Keren Tapi Sederhana, Gini Hidup Hemat ala Keluarga Kerajaan

Dalam pergaulan, kita mungkin pernah mendengar cerita macam-macam demi eksistensi. Ada yang punya sederet koleksi sepatu untuk dipakai dalam seminggu. Lantas, tidak ingin memakai pakaian yang sama di berbagai momen berbeda. Dan masih banyak lagi hal sejenis itu.

Harus diakui, kadang kita memang mudah terpengaruh oleh media. Ingin mempraktekan gaya hidup The Kardashian, membeli item yang sama dengan selebgram, atau menjadi fans merek tertentu.

Gaya hidup konsumtif bisa menjadi salah satu penyebab Anda merasa tidak pernah cukup. Padahal, terkadang public figure panutan Anda juga tidak segitunya. Pencitraan mereka begitu baik, sehingga kita tidak mengetahui kehidupan aslinya.

Salah satu contohnya adalah the Royal Family, atau keluarga kerajaan Inggris. Selalu menjadi sorotan bahkan panutan banyak orang, siapa yang sangka ternyata the Queen, the Duke, dan the Duchess juga memiliki gaya hidup hemat mereka sendiri.

Mungkin yang ada di bayangan kita selama ini, mereka akan dengan mudahnya menghamburkan uang bahkan emas untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi ternyata, tidak seperti itu.

Malahan, gaya hidup hemat mereka bisa dijadikan contoh. Oleh karena itu, mari kita simak, seperti apa gaya hidup hemat keluarga kerajaan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Fashion Recycle

ratu elizabeth

Anna Wintour, pemimpin redaksi majalah Vogue dikenal sebagai ‘ibunya’ para penggemar fashion. Dan beliau memiliki quote yang berbunyi: ‘"I usually wear the same dress 20 times... Recycle. It's totally okay. I even recommend it."

Apa yang dikatakan oleh Anna Wintour tersebut ternyata berlaku juga untuk Ratu Elizabeth II sekeluarga. Kate Middleton sering muncul dalam beberapa acara dengan mengenakan gaun yang sama. Begitu juga Sang Ratu.

Ada fakta unik juga dimana Putri Charlotte pernah mengenakan sepatu bekas pamannya, yaitu Pangeran Harry. Lantas saat dibaptis, Pangeran George juga memakai baju sang ayah yang pernah dipakai pada tahun 1984.

Tapi kan mereka keluarga kerajaan. Mungkin akan ada yang berkomentar seperti itu. Jawabannya adalah, keluarga kerajaan saja melakukannya. Apalagi kita.

2. Local Brands

kate middleton dan pangeran william

Para anggota keluarga kerajaan juga sering tampil dengan mengenakan merek lokal. Tidak terkecuali, Kate Middleton yang menjadi salah satu ikon fashion bagi para wanita. Mungkin ada sanggahan lagi. Merek lokal sana kan beda…

Padahal, merek lokal kita tentu tidak kalah bagus dan keren. Siapa yang sering bertanya pada selebgram favorit, dimana mereka membeli baju tersebut. Dan ternyata, mereka menggunakan barang dari butik lokal. Tapi jika sudah dikenakan, kualitas dan tampilannya tidak kalah dengan merek luar negeri.

Dan jika mau sedikit lebih keren lagi, Anda juga bisa berbelanja merek-merek high end streetwear. Seperti, Zara ataupun juga H&M. Karena, Kate juga sering berbelanja di toko-toko tersebut. Lagi pula, harganya masih terjangkau oleh dompet.

Baca Juga: Patut Ditiru! ini 7 Kebiasaan Hemat Ala Keluarga Kerajaan Inggris

3. Makanan

makanan anggota kerajaan inggris

Jangan membayangkan bahwa keluarga kerajaan seperti di film-film. Makan di sebuah meja panjang yang besar, dan semua menu mulai dari karbohidrat sampai lemak, ada di sana. Keluarga kerjaan juga manusia biasa, begitu juga dengan the Royal Family.

Ratu Elizabeth II ternyata hanya sarapan dengan menggunakan sereal atau cornflakes. Menariknya, para anggota keluarga kerjaan juga terbiasa untuk memasak sendiri. Layaknya ibu rumah tangga lain, Kate Middleton adalah chef bagi keluarga.

