Jika Masih Ragu, Ini 5 Tips Atasi Rasa Takut Saat Memulai Bisnis

Berniat memulai bisnis dalam waktu dekat, setiap pebisnis pemula pastinya  memiliki rasa ragu dan takut. Ada terlintas di pikiran takut bisnis tidak laku di pasaran, bisnis tidak bisa berkembang, bahkan takut gagal  Hal ini sangat wajar, apalagi jika ini masih akan menjadi bisnis pertama yang Anda lakoni. 

Namun, jangan biarkan rasa takut menghalangi langkah Anda dalam membangun bisnis. Sebab, ketakutan memulai hanya membuat kesuksesan berbisnis jadi tertunda.

Agar rasa ragu dan takut saat ingin memulai bisnis hilang, simak beberapa tips berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Bangun bisnis tanpa meninggalkan pekerjaan 

loader
Bangun bisnis tanpa meninggalkan pekerjaan

Memulai bisnis memang akan memberikan Anda sejumlah risiko, terutama pada masa-masa awal. Misalnya, belum bisa mengharapkan hasilnya dalam waktu yang cepat. 

Bisnis membutuhkan waktu untuk bisa bertumbuh dan hingga akhirnya menghasilkan sejumlah keuntungan. Sementara di lain sisi, Anda akan tetap membutuhkan sejumlah biaya hidup, apalagi jika ternyata Anda sudah memiliki tanggungan.

Untuk mengatasi masalah keuangan selama membangun bisnis, pastikan Anda tidak meninggalkan pekerjaan saat ini. Anda bisa menjalankan kedua hal ini secara beriringan, sehingga pendapatan tetap bisa terjaga setiap bulannya. 

Setelah omset bisnis sudah dipastikan stabil bahkan justru makin meningkat, Anda baru bisa melepas pekerjaan dan fokus pada bisnis agar semakin maju.

Baca Juga: Pebisnis Pemula, ini 4 Hal Penting yang Bikin Bisnis Anda Sukses

2. Perluas koneksi

Koneksi akan membantu bisnis berkembang dengan lebih cepat. Sebab dengan koneksi yang luas, maka bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam bidang yang satu ini. 

Untuk sebagian pebisnis yang telah sukses, networking ini bahkan dianggap sebagai salah satu investasi terbaik di dalam bisnis mereka. Hal ini akan sangat berguna untuk waktu yang panjang, terutama di masa-masa awal bisnis Anda tersebut. 

Mulai langkah Anda dalam membangun koneksi sesegera mungkin, Anda bisa mengikuti seminar atau bahkan komunitas bisnis lainnya yang sesuai untuk Anda.

3. Belajar dari kisah sukses pebisnis lainnya 

loader
Belajar dari kisah sukses pebisnis lainnya

Belajar dari kesuksesan orang lain merupakan salah satu langkah mudah untuk memiliki keberanian dalam membangun bisnis. Setiap orang akan memiliki cerita dan perjalanan masing-masing untuk meraih kesuksesan. 

Anda bisa melihat berbagai cerita ini dalam beragam bentuk, mulai dari tayangan televisi, buku motivasi, dan yang lainnya. Pelajari bagaimana pebisnis sukses meraih mimpinya dan petiklah berbagai ilmu yang berharga dari kisah tersebut, agar kelak Anda bisa menerapkannya ketika mengembangkan bisnis Anda sendiri.

4. Minta saran pada orang lain

Jangan sungkan untuk meminta saran pada orang lain, terutama yang sudah berpengalaman dalam bisnis. Ada banyak pelajaran yang bisa Anda petik dari pengalaman hidup orang lain, semua ini bahkan bisa saja membuat Anda lebih siap untuk menghadapi tantangan.

Bukan hanya pada mereka yang sudah ahli saja, Anda bahkan bisa meminta saran ini pada orang terdekat, seperti: sahabat, keluarga, kerabat, rekan kerja, dan yang lainnya. Sampaikan apa saja yang menjadi kendala dan ketakutan terbesar Anda, agar orang dekat Anda bisa memberikan solusi.

Baca Juga: Anda Pebisnis Pemula? Ini Cara Cerdas Belanja Grosiran

5. Rencanakan dengan matang

loader
Rencanakan dengan matang

Untuk membangun bisnis yang sukses, Anda harus memiliki rencana yang matang. Tidak harus selalu rencana yang luar biasa saja, rencana yang simpel dan masuk akal justru kerap lebih mudah untuk diterapkan di dalam bisnis. 

Selain itu, miliki juga rencana cadangan yang dapat Anda andalkan di masa sulit, jika sewaktu-waktu rencana bisnis Anda tersebut gagal atau tidak tepat sasaran. Pikirkan berbagai tantangan di dalam bisnis dan mulailah membuat apa saja solusi yang tepat untuk mengatasinya. Semua ini akan membuat Anda lebih tenang dalam memulai bisnis tersebut.

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Tinggi untuk Berbisnis

Agar Anda lebih yakin untuk memulai bisnis, pahami bisnis yang akan Anda geluti sejak awal, mulai dengan percaya diri dan rencana matang, agar Anda bisa mendapatkan kesuksesan besar di masa yang akan datang. Jika takut mengalami kekurangan modal untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mengandalkan pinjaman fintech yang bisa diajukan dengan mudah secara online.

Baca Juga: Cara Kembangkan Bisnis UMKM dengan Pinjaman Modal dari Fintech