Biaya Umroh: Tips menabung dan Mempersiapkan Diri untuk Umroh

Mampu menjalani ibadah umrah atau haji kecil tentu menjadi impian dari semua umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini karena ibadah tersebut mempunyai banyak sekali keutamaan sehingga tidak sedikit orang yang ingin segera melangsungkan ibadah umrah ketika memiliki dananya.

Hal serupa juga berlaku bagi setiap anak yang memiliki impian untuk bisa memberangkatkan orang tuanya ke Tanah Suci dan melakukan ibadah umrah ini. Karena itu, tidak sedikit dari mereka yang mengalokasikan sebagian keuangannya untuk mampu mewujudkan keinginannya tersebut seiring waktu.

Lantas, apa sih beragam keutamaan menjalani ibadah umrah ini yang menjadikannya penting untuk dijalani bila mampu? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 3 keutamaan umrah, biaya umrah, tips menyiapkan keuangan agar dana ibadah ke Tanah Suci tersebut bisa terkumpul, serta tips mempersiapkan diri ke tanah suci.

Investasi halal dan nyaman dengan Reksadana Syariah hanya di Cermati!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Keutamaan Menjalankan Umrah

loader

Menjalankan Umrah

  1. Doa yang Dipanjatkan Saat Umrah Mustajab

    Salah satu di antara banyaknya keutamaan umrah yang dijanjikan pada setiap orang yang melakukannya adalah doanya mustajab. Ketika menjalankan ibadah umrah, Rasulullah SAW menjanjikan jika doa yang dipanjatkan ketika oleh jemaahnya mustajab alias akan dikabulkan. Lalu jika meminta ampunan, tobat tersebut akan diberikan Allah SWT.

    Dasar dari keutamaan ini adalah orang yang menjalani ibadah umrah tak lain ialah menjadi tamu sang Pencipta. Oleh karena itu, menjadi ‘tuan rumah’, tentu Allah SWT memberikan ganjaran dan pelayanan terbaik pada setiap tamunya. Salah satu pemberian terbaik bagi setiap orang yang menjadi tamu di Tanah Suci tersebut adalah dikabulkannya setiap doa dan juga diterimanya permintaan ampunan yang dipanjatkan.

    Sesuai dengan sabda dari Rasulullah SAW pada kitab hadits, dikatakan jika jamaah haji serta umrah merupakan tamu Allah, dan Allah memanggil mereka kemudian mereka juga menyambut panggilan Penciptanya. Apabila mereka meminta ampunan, Allah pun pasti akan memberinya pengampunan. (HR. Ibnu Majah)

    Mengacu dari keutamaan tersebut, tidak sedikit orang yang memanjatkan banyak doa ketika beribadah umrah, entah itu untuk mempermudah hidupnya di dunia ataupun menjamin keselamatannya di akhirat kelak. Ibadah ini tentu harus dijalani dengan sepenuh hati dan penuh keikhlasan agar keutamaannya bisa didapatkan.

  2. Menjadi Ibadah untuk Menghapus Dosa

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selain memiliki keutamaan untuk mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh jemaahnya, umrah juga bisa menjadi ibadah untuk menghapuskan dosa. Ketika menjalani ibadah umrah, insya Allah seluruh dosa yang dimiliki oleh orang yang melakukannya akan diampuni Allah SWT.

    Hal tersebut sesuai dengan sabda yang disampaikan Rasulullah SAW pada hadits shahih berikut ini.

    Dari Abu Hurairah RA dikatakan: “Rasulullah SAW pernah bersabda, dari 1 umrah ke umrah yang lainnya merupakan ibadah yang mampu menjadi penghapus dosa yang dilakukan di antara keduanya. Haji yang mabrur juga tak ada balasan lain baginya selain surga.” (Hadits Riwayat Bukhari & Muslim)

    Dengan begitu, berdasarkan hadits tersebut, bisa dipahami jika ketika seseorang melakukan umrah, seluruh dosa yang dilakukannya akan dihapuskan ketika melakukan ibadah umrah lagi di waktu mendatang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika umrah menjadi salah satu ibadah yang banyak dikejar oleh umat muslim agar bisa mendapatkan keutamaannya.

  3. Pahala Umrah di Bulan Suci Setara Haji

    Keutamaan yang terakhir dari ibadah umrah adalah pahala yang diberikan setara haji ketika dilakukan di Bulan Suci Ramadan. Siapa saja yang melakukan ibadah umrah khusus di Bulan Suci tersebut, pahala yang diterimanya seolah-olah bisa disetarakan dengan pahala ketika menjalankan ibadah haji berbarengan dengan Rasulullah SAW.

