Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan untuk Bayi

Orangtua zaman now harus mempersiapkan asuransi kesehatan untuk bayi sejak dalam masa kandungan. Asuransi ini sifatnya untuk jaga-jaga memberikan proteksi atas risiko kesehatan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna, sehingga rawan terserang berbagai penyakit, seperti demam, batuk pilek, sakit kuning, sembelit, dan lainnya.

Begitu bayi sakit dan harus segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit, tanpa pikir panjang pasti akan dilakukan orangtua, meski keuangan pas-pasan dan tidak mempunyai dana darurat.

Asuransi kesehatan dapat menjadi penyelamat saat menghadapi situasi gawat tersebut. Berikut manfaat atau keuntungan memiliki asuransi kesehatan untuk bayi:

Baca Juga: Ibu Hamil, Simak Hitungan Biaya Caesar dan Tips Mempersiapkan Biayanya

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

loader
Asuransi kesehatan untuk bayi

1. Menghindari kerugian keuangan

Biaya pengobatan atau perawatan sangat mahal. Besarannya cenderung naik setiap tahun. Jika hanya mengandalkan tabungan dana darurat untuk perlindungan kesehatan, lama-lama tabungan bisa ludes. Bukan hanya untuk menanggung biaya sakit bayi kamu, tetapi juga anggota keluarga yang lain termasuk dirimu sendiri.

Bila bayi kamu sudah terkover asuransi kesehatan sejak awal, biaya pengobatan di rumah sakit akan ditanggung perusahaan asuransi. Kamu tidak perlu pusing memikirkan biayanya, dan bisa fokus memberikan perawatan terbaik untuk buah hatimu.

Tabungan dana darurat tetap aman. Dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak lainnya. Bukan saja mengamankan kondisi keuangan kamu di hari ini, tetapi juga di masa yang akan datang.

2. Memberi pengobatan dan perawatan

Sejak awal kelahiran hingga mencapai usia lima tahun, biasanya bayi membutuhkan perawatan kesehatan ekstra. Ini karena secara fisik, bayi memiliki sistem imun yang masih berkembang. Daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa dan lebih rentan sakit.

Asuransi kesehatan bayi akan membantu kamu mengatasi berbagai risiko kesehatan si kecil. Baik untuk biaya rawat jalan maupun rawat inap apabila dibutuhkan. Asuransi kesehatan juga akan mempermudah kamu memberikan layanan fasilitas kesehatan terbaik untuk buah hati tercinta.  

Baca Juga: Solusi Aktifkan BPJS Kesehatan yang Terblokir dan Menunggak

3. Besaran premi tidak mahal

Besaran biaya premi asuransi kesehatan tergantung beberapa faktor, meliputi besaran tanggungan, usia, jenis kelamin, masa asuransi, tinggi dan berat badan, risiko pekerjaan, gaya hidup, dan kondisi kesehatan.

Selain itu, mahal atau murahnya premi asuransi kesehatan juga ditentukan biaya, manfaat yang diberikan, jangkauan manfaat maupun rumah sakit.

Kalau beli polis asuransi kesehatan saat kamu atau anggota keluarga sehat, usia sejak dini, besaran premi akan lebih murah.

Namun sebaliknya, jika membeli asuransi kesehatan saat sudah terdiagnosis penyakit, preminya bakal jauh lebih mahal. Malahan pengajuan berpotensi ditolak perusahaan asuransi.

Jadi, membeli asuransi kesehatan untuk bayi biasanya akan dikenakan besaran premi yang lebih murah atau kecil.

Tips Membeli Asuransi Kesehatan untuk Bayi

loader
Asuransi Kesehatan Bayi

Ini beberapa tips membeli asuransi kesehatan untuk bayi agar mendapatkan produk yang tepat:

  • Lakukan riset terlebih dahulu 

Sebelum membeli produk asuransi kesehatan untuk bayi, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Bandingkan antara satu produk dengan produk lainnya, termasuk manfaat dan besaran premi.

Kamu dapat mencari perbandingan produk asuransi kesehatan dari sejumlah perusahaan asuransi di fintech marketplace produk keuangan.

Baca Juga: Pentingnya Miliki Asuransi Melahirkan, Ini Detail Jenis, Manfaat, dan Biayanya

  • Sesuaikan dengan kemampuan keuangan

Pembelian asuransi kesehatan akan menjadi pengeluaran rutin di dalam keuangan kamu. Apakah itu pengeluaran bulanan atau tahunan, sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih. 

Jadi, cermat menghitung besaran preminya. Pilih produk asuransi kesehatan bayi yang sesuai dengan kemampuan keuangan kamu. Hal ini bertujuan agar kamu lancar dalam pembayaran premi, tidak menunggak yang akan membuat polis lapse atau tidak berlaku. 

  • PIlih perusahaan asuransi terpercaya

Pilih produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi terpercaya. Terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memiliki reputasi dan kredibilitas bagus.

Jika perlu, kamu dapat menanyakan kepada teman, keluarga, atau kolega yang pernah maupun masih menjadi nasabah di perusahaan asuransi. Jika rekam jejaknya selama ini bersih, proses klaim mudah, kamu dapat membeli produk asuransi kesehatan bayi dari perusahaan tersebut.

Berikan Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Si Buah Hati

Kehadiran anak merupakan anugerah terindah bagi setiap pasangan suami istri. Apapun akan dilakukan orangtua agar bayi kamu tumbuh sehat, termasuk memberikan layanan kesehatan terbaik untuk anak.

Banyak orang beranggapan punya BPJS Kesehatan saja sudah cukup. Tidak perlu lagi asuransi kesehatan. Padahal sejatinya asuransi kesehatan memiliki kelebihan, di antaranya dapat menanggung biaya penyakit yang tidak dijamin BPJS Kesehatan.

Selain itu, jaringan rumah sakit asuransi kesehatan swasta lebih luas, bahkan hingga rumah sakit luar negeri serta penanganan bisa lebih cepat.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Bayi Baru Lahir, Bunda Wajib Tahu