Tips Cerdas Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Berbagai risiko kerusakan atau kerugian yang dapat terjadi pada mobil, membuat asuransi mobil menjadi hal yang penting untuk dimiliki. Dengan asuransi mobil, pemilik akan merasa lebih tenang karena kendaraan terproteksi dari berbagai jenis kerugian.

Ada banyak produk asuransi mobil di Indonesia, setiap perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, pemilihan asuransi mobil yang tepat sangatlah penting. Bila kamu ingin memilih proteksi yang tepat untuk kendaraanmu, simak tips memilih asuransi mobil yang tepat berikut ini!

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

loader

Pilihlah asuransi mobil yang tepat

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih asuransi mobil.

  1. Pilih Jenis Asuransi Mobil

    Sebelum memilih, kamu harus mengetahui bahwa asuransi mobil memiliki dua jenis, yaitu all risk dan TLO (Total Loss Only). Kedua jenis ini memiliki sistem dan jenis proteksi yang berbeda. Berikut lengkapnya:

    • Asuransi All Risk atau Comprehensive

      Asuransi ini akan menjamin berbagai risiko kerusakan yang terjadi pada kendaraan, mulai dari kerusakan kecil hingga kerusakan besar. 

    • Asuransi Total Loss Only (TLO)

      Asuransi ini hanya akan menjamin kerusakan kendaraan yang terjadi di atas 75% saja, artinya berbagai kecelakaan atau kerusakan kecil tidak akan dijamin olehnya.

    Pilih jenis proteksi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Pertimbangkan apakah asuransi ini untuk mobil pribadi, kantor, atau keperluan bisnis

  2. Lihat Kredibilitas Perusahaan

    Hak yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kredibilitas perusahaan. Pastikan kamu menggunakan layanan perusahaan asuransi yang sudah terpercaya. Untuk melihat ini, coba cari hal-hal mengenai sejarah, track record, dan juga rekomendasi-rekomendasi. 

  3. Perhatikan Review dan Banyaknya Keluhan Pelanggan

    Ulasan dari pelanggan suatu perusahaan asuransi mobil juga penting. Anggaplah seperti testimoni pelanggan. Bila nasabah perusahaan asuransi mobil tersebut puas dengan pelayanan dan proteksi yang diberikan maka itu hal yang baik.

    Sedangkan jika banyak nasabahnya mengeluh, kamu perlu hati-hati bila ingin membeli produk asuransi mobil perusahaan tersebut. Jangan ragu untuk bertanya kepada nasabah suatu perusahaan asuransi mengenai kepuasan mereka terhadap produk asuransi mobil yang digunakan. 

  4. Perhatikan Syarat dan Ketentuan Polis

    Polis asuransi merupakan hal yang paling penting untuk dipahami. Polis asuransi memuat segala persetujuan, pengecualian, proteksi, aturan, premi, dan sebagainya. Memahami polis dengan cermat akan membuat kamu mengerti hak dan kewajiban sebagai tertanggung.

    Perhatikan juga mengenai kemudahan penerbitan polis. Saat ini, banyak perusahaan asuransi yang dapat menerbitkan e-polis atau polis digital. Hal ini akan membantumu mengajukan klaim asuransi secara online atau bila kamu tidak bisa mengakses polis fisik. 

  5. Pahami Benefit atau Keuntungan yang Didapatkan

    Selain proteksi kendaraan, biasanya perusahaan asuransi juga menawarkan beberapa keuntungan berupa bentuk pelayanan yang baik, kemudahan proses klaim, atau bantuan yang didapatkan.

    Sebut saja beberapa perusahaan asuransi mobil memberikan layanan ERA (Emergency Road Assistance). Artinya, bila mobil tertanggung mengalami mogok di tengah perjalanan, akan ada bantuan mobil derek yang ditanggung oleh asuransi. Ada juga perusahaan asuransi yang menjamin jasa pertolongan ambulans.

