Pernah Terjerat Narkoba, Begini Kisah Roger Danuarta Bangkit dari Keterpurukan

Aktor tampan Roger Danuarta telah mengalami pasang surut dalam perjalanan karirnya. Aktor yang juga penyanyi ini lahir di Jakarta 20 Mei 1982. Berumur 37 tahun, ia sudah merintis karirnya di industri hiburan sejak tahun 1998.

Sejak kemunculannya sebagai entertainer, suami dari Cut Meyriska ini selalu menarik perhatian masyarakat. Berkiprah dalam seni peran sejak lama membuat putra dari penata rambut dan bridal terkenal Johnny Danuarta ini semakin andal dalam berakting.

Tak hanya berbagai film dan film televisi (FTV), puluhan judul sinetron pun telah ia bintangi. Meski begitu, bukan berarti kehidupannya berjalan mulus tanpa hambatan. Ia juga sempat tersangkut sejumlah situasi kontroversial yang jadi sorotan. Berikut kisahnya.

Awal Kemunculan di Televisi

Merupakan anak bungsu dari pasangan Johnny Danuarta dan Engnawati Wiratmadja, Roger senantiasa didukung untuk memasuki dunia hiburan oleh sang ayah. Ayahnyalah yang rajin mendorong Roger untuk ikut casting.

Kemunculan perdana Roger Danuarta ialah sebagai bintang tamu dalam sinetron Jin dan Jun (1998) yang meledak pada zamannya. Setelahnya, ia hadir dalam sinetron Cinta Berkalang Noda. Sejak saat itu, pria berparas serupa aktor Korea ini semakin sering mengikuti casting sinetron.

Kerap digilai para wanita, kemampuan akting Roger jadi semakin diakui. Hingga kemudian di tahun 2002, pamornya kian meroket setelah membintangi Siapa Takut Jatuh Cinta. Ia beradu akting dengan Indra Brugman, Leony, Jonathan Frizi, serta Steve Emmanuel dalam sinetron tersebut.

Di dalam sinetron yang diasosiasikan dengan Meteor Garden tersebut, tokoh Roger kerap dihubungkan dengan Vic Chou. Dalam Meteor Garden sendiri, Vic Chou memerankan tokoh Hua Ze Lei. 

Dengan gaya rambutnya yang panjang terurai membuat tampang dan penampilan Roger semakin mirip menyerupai Vic Chou. Sejak saat itu, karir Roger semakin moncer dan sukses di industri hiburan Tanah Air. 

Baca Juga: Dulu Pesulap, Kini Jadi Mualaf. Intip Kekayaan Miliaran Deddy Corbuzier

Menjajal Sinetron, Film, dan FTV

View this post on Instagram

A post shared by Roger Danuarta (@rogerojey) on

Sudah banyak judul sinetron yang dibintangi Roger. Pada tahun 1998, ia muncul sebagai bintang tamu dalam sinetron Jin dan Jun. Kemudian Roger ikut bermain dalam Cinta Berkalang Noda (2001-2002) dan Siapa Takut Jatuh Cinta (2002).

Ia juga beradu akting dengan Agnes Monica di sinetron Cewekku Jutek (2003). Karir Roger terus memuncak. Ia lalu membintangi Ada Apa Denganmu, Sebatas Impian, dan Preman Kampus di tahun 2004.

Memasuki tahun 2005, Roger bermain dalam Anakku Bukan Anakku yang disusul dengan penampilannya dalam JanjiMu Seperti Fajar (2007). Ia lalu membintangi Cinta Dalam Maut (2008), Amanda (2009), Terdampar (2010), Yang Muda yang Bercinta (2013), hingga 7 Manusia Harimau (2014).

Meski mengalami pasang surut, namun profesi aktor seakan memang digariskan untuk Roger. Di tahun 2016, ia kembali tampil menghibur pemirsa layar kaca melalui sinetron Anugerah Cinta dan Anak Jalanan.

Kemudian di tahun 2017, Roger bermain dalam Duyung Cilik, Saur Sepuh serta Anak Masjid. Sementara itu di tahun 2018, ia kembali menjajal akting di sinetron Orang Ketiga yang dilanjutkan dengan perannya sebagai Edy Darmawan di Istri-Istri Akhir Zaman (2019). Masih di tahun yang sama, ia juga berperan sebagai Jordan Iskandar di sinetron Cinta Buta.

Tak hanya berjaya di dunia sinetron. Roger juga ikut membintangi sejumlah film layar lebar di Indonesia. Sebut saja seperti Penjaga Gunung Bromo (2010), Ada Hantu di Vietnam (2012) serta Hitam & Putih (2017). 

Kemudian di tahun 2019, Roger kembali bermain dalam Ajari Aku Islam dan Berhenti di Kamu (2020) yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. 

Selain puluhan sinetron dan sejumlah film Tanah Air, ia juga aktif berakting dalam film televisi Indonesia. Mulai dari tahun 2007 sampai 2017, dirinya main dalam berbagai judul FTV. Di antaranya seperti Macan Jalanan (2007), Ku Ingin Bahagia (2008), Hati Baja, dan Love in Wakatobi.

Akting Roger juga dapat ditonton dalam FTV berjudul Dendam, Love in Vietnam, Perseteruan, Jalan Terakhir, dan Lingkaran Api. Selain itu, ia juga membintangi FTV Yang Terbuang, Gaulnya Anak Muda (2009), Senandung Cinta Siti Sholihah (2011), Kucari Namamu (2012), Partial Amnesia (2015), dan TV Movie Spesial Natal: Untuk Noel (2017).

