yang sesuai dengan kemampuan, agar ibadah ini bisa dilakukan dengan lancar. Selain itu, paket yang tepat juga akan memudahkan untuk proses pengumpulan biayanya, sehingga rencana umroh dapat segera dilaksanakan. 

Cara Mempersiapkan Diri untuk Menjalani Ibadah Umroh 

Sebagaimana perjalanan ke luar negeri pada umumnya, perjalanan umroh juga tentu harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Hal ini penting, agar seluruh rangkaian ibadah umroh bisa berjalan dengan lancar. Ini akan memungkinkan tujuan ibadah tersebut bisa tercapai dengan baik dan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum menunaikan ibadah umroh: 

1. Bekali Diri dengan Pengetahuan Tentang Umroh 

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah pengetahuan tentang ibadah umroh itu sendiri. Apa tujuan ke sana dan harapan yang ingin dicapai setelah kembali nanti. Selain itu, pahami juga berbagai aturan dan larangan terkait ibadah umroh tersebut dengan baik sebagai bekal diri untuk menunaikan ibadah ini. 

2. Lengkapi Semua Dokumen yang Dibutuhkan 

Selain membayar kewajiban biaya umroh tahun 2022, jangan lupa memenuhi kewajiban lainnya. Lengkapilah semua dokumen yang dibutuhkan untuk perjalanan ibadah ini dengan baik. Hal ini akan memungkinkan rencana umroh bisa berjalan dengan lancar. 

3. Siapkan Kondisi Fisik yang Prima 

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan fisik dengan baik, bahkan sejak jauh-jauh hari sebelum jadwal umroh tiba. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari mengatur pola makan, olahraga teratur, termasuk dengan istirahat yang teratur. Jika kondisi fisik bugar dan sehat, maka resiko mengalami sakit saat umroh tentu bisa dihindari dengan baik.

4. Ikuti Manasik Umroh 

Sebelum berangkat umroh nanti, pastikan untuk mengikuti manasik umroh terlebih dahulu. Acara ini akan memberikan pemahaman tentang tata cara dan hal lainnya yang harus dijalankan selama ibadah umroh. 

Baca Juga: Ibadah Umrah Kembali Dibuka, Simak Persyaratan Hingga Biaya Umrah Tahun 2022

5. Siapkan Perlengkapan dan Kebutuhan Pribadi Selama Umroh 

Jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan ibadah umroh. Tanyakan kepada pihak agen travel, apa saja yang dibutuhkan selama umroh nanti. Siapkan juga berbagai kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan dan yang lainnya.  

Selain mempersiapkan biaya umroh, jangan lupa untuk mempersiapkan bekal (uang) untuk berbagai kebutuhan di sana. Hal ini penting, mengingat pengeluaran lainnya sangat mungkin terjadi selama menjalankan ibadah umroh. Siapkan dana untuk membeli oleh-oleh dan juga dana darurat sebagai pegangan. 

6. Siapkan Diri untuk Menjalani Ibadah Ini

Persiapan yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Pastikan untuk memiliki niat ibadah dan taubat yang tepat. Hal ini akan membuat ibadah umroh berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan awal. Minta maaflah kepada keluarga dan kerabat sebelum melaksanakan ibadah umroh. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Tata Cara Menjalankan Ibadah Umroh 

Berikut ini adalah beberapa tata cara menjalankan ibadah umroh yang harus dilaksanakan dengan baik: 

  • Lakukan persiapan diri sebelum mulai ihram, seperti merapikan kuku dan semua bulu di tubuh. Lalu, bersihkan diri dengan mandi dan mengambil wudhu.
  • Kenakan pakaian ihram dengan sebagaimana mestinya. 
  • Jika ingin, pakailah wewangian sebelum niat, seperti: parfum, lotion dan yang lainnya. 
  • Jika telah menjalankan shalat wajib, maka tunaikan juga salat sunah ihram sesudahnya. Atau, shalat ihram bisa digantikan dengan shalat wajib tersebut.

Siapkan Biaya umroh dengan Cara yang Tepat 

Jika sudah berniat untuk menjalankan umroh secepatnya, maka mulailah siapkan biaya umroh tahun ini di dalam keuangan. Lakukan cara yang tepat untuk menabung dana umroh, sehingga niat untuk menunaikan umroh bisa terlaksana.

Baca Juga: Cara dan Syarat Buka Tabungan dan Daftar Haji di Kemenag