    Walaupun pahalanya bisa disetarakan, ibadah umrah tetap saja berbeda dan tak dapat disamakan dengan beribadah haji. Terkait keutamaannya tersebut, dijelaskan oleh Imam An-Nawawi pada kitab al Majmu Syar Al Muhadzab, suatu hadits shahih berikut ini.

    Berdasarkan sahabat Ibnu Abbas RA, Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda jika ibadah umrah di Bulan Suci Ramadan memiliki pahala yang bisa disetarakan dengan haji, maupun setara pahala haji bersamaku. (HR Bukhari dan Muslim).

    Mengacu pada penjelasan tersebut, menjalani ibadah umrah dapat menjadi alternatif bagi calon jemaah untuk pergi ibadah di Tanah Suci. Jemaah dapat mengumpulkan tabungan untuk biaya umrah dan menjalankannya ketika Bulan Suci Ramadan tiba.

Biaya Umrah Terbaru 2023

Berikut merupakan rincian biaya umrah terbaru 2023.

Jenis Pengeluaran

Biaya

Biaya Penerbangan

Rp8-12 juta

Biaya Visa Umrah

300 Riyal atau sekitar Rp1,1 juta

Biaya asuransi perjalanan

Rp500 ribu

Biaya akomodasi

Rp15-30 juta

Biaya transportasi di Arab Saudi

Rp500 ribu

Biaya makan dan minum

Rp5-7 juta

Biaya perlengkapan umrah

Rp2 juta

Biaya lainnya

Rp1-2 juta

Total

Rp30-58 juta

Baca Juga:  Penghasilan Bukan Halangan, Ini Cara Menabung untuk Umrah dan Simulasi Perhitungannya

Cara Menabung Dana Umrah dengan Mudah

loader

Jika kamu termasuk orang yang memiliki keinginan untuk segera menjalankan ibadah umrah ke tanah suci, akan sangat tepat untuk mulai mempersiapkan dananya. Jumlah biaya umrah memang terbilang besar, sehingga perlu waktu untuk mempersiapkannya. Mulailah menabung, lakukan investasi, dan alokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan ini secara rutin, agar niat umrah bisa segera dijalankan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menabung biaya umrah tahun yang dapat dilakukan dengan mudah.

  1. Alokasikan 10% Penghasilan Secara Rutin

    Jika sudah mengetahui berapa biaya umrah tahun ini, mulailah mengalokasikan penghasilan rutin setiap bulannya. Tabungkan 10-20% penghasilan untuk kebutuhan ini secara rutin ke dalam rekening khusus, agar tidak tercampur dengan dana lainnya. Hal ini juga untuk mencegah dana tersebut terpakai di luar peruntukannya.

    Saat jumlahnya sudah memadai, maka segera lakukan pendaftaran ke agen umrah yang tepat. Biasanya pendaftaran ini akan membutuhkan sejumlah uang muka. Namun jangan khawatir, jika sudah mendaftar seperti ini, maka kamu akan lebih rajin untuk mengumpulkan lebih banyak uang setiap bulannya.

  2. Terapkan “Hukuman” Jika Tidak Menabung

    Bila tidak menabung sesuai dengan target di atas, tidak ada salahnya untuk menerapkan “hukuman” pada diri sendiri. Lakukan hal ini dengan mengalokasikan uang 2x lebih banyak di bulan berikutnya ke dalam tabunganmu. Hal ini akan menjadi pelajaran untuk tetap konsisten dan disiplin menabung biaya umrah tersebut sampai memenuhi target.

  3. Ajak Teman atau Kerabat

    Jika dilakukan sendirian, menabung biaya umrah 2022 ini mungkin akan terasa berat. Tidak ada salahnya mengajak teman ataupun kerabat untuk menabung dan mendaftar ibadah umrah bersama-sama. Ini bisa jadi motivasi tersendiri, apalagi jika nantinya bisa berangkat dan menjalankan ibadah umrah bersama dengan mereka.

  4. Dapatkan Penghasilan Tambahan

    Makin banyak uang yang bisa ditabung, maka akan makin cepat juga Biaya umrah terpenuhi dengan baik. Bila memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan ini bisa menambah dana rutin yang ditabungkan dari penghasilan utama setiap bulannya. Carilah pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan utama, agar tujuan mendapatkan penghasilan tambahan ini bisa diwujudkan dengan baik.

