KAI Access Mempermudah Perjalanan Pelanggan Kereta Api

KAI Access merupakan aplikasi resmi yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk para pelanggan kereta api di tanah air. Layanan yang satu ini diharapkan bisa memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi para pelanggan setia PT KAI. 

Tidak hanya sekedar untuk mempermudah penjualan tiket saja, KAI Access juga akan membuat berbagai urusan terkait penggunaan kereta api menjadi lebih simpel. Hal ini sangat positif, mengingat antrian yang panjang di stasiun merupakan salah satu tantangan ketika menggunakan layanan kereta api. 

Beragam fitur di dalamnya telah didesain dengan sedemikian rupa, sehingga lebih mudah digunakan dan bisa mendukung perjalanan menggunakan kereta api menjadi lebih nyaman. Jadi tidak mengherankan jika belakangan ini banyak orang mencari tahu tentang cara menggunakan KAI Access ini. 

Beli paket data murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Paket Data Termurah Sekarang!  

KAI Access Dilengkapi dengan Fitur-Fitur yang Memadai 

loader

Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menggunakan layanan kereta api merupakan tren positif yang sudah berkembang selama beberapa tahun belakangan ini. Tak bisa dipungkiri, belakangan ini layanan PT KAI memang semakin bagus dan sudah lebih memadai. 

Ada banyak hal yang dilakukan untuk memperbaiki kinerja PT KAI, salah satunya dengan meluncurkan layanan KAI Access beberapa waktu lalu. Sambutan pengguna kereta api pada layanan ini begitu baik, sehingga dalam waktu singkat saja banyak pelanggan yang mencoba untuk mencari cara membuat akun KAI Access. 

Sebagai satu-satunya aplikasi resmi yang dirilis oleh PT KAI, KAI Access memang didesain dengan sedemikian rupa untuk bisa memberi banyak kemudahan bagi para pelanggannya. Selain mudah digunakan, layanan ini juga dilengkapi sejumlah fitur yang bisa diandalkan. 

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang bisa dinikmati dalam aplikasi KAI Access: 

1. Pemesanan Tiket Kereta Api

Ini merupakan layanan yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan tiket kereta api dengan mudah dan cepat. Proses pemesanan tiket ini bahkan bisa dilakukan 1 jam sebelum keberangkatan, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir jika harus bepergian dan membeli tiket secara mendadak. 

2. Pembatalan Tiket Kereta Api.

Ini adalah fitur yang bisa digunakan untuk melakukan pembatalan tiket kereta api. Pelanggan tidak perlu lagi repot-repot untuk datang ke stasiun kereta dan melakukan pembatalan secara langsung di sana, sebab proses ini sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi KAI Access.

3. Penggantian Jadwal Perjalanan

Jika ingin melakukan penggantian jadwal perjalanan kereta api (reschedule), maka fitur yang satu ini bisa dimanfaatkan. Penggantian jadwal perjalanan ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, tanpa perlu datang langsung ke stasiun kereta terdekat.

4. Pemesanan Makanan di dalam Kereta

Fitur unggulan ini bisa digunakan oleh para pelanggan yang ingin menikmati makanan di perjalanan. Beragam menu makanan dan minuman yang disediakan PT KAI bisa dipesan dengan mudah melalui layanan KAI Access, sehingga tidak perlu repot-repot untuk membawanya dari luar. Ini tentu akan membuat perjalanan akan lebih nyaman dan menyenangkan. 

5. Layanan E-Boarding Pass

Ini adalah fitur unggulan yang memungkinkan pelanggan untuk tidak melakukan pencetakan boarding pass secara manual di stasiun kereta. Pelanggan hanya perlu print e-boarding pass di aplikasi KAI Access, lalu melakukan scan QR Code pada scanner yang bisa ditemukan di meja petugas boarding yang terdapat di stasiun kereta. Selain mudah, ini juga akan menghemat waktu dan tenaga. 

Jika melihat berbagai fitur unggulan di atas, jelas antusiasme masyarakat yang tinggi untuk menggunakan layanan ini dan memahami cara membuat akun KAI Access menjadi hal yang wajar, apalagi cara menggunakan KAI Access ini juga terbilang begitu mudah dan simpel.

KAI Access juga menyediakan akses pembayaran yang sangat beragam, yakni: layanan ATM, kartu kredit, mobile banking, internet banking, dan juag gerai retail yang mudah ditemukan. Semua ini tentu akan membuat akses pembelian tiket dan yang lainnya menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Cara Membeli Tiket Kereta Api Online, Gampang Banget

KAI Access Memiliki Layanan Premium Member 

PT KAI juga menyediakan layanan Premium Member bagi pengguna KAI Access, ini adalah sebuah layanan yang memungkinkan pelanggan mendapatkan tiket kereta api dengan cara yang mudah, harga yang murah, dan sekaligus proses pembelian yang cepat, sebab beragam fitur di dalamnya akan bisa dimanfaatkan dengan mudah. 

