Saham YG Entertainment: Cara Mudah Investasi dan Beli Saham Korea

Semenjak demam Kpop melanda banyak negara terutama di Indonesia banyak agensi besar yang menaungi grup Idol Kpop popular diyakini sebagai peluang investasi saham yang menguntungkan.

Agensi besar seperti SM Entertainment, JYP Entertainment dan YG Entertainment adalah tiga agensi idol group terbesar di Korea yang telah lama membuka penjualan aset sahamnya untuk umum baik untuk masyarakat Korea dan non-Korea.

Nah, kali ini kita akan berbicara mengenai seluk beluk aset saham di YG Entertainmen dan cara membeli saham YG Entertainment, agensi yang sudah menaungi dan mendebutkan banyak artis Kpop terkenal seperti Big Bag, 2NE1, Winner, IKON dan BlackPink.

Sejarah Singkat YG Entertainment

loader
Gedung YG Entertainment di Korea Selatan

YG Entertainment terbentuk pada Maret 1996. Agensi ini pertama kali dipimpin oleh Yang Hyun Suk yang juga merupakan mantan idol dari grup hip hop popular Seo Tai Ji & Boys. Kepopuleran grup terdahulunya dan pengalamannya sebagai seorang artis yang menjadikannya cukup sukses dalam menjalankan YG entertainment di tahun-tahun awalnya.

Sebelum sebesar sekarang, YG Entertainment dulu hanya merupakan agensi kecil yang hanya menaungi beberapa artis saja, yaitu Jinusean yang merupakan duo rapper terkenal era 1990 – awal 2000an lalu disusul oleh soloist Se7en, PSY dan Gummy.

Namun seiring berkembangnya kepopuleran Kpop di banyak negara, YG Entertainment pun akhirnya ikut mendebutkan grup idol pertamanya yaitu Big Bang pada tahun 2006.

Kesuksesan debut Big Bang pun membawa YG Entertainment untuk terus melahirkan grup idol bertalenta lainnya yaitu 2NE1 yang merupakan girl group idol pertamanya disusul Winner, IKON, BlackPink dan yang paling baru Treasure.

Baca Juga: Jenis-Jenis Saham yang Wajib Diketahui Investor Pemula

YG Entertainment Masuk Lantai Bursa Saham

loader
Saham YG Entertainment Melantai Bursa Saham

Berkat kesuksesan artis-artisnya dan mengikuti jejak 2 agensi Kpop besar lainnya yaitu SM Entertainment dan JYP Entertainment, saham YG Entertainment pun dibuka untuk umum pada November 2011.

Semenjak keberhasilan 2 grup idol pertamanya Big Bang dan 2NE1, bisnis bursa saham YG Entertainment langsung memiliki banyak peminat. Harga jual-beli saham YG Entertainment pun semakin tinggi semenjak kesuksesan BlackPink sampai ke panggung internasional.

Karena kepopuleran artis-artisnya, harga jual-beli YG Entertainment yang pada tahun-tahun awal masuk ke lantai bursa saham hanya berada di sekitar 30.000 won. Sekarang (per Oktober 2021) harga jual-beli saham YG Entertainment sudah meningkat menjadi sekitar 60.000 won – 70.000 won.

Namun, bukan berarti saham YG Entertainment tidak pernah mengalami penurunan sebelumnya. Layaknya saham agensi Kpop lainnya, penurunan dan kenaikan saham YG Entertainment juga sering mengalami pasang-surut.

Faktor-faktor terjadinya banyak perubahan harga jual-beli saham YG Entertainment biasanya dipengaruhi oleh berita skandal dan kesuksesan para artis naungannya.

Baca Juga: Cara Beli Saham Luar Negeri dan Sekuritas Pilihan

Cara Beli Saham YG Entertainment

loader
Cara Beli Saham YG Entertainment

Cara beli saham YG Entertainment sama dengan membeli saham luar negeri pada umumnya. Berikut persyaratan dan cara membeli saham YG Entertainment:

1. Penuhi dulu persyaratan utamanya untuk jadi investor saham

Baik menjadi investor saham lokal atau luar negerti ada persyaratan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap calon investor yaitu:

  • Berusia di atas 17 tahun
  • Sudah memiliki pekerjaan
  • Memiliki rekening
  • Dan paham mengenai investasi saham

2. Membuka rekening saham

Untuk membuka rekening saham kamu harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu, yaitu:

  • ID Card (KTP/KITAS/Passport)
  • NPWP
  • Buku Tabungan
  • Nomor Identitas Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)
  • Fotokopi KTP dan NPWP serta fotokopi KK (kartu keluarga), untuk yang sudah berumah tangga sertakan juga fotokopi KTP dan NPWP suami.
  • Materai (2-8 materai)

3. Membuat akun sekuritas dan tentukan broker saham internasional

Menentukan sekuritas/broker. Karena YG Entertainment masuk kedalam kategori saham internasional/luar negeri.

Artinya kamu harus membuka akun sekuritas untuk saham luar negeri. Untuk Korea kamu bisa melalui KOSDAQ. Bisa juga melalui website sekuritas lainnya, baik melalui aplikasi online atau website.

Lengkapi aplikasi dengan detail pribadi dan keuangan, seperti ID dan nomor pajak. Danai akun Anda dengan transfer bank, kartu kredit, atau kartu debit.

4. Cari aplikasi trading yang tepat

Untuk membeli saham di perusahaan yang terdaftar di luar Indonesia, kamu harus menemukan platform perdagangan yang menawarkan akses ke pasar saham global. Jika kamu baru memulai, carilah platform dengan biaya perantara dan valuta asing yang rendah.

5. Cari YG Entertainment

Temukan saham berdasarkan nama atau simbol ticker: 122870. Sebelum membeli kamu bisa memberikan waktu untuk mempertimbangkannya. Seperti membeli ketika harga sedang rendah, atau bisa menunggu perusahaan sedang dalam keadaan terbaik.

6. Beli saham

Beli hari ini dengan market order atau gunakan limit order untuk menunda pembelian hingga YG Entertainment mencapai harga yang diinginkan.

Untuk meminimalkan risiko perhatikan dengan baik harga jual-beli saham melalui naik turunnya pasar. Jika harga beli sudah sesuai dengan yang diinginkan kamu bisa langsung membeli sebagian kecil dari YG Entertainment sebagai langkah awal.

Jika pembelian saham sudah selesai, artinya selamat! Kamu sudah berhasil menjadi salah satu investor di saham YG Entertainment.

Pilih Aplikasi Trading Online yang Aman dan Legal

Potensi profit saham dari perusahaan luar negeri memang menarik. Seperti Korea yang sedang naik daun, terutama pada industri entertainmentnya tentu saja bisa membuat siapa saja bisa tergoda untuk menanam modal di agensi besar seperti YG Entertainment.

Tapi, hati-hati dalam bermain saham internasional di aplikasi trading global saat ini. Dengan menjamurnya aplikasi trading online yang ada saat ini, semakin meningkat juga tingkat kriminalnya. Tidak hanya kamu bisa merugi secara materi jika salah pilih aplikasi tapi juga berpotensi kecolongan data pribadi.

Baca Juga: Saham SM Entertainment: Ketahui Harga dan Cara Belinya