Merambah Dunia Tarik Suara

View this post on Instagram

A post shared by Roger Danuarta (@rogerojey) on

Sejak lama, ayah Roger ternyata pernah mendaftarkan putranya untuk mengikuti les nyanyi di Chossy Pratama. Setelah menjajal dunia akting, Roger belakangan merilis dua album solo. Album perdananya yang bertema religi diberi judul An Zhao Shuo Yao. 

Ada pun album keduanya merupakan kompilasi bersama 9 artis yang dirilis menjelang Natal. Dalam album ini, Roger menggandeng Gugun Gondrong, Vicky Nitinegoro, Kiki Rizky, Dimas Seto, Nicky Tirta, Dwi Andhika, Ian Arya, Atoy Herlambang, hingga Rifky Abdullah.

Kisah Cinta yang Tak Berjalan Mulus

View this post on Instagram

A post shared by Roger Danuarta (@rogerojey) on

Dalam kehidupan pribadinya, Roger sempat memiliki kedekatan spesial hingga berpacaran dengan sejumlah selebritis lainnya, seperti Agnez Mo, Leony Vitria Hartanti, dan Asty Ananta. Bahkan Roger sempat gagal menikahi Shandy Aulia hingga Sheila Marcia.

Kisah cinta yang saat itu menjadi viral ialah Roger dan Sheila. Pasalnya, hubungan mereka kandas ketika Sheila tertangkap dalam pesta sabu di Jakarta Utara (tahun 2008). Akhirnya, rencana pernikahan mereka pun tak dapat terwujud.

Baca Juga: Belajar dari Roger Danuarta, Begini Caranya Dapet Restu Calon Mertua

Tersandung Kasus Narkoba

View this post on Instagram

A post shared by Roger Danuarta (@rogerojey) on

Di tahun 2014, giliran Roger yang tersandung kasus narkoba. Setelah dirinya ditemukan dalam kondisi overdosis, hasil tes urinenya pun menunjukkan Roger positif menggunakan zat terlarang putaw dan ganja.

Alhasil, ia pun harus mendekam dalam penjara selama setahun. Setelahnya, Roger menjalani proses berikutnya dalam rehabilitasi. Dalam persidangannya, ia mengakui dirinya telah menggunakan narkotika sejak usia SMA.

Bangkit dari Keterpurukan dan Jadi Mualaf

View this post on Instagram

A post shared by Roger Danuarta (@rogerojey) on

Usai menjalani rehabilitasi, ia pun berusaha bangkit dari keterpurukannya. Tersadar, Roger berhenti mengonsumsi narkotika. Hingga akhirnya Roger kembali berkesempatan bermain dalam sinetron Anak Jalanan. 

Karir Roger kembali dimulai. Namun tak hanya itu saja. Selang beberapa waktu setelah ibunya berpulang, Roger kemudian memutuskan untuk pindah agama. Terlahir sebagai Nasrani, Roger lalu memutuskan untuk menjadi seorang muslim di bulan Oktober 2018 lalu. Sejak saat itu, Roger pun semakin mendalami pelajaran agama Islam bersama para sahabatnya dan istrinya saat ini, Cut Meyriska.

Merambah Bisnis Kuliner

View this post on Instagram

A post shared by Roger Danuarta (@rogerojey) on

Tak hanya sempat tersandung kasus narkoba, Roger pun sempat dikabarkan bangkrut setelah menghirup udara bebas. Di tengah merebaknya kabar tersebut di tahun 2015, Roger yang disebutkan sepi tawaran pekerjaan itu sempat muncul dalam mini seri spesial Ramadan.

Kemudian pada tahun 2016, Roger diketahui membuka bisnis kulinernya yakni restoran Roger’s Steak & Grill. Menyajikan santapan steak dan pasta khas Eropa, sayangnya bisnis ini tidak bertahan lama. 

Namun usahanya tak berhenti begitu saja. Ia bersama rekan selebritis Dimas Seto dikabarkan segera membuka usaha kuliner mie Bogor. Kendati belum diketahui kepastian waktunya, namun para netizen dan penggemar setia Roger sudah antusias menantikan dibukanya kedai kuliner tersebut. 

Mengambil Kesempatan Kedua

Tentu tak mudah melepaskan diri dari jerat narkoba. Pasalnya, diri sendirilah yang harus ditaklukkan. Selain itu, dukungan orang terkasih dan terdekat juga memegang peranan penting dalam memantapkan niatan diri untuk sembuh dan mengubah kebiasaan/ gaya hidup secara konsisten.

Dituturkan Roger, adalah penting untuk berada di lingkungan yang memberi pengaruh positif dan bersemangat ingin pulih. Menurutnya, jika orang lain saja bisa melakukannya, berarti dirinya pun bisa.

Berbekal optimisme tersebut, Roger pun mengambil kesempatan kedua untuk kembali menata hidup barunya. Perlahan, ia melupakan kejadian buruk di masa lalunya. Alih-alih berkubang dalam keterpurukan, ia memilih untuk mensyukuri berkat yang kini ia dapatkan.

Ia yakin, setiap kejadian pasti mengandung hikmahnya. Seperti kisah Roger, jika saat ini Anda sedang mengalami ketidakberhasilan, cobalah untuk melihat hikmah positif dari hal itu. Seperti idiom “a blessing in disguise”, bisa jadi kegagalan Anda saat ini mengandung manfaat menguntungkan yang belum disadari. 

Baca Juga:  Kini Dibayar Puluhan Juta Per Episode, Natasha Wilona Ceritakan Titik Terendah Dalam Hidupnya