Ketahui Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari saat Sebelum dan Sesudah Vaksin Covid-19

Apakah kamu akan melakukan vaksinasi pertama atau dosis kedua dalam waktu dekat ini? Kalau iya ada beberapa persiapanyang harus dilakukan guna untuk memperingan gejala sehabis di vaksin dan memaksimalkan kerja vaksin di tubuh.

Semua persiapan tersebut adalah, tidur dan olahraga yang cukup, kondisi fisik dan mental yang fit, telah melakukan cek kesehatan untuk memastikan tidak ada penyakit bawaan dan alergi yang dilarang ketika vaksin dan tentunya makanan dan minuman yang perlu dikonsumsi dan dihindari sebelum dan setelah vaksin.

Berbicara soal makanan dan minuman, hal ini tidak boleh dianggap sepele loh! Apalagi ketika akan melakukan vaksinasi yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Kesalahan dalam mengonsumsi makanan dan minuman bisa memicu alergi dengan gejala yang berat. Dan kemungkinan vaksinasin tersebut bisa memperparah gejala yang sudah ada. Akibatnya, kamu bisa mengalami penyakit kritis bahkan kematian. Sangat menyeramkan bukan?

Nah, biar persiapan vaksin semakin baik dan terhindar dari gejala yang berat berikut beberapa makanan dan minuman yang perlu dikonsumsi dan dihindari baik sebelum atau setelah vaksin.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Daftar Makanan dan Minuman yang Perlu Dikonsumsi sebelum dan setelah Vaksin

Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksinasi:

1. Sayur dan Buah

loader

Kandungan nutrisi yang ada pada sayur dan buah bisa membantu memperkuat imunitas dan membanti tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan penyakit.

Utamakan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C untuk membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah yang berfungsi untuk mencegah infeksi dan penyakit yang mungkin bisa timbul setelah vaksinasi.

Kamu bisa mengonsumsi keduanya baik dimasak terlebih dahulu untuk sayur, dimakan langsung atau dijadikan jus. Untuk jus, akan lebih baik menggabungkan keduanya agar khasiat yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

2. Kacang-Kacangan

loader

Telah banyak jurnal kesehatan yang mengatakan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dikaitkan dengan penurunan risiko inflamasi pada tubuh. Ada 3 jenis kacang yang baik untuk dikonsumsi secara rutin secara bersamaan yaitu almond, mete dan walnut.

Jika dimakan bersamaan secara rutin ketiganya akan memberikan efek yang sangat luar biasa, yaitu menjaga efisiensi imunitas, mencegah inflamasi serta menangkal dan meminimalisir paparan radikal bebas yang mengganggu tubuh.

3. Kunyit dan Jahe

loader

Kunyit mengandung curcumin yang merupakan senyawa aktif dan terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan imunitas serta sebagai antistres.

Sedangkan, Jahe bisa membantu tubuh untuk mengurangi berbagai penyakit di dalam tubuh, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan infeksi paru. Jahe juga bisa mengurangi stress yang timbul karena khawatir sebelum vaksin.

Keduanya bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, bisa dibuat menjadi jamu dengan merebusnya dengan segelas air, mencampurnya ke dalam masakan, bahkan memakannya dalam bentuk acar.

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat dan Pilihan Asuransi Kesehatan Covid-19 Terbaik

4. Lemak Ikan

loader

Ikan yang memiliki tinggi lemak seperti salmon dan tuna dilengkapi dengan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung dan memiliki fungsi antiinflamasi. Mengonsumsi ikan dengan tinggi lemak omega 3 ini dapat mencegah pembekuan darah setelah vaksinasi.

Lemak omega 3 dapat membantu mencegah penyakit jantung dan mengendalikan imun. Sehingga konsumsi lemak omega 3 secara rutin akan sangat baik untuk memperkuat imunitas bahkan hingga mencegah kanker dan kondisi lain yang berkaitan dengan kelemahan imunitas.

