20 Jenis Tanaman Hias yang Cantik, Cocok untuk Rumah!

Merawat tanaman hias menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi kebanyakan ibu rumah tangga. Tanaman hias biasa ditambahkan di teras rumah untuk menambah keindahan sekaligus kenyamanan rumah. Tidak hanya tanaman hias yang di dalam pot, tapi ada juga jenis tanaman hias gantung yang cukup menawan untuk menghiasi teras rumah.

Satu hal yang tak kalah menarik adalah merawat tanaman hias tidaklah sulit. Apalagi kini sudah banyak tips dan trik merawat tanaman hias di internet yang bisa kamu jadikan pedoman. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bila ingin memilikinya.

Baca Juga: Tips Mendekor Ulang Rumah Menjelang Hari Raya

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

20 Jenis Tanaman Hias yang Cantik

loader

Tanaman Hias yang Cocok untuk Rumah

Tertarik untuk memiliki tanaman hias? Nyatanya, ada banyak jenis tanaman hias yang bisa dijadikan pilihan. Berikut ini 20 jenis yang direkomendasikan untuk kamu.

  1. Aglaonema

    Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digemari. Daunnya berbentuk bulat telur dan lonjong berukuran besar, dengan perpaduan warna merah dan hijau keputihan. Tanaman ini bisa diletakkan di teras rumah di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

    Cara merawatnya: memberikan pupuk secara rutin, vitamin B1, dan pastikan ukuran potnya sesuai agar aglaonema cepat tumbuh dan beranak.

  2. Monstera

    Siapa yang tidak mengenal jenis tanaman hias indoor yang satu ini? Monstera sangat populer dengan daunnya yang tebal, bolong, dan berawarna hijau. Tanaman ini sering digunakan untuk dekorasi, sehingga rumah menjadi estetik. 

    Cara merawatnya: letakkan di tempat dengan sinar matahari sedang, siram sekali dalam 1-2 minggu, dan biarkan tanah kering dengan sendirinya sehabis penyiraman.

  3. Gelombang cinta

    Tanaman hias yang satu ini sempat mengguncang pasar pada tahun 2007 silam, karena harganya mencapai ratusan juta kala itu. Untungnya sekarang harga tanaman hias ini sudah terjangkau, jadi siapapun bisa membelinya. Tanaman ini memiliki ciri gelombang daun besar, panjang, dan terdapat bagian bergelombang di tepi daunnya.

    Cara merawatnya: jemur gelombang cinta 15--60 menit setiap hari, lalu siram dua kali dalam setahun.

  4. Keladi

    Merupakan salah satu tanaman hias yang diminati. Tanaman ini berasal dari genus Caladium dan Alocasia dengan ciri daun berbentuk hati warna-warni. Beberapa tanaman keladi memiliki warna solid, ada juga yang memiliki dua warna dalam satu daun, dan warna solid tapi warna pertulangan daunnya berbeda.

    Cara merawatnya: pastikan pencahayaannya cukup, suhu dan kelembapan terjaga, serta beri pupuk secara teratur.

  5. Philodendron

    Adalah tanaman hias dengan ciri daun hijau berbentuk hati. Bentuknya dinilai cukup unik, sehingga banyak diminati oleh ibu-ibu. Biasanya tanaman ini ditaruh di teras rumah atau pot-pot kecil.

    Cara merawatnya: letakkan di daerah yang sejuk dan tidak terkena cahaya matahari berlebih.

  6. Alocasia

    Tanaman yang masih berkerabat dengan aglaonema, keladi, dan anthurium ini dikenal karena keunikannya. Alocasiao memiliki daun berwarna hijau belang-belang putih, dan warna putih ini akan hilang apabila diletakkan di tempat yang mendapat cahaya penuh. Ada sekitar 70 juta jenis tanaman alocasia, tapi Alocasia Baginda Silver Dragon menjadi salah satu yang paling hits. 

    Cara merawatnya: letakkan di daerah yang lembap, hindari kebiasaan repotting, dan buang daun yang berguguran secara rutin.

  7. Rombusa Mini

    Merupakan tanaman perdu semak yang memiliki daun rimbun. Tanaman rombusa mini terdiri dari beberapa warna, yaitu kuning, hijau, dan silver. Sementara bunganya berwarna putih yang membuatnya sangat indah bila ditaruh di teras rumah.

    Cara merawatnya: setelah ditanam, siram bibit agar tidak layu. Lakukan penyiraman sekali sehari agar daunnya cepat tumbuh.

  8. Lili Paris

    Merupakan salah satu jenis tanaman hias untuk taman minimalis. Lili paris ini sering dijuluki bulu ayam karena bentuknya menyerupai pita memanjang dan tipis. Meski memiliki embel-embel nama paris, tapi tanaman ini sesungguhnya berasal dari Afrika Selatan.

    Cara merawatnya: pastikan tanahnya lembap, hindari sinar matahari langsung, dan lakukan penyiraman sekali seminggu dalam satu tahun pertama.

  9. Peperomia

    Disebut sebagai tanaman hias abadi. Ciri khas dari peperomia adalah daunnya tebal, tumpul, dan teksturnya seperti karet. Terdapat lebih dari 1.500 spesies peperomia, tapi pada umumnya sering ditanam sebagai tanaman hias berkelompok.

    Cara merawatnya: pastikan suhu udara hangat dan kondisi tanah lembap.

  10. Jenggot Musa

    Disebut juga Spanish Moss, adalah tanaman hias yang berasal dari keluarga bromeliads (bromeliaceae). Jenis tanaman hias gantung ini tumbuh menggantung pada daun-daun pepohonan lain. Jenggot musa sempat menjadi tanaman hias yang nge-tren pada tahun 2020 silam.

