Kenali Manfaat Jogging Sore, Olahraga Paling Murah yang Bisa Bikin Kurus dan Cerdas!

Salah satu jenis olahraga yang ringan dan murah dilakukan adalah jogging. Aktivitas olahraga ini dilakukan dengan cara lari santai. Kesannya saja mudah dan murah, tetapi jogging punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan jika sering dilakukan. 

Sebenarnya, kamu bisa melakukannya kapan saja. Namun, ada waktu terbaik yang bisa dipertimbangkan untuk melakukannya. Sore hari menjadi salah satu pilihan waktu terbaik dan punya banyak manfaat yang tidak kalah menyehatkan dari waktu lainnya. 

Aktivitas olahraga yang menyehatkan semacam jogging sore sangat menguntungkan bagi siapapun yang melakukannya. Bukan hanya menguntungkan secara waktu, tetapi juga menguntungkan secara keuangan.

Secara waktu, jogging sore menjadi pilihan waktu yang tepat karena dilakukan setelah beraktivitas seharian. Meski terdengar melelahkan, justru di waktu ini, kamu tidak usah terburu-buru melakukan jogging. 

Lalu, secara keuangan, kamu tidak akan merogoh banyak kocek. Gunakan perlengkapan jogging terbaik yang sudah dimiliki dan biasanya sarana olahraga milik pemerintah dapat menjadi pilihan tempat jogging gratis. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Manfaat Rutin Melakukan Jogging Sehari-hari untuk Kesehatan

Untuk yang ingin tahu lebih jauh soal segudang manfaat untuk kesehatan dari jogging sore, yuk simak penjelasannya berikut ini: 

loader

Menguntungkan secara waktu dan keuangan adalah poin penting yang bisa dipertimbangkan. Namun, ada beberapa poin penting secara kesehatan yang bisa dipertimbangkan. Ini dia tujuh manfaat jogging sore untuk kesehatanmu. 

1. Punya Otot Kuat

Jogging sore bisa membangun kekuatan otot, sebab kadar testosteron dan kortisol saat sore sangat optimal untuk pertumbuhan otot sebagai respons terhadap pelatihan resistensi. Untuk itu, sore hari menjadi waktu yang tepat untuk yang ingin memiliki otot kuat.

2. Kendalikan Gula Darah

Selain otot kuat, jogging sore juga bisa memiliki manfaat bagi yang memiliki diabetes. Penelitian dari Diabetologia tahun 2018 menyebutkan bahwa jogging sore bisa mengontrol gula darah dibandingkan ketika melakukan jogging di pagi hari. 

Pada sore hari, metabolisme tubuh akan meningkat sehingga bisa menurunkan kadar gula darah pasien penderita diabetes. Sebab, pada sore hari, tubuh akan menjadi lebih sensitif terhadap insulin sehingga hormon bisa memproses gula darah menjadi energi. 

3. Emosi Negatif  Bisa Berkurang

Apa kegiatan yang biasa dilakukan untuk mengurangi emosi negatif? Daripada melakukan kegiatan yang tidak jelas, kamu bisa melakukan jogging sore sebagai pilihan kegiatan yang bermanfaat untuk kurangi emosi negatif, lho!

Saat kamu sedih, puncak suhu tubuh terjadi pada sore hari. Terlebih, saat berlari. Naiknya temperatur ini akan membuat batang otak hangat. Ketika hal ini terjadi, kamu akan merasa rileks dan ketegangan berkurang. 

Secara berangsur, emosi negatif yang muncul, baik itu cemas dan gejala depresi lainnya bisa menurun. Sebenarnya, jogging sore juga bisa meningkatkan hormon tubuh dalam menciptakan suasana hati yang lebih positif sehingga kondisi mental bisa berangsur membaik.

4. Bisa Cerdas

Jogging sore bisa bermanfaat dalam meningkatkan kualitas kognitif manusia dengan memperlancar sirkulasi darah pada bagian saraf. Dengan waktu 30 sampai 60 menit, bisa meningkatkan daya tangkap hipokampus yang berkaitan dengan daya ingatan. 

Selain itu, jogging sore juga bisa meningkatkan volume otak bagian abu-abu yang berfungsi untuk memproses informasi di otak. Bagian otak ini juga memiliki peran untuk meningkatkan kecerdasan manusia, seperti penggunaan bahasa, perencanaan, dan pengelolaan waktu.

5. Punya Badan Kurus

Jika punya cita-cita badan kurus, jogging sore adalah solusinya. Di waktu ini, bisa meningkatkan ritme sirkadian yang berkaitan dengan aktivitas fisik dari bangun hingga tidur.

Cahaya matahari di waktu sore bisa melancarkan ritme sirkadian dan meningkatkan massa otot. Kedua hal ini menjadi sangat penting dalam menjaga metabolisme tetap optimal dan jumlah lemak dalam tubuh pun berkurang.

Biaya dan Peralatan Jogging Sore

Jogging sore adalah olahraga yang bisa dilakukan tanpa perlu merogoh kocek dengan biaya yang mahal. Soal tempat jogging, biasanya, banyak sarana olahraga gratis milik pemerintah yang bisa digunakan. 

Namun, kamu dapat mempertimbangkan membeli beberapa peralatan jogging. Peralatan ini sangat berguna untuk bisa menunjang jogging-mu, lho! 

Pertama, sepatu olahraga. Selain bisa lari lebih kencang, memakai sepatu yang pas juga akan menjauhkanmu dari cedera. Saat ini, ada banyak pilihan sepatu olahraga dari yang modelnya simpel dan sangat sporty.

Kedua, pilihan baju olahraga juga bisa dipertimbangkan untuk dibeli. Kamu dapat menggunakan kaos atau juga jaket untuk berolahraga. Untuk kaos, mungkin dapat memberikan efek nyaman dan bebas gerah. Sementara itu, jaket untuk membuat tubuh lebih berkeringat dan melindungi diri dari angin kencang. 

Urusan harga dari pilihan sepatu dan baju olahraga ini sangat beragam dari yang terjangkau hingga yang lumayan merogoh kocek. Tergantung selera dan keuanganmu. Banyak pilihan tempat untuk membeli sepatu dan baju olahraga, dari mulai offline hingga online store. 

Jika ditinjau harga dari offline atau online store, untuk harga sepatu olahraga berkisar dari Rp100.000 hingga Rp5.000.000. Sementara itu, untuk harga baju olahraga berkisar dari Rp50.000 hingga Rp500.000.

Jogging Sore Jadi Olahraga Paling Cocok yang Mudah dan Murah

Jogging sore menjadi pilihan paling cocok untuk kaum mendang-mending, lho! Pasalnya, kegiatan ini sangat mudah dan murah serta bisa dilakukan di mana dan kapan saja.  Walaupun mudah dan murah, kamu jangan meragukan manfaat dari jogging sore. Dalam waktu 30 sampai 60 menit, akan banyak manfaat yang hadir, dari mulai manfaat kesehatan dan manfaat lainnya.