46 Kata Motivasi Hidup untuk Membangun Semangat

Sebagian orang membutuhkan dukungan dan semangat untuk terus menjalani hidup. Permasalahan yang datang, tantangan demi tantangan dan hal yang mungkin menyulitkanmu sehari-hari harus bisa dihadapi dengan sangat tenang dan semangat. Perasaan yang kacau dan sedih justru akan membawamu kepada kegagalan. Motivasi hidup berikut ini yang diungkapkan melalui kata-kata mungkin bisa membangun semangat dan percaya dirimu.

Baca Juga: Kata-kata Motivasi Hidup Sehari-hari

1. Cheng Kai Shek - Pemimpin Nasionalis Tiongkok

loader

Cheng Kai Shek (Sumber: thefamouspeople.com)

“Kita hidup untuk saat ini, bermimpi untuk masa depan dan kita belajar untuk kebenaran abadi”

Di sini Cheng Kai Shek ingin mengajarkan perjalanan hidup sangatlah panjang, kamu masih memiliki banyak tugas dan juga keinginan. Di mana kamu harus bisa bermimpi dan menggapai hal baik selama hidupmu. Dengan begitu kehidupanmu menjadi lebih berarti.

2. George Orwell – Novelis Inggris

loader

George Orwell (Sumber: historythings.com)

“Esensi menjadi manusia adalah ketika seseorang tidak mencari kesempurnaan”

Ketika kamu terpuruk karena hal yang kamu buat selalu gagal dan juga tidak pernah sempurna. Jangan menyerah, karena esensi atau sifat alami manusia memang jauh dari kesempurnaan. Sehingga jangan putus asa dan terus berusaha menggapai apa yang kamu targetkan.

3. Soedjatmoko – Intelektual Indonesia

loader

Soedjatmoko (Sumber: georgetown.edu)

“Hari depan dunia lebih banyak ditentukan moralitas keputusan kita sekarang”

Ketika kamu memutuskan untuk menyerah sekarang, maka tidak akan ada keberhasilan di masa depan. Seodjatmoko ingin menyampaikan bahwa keputusan apa yang kamu ambil sekarang akan berbuah di masa selanjutnya. Untuk itu, cobalah bersikap optimis, positif, dan memandang ke depan agar di masa selanjutnya kamu mendapatkan hasil yang sesuai.

4. Walt Disney – Animator

loader

Walt Disney (Sumber: msecnd.net)

“Aku tidak suka mengulang kesuksesan yang ada, aku lebih suka mencari yang lain”

Seperti kata Walt Disney, di mana kamu jangan pantang menyerah dan hanya bisa menjadi follower alias pengikut orang lain saja. Semua orang tentu tahu kisah Disney yang dianggap tidak bisa menggambar dan dipecat, namun ia tak pantang menyerah dan mencari kesuksesan dengan tidak terpaku dan bergantung pada orang lain.

5. Thomas A. Edison – Ilmuwan

loader

Thomas A. Edison (Sumber: feelgrafix.com)

“ Ada sebuah cara untuk melakukan lebih baik- temukanlah!”

Thomas Alfa Edison merupakan seorang ahli dan penemu yang memiliki otak cemerlang. Namun ia juga terkenal akan sifat pantang menyerahnya. Di mana ia mengalami kegagalan hingga ratusan kali, namun tidak patah semangat dan akhirnya mendapatkan hasil yang bisa dinikmati hingga saat ini oleh masyarakat. Sama halnya dengan Alfa Edison dalam menemukan lampu, jangan menyerah akan masalah di kehidupanmu.

6. Mahatma Gandhi – Cendekiawan, Tokoh Agama

loader

Mahatma Gandhi (Sumber: sbs.com.au)

“Pertama mereka mengabaikanmu. Kemudian mereka tertawa padamu. Berikutnya mereka melawanmu. Lalu kamu menang.”

Mahatma Gandhi terkenal akan tokoh agama yang memiliki pemikiran yang tenang, damai dan juga bijaksana dalam bersikap dan berbicara. Hal ini juga ia terapkan ketika menghadapi kehidupan, baik lawan, kawan maupun tantangan hidup. Tanpa menyerah ia bisa membuktikan kebenaran. Maka lihatlah keberhasilan dan “survive” alias karakter tidak pernah menyerah dan pesimis milik Mahatma Gandhi.

