Kembali Naik Daun, Ini 15 Kerajinan Kayu yang Mampu Memberi Kesan Classy

Sudah bukan rahasia umum lagi jika tren desain interior maupun fashion seakan memiliki siklusnya tersendiri. Dahulu, berbagai kerajinan dari kayu, entah itu, furnitur, pajangan, maupun aksesoris dianggap jadul dan ketinggalan zaman. Namun, saat ini, kerajinan tersebut malah muncul kembali ke permukaan dan banyak diminati oleh masyarakat. 

Tak hanya itu, produk kerajinan dari kayu juga telah berevolusi menjadi lebih kreatif dan lebih luas. Tentunya, kreasi ini tetap terlihat estetik, natural, dan vintage, walaupun tetap menjaga kesan classy dan mewah. Selain itu, jika dibandingkan dengan produk yang terbuat dari plastik, kerajinan ini memiliki kesan yang lebih alami serta kuat. 

Banyak pengrajin yang masih betah memilih kayu sebagai bahan untuk membuat berbagai jenis kerajinan dengan nilai jual tinggi secara handmade. Tergantung dari tingkat kesulitan dan jenis kayu yang digunakan, produk kerajinan kayu bisa dibanderol dengan harga amat terjangkau, atau bahkan ratusan juta Rupiah.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas, Dijamin Bisa Jadi Ide Bisnis Menjanjikan!

Jenis Kayu yang Biasa Dijadikan sebagai Bahan Kerajinan

Jati

Umum ditemukan di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah ini dijuluki sebagai rajanya kayu bukan tanpa alasan. Dibandingkan dengan jenis lainnya, kayu jati memiliki daya tahan terbaik dan lebih awet dijadikan sebagai furnitur atau perabotan di rumah.

Dengan warna dasar coklat muda, memiliki serat yang lurus, serta tekstur sedikit kasar, kayu jati seringkali dijadikan sebagai bahan produk mebel. 

Pinus atau Jati Belanda

Meski tak sekuat jati, kayu pinus atau jati Belanda ini digadang-gadang sebagai jenis kayu yang paling banyak diminati. Alasannya karena kayu pinus memiliki bobot yang tergolong ringan serta dibanderol dengan harga terjangkau. Dengan warna terang dan gampang ditimpa warna lainnya, kayu pinus banyak dijadikan sebagai kerajinan estetik dan perabot minimalis. 

Mahoni atau Mahogani

Selayaknya jati, kayu mahoni menjadi jenis kayu yang umumnya dijadikan sebagai bahan untuk membuat mebel, alat olahraga, maupun alat musik. Alasannya karena kayu mahoni atau mahogani ini memiliki daya tahan dan keawetan yang cukup tinggi. Meski begitu, jenis kayu ini memerlukan perawatan yang lebih terjaga karena tak terlalu tahan dengan serangan rayap.

Trembesi

Selain itu, ada pula kayu trembesi yang identik dengan warna putih yang apik pada pinggirannya, dan warna coklat di bagian tengahnya. Kayu trembesi biasa dijadikan sebagai bahan untuk membuat meja maupun furnitur lainnya.

Akasia

Memiliki warna kecoklatan, serat menarik, dan proses pengolahan yang mudah, kayu akasia dianggap sebagai jenis kayu yang mirip dengan jati. Meski begitu, jenis kayu ini dianggap rentan diserang rayap maupun jamur, mengeluarkan aroma yang tidak sedap, serta lebih berat. 

Baca Juga: Tips Sukses Kerja Sampingan di Masa Pandemi Corona

12 Kerajinan dari Kayu yang Sedang Naik Daun

kerajinan dari kayu

Salah satu kerajinan dari kayu

  1. Lampu Meja atau Lampu Hias

    Kerajinan pertama yang biasa dikreasikan dari kayu dan banyak dicari saat ini adalah lampu hias atau lampu meja. Karena terbuat dari bahan kayu, perabot untuk lampu ini dapat memberikan kesan estetik pada sudut ruang Anda. 

    Tak harus mahal, produk ini dibanderol dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga jutaan Rupiah. Namun, jika ingin lebih menghemat budget, tidak sulit kok untuk membuat sendiri lampu hias atau lampu meja dari bahan pinus atau mahogani.

  2. Tatakan Gelas

    Tatakan gelas yang terbuat dari kayu ini sudah lama digandrungi oleh pecinta tema vintage maupun rustik. Sangat terjangkau, tatakan gelas ini umumnya dijual dengan harga mulai 6 ribuan saja per buahnya. 

  3. Kalender Kayu

    Bosan dengan kalender kertas yang setiap tahun pasti diganti? Beralih saja ke kalender kayu yang bisa tetap digunakan meski tahun terus berganti. Memberi kesan simpel dan natural, kalender kayu cocok dijadikan pajangan di atas meja maupun sudut ruangan.

    Dengan bentuk kubus, Anda dapat leluasa meletakkan kalender ini di tempat manapun. Tak terlalu mahal, tergantung dari ukuran, jenis, dan motifnya, kalender kayu umumnya dibanderol dengan harga 50 ribu hingga 300 ribu saja.

  4. Alat Makan

    Semenjak ramai tren new normal starterpack, tak sedikit orang yang memiliki peralatan makannya tersendiri. Dianggap ramah lingkungan, peralatan makan yang terbuat dari kayu dirasa cocok sebagai pilihan untuk new normal starterpack versi Anda sendiri. 

