10 Ide Jualan Online Tanpa Modal dan Tips Sukses Menjalankannya

Jualan online tanpa modal seringkali dianggap sebagai hal yang mustahil untuk dilakukan. Hal ini bahkan kerap dijadikan sebagai alasan untuk menunda rencana menjalankan bisnis online. Padahal jika ditilik lebih dalam lagi, ada banyak jenis bisnis online tanpa modal yang cukup mudah untuk dijalankan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Bukan hanya dalam bentuk produk atau barang saja, jasa kerja online tanpa modal juga bisa mendatangkan uang. Jumlahnya bahkan bisa saja besar, apalagi jika sejak awal sudah memiliki skill yang mumpuni di bidang tertentu. Beberapa jenis bisnis ini bahkan bisa jadi bisnis online tanpa modal untuk pelajar, sebab begitu mudah dan simpel untuk dijalankan.

Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan Online yang Ramah Pemula dengan Modal Kecil

Pilih Ide Jualan Online Tanpa Modal yang Sesuai dengan Kemampuan

loader

Jualan Online Tanpa Modal

Jika selama ini kamu berpikir kerja online tanpa modal adalah hal yang sulit untuk dilakukan, ubahlah pemikiran tersebut mulai sekarang. Saat ini, ada banyak cara bisnis online tanpa modal yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Pastikan untuk memilih jenis bisnis online tanpa modal yang tepat sejak awal, agar kamu bisa menjalankannya dengan sukses.

Berikut ini adalah beberapa ide jualan online tanpa modal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan:

  1. Dropshipper

    Bisnis online yang satu ini bisa dijalankan nyaris tanpa modal, yakni cukup dengan mengandalkan smartphone dan kuota internet saja. Cukup promosikan dan jual barang supplier melalui marketplace ataupun media sosial, maka bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini sudah akan mendatangkan uang dalam bentuk komisi. Tidak dibutuhkan stok produk dalam bisnis ini, sebab semua urusan tersebut hingga pengiriman akan ditangani oleh supplier.

  2. Membangun dan Mengelola Blog atau Website Pribadi

    Jika termasuk orang yang senang menulis, cara bisnis online tanpa modal yang satu ini bisa jadi pilihan tepat. Tulisan di Blog maupun Website bisa dijual sebagai bentuk promosi bagi klien. Selain itu, penghasilan melalui Google Adsense juga akan jadi sumber uang dalam bisnis ini. Ini termasuk salah satu bisnis onlin tanpa modal untuk pelajar yang terbilang mudah untuk dijalankan siapa saja.

  3. Buka Jasa Kursus Online

    Jika memiliki kemampuan akademik dalam bidang tertentu yang mumpuni, kerja online tanpa modal yang satu ini cocok jadi pilihan. Manfaatkan internet untuk membuka layanan kursus online, sebab ada banyak yang membutuhkannya, terutama setelah masa pandemi ini. Selain materi pelajaran sekolah, bisnis online tanpa modal ini juga bisa menyediakan jasa pembuatan website, blog dan yang lainnya.

  4. Mengisi Survey Online Berbayar

    Cara bisnis online tanpa modal yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai sumber uang. Saat ini, ada banyak perusahaan atau lembaga yang mengadakan survei online berbayar. Cukup daftar dan ikuti survei mereka, maka sejumlah poin akan diterima dan bisa ditukarkan dengan uang tunai atau hadiah lainnya. Bisnis yang satu ini cukup simpel dan bisa dijalankan hanya dengan modal smartphone dan internet saja.

  5. Admin Media Sosial

    Ada banyak orang yang menjalankan bisnis di media sosial mereka sehingga peluang untuk menjadi admin seperti ini juga akan sangat banyak. Sebagaimana admin pada umumnya, pekerjaan ini juga akan menangani berbagai urusan terkait aktivitas di media sosial. Temukan pekerjaan admin ini dengan mudah melalui portal freelancer yang belakangan ini sudah cukup mudah untuk diakses.

  6. Jadi Penerjemah

    Kemampuan bahasa asing yang baik juga bisa jadi jalan untuk jualan online tanpa modal. Layanan penerjemah ini biasanya banyak dibutuhkan oleh perusahaan maupun pebisnis tertentu. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, mengakses portal freelancer bisa menjadi pilihan. Jangan lupa untuk menyiapkan portofolio yang bagus, agar peluang mendapatkan pekerjaan jadi lebih besar.

  7. Buka Jasa Desain Grafis

    Ini bisa jadi bisnis online tanpa modal untuk pelajar atau umum yang memiliki kemampuan desain mumpuni. Di era digital sekarang ini, layanan yang satu ini sangat banyak dicari dan dibutuhkan. Mendapatkan klien bukanlah perkara yang sulit, sebab ada banyak portal freelancer yang bisa dikunjungi. Melalui situs seperti ini, jualan online tanpa modal jasa desain akan jauh lebih mudah.