    Cara merawatnya: siram dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari agar tanahnya selalu lembap. Sementara saat musim panas tiba, sebaiknya rendam tanaman di air selama 10 menit setiap hari.

  11. Sirih Belanda

    Merupakan jenis tanaman hias yang sangat cantik bila diletakkan di sudut rumah. Tapi, tak sedikit juga yang menjadikannya sebagai tanaman hias gantung di depan teras rumah. Media tanamnya sangat sederhana, yaitu pot, tanah, dan air secukupnya saja.

    Cara merawatnya: jaga suhu ruangan di suhu 21-23 derajat celcius, sinar matahari tidak langsung, dan hindari ruangan yang gelap karena dapat mengganggu pertumbuhan.

  12. Sri Rejeki

    Seperti namanya, tanaman ini dianggap mampu memberikan rezeki bagi siapa saja yang memeliharanya. Beberapa tanaman sri rejeki yang populer, seperti sinar bulan, bidadari, red kochin, dud anjamani, dan lady valentine. Kamu tinggal pilih mana yang paling sesuai untuk menghias rumah.

    Cara merawatnya: tanam di tanah yang lembap, siram seperlunya saja dan biarkan tanah mengering terlebih dahulu sebelum disiram kembali.

  13. Oxalis

    Disebut juga calincing, adalah tanaman hias yang memiliki bentuk dan warna yang unik. Daunnya mirip seperti sayap kupu-kupu. Salah satu jenisnya, yaitu Oxalis Triangularis memiliki warna daun ungu yang dapat membuat teras rumah tampak berwarna dengan keberadaannya.

    Cara merawatnya: letakkan di tempat yang terpapar cahaya matahari langsung, ukuran pot sesuai, dan jangan terlalu sering disiram.

  14. Lidah Buaya

    Merupakan jenis tanaman hias indoor yang paling diminati karena mudah ditemukan, ditanam, dan dirawat. Tanaman ini bisa ditanam di dalam pot berukuran besar, jadi kelihatan indah saat daunnya mulai tumbuh memanjang. Selain bagus untuk rambut, lidah buaya juga bagus untuk kulit dan dijadikan obat.

    Cara merawatnya: pastikan mendapat pencahayaan yang cukup, siram, dan berikan pupuk secara rutin.

  15. Hoya

    Hoya adalah tanaman hias yang indah dengan daun lilin dan bunga aromatiknya. Tanaman ini cukup kuat karena tahan kering. Perawatannya pun mudah, jadi dipastikan tidak repot untuk mengurusnya.

    Cara merawatnya: pastikan sirkulasi udara baik dan mendapat cahaya matahari langsung agar tanaman tumbuh subur.

  16. Marigold

    Warna yang orange bisa membuat rumah kelihatan cerah. Marigold bisa tumbuh di mana saja asalkan mendapatkan pengairan yang cukup. Tidak heran kenapa tanaman ini banyak digemari, ya!

    Cara merawatnya: pastikan mendapat cahaya matahari penuh dan hindari penyiraman yang terlalu sering agar kelopak bunganya tidak busuk.

  17. Calendula

    Bunga calendula yang berwarna kuning merupakan salah satu jenis tanaman hias yang patut dipelihara. Metode perawatannya pun sangat mudah. Banyak calendula yang dijadikan produk kecantikan karena memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit.

    Cara merawatnya: tempatkan di daerah yang sejuk, siram secara rutin dengan kadar air yang cukup.

  18. Royal Palm

    Mau punya tanaman yang tinggi di rumah? Well, kamu bisa menanam royal palm ini. Tanaman ini mudah tumbuh asalkan mendapat cahaya matahari yang cukup. 

    Cara merawatnya: letakkan di daerah yang mendapat cahaya matahari, lakukan repotting, siram secara teratur, dan beri pupuk.

  19. Tanaman Bambu

    Tanaman bambu dapat dijadikan tanaman hias indoor maupun outdoor. Tanaman ini cepat tumbuhnya dan hanya membutuhkan perawatan yang sederhana. Banyak orang percaya bahwa tanaman ini mampu memberikan keuntungan bagi yang memilikinya. 

    Cara merawatnya: hindari sinar matahari langsung, pangkas bagian yang mulai menguning, dan siram secukupnya.

  20. Kaktus

    Membahas tentang tanaman hias gantung atau indoor, tidak lengkap rasanya kalau tidak memasukkan kaktus dalam daftar. Selain indah dan unik, ukuran tanaman ini pun dianggap pas untuk dijadikan tanaman hias. Beberapa jenis kaktus yang bisa dijadikan pilihan, seperti gymnocalycium, pincushion cactus, ball cactus, cereus tetragonus, dan haworthia attenuata.

    Cara merawatnya: beri pencahayaan yang cukup, siram secara rutin, pilih pot dengan ukuran sesuai, dan pastikan pot memiliki lubang.

  21. Baca Juga: 12 Jawaban Ngeles Kalau Ditanya Kapan Nikah Pas Lebaran, Kamu Pilih Mana?

Percantik Rumah dengan Tanaman Hias Favoritmu

Itu dia jenis tanaman hias yang cocok untuk mempercantik tampilan teras rumah. So, mana yang menjadi favoritmu? Pastikan kamu merawatnya dengan baik agar tanaman hias bisa tumbuh subur.

Baca Juga: Dokter Spesialis Paru Terdekat Jakarta