Begini Kesuksesan Jonathan Frizzy di Panggung Hiburan Tanah Air

Siapa yang tak mengenal aktor tampan Jonathan Frizzy alias Ijonk. Putra dari Maria Dewi Wibowo dan Herbert Simanjuntak ini sudah malang melintang di panggung hiburan sejak tahun 1999 silam. Lahir pada 13 April 1982, pria bernama lengkap Jonathan Frizzy Arcklauss Simanjuntak ini telah merintis karier sebagai model dan aktor. 

Namanya makin naik daun setelah bermain dalam Siapa Takut Jatuh Cinta (2002), remake drama Taiwan yang berjudul Meteor Garden. Sejak saat itu, puluhan sinetron, film layar lebar, dan FTV telah sukses ia bintangi. 

Kini, peraih penghargaan Aktris Tersilet dan Pasangan Sinetron Tersilet (dengan Ratna Galih) dari Silet Awards 2018 ini telah resmi menjadi duda. Namun, kiprah Ijonk sebagai aktor pun tak kalah menarik untuk disimak, berikut ulasannya.

Baca Juga: Pernah Terjerat Narkoba, Begini Kisah Roger Danuarta Bangkit dari Keterpurukan

Awali Karier Sebagai Cover Boy

Pada tahun 1999 silam, Jonathan Frizzy mengawali kariernya sebagai model. Alumni Universitas Padjajaran ini terjun ke dunia hiburan dengan mengikuti ajang pemilihan cover boy di sebuah majalah remaja.

Hingga kemudian, pria yang hobinya olahraga dan jalan-jalan ini terus melebarkan sayapnya ke dunia akting. Selain aktif menjajal sekian judul sinetron, film dan FTV, Ijonk pun disebut-sebut sebagai salah satu bintang iklan paling laris sejak dulu.

Ijonk sendiri adalah keponakan dari Benny Simanjuntak. Pamannya tersebut dikenal sebagai penari, model, serta pendiri dari Contoh Management.

Ngehits Sebagai Aktor Andal

Tak banyak yang tahu, sinetron pertama yang dilakoni Jonathan ialah Jinny Oh Jinny (1999). Dalam sinetron garapan Multivision Plus tersebut, ia berperan sebagai Ragil. Kemudian ia pun kembali bermain dalam Dewi Fortuna (2000) memerankan Yadi.

Beberapa tahun berselang, Ijonk bermain dalam Siapa Takut Jatuh Cinta (2002) yang membuat namanya semakin naik daun. Setelahnya ia membintangi Sok Kenal Sok Dekat (2003) dan Bukan Cinta Biasa (2004).

Karier Ijonk pun kian melejit. Di tahun 2004-2005, ia sukses membintangi dua buah sinetron yang berjudul Dara Manisku dan ABG.

Kemudian di tahun 2005, Ijonk semakin dipercaya menjadi bintang berbagai sinetron. Di antaranya yaitu Cinta Kelas Atas, Dari Temen Jadi Demen, Permana dan Permata, Ande Ande Lumut, serta Jangan Cium Gue...!.

Tak hanya itu, ia juga hadir sebagai Duta dalam Bunga di Tepi Jalan (2005-2006) serta Impian Cinderella (2006). Periode 2006-2007, ia kembali bermain dalam Benci Jadi Cinta dan Penyihir Cinta.

Selanjutnya, Ijonk melakoni Maha Cinta (2007), Kasmaran (2007-2008), Rahasia Hati Lelaki, dan Ingin Aku Menggapaimu di tahun 2008. Dengan jam terbang yang semakin tinggi, keterampilan Jonathan Frizzy dalam berakting pun kian lama kian terasah.

Eksis Bintangi Layar Lebar

Tak hanya lakoni berbagai peran dalam sinetron, sejumlah film layar lebar juga telah dibintangi Jonathan Frizzy. Di tahun 2009, Ijonk berperan sebagai Ridho dalam film horror berjudul Pocong Setan Jompo.