Malahan, Pangeran William sering terlihat berbelanja bahan makanan seorang diri. Kate sangat sering memasak sendiri menu kesukaan sang suami, yaitu ayam panggang. 

Keluarga kerjaan juga tidak pernah menyia-nyiakan makanan mereka. Caroly Robb, seorang chef yang pernah bekerja untuk Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana sejak 1989 hingga tahun 2000, mengungkapan kebiasaan makan sang pangeran.

Pangeran Charles selalu makan sesuai porsi. Dan jika ada sisa, dia tidak keberatan apabila memakan menu yang sama, di jam makan berikutnya. Malahan, jika masih tersedia keesokan harinya, dia tetap menyantap makanan tersebut.

4. Kelas Ekonomi

kelas ekonomi

Semua pemimpin negara memiliki fasilitas transportasi pribadi mereka. Begitu juga dengan keluarga kerajaan. Tentu saja, mereka tidak pernah menggunakan penerbangan komersial. Tapi, bukan berarti tidak mau.

Demi merayakan pergantian tahun 2018 lalu, Pangeran Harry dan sang istri, Meghan Markle terbang ke Nice. Dan ternyata, mereka menggunakan British Airways, juga tidak segan untuk membeli tiket kelas ekonomi.

Mereka yang hobi traveling dengan fasilitas kelas ekonomi, selamat. Anda mempraktikan gaya hidup hemat ala keluarga kerajaan.

5. Menyimpan, Memperbaiki, dan Daur Ulang

british royalty

Ada sebuah pesan bijak yang menyebutkan. Bahwa, orang jaman dahulu lebih memilih memperbaiki, bukan membuang, dan mengganti dengan yang baru.

Ternyata, hal itu juga berlaku untuk Ratu Elizabeth II. Beliau memiliki sarung tangan usang yang selalu ia perbaiki apabila rusak. Beliau selalu berusaha untuk tidak membeli sarung tangan baru, dan memilih menggunakan kaus tangan lamanya itu.

Sang Ratu juga sering menyimpan kertas kado beserta pita pemberian orang, untuk dimanfaatkan lagi. Bahkan, kebiasaan ini telah dilakukan sejak beliau masih muda.

Satu lagi. The Queen akan selalu menyimpan dan menjaga barang-barangnya dengan begitu baik agar lebih awet. Atau dalam kata lain, apik. Dan beliau masih menyimpan sebuah koper bermerek Globe-Trotter yang telah ia miliki sejak tahun 1947.

FYI, Globe-Trotter adalah merek koper kenamaan asal Inggris. Sang Ratu mungkin bisa mendapatkan koper serupa dengan mudah. Tapi ternyata, beliau termasuk orang yang menjaga dengan baik barang-barang kesayangannya, agar dapat terus digunakan.

Baca Juga: Dari 'Serabutan' Jadi Keluarga Terkaya di Dunia, Tiru Rahasia Sukses Keluarga Walton!

6. DIY

keluarga kerajaan

Jika bisa melakukannya sendiri dengan baik, kenapa tidak. Dan hal tersebutlah yang dilakukan oleh Kate Middleton saat dia resmi menjadi Duchess of Cambridge.

Melihat tata rias wajahnya yang memukau dan dipuji banyak orang mungkin membuat kita berpikir. Siapa make-up artist yang merias sang putri?

Jawabannya adalah, Kate ternyata mendandani wajahnya sendiri di hari pernikahannya. Dan demi bisa tampil stunning, the Duchess mengikuti kelas make-up terlebih dahulu. All Hail Duchess of Cambridge. Dia memang putri kerajaan favorit banyak orang.

Hemat Bukan Berarti Pelit

Jika melihat gaya hidup hemat keluarga kerajaan di atas, ternyata tidak sulit. Sebenarnya, kita juga dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan kesejahteraan dan taraf hidup yang meningkat, mungkin kita dituntut untuk terlihat lebih kece lagi. 

Tapi, seperti yang dilakukan the Royal Family, bukan berarti kita bisa berfoya-foya. Alangkah lebih baiknya, bila kita juga bisa memanfaatkan apa yang kita miliki dengan lebih bijak.

Baca Juga: Kisah Sukses Adele Hingga Dapat Anugerah dari Ratu Inggris