  8. Jadi Influencer

    Jika memiliki ketertarikan dan kemampuan yang baik dalam mengelola media sosial, kerja online tanpa modal yang satu ini akan jadi pilihan tepat. Ada banyak pebisnis yang membutuhkan influencer untuk mempromosikan bisnis mereka sehingga peluang sukses di bidang ini sangat besar. Namun untuk mendapatkan banyak follower, kemampuan menciptakan konten yang berkualitas tentu menjadi poin wajib dalam bisnis ini.

  9. Jadi Youtuber

    Hampir sama dengan poin di atas, bisnis online tanpa modal yang satu ini juga akan cocok untuk orang kreatif. Kemampuan yang baik dalam melihat tren dan juga menghasilkan konten unik merupakan hal wajib. Namun selain, penghasilan dari iklan, Youtuber juga bisa mendapatkan peluang untuk mempromosikan bisnis klien dan mendapatkan penghasilan besar dari pekerjaan ini.

  10. Jualan di Marketplace

    Ini akan jadi pilihan yang tepat, untuk pebisnis yang memiliki produk untuk dijual online tanpa modal. Marketplace menyediakan ruang yang sangat luas untuk para pebisnis menjual berbagai produk mereka dengan mudah. Di sana, peluang untuk mendapatkan angka penjualan akan sangat tinggi, sebab ada banyak pengunjung setiap harinya. Cara bisnis online tanpa modal ini akan sangat membantu, apalagi jika produk yang dijual berkualitas baik.

Tips Sukses Jualan Online Tanpa Modal

loader

Online Business

Bisnis online tanpa modal memang terlihat begitu simpel dan mudah untuk dijalankan. Namun, dalam prakteknya, ketatnya persaingan bisnis ini juga tentu tidak bisa dianggap enteng. Selain memilih jenis kerja online tanpa modal yang tepat, merencanakan bisnis ini dengan matang juga menjadi poin penting yang wajib dilakukan sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses jualan online tanpa modal  yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan:

  1. Manfaatkan Media Sosial dengan Maksimal

    Apapun cara bisnis online tanpa modal yang dijalani, jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk mengembangkannya. Media sosial bisa menjadi wadah promosi yang tepat, sebab di sana interaksi dengan pelanggan dan calon pembeli bisa berjalan dengan mudah. Gunakan konten yang tepat dan berkualitas baik, agar tujuan pemasaran bisnis bisa dicapai dengan maksimal.

  2. Buat dan Unggah Konten yang Relevan dan Sesuai Tren

    Masih berkaitan dengan poin di atas, kreatiflah dalam membuat konten media sosial. Pastikan konten benar-benar relevan dengan bisnis dan sesuai dengan tren yang sedang berlangsung, agar mendapatkan respon positif dari pengguna media sosial. Selain itu, sesuaikan juga konten ini dengan calon konsumen yang akan disasar dalam bisnis itu sendiri.

  3. Gunakan Foto Produk yang Berkualitas

    Meski akan melakukan jualan online tanpa modal, hindari foto produk yang asal-asalan. Konsumen akan mendapatkan kesan pertama melalui tampilan produk yang disajikan sehingga penting untuk membuat foto tersebut autentik dan berkualitas baik. Gunakan kamera yang berkualitas baik sehingga foto-foto yang dihasilkan dan diunggah juga bagus.

  4. Tawarkan Promo yang Menarik

    Jangan sungkan untuk menawarkan promo dalam bisnis online tanpa modal untuk pelajar. Promo akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen sehingga peluang untuk membuat mereka melakukan pembelian akan lebih besar. Lakukan perhitungan yang tepat dan adakan promo ini secara berkala, agar penjualan yang tinggi bisa didapatkan dan bisnis tetap memberikan keuntungan.

  5. Bangun dan Perluas Koneksi

    Koneksi akan selalu menjadi investasi penting dalam bisnis, termasuk dalam bisnis online. Bangunlah koneksi dan jaga dengan baik, agar berbagai kebutuhan dan urusan bisnis bisa berjalan dengan lebih mudah. Koneksi seperti ini bisa membantu pemasaran atau bahkan kegiatan promosi bisnis dengan budget yang lebih rendah, bahkan mungkin gratis.

Baca juga: 6 Cara Mengumpulkan Modal Usaha

Jalankan Jualan Online Tanpa Modal dengan Disiplin dan Konsisten

Meski menjalankan bisnis tanpa modal, sikap disiplin dan konsisten akan sangat dibutuhkan dalam bisnis online. Pilih ide bisnis yang tepat dan kelola dengan cara yang juga tepat sejak awal. Jangan lupa untuk terus berinovasi, agar bisnis bisa berkembang pesat dan mendapatkan kesuksesan.