  5. Lakukan Penghematan di dalam Pengeluaran Bulanan

    Jangan lupa untuk melakukan penghematan di dalam pengeluaran rutin bulanan. Misalnya, jika selama ini 40% penghasilan dialokasikan untuk kebutuhan ini, mulailah menguranginya menjadi 35% saja. Namun, pastikan semua kebutuhan pokok dapat terpenuhi dengan baik, agar penghematan ini tidak sampai memberi masalah di dalam kehidupan sehari-hari.

  6. Belanjalah Sesuai Kebutuhan

    Masih berkaitan dengan poin di atas, lakukan penghematan dengan memangkas berbagai pengeluaran yang tidak begitu penting. Prioritaskan berbagai kebutuhan pokok, termasuk pengeluaran rutin yang wajib dibayarkan setiap bulannya. Catat semua rencana belanja dengan baik dan patuhi, agar tidak terjadi “kecelakaan”  yang membuat pengeluaran membengkak saat sedang berbelanja.

  7. Pilihlah Paket Umrah yang Sesuai dengan Keuangan

    Jika sudah mengetahui berapa biaya umrah tahun ini, sesuaikan dengan kondisi keuangan. Pilihlah paket umrah yang sesuai dengan kemampuan, agar ibadah ini bisa dilakukan dengan lancar. Selain itu, paket yang tepat juga akan memudahkan untuk proses pengumpulan biayanya, sehingga rencana umrah dapat segera dilaksanakan.

  8. Menggunakan Investasi Reksa Dana Syariah

    Kenapa harus memilih reksa dana syariah? Alasan utamanya adalah cara kerja dari instrumen investasi tersebut dijamin telah disesuaikan dengan ketentuan syariah di mana tak memiliki unsur riba atau bunga yang diharamkan dalam agama Islam.

    Tidak hanya itu, menanam modal di instrumen reksa dana syariah juga bisa dimulai dengan nominal kecil, bahkan mulai dari 10 ribuan saja. Dengan begitu, instrumen investasi ini terbuka dan mudah diakses oleh hampir semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali. Asal memiliki niat kuat untuk mengumpulkan modal investasi, dijamin tujuan menyiapkan dana ibadah umrah akan tercapai cepat atau lambat.

    Umumnya, agar biaya umrah bisa terkumpul, seseorang membutuhkan waktu menabung secara bertahap selama 6 bulan sampai 3 tahun. Kurun waktu tersebut tak mengikat dan bisa sangat fleksibel disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan. Usahakan untuk rutin dan disiplin mengumpulkan dana umrah ini seiring waktu agar rencana menjalani ibadah ke Tanah Suci tersebut dapat terwujud suatu saat nanti.

Baca Juga: Ibadah Umrah Kembali Dibuka, Simak Persyaratan Hingga Biaya Umrah Tahun 2022

Simulasi Tabungan Dana Umrah di Reksa Dana Syariah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, reksa dana syariah bisa menjadi pilihan ideal mengumpulkan biaya umrah agar mampu mendapatkan segala keutamaan umrah. Alasannya karena cara kerja instrumen investasi tersebut telah disesuaikan dengan ketentuan syariah dan nilai uang yang tersimpan di dalamnya bisa terus meningkat seiring waktu.

Sebagai contoh, kamu menyimpan dana untuk biaya umrah di instrumen reksa dana syariah dengan bunga per tahun mencapai 3 persen. Dengan asumsi tersebut, dana umrah yang ingin dikumpulkan adalah 57,8 juta yang merupakan biaya umrah untuk 2 orang. Rencananya dana terkumpul ingin bisa dicapai dalam kurun waktu 12 bulan alias 1 tahun.

Berdasarkan informasi tersebut, simulasi perhitungan tabungan dana umrah di reksa dana syariah adalah sebagai berikut. Dengan asumsi peningkatan nilai aset di instrumen reksa dana syariah sebesar 3 persen per tahun dan dana yang harus terkumpul sebesar 59,6 juta, setiap bulan kamu perlu menyisihkan dana sekitar 4,8 juta, atau per harinya setara 160 ribuan. Nominal menabung di instrumen investasi tersebut harus dilakukan secara rutin hingga 12 bulan agar target dana umrah yang telah ditentukan mampu tercapai.

Tentunya, jika tujuan keuangan tersebut ingin diraih dalam rentang waktu yang lebih panjang, misalnya 2 atau 3 tahun, nominal dana yang harus disisihkan setiap bulannya menjadi jauh lebih terjangkau. Oleh karena itu, usahakan untuk menyisihkan dana beribadah umrah ini dari jauh-jauh hari agar tanggungan finansial menjadi lebih terjangkau.