7. Franklin D. Roosevelt – Presiden Amerika Serikat ke-32

loader

Franklin D. Roosevelt (Sumber: iacpublishinglabs.com)

“Satu-satunya yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri”

Untuk kamu yang sedang merasa khawatir dan memiliki ketakutan yang tidak bisa ditaklukan maka motivasi dari Roosevelt sangatlah cocok. Di mana ia mengatakan bahwa ketakutan terbesar tentu saja ketakutan itu sendiri. Jika kamu sudah bisa menaklukan ketakutan tersebut, maka kamu sudah bisa menata masa depan dengan baik.

8. Merry Riana - Motivator

loader

Merry Riana (Sumber: blog.gandengtangan.co.id)

"Hadapi setiap rintangan dan jangan pernah kehilangan harapan. Karena ketika memiliki harapan, di saat itulah kamu memiliki masa depan"

Hidup itu penuh rintangan, tidak ada satupun orang di dunia yang hidupnya mulus-mulus saja tanpa rintangan. Oleh karena itu, hadapi setiap rintangan dengan berani. Jangan pernah menyerah atau bahkan putus harapan karena sebuah rintangan. Ketika harapan terus ada, maka masa depan yang cerah pun akan setia menantimu.

9. Dalai Lama - Tokoh Agama

loader

Dalai Lama

"Tujuan hidup kamu dan aku adalah menjadi bahagia"

Tujuan hidup di dunia hanyalah satu, yaitu bahagia. Lakukan dan gapai semua hal yang membuat hidupmu bahagia.

10. Charles Darwin - Naturalis dan Ahli Geologi Inggris

loader

Charles Darwin

"Seseorang yang berani membuang satu jam waktunya tidak mengetahui nilai dari kehidupan"

Apa makna yang tersirat langsung jika kamu membaca kutipan di atas? Ya, jangan pernah membuang-buang waktu. Setiap waktu yang berjalan sangat berharga untuk kehidupanmu sekarang dan ke depannya. Yuk, selalu hidup produktif!

11. Muhammad Ali - Petinju Profesional

loader

Muhammad Ali

"Jika impianmu tidak bisa membuatmu takut, mungkin karena impian tersebut tidak cukup besar"

Setiap orang pasti mempunyai impian. Namun, jika impian tersebut tidak membuatmu takut atau cemas, maka cobalah untuk membuat impian baru yang lebih besar. Jadi, jangan takut untuk bermimpi ya!

12. John F. Kennedy - Presiden Amerika Serikat ke-35

loader

John F. Kennedy

"Usaha dan keberanian tidak akan pernah cukup tanpa tujuan dan perencanaan"

Coba bayangkan, jika kamu melakukan sebuah pekerjaan atau menjalankan sebuah bisnis tanpa tujuan dan perencanaan. Pasti akan kebingungan dan tidak akan tahu hal apa yang harus dilakukan bukan? Sedangkan, tujuan dan perencanaan sendiri merupakan "jalan" untuk mencapai kesuksesanmu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu sertakan tujuan dan rencana di setiap langkahmu! Semangat!

13. Muhammad Ali - Petinju Profesional

loader

Muhammad Ali

"Yang membuat aku terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidupku"

Inilah alasan mengapa seseorang wajib memiliki tujuan hidup. Karena dengan tujuan hidup tersebut, kamu dituntut untuk membuat rencana dan menjalani proses jatuh bangunnya. Proses ini juga yang kemudian membuatmu berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik. 

14. LeBron James - Pebasket Profesional Amerika

loader

LeBron James

"Aku suka kritikan. Itu membuatmu kuat"

Menerima sebuah kritikan bukanlah sebuah hal yang mudah. Namun, kritikan itulah yang justru membuat dirimu semakin kuat dan berwawasan. Jadi, terbukalah dengan kritikan!

15. Nelson Mandela - Presiden Afrika Selatan (1994-1999)

loader

Nelson Mandela

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia"

Jangan pernah malas belajar, karena dengan belajar, kamu bisa memiliki pikiran yang terbuka dan pengetahuan yang luas. Bekal inilah yang kemudian dapat membuatmu masuk ke dalam generasi pengubah dunia.

16. Pablo Picasso - Seniman

loader

Pablo Picasso

"Segala sesuatu yang dapat kamu bayangkan adalah nyata"

Tahukah kamu, bahwa segala sesuatu yang kamu impikan dan inginkan adalah hal yang sudah pasti bisa didapatkan? Ya, semua itu bisa jadi kenyataan asalkan kamu terus berdoa dan berjuang.

17. Socrates - Filsuf

loader

Socrates

"Kehidupan yang tidak diuji, tidak layak untuk dijalani"

Benar, tanpa ujian, kamu tidak akan menjadi pribadi yang hebat seperti saat ini. Meskipun seringkali membuat semua orang yang merasakannya ingin menyerah, namun melalui ujian-ujian hiduplah seseorang bisa bertumbuh dan berkembang.