5. Bawang Putih

loader

Bawang putih adalah makanan yang luar biasa untuk meningkatkan imun tubuh dan menurunkan kolesterol. Selain itu, bahan ini juga bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan karena mengandung probiotik.

6. Sup Ayam

loader

Sup ayam sudah lama dikenal sebagai makanan super yang memiliki  kemampuan kaldu yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan.  Selain itu, sup ayam dengan tambahan mie memiliki kandungan antiinflamasi yang bekerja untuk membantu meringankan gejala yang muncul dengan melawan penyakit.

7. Tiram

loader

Tiram memiliki kandungan zinc yang sangat tinggi. Mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menyingkirkan patogen dari dalam tubuh dan memproduksi banyak protein untuk melawan infeksi virus. Selain tiram, makanan laut bercangkang seperti kerang dan sebagainya juga direkomendasikan untuk menguatkan imunitas.

Baca Juga: COVID-19 Menyebar Luas, 7 Produk Asuransi Ini Cover Risiko Virus Corona

Daftar Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari setelah Vaksin

Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari sebelum dan sesudah vaksinasi:

1. Junk Food

loader

Makanan yang mengandung minyak maupun makanan sumber lemak secara berlebih dapat pula menekan sistem imunitas dan mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bibit penyakit.

Selain itu makanan sejenis junk food yang memiliki kandungan minyak dan lemak berlebihan juga bisa menimbulkan risiko berbagai penyakit berbahaya, karena sel lemak yang berlebih dapat memicu pelepasan zat kimia yang berakibat pada peradangan kronis dan akhirnya merusak jaringan-jaringan sehat.

2. Makanan Olahan

loader

Makanan olahan biasanya mengandung gula yang tinggi. Kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan berdampak menyebabkan gangguan imunitas. Ketika imun terganggu, virus dan patogen akan lebih muda masuk ke tubuh dan menyebabkan infeksi.

Selain itu, makanan tinggi gula mengakibatkan ketidakseimbangan nutrisi karena Anda akan lebih banyak memilih makanan yang tinggi glukosa dibandingkan makanan yang mengandung vitamin, mineral, protein dan serat.

3. Minuman Bersoda dan Menggunakan Pemanis Buatan

loader

Tidak hanya sebelum atau setelah vaksin, minuman jenis ini sebaiknya dihindari sama sekali dalam kehidupan sehari-hari karena minuman jenis ini tak memiliki satu pun manfaat kesehatan.  

Selain itu, terlalu sering mengonsumsi minuman ini bisa berisiko penambahan berat badan, diabetes, kerusakan gigi, pembentukan lemak, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi risiko lainnya.

4. Alkohol

loader

Baik sebelum atau setelah menerima vaksinasi, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman alkohol untuk menjaga efektifitas vaksin dan bakteri baik yang membantunya di dalam tubuh. Itu karena alkohol dapat menekan imunitas menjadi menurun.

Alkohol juga ditakutkan dapat mempengaruhi respons vaksin dalam membentuk pertahanan melawan virus. Hal tersebut disebabkan oleh efek alkohol yang dapat mengurangi bakteri sehat dalam perut dan membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi.

Tak hanya kaitannya dengan keseimbangan bakteri baik, konsumsi alkohol setelah vaksin juga dapat memperburuk gejala yang dirasakan setelah menerima vaksinasi.

Ketahui Pantangannya, Perkecil Gejalanya

Gejala vaksin berbeda-beda pada setiap orang, itu sebabnya kamu tidak boleh hanya melihat orang lain saja untuk tahu gejala apa yang dialami orang tersebut setelah vaksin karena dengan hanya berasumsi bisa membawa kamu ke situasi yang berbahaya.

Jadi, untuk berjaga-jaga lebih baik cobalah cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai persiapan yang harus dilakukan baik sebelum dan setelah vaksin. Jangan hanya makanan dan minumannya saja, tapi juga cari tahu pantangan lainnya seperti aktivitas apa yang harus dihindari dan hal lainnya.

Baca Juga: Bisa Sembuh, Kenali Tipe Gejala, Jenis dan Harga Obat Covid-19 yang Dibutuhkan