Kini Jadi Brand Ambassador Dior, Begini Kiprah Jisoo Blackpink hingga Sukses Mendunia

Sepak terjang Kim Jisoo telah dimulai dengan fenomenal bersama Blackpink sejak tahun 2016 lalu. Kim Jisoo lahir di Gunpo, Gyeonggi pada tanggal 3 Januari 1995. Dalam girlband tersebut, ia tak hanya berperan sebagai visual utama, tapi juga salah satu vocal andalan.

Tak hanya fasih bernyanyi, ia juga rupanya terampil bermain alat musik gitar dan drum. Di bawah naungan label YG Entertainment, Jisoo bersama Rose, Jennie, dan Lisa telah sukses merilis berbagai hits yang meledak di pasaran. Di antaranya ialah Stay, Crazy Over You, Ddu-Du Ddu-Du, Boombayah, dan lainnya.

Blackpink menjadi girlband K-Pop pertama yang semua albumnya sukses merajai peringkat pertama dalam chart Top 100 Digital Albums Billboard. Bahkan, per tahun 2022 ini, total kekayaan yang telah diraup Jisoo mencapai 10 juta Dollar AS (lebih dari Rp143 miliar).

Baca Juga: Inspiring! Sering Dikomentari, Begini Kisah Perjuangan Panjang Lisa Blackpink Meraih Kesuksesan

Biodata Jisoo Blackpink

View this post on Instagram

A post shared by JISOO🤍 (@sooyaaa__)

Jisoo adalah putri dari ayah yang bernama Ha Joon Kim, serta ibunya Ji Yoo Kim. Tiga bersaudara, saudari perempuannya bernama Kim Ji Yoon yang juga dikenal sebagai selebgram dan influencer. Sedangkan saudara lelakinya bernama Kim Jung Hoon yang beken sebagai fotografer muda nan andal. 

Jisoo sudah jatuh hati pada musik dan tarik suara sejak awal. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Seoul Performing Arts High School, Jisoo lantas lanjut menempuh bangku kuliah. Ia mengambil jurusan Musik di Korea National University of Arts, Korea Selatan.

Memasuki 2011, Jisoo mulai meniti karier di dunia tarik suara dan industri musik Korea. Setelah menjalani interview dengan YG Entertainment, Jisoo terpilih menjadi trainee dan ditempa dalam training yang berlangsung kurang lebih lima tahun lamanya.

Ia pun belakangan digabungkan dengan Blackpink dan menjadi member paling tua dari girlband tersebut. Hingga pada bulan Agustus 2016, Blackpink melakukan debut Square One album mereka dan melejit di pasaran. Mereka bahkan selalu mendapat dukungan setia dari Blink yang merupakan fans fanatiknya.

Awalnya Bernama Pink Punk

Dalam prosesnya, nama Blackpink bukanlah opsi pertama yang dipilih untuk girlband formasi awal. Bahkan, saat training berlangsung, grup ini tadinya beranggotakan sembilan orang. Mereka adalah Jisoo, Euna, Jennie, Eunbi, Lisa, Hanna, Miyeon, Jinny, dan Rose. 

Girlband dengan sembilan orang member tersebut lantas diberi nama Pink Punk. Mereka direncanakan akan lepas landas setelah 2NE1.

Namun rupanya rencana tersebut malah tak berjalan dengan mulus. Satu demi satu personil Pink Punk terkendala berbagai problem pribadi yang menjadi hambatan. Alhasil, debut Pink Punk pun tertunda.

Belakangan, seleksi alam terjadi sehingga satu demi satu trainee meninggalkan YG Entertainment hingga berpindah ke project lainnya. Salah satunya seperti Jinny Park yang melenggang ke proyek pelatihan F21. 

Akhirnya, yang tersisa hanyalah Jisoo, Lisa, Rose, dan Jennie. Dengan format tersebut serta nama baru, mereka pun melakukan debut di bulan pertengahan 2016. 

Square One dirilis ke pasaran di bulan Agustus 2016 yang langsung disusul dengan Square Two pada November 2016. Tak disangka, semua karya mereka mendapat sambutan besar dari khalayak banyak.

Total di sepanjang kariernya, Blackpink telah melahirkan dua buah album solo. Mereka juga merilis tiga buah album mini, empat album single, serta tiga album rekaman live. 

Selain Kill This Love, lagu Ddu-Du Ddu-Du dari Blackpink terbilang menjadi salah satu yang paling fenomenal. Lagu tersebut bahkan memecahkan rekor video musik grup K-Pop terbanyak yang ditonton di YouTube dalam waktu 24 jam.

Meraup Begitu Banyak Penghargaan

View this post on Instagram

A post shared by JISOO🤍 (@sooyaaa__)

Sejak awal kemunculannya, Blackpink telah berlangganan memenangkan banyak penghargaan. Di tahun 2016, mereka meraih Rookie Award dari Asia Artist Awards dan Best New Artist Award dari Melon Music Awards.

Mereka juga meraih dua penghargaan Best of Next Artist Award ‘Female’ serta Best Music Video dari Mnet Asian Music Awards 2016. Di tahun 2017, Blackpink meraih New Artist of the Year dari Seoul Music Awards. 

Mereka juga memboyong New Artist of the Year versi Golden Disc Awards 2017. Sementara dari Gaon Chart Music Awards, Blackpink dianugerahi Rookie dan Song of the Year untuk lagu Playing with Fire serta Whistle.

Di tahun-tahun berikutnya, masih banyak lagi deretan penghargaan bergengsi yang didapatkan Blackpink. Salah satunya seperti Best Female Dance dan Top 10 Artist dari Melon Music Awards. Mereka juga berhasil membawa pulang Bonsang Award dari Seoul Music Awards dan lainnya.