18. Helen Keller - Dosen, Penulis, dan Aktivis Politik

loader

Helen Keller

"Kamu tidak akan pernah belajar sabar dan berani jika hanya ada kebahagiaan di dunia ini"

Terkadang, kesukaranlah yang mengajarkanmu untuk bersabar, bersyukur, dan terus berjuang. Tanpa kesukaran, kamu tidak akan menjadi pribadi yang hebat seperti sekarang ini.

19. Eleanor Roosevelt - Tokoh Politik dan Mantan Ibu Negara Amerika Serikat

loader

Eleanor Roosevelt

"Tidak ada yang bisa membuatmu merasa rendah diri, tanpa seizin diri kamu sendiri"

Terkadang perasaan rendah diri timbul karena pemikiran dirimu sendiri, pikiran negatif yang membuat kamu kurang percaya terhadap kelebihan dan kemampuan yang kamu miliki.

20. Ernest Hemingway - Novelis

loader

Ernest Hemingway

"Sebelum menulis tentang kehidupan, pertama-tama kamu harus menjalaninya"

Intinya, kamu tidak akan pernah tahu "cerita kehidupan"-mu sampai tamatnya nanti. Namun, satu hal yang pasti, jalani dan nikmati dulu setiap langkahnya dan barulah kamu bisa mengambil hikmah serta memetik cerita indahnya.

21. Ralph Waldo Emerson - Penulis Esai

loader

Ralph Waldo Emerson

"Semua yang ada di kehidupan adalah eksperimen. Semakin banyak eksperimen, maka semakin baik"

Eksperimen atau biasa kamu kenal sebagai percobaan adalah salah satu hal berharga di kehidupan ini, yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Sehingga, semakin banyak eksperimen yang kamu miliki, maka semakin banyak pula pengalaman dan ilmu yang kamu punya.

22. Albert Einstein - Fisikawan

loader

Albert Einstein

"Hidup itu ibarat mengendarai sebuah sepeda. Untuk menjaga keseimbangan, kamu harus terus bergerak"

Jangan pernah lengah dan putus asa dalam menjalani kehidupan ini. Karena, ibarat mengendarai sepeda, kamu harus menjaga keseimbangan untuk terus bergerak maju menggapai masa depan yang lebih cerah.

23. George Bernard Shaw - Novelis, Kritikus, Politikus

loader

George Bernard Shaw (Sumber: www.thoughtco.com)

"Hidup itu bukan soal menemukan dirimu sendiri, hidup itu soal membuat dirimu sendiri"

Ya, karena dalam hidup, kamu harus membuat dan membangun sendiri kehidupan apa yang diinginkan. Contohnya, kamu perlu belajar untuk pintar, bekerja cerdas untuk sukses dan kaya raya, hingga menabur benih baik untuk manuai yang baik-baik.

24. John Ruskin - Kritikus Seni

loader

John Ruskin (Sumber: www.thoughtco.com)

"Penghargaan paling tinggi bagi seorang pekerja keras bukanlah apa yang ia peroleh dari pekerjaan itu, tapi seberapa berkembang ia dengan kerja kerasnya itu"

Karena terkadang yang tidak terlihat oleh mata adalah nilai dan penghargaan sesungguhnya. Oleh karena itu, jadilah pribadi yang terbuka dengan ilmu baru, masukan, dan pendapat orang lain. Niscaya, kamu akan dengan mudah mendapatkan pengharagaan paling tinggi.

25. Napoleon Hill - Penulis

loader

Napoleon Hill (Sumber: www.success.com)

"Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar, suatu saat nanti akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan"

Bekerjalah dengan tulus dan bangun rasa memiliki pada setiap tugas dan pekerjaanmu. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal dan "penghasilan besar" pun secara tidak langsung akan mengikutimu.

26. Ryan Blair - Pengusaha Sukses

loader

Ryan Blair (Sumber: www.forbes.com)

"Jika itu penting bagi kamu, maka kamu akan menemukan jalan. Jika tidak, kamu akan menemukan alasan"

Singkatnya, tidak ada "alasan" jika kamu benar-benar menginginkannya. Jadi, jika kamu ingin sukses, berusahalah. Jika kamu ingin pintar? Belajarlah. Jika kamu sedang tertimpa masalah? Maka berdoa dan bangkitlah.