    Tak hanya pada sendok atau garpu, piring, mangkok, dan juga sedotan kini banyak dibuat dari bahan kayu. Walaupun secara harga sedikit lebih mahal ketimbang keramik atau stainless steel, di kisaran 10 ribu ke atas untuk sendok dan garpu, serta mulai dari 50 ribu untuk mangkok dan piring, peralatan makan dari kayu ini dijamin mampu memberi kesan unik dan ramah lingkungan. 

  5. Vas Bunga

    Tak hanya terbuat dari plastik atau keramik, vas bunga juga banyak dibuat menggunakan bahan kayu, lho! Tak kalah dari bahan lainnya, vas ini juga mampu mempercantik tampilan tanaman Anda dan memberi kesan natural. Biasa dikreasikan dengan tanaman kering dan memunculkan kesan vintage, vas bunga kayu ini biasa dijual dengan harga 50 ribu sampai ratusan ribu saja. 

  6. Tempat Tidur

    Jika pernah melihat kayu palet bekas, Anda pasti tidak kaget saat mengetahui bahwa dipan kasur atau tempat tidur terbuat dari bahan kayu tersebut. Ya, kayu palet yang terbuat dari jati Belanda ini memang cukup mudah dibentuk dan dirangkai menjadi berbagai produk kerajinan yang unik, salah satunya adalah dipan kasur. 

    Ketimbang membeli dipan kasur yang sudah siap pakai, tempat tidur Anda akan terlihat jauh lebih estetik dan natural saat dibuat menggunakan palet kayu ini. Membutuhkan tenaga ekstra memang, namun pembuatan dipan menggunakan bahan ini jauh lebih terjangkau karena harga per palet biasanya hanyalah 50 ribuan saja.

  7. Cermin Hias

    Kerajinan dari kayu yang sekarang juga cukup digandrungi oleh para pecintanya adalah cermin hias. Tak hanya diletakkan di kamar tidur atau tempat privat lainnya, cermin hias yang terbuat dari kayu ini juga umum dijadikan sebagai penghias ruang tamu. 

    Berbentuk bulat dan biasa dibuat dari bahan kayu jati, cermin hias ini memiliki nilai estetika tinggi serta awet untuk pemakaian jangka panjang. Harga cermin kayu sendiri dengan diameter sekitar 60 cm berkisar antara 500 ribuan hingga jutaan Rupiah. 

  8. Standing Hanger

    Tak hanya untuk menghias ruangan, kerajinan kayu juga dapat dijadikan sebagai properti yang fungsional. Salah satunya adalah standing hanger. Dengan harga mulai 300 ribuan, standing hanger kayu ini tentu mampu memenuhi keinginan Anda untuk memiliki hiasan vintage namun tetap fungsional. 

  9. Backdrop Lamaran atau Pernikahan

    Acara lamaran atau pernikahan bertemakan vintage dan rustik memang bukanlah hal yang baru di Indonesia. Nah, saat menghelat acara sakral tersebut dengan tema vintage atau rustik, Anda pasti membutuhkan backdrop dengan bahan kayu. 

    Fleksibel, backdrop kayu ini dapat dibuat secara minimalis dan simpel, tapi tetap terlihat mewah dan classy. Dengan harga yang lebih terjangkau, backdrop lamaran atau pernikahan kayu ini selalu bisa menjadi pilihan saat budget terbatas. 

  10. Name Signage

    Bukan hanya backdrop, kerajinan kayu yang sering dicari oleh para calon pengantin baru adalah name signage atau tulisan nama. Bisa berupa inisial maupun nama lengkap, name signage dari kayu ini laris manis dipesan oleh banyak pasangan yang akan melakukan pernikahan ataupun lamaran. Aman bagi dompet, kerajinan yang satu ini biasa dijual dengan harga 100 ribuan per namanya dengan ukuran 30 cm.

  11. Meja Akar Kayu Jati

    Bagi yang sudah menikah dan ingin mengisi interior rumah dengan furnitur estetik, meja yang terbuat dari bahan kayu bisa menjadi pilihan. Bukan meja biasa, Anda dapat memilih meja dengan model akar kayu jati pada bagian penyangganya yang ampuh mempercantik tampilan ruangan dengan aksen abstrak. Untuk bisa mendapatkan meja dengan model akar kayu jati ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar 300 ribu ke atas.

  12. Tempat Menyimpan Roti

    Kerajinan kayu terakhir yang memberi kesan vintage, classy, serta fungsional pada hunian adalah tempat penyimpanan roti. Nah, bagi Anda yang ingin mengisi ruang kosong di dapur atau meja makan, Anda dapat membeli tempat roti kayu ini dengan harga mulai 250 ribuan saja. 

Jadi, Sudah Dapat Inspirasi Kerajinan Berbahan Kayu yang Ingin Dimiliki?

Itulah beragam pilihan kerajinan kayu yang akhir-akhir ini sedang naik daun. Selain memberikan kesan estetik dan unik sebagai furnitur maupun aksesoris, kerajinan berbahan kayu juga memiliki daya tahan yang kuat dan awet digunakan untuk jangka panjang. Jadi, sudah tahukah kerajinan kayu apa yang ingin dimiliki selanjutnya?

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dibudidayakan