Justru Menguntungkan, Berikut 6 Alasan Memiliki Asuransi Kendaraan Itu Penting

Produk asuransi terdiri dari berbagai jenis, salah satu yang tak kalah populer adalah asuransi kendaraan yang ditujukan untuk melindungi kendaraan dari berbagai kemungkinan buruk, sehingga kendaraan selalu aman dari kejadian-kejadian tak diinginkan.

Misalnya saja, jika terjadi kecelakaan di jalan atau kerusakan yang ditimbulkan dari kerusuhan masyarakat seperti aksi demo yang berujung anarkis. Tak jarang, mobil menjadi sasaran amukan para pendemo untuk meluapkan emosionalnya.

Namun, beberapa orang justru masih mengabaikan kepemilikan asuransi kendaraan ini. Mereka beranggapan asuransi ini hanya membuang-buang uang. Apalagi premi yang dibayar per tahunnya mencapai jutaan rupiah.

Agar masyarakat sadar, berikut ada beberapa alasan yang perlu diketahui betapa pentingnya melindungi kendaraan dengan asuransi.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

1. Menjamin keselamatan kendaraan kapan dan dimana saja

asuransi kendaraan
Asuransi menjamin keselataman kendaraan

Mobil bukan kendaraan yang murah dan mudah didapatkan. Butuh usaha dan kerja keras lebih agar Anda bisa membeli satu buah mobil untuk memudahkan mobilitas sehari-hari. Di lain sisi, biaya perbaikannya pun lumayan besar yang secara otomatis akan menguras isi dompet saat kendaraan rusak.

Sebagai pemilik, penting bagi Anda untuk menjaga sekaligus menggunakan aset ini sebaik mungkin guna meminimalisir kerusakan yang merugikan secara finansial.

Namun berkat asuransi kendaraan, aset Anda yang harganya mahal ini bisa selamat selama digunakan dengan baik. Walaupun terjadi kerusakan, perusahaan asuransi siap menanggung biaya kerusakan ini dengan total pertanggung jawaban yang sesuai dengan premi yang Anda bayarkan setiap bulan.

2. Menjamin keselamatan pemilik kendaraan

Bukan hanya kendaraan, tapi Anda selaku pemilik pun akan dijamin keselamatannya oleh perusahaan asuransi. Jika suatu saat Anda menjadi korban tabrak lari atau korban kerusuhan di jalan raya, maka perusahaan akan menanggung biaya pengobatan Anda sampai sembuh.

Namun, biaya pertanggung jawaban ini tidak diberikan secara cuma-cuma kepada nasabah asuransi, Anda harus menambahkan perluasan pertanggungjawaban pada produk asuransi kendaraan guna mendapatkan manfaat yang satu ini.

Akan ada tambahan biaya premi untuk penambahan perluasan pertanggungan. Jika tidak keberatan, maka Anda bisa langsung meminta perusahaan asuransi untuk menambahkan biaya ini bersamaan dengan premi asuransi kendaraan nanti. 

Baca Juga: Supaya Mobil Terbakar Aksi Kerusuhan Ditanggung Asuransi, Pilih Jenis Asuransi ini!

3. Mengurangi berbagai risiko buruk di jalan

kendaraan rusak
Mengurangi berbagai risiko buruk di jalan

Namanya kejadian buruk tidak ada yang pernah tahu kapan dan di mana akan terjadi, begitu pula untuk jenis kejadiannya sendiri. Mungkin saja sewaktu Anda berangkat kerja besok, terdapat kerusuhan yang menyebabkan kendaraan rusak di berbagai sisi. 

Untungnya, risiko seperti ini dapat diminimalisir dengan bergabungnya Anda menjadi nasabah asuransi kendaraan. Biaya yang timbul dari risiko buruk ini akan dicover oleh perusahaan asuransi tepat saat Anda melaporkannya.

Akan tetapi, perusahaan mempunyai pengecualian untuk jenis risikonya. Cermati hal ini dengan baik agar Anda tidak salah paham dan pastinya tidak akan dirugikan suatu hari nanti.

4. Berkendara menjadi lebih aman dan nyaman

Dengan adanya perlindungan seperti asuransi kendaraan, maka berkendara pun menjadi lebih aman. Jika sewaktu-waktu kejadian buruk terjadi, Anda tidak perlu menakutkan besarnya biaya yang timbul dari kejadian buruk itu. Sebab, perusahaan asuransi akan menanggung sebagian biaya tersebut untuk meringankan beban Anda.

Bisa dikatakan apa pun risiko yang merusak kendaraan dan mencelakakan Anda, perusahaan asuransi akan ikut ambil bagian untuk mengurus semuanya hingga tuntas.

Keuntungan ini bisa didapatkan dengan menambah perluasan jaminan pada produk asuransi milik Anda. Sebaiknya tanyakan informasi lebih lanjut ke perusahaan agar Anda benar-benar paham mengenai perluasan jaminan ini.

Baca Juga: Mau Beli Asuransi Kendaraan Digital? Ini 7 Trik Agar Anda Tak Salah Pilih

5. Cara yang tepat untuk menyelamatkan finansial

finansial
Cara yang tepat menyelamatkan finansial

Semakin mahal harga mobil, biasanya semakin mahal pula biaya untuk memperbaikinya. Dan sebagai pemilik, Anda pasti ingin agar biaya ini tidak terlampau sering terjadi karena langsung berpengaruh pada keuangan. Belum ditambah biaya pengobatan diri sendiri akibat kecelakaan atau mungkin ganti rugi karena menabrak kendaraan lain.

Jika diperhitungkan secara saksama, biaya yang ditanggung amatlah besar. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya ini saat sudah mendaftarkan kendaraan pada produk asuransi. Perusahaan akan membantu meringankan risiko atas kejadian yang menimpa Anda.

Memang, Anda diwajibkan membayar polis demi mendapatkan keuntungan ini. Namun bila dihitung-hitung dengan total biaya yang ditanggung perusahaan, maka biaya polis yang Anda bayarkan tidak seberapa.

6. Bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini

Hal yang tak kalah menarik dari perusahaan asuransi adalah menyediakan berbagai pilihan premi bagi nasabah. Di sini, nasabah bebas memilih premi mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan finansial. Jadi, tidak ada unsur paksaan untuk membeli dan membayar polis.

Gambarannya sangat sederhana yaitu kalau Anda ingin mendapatkan perlindungan lebih, maka harus rela membayar lebih besar. Tapi kalau tidak, maka pilihlah asuransi kendaraan yang reguler saja.

Sebagai pertimbangan, Anda bisa tanyakan hal lebih detail mengenai perlindungan ini kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan. Dengan begini, Anda bisa memilih jenis asuransi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Amankan Finansial dengan Asuransi Kendaraan

Selain melindungi diri sendiri, Anda juga harus melindungi kendaraan yang menjadi aset pribadi. Setidaknya bila aset ini rusak, finansial Anda tidak terlalu terbebani untuk menanggung biaya kerusakannya yang jumlahnya begitu besar karena perusahaan asuransi akan berpartisipasi untuk membiayai kerusakan tersebut. 

Baca Juga: Cara Memilih Asuransi Kendaraan dengan Tepat