27. Les Brown - Politikus dan Motivator

loader

Les Brown (Sumber: www.idntimes.com)

"Tak ada batasan dalam hidup, kecuali yang kamu buat sendiri"

Terkadang, manusialah yang membuat batasan-batasan dalam hidupnya. Tidak mau begini, tidak bisa begitu. Padahal, semua itu pasti bisa dilakukan selama kamu mau mencoba dan mengusahakannya.

28. C. S. Lewis - Penulis

loader

C. S. Lewis (Sumber: www.britannica.com)

"Kamu tidak pernah terlalu tua untuk menetapkan tujuan lain atau untuk memimpikan impian baru"

Singkatnya, tidak pernah ada kata terlambat di dalam kamus kehidupan manusia. Karena kamu tidak pernah terlalu tua untuk menetapkan tujuan lain atau memimpikan impian baru. Jika sudah sesuai dengan waktu dan rencana-Nya, maka apapun yang kamu kerjakan dan inginkan tetap bisa tercapai.

29. Steve Jobs - Pendiri Apple

loader

Steve Jobs (Sumber: www.medcom.id)

"Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan"

Jika sesuatu tidak dikerjakan dengan cinta, maka semuanya akan sia-sia. Termasuk, waktu, tenaga, dan perasaan. Bahkan, hasilnya pun tidak akan maksimal. Oleh karena itu, cintailah semua hal yang kamu lakukan. Jika tidak bisa, maka cari tahu lagi apa yang sebenarnya sangat kamu cintai.

30. Vincent van Gogh - Pelukis

loader

Vincent van Gogh (Sumber: id.m.wikipedia.org)

"Hal-hal besar dilakukan oleh serangkaian hal-hal kecil yang disatukan"

Tidak, kamu tidak harus melakukan hal besar untuk menjadi hebat. Justru, dari serangkaian hal-hal kecil yang disatukan, kamu dapat menjadi orang hebat yang dipandang. Karena dari hal-hal kecillah seseorang bisa belajar.

31. Confucius - Filsuf

loader

Confucius

"Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit"

Terkadang manusialah yang membuat hal mudah menjadi sulit. Mengapa bisa begitu? Karena pikiran dan perasaanmu sering kali membuat skenario sendiri yang belum tentu benar/bakal terjadi. Nah, hal-hal seperti inilah yang akhirnya membuat hidup yang seharusnya sederhana menjadi rumit.

32. Scott Hamilton - Ice Skater

loader

Scott Hamilton (Sumber: www.aarp.org)

"Satu-satunya keterbatasan dalam hidup adalah perilaku yang buruk"

Jangan biarkan hidupmu dibatasi oleh perilaku yang buruk. Buang jauh-jauh perilaku buruk tersebut, berubah, dan belajarlah menjadi pribadi yang lebih baik. Niscaya, hidupmu akan semakin baik dan semakin maju.

33. Deepak Chopra - Penulis

loader

Deepak Chopra (Sumber: www.deepakchopra.com)

"Respons paling sehat untuk hidup adalah sukacita"

"Hati yang gembira adalah obat", begitu katanya. Oleh karena itu, hadapi dan tanggapi semua masalah hidupmu dengan penuh kesabaran, ikhlas, serta sukacita.

34. Steve Jobs - Pendiri Apple

loader

Steve Jobs (Sumber: www.medcom.id)

“Waktumu terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain. Jangan terjebak oleh dogma – yaitu hidup dengan hasil pemikiran orang lain”

Benar sekali, karena menjalani hidup orang lain hanya akan membuatmu lelah. Ingat! Semua orang punya pemikiran dan jalannya masing-masing dan kamu tidak perlu mengejar atau mengikuti mereka.

35. Richard Wheeler - Penulis

loader

Richard Wheeler (Sumber: absolutewestern.fandom.com)

"Orang yang menginginkan impiannya menjadi kenyataan, harus menjaga diri agar tidak tertidur"

Karena pada waktu-Nya, kita, semua umat manusia, akan tidur selamanya. Oleh karena itu, selagi masih mampu dan memiliki banyak kesempatan, kejarlah impianmu. Teruslah berusaha untuk mewujudkan impian tersebut agar menjadi kenyataan. Ingat, tidak ada yang sia-sia dari sebuah "perjuangan".

36. John D. Rockefeller - Pengusaha Sukses

loader

John D. Rockefeller (Sumber: www.liputan6.com)

"Aku selalu mencoba untuk mengubah kemalangan menjadi kesempatan"

Jangan biarkan dirimu tenggelam dalam kemalangan, justru jadikanlah kegagalan atau kemalangan tersebut sebagai motivasi dan juga kesempatan untuk melompat lebih jauh.