  6. Banyaknya Bengkel Rekanan

    Asuransi kendaraan dengan jaringan bengkel yang luas sangat penting, karena kita tidak pernah tahu kapan dan di mana kendaraan mungkin mengalami kerusakan dan memerlukan perbaikan. Lebih baik lagi, jika bengkel rekanan dari asuransi mobil tersebut merupakan bengkel resmi manufaktur mobil.

    Jaringan bengkel yang luas juga menunjukkan bahwa perusahaan asuransi tersebut kredibel dan bisa dipercaya. Pasalnya, membangun relasi dengan banyak mitra bukan hal yang mudah dan butuh kepercayaan. Maka dari itu, perusahaan asuransi mobil yang memiliki banyak bengkel rekanan itu lebih baik. 

  7. Perhatikan Usia Kendaraan

    Usia kendaraan juga dapat menentukan kebutuhanmu. Untuk kendaraan dengan umur di bawah 10 tahun, ada baiknya gunakan asuransi mobil all risk. Untuk kendaraan dengan usia di atas 10 tahun, gunakan asuransi TLO. 

    Perusahaan asuransi juga menetapkan batas maksimal usia kendaraan. Biasanya untuk jenis proteksi all risk dibatasi dengan usia kendaraan 10 tahun dan TLO 15 tahun. Konsultasikan lebih lengkap dengan agen asuransi kamu untuk mengetahui kebijakan dari perusahaan asuransi.

  8. Melihat Besaran Premi

    Premi adalah besaran biaya yang harus dibayarkan tertanggung atau nasabah untuk tetap mendapatkan proteksi asuransi. Semakin banyak perlindungan yang kamu ambil, maka preminya juga makin besar. 

    Oleh karena itu, pilihlah asuransi mobil yang besaran preminya sesuai dengan budget. Bila premi yang harus dibayarkan melebihi kapasitas finansialmu, maka tentu hal tersebut tidak ideal. Oleh karena itu, mintalah agen asuransi membuat ilustrasi premi dan pilihlah yang paling sesuai budget.

  9. Lakukan Perbandingan dengan Asuransi Mobil Lainnya

    Layaknya berbelanja online, kamu pasti membandingkan harga barang dari satu toko ke toko lainnya bukan? Sama halnya dengan asuransi mobil. Jangan langsung setuju dengan harga premi dan benefit yang diberikan oleh suatu perusahaan asuransi mobil. Kamu bisa membandingkan dengan asuransi mobil lainnya.

    Siapa tau, benefit dari perusahaan asuransi lain lebih baik disertai dengan premi yang lebih murah. Bandingkan juga kemudahan prosedur klaim, bengkel rekanan, dan juga jangkauannya. Pilih yang paling menguntungkan dengan harga premi serendah mungkin.

  10. Perhatikan Rekomendasi Pihak Dealer

    Jika kamu membeli produk asuransi ketika sedang mengajukan kepemilikan mobil, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan rekomendasi yang diberikan oleh pihak dealer. Biasanya, pihak dealer akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang menurut mereka cukup bagus dan bisa dipercaya.

    Namun, rekomendasi dari dealer bukanlah harga mati yang harus diikuti, kamu tetap bisa mencari dan menemukan sendiri perusahaan asuransi yang menurutmu paling baik dan tepat untuk kendaraan.

Memilih Asuransi Mobil yang Tepat Itu Penting!

loader

Asuransi mobil itu penting

Seperti memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, pemilihan asuransi mobil juga harus mempertimbangkan kecocokan. Asuransi mobil yang kamu pilih sebaiknya sudah melewati pertimbangan faktor-faktor di atas secara matang. 

Pilihlah proteksi yang terbaik untuk mobilmu agar memberi rasa tenang. Namun, sesuaikan juga dengan budget, kemudahan, dan juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Semoga tips memilih asuransi mobil yang tepat ini membantu kamu ya!