Mau Beli Asuransi Kendaraan Digital? Ini 7 Trik Agar Anda Tak Salah Pilih

Saat ini manusia semakin dimudahkan berkat teknologi yang semakin canggih. Semuanya serba mudah dan praktis, namun tetap dengan hasil yang efisien. Salah satu contohnya adalah dalam membeli produk asuransi kendaraan yang kini bisa dilakukan secara digital.

Itu artinya Anda tidak perlu datang ke perusahaan asuransi untuk mengisi formulir pendaftaran asuransi kendaraan. Cukup dari gadget, maka pendaftaran akan segera diproses dan Anda bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

Tapi, mengingat banyaknya produk asuransi kendaraan, penting bagi Anda untuk teliti agar pembelian Anda tidak mendatangkan penyesalan di kemudian hari. Berikut beberapa trik membeli asuransi kendaraan digital yang perlu diperhatikan.

Anda Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

1. Cari tahu besar premi yang ditagihkan perusahaan asuransi

premi asuransi

Besarnya premi yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan berbeda, jadi cari tahu jenis preminya terlebih dahulu sebelum membeli. Untuk jenis asuransi TLO, persentase asuransinya kurang lebih 1% per tahun. Sedangkan untuk yang all risk bisa mencapai 2-3% per tahun.

Jika harga mobil Rp200 juta dengan asuransi TLO 1%, maka premi tahunannya sebesar Rp2 juta. Sedangkan untuk all risk dengan persentase 2,5%, maka premi tahunan menjadi Rp5 juta per tahun.

Lumayan besar, bukan? Makanya, sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda agar tidak salah pilih. Ada pun tagihanya nanti bisa dibayar lancar tanpa membebani finansial Anda secara menyeluruh.

2. Daftarkan mobil yang usianya belum terlalu tua

mobil yang diasuransikan

Perusahaan asuransi sangat senang bila berhasil mendapat banyak nasabah, tapi bukan berarti perusahaan asal terima mobil yang akan diasuransikan. Perusahaan memiliki kebijakan khusus untuk batasan maksimum mobil yang boleh diasuransikan, yaitu 15 tahun. Ada pula yang hanya 10 tahun saja.

Kebijakan mengenai umur kendaraan ini berbeda-beda di setiap perusahaan. Sebaiknya cari tahu informasi ini lebih lanjut agar proses pembuatan asuransi nantinya semakin dimudahkan.

Pastikan usia kendaraan Anda di bawah 10 tahun agar perusahaan menerima pengajuan asuransi kendaraan tersebut. Jika lebih, maka tugas Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengani produk asuransi ini langsung kepada perusahaan yang bersangkutan.

Baca Juga:  Begini Cara Pilih Bengkel Mobil yang Tepat, Biar Mudah Klaim Asuransinya

3. Tingkat kemudahan pengajuan klaim

klaim

Poin yang tak kalah penting saat membeli produk asuransi adalah proses klaimnya sendiri. Proses yang sulit tentunya akan menjadi beban tersendiri karena waktu untuk mencairkan preminya lebih lama dari yang seharusnya. Jadi, Anda mesti mengumpulkan kesabaran hingga klaimnya berhasil.

Padahal di era canggih seperti ini, Anda menginkan segala sesuatu yang cepat, praktis, dan efisien. Jika produknya seperti ini, otomatis akan ditinggalkan karena tidak sesuai keinginan.

Untuk itu, pilihlah satu perusahaan asuransi yang menawarkan fasilitas sesuai seperti yang dijanjikan di awal. Sehingga Anda bisa menghemat waktu saat mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan asuransi kendaraan.

4. Menjamin perlindungan setiap waktu

perlindungan asuransi

Tidak ada satu orang pun yang tahu kapan peristiwa malang akan menimpa hidupnya. Jika ingin membeli produk asuransi kendaraan, maka pertimbangkanlah perusahaan asuransi yang menjamin perlindungan kendaraan setiap waktu. Dala arti, Anda bisa mengajukan klaim kapan saja tanpa terbatas oleh waktu.

Pastikan layanan customer service melayani selama 24 jam setiap hari. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda bisa langsung telepon dan meminta bantuan mereka untuk kemudahan proses klaim.

Nomor customer service di masing-masing cabang perusahaan kemungkinan berbeda. Simpan dan teleponlah nomor perusahaan tempat Anda membuat asuransi kendaraan dulu guna mendapatkan bantuan yang cepat dan tepat.

5. Bandingkan produk asuransi antar perusahaan

bandingkan produk asuransi kendaraan

Produk asuransi yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan berbeda antara yang satu dengan yang lain. Perbedaannya menyangkut besarnya premi, kemudahan klaim, hingga bengkel rekanan dari perusahaan asuransi itu sendiri. Agar tidak salah pilih, bandingkanlah produk dari setiap perusahaan.

Aktivitas ini tentu menguras waktu yang lumayan banyak. Maka dari itu, pastikan Anda sudah menyiapkan waktu khusus sebelum melakukan perbandingan produk pada masing-masing perusahaan asuransi.

Bila perlu, bacalah review dari berbagai sumber mengenai pelayanan dari perusahaan asuransi. Dengan begini, gambaran yang bisa Anda dapatkan menjadi lebih jelas dari sebelumnya.

Baca Juga:  Biar Awet, ini 6 Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar

6. Jenis asuransi dan perluasan pertanggungan

perluasan pertanggungan asuransi

Produk asuransi dibagi menjadi dua jenis yaitu TLO dan all risk. Keduanya berbeda, baik dari segi total premi, manfaat, dan total pertanggungan jawaban dari perusahaan asuransi. Pilihlah satu produk yang paling sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda sehari-hari.

Hindarilah produk asuransi yang tidak sesuai manfaat karena ini hanya akan merugikan Anda sendiri sebagai nasabah asuransi. Apalagi preminya bisa dikatakan tidak sedikit, jadi kesannya seperti buang-buang uang.

Baiknya bandingkan jenis produknya terlebih dahulu, lalu pertimbangkan secara saksama agar pilihan Anda tidak jatuh pada produk asuransi yang salah, ya!

7. Perlindungan seperti apa yang diberikan oleh showroom

perlindungan asuransi oleh showroom

Sebenarnya Anda bisa saja membeli asuransi mobil langsung dari showroom tempat mobil dibeli. Lebih cepat, praktis, dan Anda tidak perlu sibuk mengurus berkas-berkas yang berhubungan dengan pendaftaran asuransi kendaraan. Semuanya sudah diurus bersamaan dengan proses pembelian mobil.

Bahkan beberapa showroom memberikan perlindungan gratis selama beberapa bulan kepada konsumen yang membeli mobil dari tempat miliknya. Dan Anda bisa manfaatkan perlindungan gratis ini untuk mengurangi biaya untuk mobil.

Namun, tetap perhatikan jenis perlindungan seperti apa yang ditawarkan. Bila tidak memenuhi standar, maka bergabung ke perusahaan asuransi adalah pilihan yang tepat untuk memaksimalkan perlindungan bagi kendaraan Anda.  

Jangan Asal Pilih Produk Asuransinya

Saat ini produk asuransi kendaraan hadir dengan jenis yang berbeda dan ditawarkan oleh perusahaan yang berbeda pula. Jadi, jangan sampai keliru memilih produk karena ini menyangkut kemudahan dan kesejahteraan kendaraan Anda saat ini dan di masa mendatang.

Baca Juga: Jangan Terkecoh! Anda Harus Jeli Sebelum Membeli Asuransi Mobil All Risk