Bukan hanya itu saja, pelanggan yang menjadi Premium Member juga akan menikmati keuntungan Rail Point yang bisa didapatkan setiap kali melakukan pembelian tiket kereta api jarak jauh komersil (diluar KA PSO & Lokal). 

Pelanggan yang sudah menjadi Premium Member di KAI Access bisa mengumpulkan poin dan memakai poin ini sesuai dengan cara menggunakan poin KAI Acces yang telah ditentukan oleh PT KAI Itu sendiri. 

Pengumpulan rail point KAI Access juga terbilang mudah, di mana setiap pembelian tiket kereta api jarak jauh dengan minimal transaksi senilai Rp 50 ribu akan mendapatkan 10 poin, berlaku untuk kelipatannya dengan perhitungan pembulatan ke bawah. 

Namun selain cara menggunakan poin KAI Acces, pelanggan juga perlu memahami cara mendapatkan poin tersebut di aplikasi KAI Acces berikut ini: 

  • Pelanggan yang ingin menjadi Premium Member harus melakukan update aplikasi KAI Access yang terbaru, yakni versi 4.3.8.
  • Pelanggan juga harus melakukan pendaftaran sebagai Premium Member dengan cara mengisi dan mengikuti semua persyaratan yang telah ditentukan di dalam aplikasi KAI Access tersebut.

Jika sudah memahami cara membuat akun KAI Access dan melakukan pendaftaran untuk Premium Member, maka pelanggan sudah bisa menikmati berbagai fitur unggulan yang terdapat dalam layanan ini, termasuk pengumpulan poinnya yang terbilang simpel. 

Pelanggan tidak perlu bingung bagaimana cara menggunakan poin KAI Acces yang sudah dikumpulkan, sebab ini sama mudahnya dengan cara menggunakan KAI Access itu sendiri. 

Poin-poin ini bisa ditukarkan dengan mudah melalui aplikasi KAI Access itu sendiri. Pelanggan yang sudah memahami cara menggunakan KAI Access dan juga cara menggunakan poin KAI Acces bisa menukarkan poin mereka dengan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access. 

Mudahnya cara membuat akun KAI Access tentu tidak akan menjadi kendala untuk menggunakan layanan yang satu ini. Selain memudahkan banyak urusan terkait penggunaan layanan kereta api, aplikasi KAI Access ini juga akan membuat pembelian tiket bisa menjadi lebih murah. 

Baca Juga: Viral ‘Ngevape’ di Kereta, Ini Lho Aturan Naik Kereta dan Sanksinya

Cara Membeli Tiket Melalui Layanan KAI Access

loader

Pembelian tiket merupakan salah satu alasan utama para pelanggan KAI untuk mencari tahu cara membuat akun KAI Access dan juga cara menggunakan KAI Access tersebut. Jika sudah memiliki akun di aplikasi tersebut, maka pelanggan bisa dengan mudah melakukan berbagai hal, termasuk membeli tiket kereta api.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membeli tiket kereta api melalui layanan KAI Access: 

  1. Unduh aplikasi KAI Access melalui layanan Playstore atau Appstore.
  2. Lakukan pendaftaran dengan cara mengisi dan mengikuti semua instruksi pada aplikasi tersebut (jika belum memiliki akun).
  3. Loginlah dengan menggunakan akun KAI Access yang sudah dibuat.
  4. Lakukan pemesanan tiket pada halaman yang tersedia. 
  5. Isi kolom pencarian dengan memilih stasiun asal dan juga stasiun yang akan dituju, lalu lanjutkan dengan mengisi tanggal keberangkatan dan juga jumlah penumpang.
  6. Lanjutkan dengan meng-klik menu: “Cari”. 
  7. Cek hasil pencarian dan pilihlah kereta api yang tepat.
  8. Klik menu: “Pemesanan”
  9. Lengkapi semua kolom data pemesanan dan juga data penumpang. 
  10. Klik menu “Pilih kursi”, lakukan pemilihan kursi sesuai dengan keinginan, lalu lanjutkan dengan memilih menu “Simpan” 
  11. Cek kembali semua data yang sudah dimasukkan dan pastikan semuanya sudah benar. 
  12. Klik menu: “Bayar Sekarang”, lalu pilih metode pembayaran. 
  13. Cek dan salin kode booking, lalu lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang sudah dipilih sebelumnya. 
  14. Tiket kereta bisa dicetak di stasiun keberangkatan, atau bisa dicetak pada aplikasi dan digunakan dengan QR Code saat akan pemberangkatan. 

Nikmati Semua Kenyamanan dan Kemudahan di KAI Access

KAI Access merupakan satu-satunya aplikasi yang dikeluarkan oleh PT KAI untuk memudahkan pelanggannya. Ada banyak fitur unggulan yang disematkan di dalam aplikasi ini, sehingga bisa memudahkan dan membuat pelanggan kereta api menjadi lebih nyaman. Gunakan dan nikmati KAI Access untuk akses layanan kereta api yang lebih mudah dan menyenangkan.

Baca Juga: Daftar Libur Nasional 2023 serta Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik untuk Disambangi