Selain itu, ia bermain dalam Penjaga Gunung Bromo (2010) dan Pacar Hantu Perawan (2011). Adapun di tahun 2014, ia memerankan tokoh bernama Anton dalam Diaspora Cinta di Taipei.

Jonathan Frizzy Dhena Devanka

Pada tanggal 27 Mei 2012, Jonathan Frizzy mempersunting wanita yang dicintainya, Dhena Aldhalia Devanka di Gereja Glow Fellowship Centre, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Dhena yang saat itu bekerja sebagai pegawai televisi menjalani pembaptisan terlebih dahulu guna mengikuti keyakinan calon suaminya.

Memasuki 11 Agustus 2011, Dhena melahirkan sepasang putra putri kembar. Mereka diberi nama Zoe Joanna Frizzy Simanjuntak serta Zack Jaden Frizzy Simanjuntak. 

Sementara itu, anak ketiga Jonathan Frizzy Dhena Devanka lahir pada 9 April 2016. Si buah hati pamungkas tersebut kemudian diberi nama Zayn Jowden Frizzy Simanjuntak.

Baca Juga: Lika Liku Hidup Fanny Ghassani: Main Sinetron Dibayar Rp 600 Ribu hingga Pernah Gagal Nikah

Sukses Sebagai Pesinetron Papan Atas

Memasuki 2008-2009, ia sukses memerankan tokoh Ruben dalam Ta’aruf. Demikian juga dengan Cintaku (2009), serta Terdampar dan Cinta Fitri Season 5 di tahun 2010.

Adapun di tahun 2011-2012, Ijonk memerankan tokoh Kevin dalam Anugerah yang digarap oleh SinemArt. Selain itu, ia juga melakoni Segalanya Cinta (2012), Jenderal Kancil (2013), dan tak ketinggalan Manusia Harimau (2014-2015).

Nama Jonathan Frizzy tak hanya semakin dielu-elukan. Ia pun semakin fasih memantapkan diri sebagai salah satu aktor papan atas Tanah Air. 

Tak hanya bermain dalam deretan sinetron ngehits seperti Ganteng-Ganteng Serigala (2015) dan 7 Manusia Harimau (2015-2016). Ayah tiga anak ini pun sukses memerankan Rey Moraga dalam Anak Jalanan (2016-2017).

Enggan berpuas diri, Jonathan Frizzy terus mengeksplorasi kemampuannya berakting. Selain melakoni Centini (2016), ia juga hadir sebagai Aspar dalam Buaya Putih (2017-2018). Kemudian dalam Cinta yang Hilang (2018-2019), ia berperan sebagai Raffi Dirgantara.

Adapun di tahun 2020, Jonathan lagi-lagi melakoni empat judul sinetron. Selain Maura, ia hadir dalam Fatih Di Kampung Jawara, Aku Hanya Ingin Dicintai, dan Bawang Putih Berkulit Merah.

Sementara itu, di tahun 2021 ini Ijonk masih aktif membintangi Cinta untuk Bunda (sebagai Raka), hingga memerankan Cakradewa dalam sinetron Raden Kian Santang.

Menjajal Beragam Peran di FTV

Jonathan Frizzy pun tak mau ketinggalan eksis di ranah FTV. Beragam peran dan judul FTV telah dijajalnya selama berkarier. Selain melakoni Chef Bilang Cinta di tahun 2013, ia juga bermain dalam Seribu Kisah: Si Juki Jodoh Dari Betawi (2017).

Jago akting, Jonathan dipercaya untuk membintangi sejumlah FTV lainnya. Salah satunya seperti Kuasa Ilahi: Pemakan Hak Anak Yatim serta Kuasa Ilahi: Terciduknya Pencuri Ayam Potong (2017).