Sembari mengumpulkan biaya umrah, keuangan pun akan tetap mampu memenuhi segala kebutuhan penting lainnya karena nominal dana yang harus disisihkan tiap bulan lebih kecil. Dengan nominal lebih terjangkau pula rencana mengumpulkan dana umrah bisa lancar dijalani dan terkumpul tepat waktu tanpa ada risiko tersendat karena masalah keuangan atau lainnya.

Cara Mempersiapkan Diri untuk Menjalani Ibadah Umrah

Sebagaimana perjalanan ke luar negeri pada umumnya, perjalanan umrah juga tentu harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Hal ini penting, agar seluruh rangkaian ibadah umrah bisa berjalan dengan lancar. Ini akan memungkinkan tujuan ibadah tersebut bisa tercapai dengan baik dan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum menunaikan ibadah umrah: 

  1. Bekali Diri dengan Pengetahuan Tentang Umrah

    Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah pengetahuan tentang ibadah umrah itu sendiri. Apa tujuan ke sana dan harapan yang ingin dicapai setelah kembali nanti. Selain itu, pahami juga berbagai aturan dan larangan terkait ibadah umrah tersebut dengan baik sebagai bekal diri untuk menunaikan ibadah ini.

  2. Lengkapi Semua Dokumen yang Dibutuhkan

    Selain membayar kewajiban biaya umrah tahun 2022, jangan lupa memenuhi kewajiban lainnya. Lengkapilah semua dokumen yang dibutuhkan untuk perjalanan ibadah ini dengan baik. Hal ini akan memungkinkan rencana umrah bisa berjalan dengan lancar.

  3. Siapkan Kondisi Fisik yang Prima

    Jangan lupa untuk menjaga kesehatan fisik dengan baik, bahkan sejak jauh-jauh hari sebelum jadwal umrah tiba. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari mengatur pola makan, olahraga teratur, termasuk dengan istirahat yang teratur. Jika kondisi fisik bugar dan sehat, risiko mengalami sakit saat umrah tentu bisa dihindari dengan baik.

  4. Ikuti Manasik Umrah

    Sebelum berangkat umrah nanti, pastikan untuk mengikuti manasik umrah terlebih dahulu. Acara ini akan memberikan pemahaman tentang tata cara dan hal lainnya yang harus dijalankan selama ibadah umrah.

  5. Siapkan Perlengkapan dan Kebutuhan Pribadi Selama Umrah

    Jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan ibadah umrah. Tanyakan kepada pihak agen travel, apa saja yang dibutuhkan selama umrah nanti. Siapkan juga berbagai kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan dan yang lainnya.

    Selain mempersiapkan biaya umrah, jangan lupa untuk mempersiapkan bekal (uang) untuk berbagai kebutuhan di sana. Hal ini penting, mengingat pengeluaran lainnya sangat mungkin terjadi selama menjalankan ibadah umrah. Siapkan dana untuk membeli oleh-oleh dan juga dana darurat sebagai pegangan.

  6. Siapkan Diri untuk Menjalani Ibadah Ini

    Persiapan yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Pastikan untuk memiliki niat ibadah dan taubat yang tepat. Hal ini akan membuat ibadah umrah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan awal. Minta maaflah kepada keluarga dan kerabat sebelum melaksanakan ibadah umrah.

Tata Cara Menjalankan Ibadah Umrah

Berikut ini adalah beberapa tata cara menjalankan ibadah umrah yang harus dilaksanakan dengan baik.

  • Lakukan persiapan diri sebelum mulai ihram, seperti merapikan kuku dan semua bulu di tubuh. Lalu, bersihkan diri dengan mandi dan mengambil wudhu.
  • Kenakan pakaian ihram dengan sebagaimana mestinya.
  • Jika ingin, pakailah wewangian sebelum niat, seperti: parfum, lotion dan yang lainnya.
  • Jika telah menjalankan shalat wajib, tunaikan juga salat sunah ihram sesudahnya. Salat ihram bisa digantikan dengan shalat wajib tersebut.

Siapkan Biaya umrah dengan Cara yang Tepat

Jika sudah berniat untuk menjalankan umrah secepatnya, mulailah siapkan biaya umrah tahun ini di dalam keuangan. Lakukan cara yang tepat untuk menabung dana umrah, sehingga niat untuk menunaikan umrah bisa terlaksana.

Baca Juga: Cara dan Syarat Buka Tabungan dan Daftar Haji di Kemenag