Dari Japan Gold Disc Award, Blackpink bahkan memboyong tiga penghargaan, termasuk Best 3 New Artists Asia. Adapun dari MTV Video Music Awards Japan, Blackpink dianugerahi penghargaan Best Dance Video.

Baca Juga: Berkenalan dengan Jennie Blackpink, Si Cantik Multitalenta yang Dijuluki YG Princess

Kolaborasi Apik dengan Bintang Dunia

Kiprah Blackpink kian diakui mancanegara sewaktu berkolaborasi dengan Selena Gomez dan Ariana Grande. Dalam lagu Ice Cream yang ikut digarap oleh Ariana Grande, Blackpink berduet dengan Selena Gomez. Lagu tersebut sukses menjadi favorit banyak orang dan menduduki posisi ke-13 dalam chart Billboard 100.

Selain itu, Blackpink menggandeng Lady Gaga yang eksentrik dalam lagu Sour Candy. Karya kolaborasi tersebut ikut masuk dalam album Gaga yang bertajuk Chromatica. 

Kemudian Jisoo dkk juga bekerja sama dengan rapper beken, Cardi B, dalam lagu Bet U Wanna. Sedangkan dalam lagu Kiss And Make Up, giliran Blackpink mengajak kerja sama Dua Lipa yang terkenal dengan warna vokalnya yang khas. 

Paling Beken di Jagad Maya

View this post on Instagram

A post shared by JISOO🤍 (@sooyaaa__)

Para personil Blackpink rupanya berhasil menjadi K-Pop idol yang paling beken di media sosial. Sejak pertengahan tahun 2021, kanal YouTube Blackpink telah mempunyai lebih dari 74 juta subscribers. Faktanya, jumlah ini merupakan yang paling unggul dan bahkan berhasil dengan telak mengalahkan Bangtan Boys (BTS).

Tak hanya berjaya di platform YouTube. Di Instagram pun, popularitas Jisoo dkk masih yang terdepan jika dibandingkan dengan boyband atau girlband lainnya.

Jisoo Blackpink sendiri telah diikuti oleh lebih dari 61 juta followers di Instagram pribadinya. Uniknya lagi, popularitas Blackpink bahkan membuat mereka memenangkan sekaligus lima penghargaan dari Guinness World Record 2020.

Penampilan Akting dan Menjadi MC

Jisoo sempat memperlihatkan kemampuan aktingnya dan tampil sebagai guest role dalam serial TV bertajuk The Producers. Serial tersebut ditayangkan di KBS2 di tahun 2015. 

Kemudian di tahun 2017, wanita yang akrab dipanggil Jichu/ Chi Choo ini juga muncul dalam serial Part Time Idols yang tayang di SBS dan Netflix. Pada periode ini, ia juga resmi menjadi host untuk Inkigayo bersama Doyoung dan Jin Young (NCT serta GOT7).

Seiring dengan perkembangan kariernya yang kian naik daun, sosok multitalenta Blackpink Jisoo pun semakin tenar di seantero dunia. Ia lantas ikut hadir sebagai cameo dalam drama fantasi yang tayang di tvN, Arthdral Chronicles. Sementara dalam drama Snowdrop yang ditayangkan JTBC, Jisoo sukses berperan sebagai tokoh utamanya, Eun Young Cho.

Fakta Jisoo Blackpink

View this post on Instagram

A post shared by JISOO🤍 (@sooyaaa__)

Dari keempat member Blackpink, Jisoo menjadi satu-satunya pentolan yang belum mengeluarkan karya solonya. Padahal, Jisoo juga ikut menciptakan lagu Lovesick Girls versi Bahasa Korea yang dibawakan mereka. 

Baru-baru ini, para Blink dikejutkan dengan pernyataan Jisoo saat sedang siaran langsung di V Live. Pasalnya, ia mengisyaratkan bahwa solo albumnya akan segera dikeluarkan. 

Para penggemar pun praktis sangat antusias saat mendengarnya. Sebagai bocoran, Jisoo menyebutkan bahwa debut solonya akan mencampurkan genre Rap yang kental dengan nuansa Hip Hop.

Sebelumnya, Jennie telah lebih dulu merilis debut solonya dengan single Solo (2018). Kemudian Rose menyusul dengan hits bertajuk On the Ground yang rilis pada Maret 2021 lalu. Selanjutnya, album berjudul Lalisa dirilis Lisa pada September 2021.

Walaupun Jisoo menjadi satu-satunya member yang belum melahirkan single atau album solonya, namun ia juga yang sudah lebih dulu debut di dunia akting. Dalam Snowdrop contohnya, Jisoo telah sukses beradu keterampilan aktingnya dengan aktor Jung Hae In.

Duta Global Brand Kenamaan Dior

Totalitas serta kerja keras yang dijalani Jisoo telah membawanya ke puncak kesuksesan. Bahkan sejak 2021, Jisoo Blackpink telah terpilih menjadi Global Brand Ambassador dari brand kenamaan, Dior Beauty dan Dior Fashion. 

Dengan begitu, posisi tersebut menjadikan Jisoo sebagai duta global bersama aktris kenamaan Natalie Portman, yang ternyata telah dikaguminya sejak lama. Para fans setia Jisoo pun semakin mendukung dan menjadikannya panutan yang terus menginspirasi mereka.

Baca Juga: Begini Perjalanan Rose Blackpink Sebelum Sukses Berkarir, Harus Rela Keluar dari Zona Nyaman!