Selain itu, Ijonk juga bermain dalam berbagai FTV Kisah Nyata. Dia antaranya ialah Salahku Meninggalkan Istri yang Setia, Suamiku Minder, dan Aku Menutupi Aib Suamiku Bertahun-tahun di tahun 2017. 

Masih di tahun yang sama, Ijonk kembali hadir membintangi Pembantuku Menghancurkan Rumah Tanggaku, Suamiku Terus Menyakitiku, dan Aku Jadi Bahan Gunjingan Karena Mulut Suamiku.

Laris Manis Sebagai Bintang Iklan

Tak hanya laris manis sebagai aktor dan pesinetron, Ijonk juga didapuk untuk menjadi bintang di berbagai pariwara. Selain muncul dalam iklan Djarum 76 dan Bebelac, ia pun hadir dalam Nano-Nano, Trenz, Caxon Ion-C, dan Tropicool.

Ia juga menjadi bintang dalam iklan Kalibex Obat Batuk, Capri Sonne, Vicks, Converse, hingga 3Second dan Greenlight. Selanjutnya, Ijonk muncul dalam Fresh Spray, Halls, Tchibo, EMBA, BNI, dan Batik Semar.

Ayah tiga anak ini juga muncul dalam iklan Surya Mie, Fashion Pasta, Grand Clam, Carvil, dan Benang Raja. Beragam pariwara lainnya yang turut menghadirkan Jonathan Frizzy ialah Arpeggio, Kino, Kino Potato, Carthago, Viva Cosmetics, Andre Laurent, Country Fiesta, Batugin Elixir, Bensu, Harry’s Palmer, Bank Resona Perdania, Panin Bank, BCA, Arnon Brook, Leone ‘Uomo, BRI, Bank DBS Indonesia, dan Wall’s

Geluti Beragam Bidang Usaha

Tak hanya jago akting, Ijonk juga andal dalam berbisnis. Terbukti, sejumlah usaha telah digelutinya dalam berbagai bidang. Salah satunya ialah usaha kedai Angkringan Papa Jonk yang lokasinya tepat berada di depan kedai kopi Indra L. Bruggman.

Selain usaha kuliner yang murah meriah, Ijonk juga merambah bisnis rental mobil mewah untuk menambah pemasukannya. Tak lupa, ia pun menjajal bisnis fashion anak dengan line bernama Zac and Zoe yang terinspirasi dari kedua anak kembarnya.

Dilanda Kisruhnya Kemelut Rumah Tangga

Cekcok yang terjadi antara Ijonk dan Dhena berbuntut kekerasan rumah tangga di antara keduanya. Akibatnya, Dhena pun melayangkan gugatan cerai yang disusul dengan Ijonk menuntut balik.

Jonathan Frizzy menuding Dhena telah melakukan kekerasan fisik kepadanya, bahkan sampai terjadinya pelemparan barbel. Saling tuding KDRT pun praktis terlontar dari kedua belah pihak.

Menurut Dhena, rumah tangganya telah diusik oleh kehadiran orang ketiga. Namun hal tersebut langsung dibantah dengan tegas oleh Ijonk. Sebelumnya, beredar kabar bahwa Ijonk telah terlibat cinta lokasi dengan lawan mainnya dalam sebuah sinetron, Ririn Dwi Ariyanti. 

Selain disebut berselingkuh, isu terjadinya pernikahan siri antara Ijonk dan Ririn kian hangat diperbincangkan publik. Ditambah lagi dengan fakta bahwa aktris yang bersangkutan pun tengah menjalani proses cerai karena ditalak oleh suaminya, Aldi Bragi.

Tak hanya menggugat cerai, Dhena juga menuntut hak asuh atas ketiga anaknya. Hingga akhirnya, pada bulan Februari kemarin, Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka resmi bercerai.

Baca Juga: Nabila Syakieb, Dari Hobi Berkuda Raih Prestasi dan Bertemu Cinta Sejati