Karir Makin Sukses dan Penghasilan Bertambah, Ini Alasan Pentingnya Ikuti Sekolah Public Speaking

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pentingnya melatih kemampuan public speaking atau berbicara di depan publik. Ya, dewasa ini, setiap orang seakan diharapkan untuk bisa memiliki skill penting tersebut. Pasalnya, tanpa kemampuan public speaking, seseorang mungkin akan dianggap memiliki rasa percaya diri yang kurang dan tidak kompeten untuk melakukan suatu pekerjaan.

Memang, memiliki kemampuan public speaking tidak semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Perasaan grogi, gugup, dan takut tidak mampu menyampaikan pesan dengan lancar dan jelas menjadi momok yang seringkali dirasakan seseorang saat berbicara di depan publik. 

Oleh karena itu, tak sedikit orang saat ini yang berusaha untuk mulai mempelajari kemampuan tersebut dengan mengikuti sekolah public speaking yang kini sudah menjamur di mana-mana. Bahkan, dengan harga jutaan Rupiah sekalipun, seseorang rela untuk membayarnya demi bisa mendapatkan kelas public speaking dan mempelajari skill tersebut.

Namun, saat Anda berhasil menguasai kemampuan public speaking, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Tentunya, memiliki skill berbicara di depan publik bisa memberikan dampak positif pada potensi memiliki jenjang karir yang lebih baik dan kesempatan mendapatkan pemasukan tambahan.

Nah, bagi Anda yang belum tahu, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat mengikuti kelas public speaking dan menjadi public speaker yang andal. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

meningkatkan rasa percaya diri

Alasan utama seseorang tidak mampu untuk berbicara di depan publik adalah rasa percaya dirinya yang rendah. Bagi Anda yang mungkin merasa memiliki masalah tersebut, mengikuti kelas public speaking bisa menjadi salah satu solusinya. Pasalnya, saat mengikuti sekolah tersebut, Anda akan diajarkan untuk bisa menghilangkan rasa gugup, grogi, dan tidak percaya diri saat berhadapan dengan orang banyak.

Tidak hanya berbicara di depan umum, kelas public speaking juga seringkali mengajarkan tentang bagaimana meningkatkan hubungan dengan orang lain atau public relation. Jadi, dengan mengikuti sekolah public speaking, Anda tidak hanya mampu meningkatkan rasa percaya diri, namun juga tentang bagaimana menjalin hubungan lebih baik dengan orang lain.

Baca Juga: Belajar Desain Grafis? Ini Aplikasi yang Harus Kamu Pelajari

2. Menjadi Syarat untuk Melamar Profesi Tertentu

syarat melamar kerja untuk posisi tertentu

Tak dapat dipungkiri jika memiliki kemampuan public speaking adalah suatu hal yang penting, termasuk untuk bisa mendapatkan suatu profesi tertentu. Sebagai contoh, untuk bisa menjadi staf humas atau pemasaran, skill public speaking biasanya menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh pelamar.

Sebab, bagaimana mungkin seseorang bisa berhubungan langsung dengan masyarakat atau memikat hati calon konsumen jika tidak mampu menyampaikan pesan dengan baik?

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengincar pekerjaan di bidang tersebut, penting untuk melatih kemampuan public speaking dengan mengikuti kelas atau sekolah yang ada. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan sertifikat dan kemampuan berbicara di depat publik yang bisa meningkatkan  kualifikasi untuk bisa mendapatkan profesi yang diinginkan tersebut. 

3. Merupakan Faktor Pendukung Dapatkan Jenjang Karier Lebih Tinggi

meningkatkan jenjang karir

Masih seputar tentang pekerjaan dan profesi, disadari atau tidak, kemampuan public speaking ternyata juga menjadi salah satu faktor pendukung karyawan untuk bisa mendapatkan jenjang karier yang lebih tinggi. Untuk bisa meraih jabatan dengan tanggung jawab besar seperti supervisor atau bahkan manager, Anda pasti diharapkan untuk bisa berkomunikasi dengan baik kepada bawahan Anda. 

Tidak hanya itu, beralih ke perusahaan yang lebih besar dan lebih kompeten juga seringkali mengharuskan Anda untuk lebih dulu menguasai kemampuan public speaking. Pasalnya, pelamar lain yang menjadi pesaing Anda pastinya memiliki deretan kemampuan yang lebih bagus daripada pesaing Anda di pekerjaan sebelumnya.

Dalam kata lain, menjadi pemilik kemampuan berbicara di depan publik dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan di jenjang karier atau perusahaan lain yang lebih baik.

Baca Juga: Salah Kirim CV? Jangan Panik, Lakukan 6 Cara Ini Agar Proses Melamar Kerja Tetap Lancar 

4. Membuka Kesempatan Menjadi Pembicara Publik dan MC

jd mc dan pembicara publik

Siapa yang tidak mau memiliki pekerjaan sampingan dan mendapatkan pendapatan tambahan? Setiap orang pasti ingin mempunyai pekerjaan kedua agar bisa meningkatkan penghasilan atau sekadar mengisi waktu luang saat sedang tidak bekerja di profesi utama. Nah, dengan memiliki kemampuan public speaking, Anda akan mempunyai kesempatan untuk bisa menghasilkan uang lebih. 

Saat sudah menguasai kemampuan public speaking dan menjadi pembicara yang andal, Anda bisa mengajukan diri untuk menjadi master ceremony atau MC di acara perusahaan, maupun pesta pernikahan. Tentunya, asal seringkali diasah dan mengisi banyak acara umum, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi seorang MC profesional dengan bayaran menggiurkan. 

Untuk sekali acara saja, seorang MC bisa menggaet Rupiah sebesar 1 juta hingga 3 juta. Lumayan juga bukan, menjadikan MC sebagai profesi sambilan sembari tetap fokus di pekerjaan utama? Jadi, budget untuk mengikuti kelas public speaking pun dapat kembali hanya dalam 1 atau 2 kali mengisi acara sebagai MC.

Jadi, Kapan Mulai Mengikuti Kelas Public Speaking?

Tak mengherankan jika kemampuan berbicara di depan umum menjadi salah satu indikasi tentang value yang dimiliki oleh seseorang. Selain mampu membuka kesempatan karier yang lebih luas dan tinggi, menguasai skill public speaking juga dapat menjadi ladang mendapatkan pendapatan tambahan dengan menjadi seorang MC. Jadi, dengan beragam keuntungan tersebut, kapan Anda akan mulai mengikuti kelas public speaking? 

Baca Juga: Gaji Fresh Graduate Kecil, Pilih Bertahan atau Resign?