Ketahui Perbedaan dan Efek Samping Vaksin Pfizer dan Moderna dan Tips Mengatasinya

Untuk yang akan melakukan vaksinasi Covid-19, seperti yang sudah diketahui, vaksin yang akan diberikan berikutnya adalah vaksin Pfizer dan Moderna. Kedua vaksin ini pun sudah mulai diberikan ke tenaga kesehatan sebagai booster atau vaksin dosis ketiga, yang berikutnya didistribusikan secara menyeluruh dan dijadikan sebagai vaksin untuk umum.

Kedua vaksin Covid-19 ini merupakan contoh vaksin berbasis messenger RNA (mRNA) telah banyak digunakan oleh banyak negara di Eropa dan Amerika Serikat. Dibandingkan vaksin konvensional yang berisi virus yang dilemahkan, vaksin Covid-19 berbasis mRNA dilaporkan memiliki tingkat efikasi/kemanjuran yang tinggi.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Perbedaan dan Efek Samping Vaksin Pfizer dan Moderna

Berikut perbedaan diantara kedua vaksin berbasis messenger RNA (mRNA) ini. Berikut beberapa perbedaan diantara keduanya yang perlu diketahui:

Pfizer

Moderna

  • Efikasi vaksin 95% - 100%
  • Efikasi vaksin 86,4% - 94,1%
  • Interval waktu dari dosis 1 ke dosis ke 2 adalah 2-3 Minggu
  • Interval waktu dari dosis 1 ke dosis ke 2 adalah 4 Minggu
  • Aman untuk anak usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil
  • Aman untuk penyakit paru kronis hingga diabetes dan ibu hamil
  • Ampuh melawan varian delta setelah suntik dosis ke dua sebesar 96%
  • Ampuh melawan varian delta sampai 6 bulan setelah suntik dosis ke dua
Efek samping:

o   Nyeri pada tempat suntikan

o   Kelelahan

o   Sakit kepala

o   Nyeri otot

o   Nyeri sendi

o   Demam

o   Kedinginan

Efek samping:

o   Nyeri di tempat suntikan

o   Kelelahan

o   Sakit kepala

o   Nyeri otot

o   Nyeri sendi

o   Kedinginan

Bisa disimpulkan, kedua vaksin baik Pfizer dan Moderna aman digunakan untuk ibu hamil. Selain itu efek samping yang ditimbulkan keduanya termasuk kedalam kategori gejala ringan yang bisa diatasi dengan obat generik biasa atau istirahat total.

Baca Juga: Ketahui Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Sinovac dan Cara Atasinya

Tips Mengatasi Efek Samping Vaksin Pfizer dan Moderna

loader

Karena kedua vaksin memiliki efek samping yang hampir sama, maka tips untuk mengatasinya pun bisa dikatakan tidak jauh berbeda. Berikut tips mengatasi efek samping dari vaksin Pfizer dan Moderna yang harus diketahui:

1. Menghindari Mengonsumsi Rokok, Gula dan Junk Food

Salah satu penyebab gejala ringan dari vaksin menjadi gejala berat adalah gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, sebagai persiapan cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat setidaknya seminggu sebelum vaksin.

Selain itu, setelah vaksin cobalah untuk tetap mempertahankan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat guna untuk mempercepat penyembuhan gejala yang dialami.

2. Telah Menyiapkan Kebutuhan Obat yang Diperlukan

Ini lah gunanya mengetahui efek samping vaksin sebelum vaksinasi. Gunanya agar Anda bisa mempersiapkan obat yang harus dikonsumsi setelah vaksinasi. Misalnya obat sakit kepala, obat penurun demam dan antibiotic lainnya.

3. Istirahat Total

Pastikan kamu benar-benar hanya beristirahat saja setelah vaksinasi. Tidak memaksakan diri untuk bekerja atau aktivitas lainnya. Jika perlu kamu bisa meminta cuti setidaknya 2 hari setelah vaksinasi untuk memaksimalkan penyembuhan.

4. Untuk Ibu Hamil telah Melakukan Konsultasi Terlebih Dahulu

Tidak setiap ibu memiliki kondisi kesehatan vaksin dan kandungan yang sama. Untuk itu jangan hanya karena melihat orang lain baik-baik saja setelah vaksin jadi ikut-ikutan tanpa berkonsultasi dengan Dokter terlebih dahulu.

Berkonsultasi lah terlebih dahulu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan karena ternyata kondisi tubuh yang belum siap atau tidak bisa melakukan vaksinasi.

Hal ini juga berlaku untuk para pengidap penyakit kronis atau yang keluarganya memiliki riwayat penyakit kronis.

5. Berolahraga secara Rutin

Agar kondisi lebih fit lagi untuk vaksinasi jangan lupa untuk melakukan aktivitas olahraga untuk memaksimalkan kondisi tubuh. Untuk ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan saja. Selain untuk mempersiapkan tubuh lebih baik ketika akan vaksinasi dan sesudahnya. Olahraga bisa meningkatkan imun tubuh dari berbagai virus.

Baca Juga: Ketahui Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari saat Sebelum dan Sesudah Vaksin Covid-19

Ayo Vaksin untuk Lindungi Sesama

Untuk yang masih takut dan malas untuk vaksin, yuk segera vaksin untuk membantu melindungi sesama dari serangan virus corona. Tenang pasti selalu ada solusi untuk yang masih saja beralasan untuk tidak vaksin.

Untuk yang takut dengan efek samping, bisa berkonsultasi dengan Dokter dan meminta saran bagaimana mengatasinya dengan lebih detail. Untuk yang malas, sekarang pendaftaran vaksin bisa melalui online dan bisa memilih lokasi terdekat dengan tempat tinggal. Jadi tidak ada lagi alasan tempat jauh dan pendaftaran yang merepotkan yah hanya untuk vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Sah! Anak Usia 12-17 Tahun Boleh Vaksinasi Covid-19, Simak Tips Persiapannya