Kiprah Mari Elka Pangestu: Dari Mendag hingga Direktur Pelaksana Bank Dunia

mari elka
Mari Elka Pangestu via tribunnews.com

Cermati.com, Jakarta - Selamat kepada Mari Elka Pangestu yang akan menduduki posisi baru sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Penunjukan dirinya ini dilakukan langsung oleh David Malpass, Presiden Bank Dunia pada tanggal 9 Januari 2020.

Kabarnya, sejak Oktober 2019, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mencalonkan anak dari ekonom terkenal Indonesia, J. Panglaykim untuk menjadi pejabat perwakilan Indonesia di Bank Dunia.

Bidikan Jokowi tepat dan pengangkatan jabatan Mari Elka sebagai Direktur Pelaksana sekaligus Kebijakan, Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia ini akan berlaku efektif mulai 1 Maret 2020.

Bukan tanpa alasan, Pengalaman Mari Elka sebagai ekonom dan peneliti diakui dunia. Dilansir dari laman resmi Bank Dunia (worldbank.org), Mari Elka memiliki keahlian kebijakan dan manajemen yang luar biasa. Apalagi setelah dirinya menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pihak Bank Dunia pun berharap, dengan hadirnya Mari sebagai menteri senior yang kredensialnya diakui mendunia bisa mendukung pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan secara umum.

Bagi yang penasaran bagaimana perjalanan karir Mari Elka yang bisa mengantarkan dirinya sebagai wanita Indonesia yang hebat dan diakui seluruh negara? Berikut ulasannya yang telah Cermati.com rangkum dari live.albankaldawli.org (laman Bank Dunia)

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Gelar Pendidikan dari Universitas Ternama di Luar Negeri

View this post on Instagram

A post shared by Mari Elka Pangestu (@maripangestu) on

Mari Elka mengenyam pendidikan S1nya di Universitas Nasional Australia, dan lulus sebagai sarjana Ekonomi pada tahun 1979. Tak butuh waktu lama, setahun kemudian Mari Elka melanjutkan pendidikannya ke tingkat magister ekonom di universitas yang sama. Setelah lulus S2nya, ia juga langsung menyelesaikan pendidikan doktornya di University of California.

Baca Juga: Kenalin Nih, 6 Srikandi di Kabinet Jokowi dan Harta Kekayaannya

Pernah Jadi Menteri Perdagangan SBY

Mari Elka adalah Senior Fellow di Columbia School of International dan Public Affairs, Dosen Ekonomi Internasional di Universitas Indonesia, Anggota Dewan Biro Penelitian Ekonomi Indonesia (IBER) dan Dewan Pengawas, Pusat Studi Strategis dan Internasional, Jakarta.

Ia juga bertugas di sejumlah dewan, antara lain Dewan Pimpinan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN); Anggota Komisi Tingkat Tinggi tentang Harga Karbon; Anggota Dewan Masa Depan Global tentang Perdagangan dan Investasi, Forum Ekonomi Dunia; dan President of United in Diversity (UID) Foundation, Jakarta.

Tak hanya menjadi Presiden Komisaris di Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) di Indonesia, Mari Elka juga duduk sebagai Ketua Dewan Pengawas Lembaga Penelitian Kebijakan Makanan Internasional (IFPRI) di Washington DC.

Mari Elka aktif sebagai penasihat Komisi Global untuk Geopolitik Transformasi Energi dari Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) di Abu Dhabi; Dewan Penasihat Internasional Geopolitik dari McLarty Associates di Washington DC; dan Anggota Dewan Kamar Dagang Internasional (ICC) di Paris.

Mari Elka juga pernah menjabat sebagai menteri dua kali pada posisi yang berbeda. Pada periode 2004 hingga 2011, Mari Elka menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia. Kemudian, juga pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014 pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Tak lupa, wanita kelahiran Jakarta, 23 Oktober 1956 ini juga merupakan Asisten profesor di Lee Kuan Yew School of Public Policy, Crawford School of Public Policy dan Australia National University.

Mari Elka Dipercaya Duduki Jabatan Penting di Bank Dunia

View this post on Instagram

A post shared by Mari Elka Pangestu (@maripangestu) on

Bank dunia merupakan sebuah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal. Tujuan resmi Bank Dunia adalah untuk melakukan pengurangan kemiskinan yang dihadapi negara-negara tertentu.

Dikutip dari worldbank.org, dalam menjalankan perannya sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, Mari Elka akan menghadirkan kepemimpinan dan mengawasi program kerja Grup Praktik Global Bank Dunia. Selain itu, beliau juga akan mengawasi kelompok penelitian dan data Bank Dunia (DEC) serta fungsi Hubungan Eksternal dan Korporat.

Baca Juga: 7 Kartini Indonesia Masa Kini, Siapa Saja Mereka?

Dapat Tanggapan Positif dari Sri Mulyani

Mengenai penunjukan Mari Elka sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang sebelumnya juga sempat mencicipi posisi sebagai Direktur Pelaksana sekaligus Chief Operating Officer di Bank Dunia sejak 2010 hingga 2016.

‘ini menjadi suatu kebanggaan yang tidak hanya untuk Mari Elka sendiri tapi juga Indonesia sebagai negaranya. Terpilihnya Mari Elka juga dinilai membuktikan bahwa kinerja Indonesia baik dan berharap Mari Elka betah dalam menjalankan berbagai tugasnya yang tentu tidak mudah,’ seperti yang dikutip dari cnbcindonesia.com

Bukti Indonesia Punya Orang Hebat

Satu per satu orang Indonesia yang cerdas di bidangnya masing-masing mulai bermunculan. Bahkan, tak sedikit juga orang Indonesia yang sudah masuk nominasi dunia seperti musik, ekonomi, bisnis  dan sebagainya. Ini menjadi bukti bahwa Indonesia punya banyak orang hebat. Ini tentunya bisa menjadi semangat para generasi baru untuk terus belajar meningkatkan potensi agar diakui dunia dan membuat bangga Indonesia.

Baca Juga: Tingkatkan Karir dengan Cara Sederhana Ini