37. Aristoteles - Filsuf

loader

Aristoteles (Sumber: www.kompas.com)

"Kesenangan dalam pekerjaan menempatkan kesempurnaan dalam pekerjaan"

Karena ketika kamu tidak menyukai sebuah pekerjaan, hasilnya tidak akan maksimal. Kamu akan menjalaninya dengan setengah hati.

38. Ir. Soekarno - Presiden Pertama Indonesia

loader

Ir. Soekarno (Sumber: www.tvonenews.com)

"Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam"

Oleh karena itu, jika kamu menginginkan sesuatu yang besar, berusaha dan berjuanglah. Jangan takut, jangan pesimis, atau bahkan jangan terus berada di zona nyaman.

39. Mohammad Hatta - Wakil Presiden Pertama Indonesia

loader

Moh Hatta (Sumber: aclc.kpk.go.id)

"Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki"

Karena sekali berbohong, kamu akan terus berbohong dengan menutupi kebohongan satu dengan kebohongan lainnya. Lama-lama jadi kebiasaan deh...

40. Mario Teguh - Motivator

loader

Mario Teguh (Sumber: unires.umy.ac.id)

"Anak miskin menjadi kaya karena rajin, anak kaya menjadi miskin karena malas. Dunia ini bulat dan adil"

Masa depanmu ada di tanganmu. Mau rajin atau malas? Tentukan dari sekarang.

41. R.A Kartini - Pahlawan Nasional Indonesia

loader

R.A Kartini (Sumber: hidayatullah.com)

"Habis gelap terbitlah terang"

Tidak, tidak ada yang kekal di dunia ini. Termasuk keterpurukan dan kesedihan. Tidak perlu kamu berlarut-larut dalam perasaan tersebut atau bahkan sampai putus asa karena habis gelap terbitlah terang, habis hujan terbitlah pelangi. Begitu juga kehidupan, setelah melewati berbagai kesedihan dan pencobaan, hal-hal indah akan segera menghampirimu.

42. Merry Riana - Motivator

loader

Merry Riana (Sumber: blog.gandengtangan.co.id)

"Di dalam hidup ini, kita tidak bisa berharap segala yang kita dambakan bisa diraih dalam sekejap. Lakukan saja perjuangan dan terus berdoa, maka Tuhan akan menunjukkan jalan selangkah demi selangkah"

Tidak ada yang instan di dunia ini. Bahkan, mie instan pun masih perlu dimasak selama tiga menit untuk dapat dinikmati. Oleh karena itu, teruslah berjuang dan berdoa untuk menggapai semua mimpi-mimpimu.

43. Buya Hamka - Ulama, Sastrawan, dan Politikus

loader

Buya Hamka (Sumber: www.republika.id)

"Tegakkan cita-cita lebih dahulu sebelum berusaha"

Berjalan tanpa tujuan itu sulit. Oleh karena itu, tetapkan dan tegakkan dulu cita-citamu. Kemudian, berdoa dan berusahalah. Niscaya, cita-citamu akan tercapai.

44. Cut Nyak Dien - Pahlawan Nasional Indonesia

loader

Cut Nyak Dien (Sumber: www.gramedia.com)

"Kita tidak akan menang bila kita masih terus mengingat semua kekalahan"

Jadikan kekalahan sebagai pengalaman berharga untuk bangkit dan terus maju.

45. Dahlan Iskan - Jurnalis dan Pengusaha

loader

 Dahlan Iskan (Sumber: metrotimes.news)

"Setiap orang punya jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu, ketika kamu masih muda"

"Kerja keraslah mumpung masih muda" begitu katanya. Oleh karena itu, selama masih produktif, teruslah berusaha. Jika gagal? Bangkit dan berusaha lagi.

46. Mahatma Gandhi – Cendekiawan, Tokoh Agama

loader

Mahatma Gandhi (Sumber: sbs.com.au)

"Ada dua hari dalam setahun di mana kita tidak bisa berbuat apa-apa, kemarin dan besok"

Karena kita tidak bisa memutar waktu untuk memperbaiki kesalahan dan tidak bisa memprediksi hari esok. Oleh karena itu, selagi memiliki waktu, lakukan semuanya dengan baik dan maksimal agar tidak ada penyesalan.

Kegagalan Bukan Hasil Akhir

Dalam hidup kegagalan merupakan proses normal yang akan dihadapi semua orang. Tidak ada keputusan yang tidak disertai risiko. Jangan hanya dengan mengalami kegagalan, kamu berhenti berusaha. Jadikan kegagalan yang menghampirimu sebagai batu loncatan agar kamu lebih berusaha dan tidak pantang menyerah.

Baca Juga: Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris dan Artinya untuk Motivasi Hidup