Keseruan Kuliah di Irlandia

Mampu berkuliah di luar negeri tentunya akan membawa suatu kebanggaan tersendiri. Di negara manapun menimba ilmu perkuliahan, akan membawa pengalaman dan keseruan yang berbeda.

Irlandia merupakan salah satu negara yang banyak menjadi incaran mahasiswa. Sebagai salah satu negara yang ada di benua Eropa merupakan suatu kelebihan tersendiri. karena memang bukan rahasia umum jika kualitas pendidikan di Eropa tak dapat diremehkan. 

Menurut QS World University Rankings pada tahun 2018, sebanyak tujuh universitas negeri di Irlandia masuk ke dalam jajaran 700 universitas terbaik di dunia. Selain dari kualitas pendidikan yang sangat bagus, ingin mempunyai pengalaman hidup yang mengagumkan juga manjadi alasan mengapa banyak mahasiswa asing yang memilih untuk berkuliah di Irlandia.

Lantas, faktor apa saja yang membuat keseruan pengalaman hidup di Irlandia?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Penduduk yang Terkenal Ramah

  penduduk yang ramah

Siapa yang mengatakan bahwa negara non-Asia memiliki sikap yang tak ramah? Memang banyak stereotip yang mengatakan hal tersebut. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak dapat menjadi pukulan sama rata bagi seluruh negara yang tidak berada di Benua Asia.

Irlandia memiliki warga yang sangat ramah dan menghormati orang lain. Inilah yang menjadi salah satu faktor mahasiswa asing begitu betah menuntut ilmu di Irlandia. Dengan masyarakat setempat yang memiliki toleransi tinggi terhadap warga negara asing. 

Dengan keadaan tersebut, tentunya akan membuat warga asing selalu merasa diterima dan nyaman. Sehingga, ketika warga asing tersesat, tak akan merasa sungkan untuk bertanya dan meminta bantuan. Bahkan, Irlandia masuk dalam daftar negara dengan keamanannya yang terjamin. 

2. Negara dengan Pusat Seni dan View yang Mengagumkan

irlandia

Bukan rahasia lagi jika rata-rata negara yang berada di Benua Eropa memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan. Dari bentuk bangunan klasik, sungai-sungai yang jernih sepanjang jalan, atau peninggalan klasik yang juga menyimpan keindahan tersendiri. 

Irlandiapun begitu, menjadi pemenang Nobel Sastra tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa asing. Mahasiswa asing akan dengan senang hati mengeksplor seluruh keindahan yang dimiliki oleh Irlandia, dari keindahan tempat budaya, pertunjukan jalanan, atau berbagai karya sastra unggulan lainnya. 

Bukan tanpa alasan Irlandia dijuluki sebagai negara seni. Banyak sekali karya yang tercipta di Irlandia dengan kebudayaan kuno sebagai latar. Beberapa diantaranya adalah sanduran The Odyssey, Ulysses oleh James Joyce yang dibuat di Dublin.

Baca Juga: Tips Cermat Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah 

3. Banyaknya Tempat Menarik

  kastil di irlandia

Sama seperti negara-negara Eropa lainnya, Irlandia juga menyimpan jutaan keindahan tempat hiburan. Dimulai dari pertunjukan musik jalanan atau festival hingga pertunjukan musik di bar. Musisi jalanan yang melakukan pertunjukan di sepanjang jalan akan menjadi daya tarik tersendiri. tak heran, di Irlandia warga asing tak keberatan menyusuri jalan dengan berjalan kaki, dengan menikmati pertunjukan musisi jalanan yang selalu menakjubkan. 

Di Irlandia, memberikan nuansa yang tenang dan damai. Walaupun Dublin dan Cork termasuk kota modern, pemandangan alam yang memberi efek rileks akan tetap terasa. Sangat cocok dijadikan tempat rehat dari segala kejenuhan tugas kuliah ataupun jadwal ujian yang padat. 

4. Komunitas Internasional yang Terjalin Kuat

  komunitas

Berada di negara orang selain membawa pengalaman tersendiri, tentunya akan menciptakan kesan yang menakutkan di awal. Merasa sendiri negara orang, tanpa seorangpun yang dikenal. 

Namun, Irlandia yang memang fokus untuk menarik mahasiswa asing, terdapat kurang lebih 32.000 mahasiswa yang berasal dari penjuru negara lain. Dengan banyaknya mahasiswa asing, maka akan memperluas relasi. Selain itu, tak akan menutup kemungkinan akan bertemu dengan sesama mahasiswa yang berasal dari negara yang sama. 

5. Part Time untuk Mahasiswa Asing

  magang

Menjadi warga asing untuk kurun waktu yang cukup lama tentunya akan memikirkan masalah keuangan. Dengan keadaan yang sangat jauh dari orang tua dan pengeluaran untuk sehari-hari yang tak pernah berhenti tentunya mau tak mau akan memikirkan keadaan finansial.

Di Irlandia sendiri, mahasiswa asing memiliki ijin legal untuk melakukan kerja paruh waktu. Tentunya dengan syarat tertentu. Mahasiswa asing akan memiliki kartu Garda National Immigration Bureau (GNIB), yang mana akan diijinkan untuk berkerja paruh waktu dengan jam kerja maksimal selama 20 jam per minggu.

Menjadi pekerja paruh waktu tentunya akan sangat membantu bagi mahasiswa asing. Karena selain mendapatkan pengalaman kerja, dengan menjadi pekerja paruh waktu juga akan mendapatkan tambahan uang saku.

Baca Juga: Pilih Kerja atau Kuliah, Setelah Lulus SMA Mau Kemana?

Kuliah Di Luar Negeri

Dulu, kuliah di luar negeri mungkin hanya akan menjadi impian yang hanya untuk kaum konglomerat belaka. Namun saat ini, kuliah di luar negeri ini merupakan impian bagi semua orang.

Banyaknya beasiswa full pendidikan atau pertukaran pelajar di luar negeri biasanya menjadi opsi yang sangat menguntungkan. Mahasiswa tak perlu pusing memikirkan biaya yang terasa mencekik karena segala akomodasi telah dijamin oleh penyedia beasiswa.

Namun, sebelum memilih untuk menuntut ilmu di luar negeri, pastikan bahwa itu merupakan keputusan yang telah matang dengan mempertimbangkan banyak hal. Bukan hanya untuk gengsi semata. 

Baca Juga: Tertarik Kuliah Jurusan Sistem Informasi? Ini Mata Kuliah yang Wajib Dipelajari