Konsultan Pajak: Penjelasan, Jenis-Jenis Layanan dan Keuntungannya

Setiap memasuki tahun baru, banyak dari kita baik pekerja dan pebisnis melakukan kewajiban kita sebagai warga negara yaitu melapor dan membayar pajak.

Proses pelaporan dan pembayaran pajak yang dilakukan setiap tahun ini bagi beberapa pihak merupakan proses yang cukup sulit dan rumit sehingga harus meminta bantuan dari pihak luar untuk membantu mereka menghitung, menyusun dan melaporkan pajak mereka. Pihak luar tersebut adalah konsultan pajak.

Konsultan pajak adalah jasa yang sering digunakan oleh pebisnis dan para artis untuk membantu membantu mereka dalam melapor dan membayarkan pajak mereka. Terutama untuk pebisnis besar yang sudah memiliki beberapa cabang perushaan. Keberadaan konsultan pajak merupakan kebutuhan yang tidak bisa dihilangkan.

Tapi apa itu konsultan pajak?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian Konsultan Pajak

loader

Konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak. Konsultan pajak yang sebenarnya itu adalah yang memiliki lisensi atau surat izin yang sah dari lembaga yang berwenang untuk benar-benar menjadi konsultan pajak yang terdaftar.

Konsultan pajak memiliki pengertian sebagai orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak. Layanan ini diberikan dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Secara sederhananya, bisa dikatakan  konsultan pajak adalah orang yang bertugas membantu wajib pajak dalam mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak. Dengan hadirnya konsultan pajak, diharapkan bagi setiap pihak yang menggunakan jasa konsultan pajak tersebut dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik.

Baca Juga: Lapor Pajak Saham di SPT Tahunan, Begini Caranya

Jenis-Jenis Layanan yang Diberikan oleh Konsultan Pajak

Konsultan pajak sudah banyak dimanfaatkan dan keberadaanya pun sudah banyak dan mudah ditemukan. Perusahaan menggunakan jasa konsultan dalam rangka efisiensi perusahaan karena Konsultan pajak menawarkan beberapa layanan yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan yaitu:

Jenis Layanan

Penjelasan

1. Kepatuhan Pajak

Layanan ini untuk mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan kpatuhan pajak kliennya seperti menghitung, membayar dan melaporkan pajak.

Selain itu layanan ini juga meliputi membuat estimasi atau penghitungan pajak yang akan dibayar oleh wajib pajak, melakukan koreksi fiskal dan lain sebagainya.

2. Perencanaan Pajak

Layanan ini adalah untuk melakukan jasa perencanaan pajak yang bertujuan mengoptimalkan keuntungan klien.

Selain itu, layanan ini juga membantu dalam mempersiapkan dan mengurus data yang berhubungan dengan pajak dan akan dilaporkan sesuai dengan ketetapan perpajakan.

3. Pemeriksaan Laporan Pajak

Ini adalah layanan untuk mengevaluasi data yang berhubungan dengan munculnya beban pajak yang merugikan perusahaan klien.

Konsultan pajak bisa melakukan penekanan biaya untuk membayar pajak tanpa harus melanggar peraturan dan ketentuan dalam Undang-Undang perpajakan.

4. Pendampingan dalam Pemeriksaan

Konsultan pajak memiliki tanggung jawab dalam mewakili atau mendampingi klien saat pemeriksaan pajak.

Ini karena banyak orang yang masih kurang memahami permasalahan perpajakannya. Konsultan pajak juga ikut membantu menyiapkan data/dokumen yang dibutuhkan saat pemeriksaan.

Disini Konsultan pajak memiliki tugas dalam mengatur pajak sebuah perusahaan sebagaimana dengan perkembangan peraturan pajak yang berlaku.

5. Konsultasi

Di layanan ini Konsultan pajak menawarkan jasa konsultasi permasalahan perpajakan. Konsultan pajak juga berkewajiban untuk memberikan setiap informasi kepada wajib pajak yang berkaitan tentang segala peraturan pajak yang terbaru dan terkini.

6. Restutisi Pajak

Layanan ini adalah dimana klien membutuhkan pengembalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi), konsultan pajak dapat membantu pelaksanaannya mulai dari persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan sampai proses akhir dari diterimanya pengembalian kelebihan pajak tersebut.

 

7. Penyelesaian Sengketa Pajak

Konsultan pajak dapat memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak. Contohnya jika klien berencana mengajukan keberatan pajak, banding, dan lain sebagainya.

Dengan layanan ini konsultan pajak akan mendampingi wajib pajak atau kliennya, apabila terjadi pemeriksaan terhadap wajib pajak bersangkutan.

Dan adanya keberatan dari wajib pajak dan pengajuan banding yang dilakukan oleh wajib pajak.

Baca Juga: Tips dan Cara Lapor SPT Pajak Secara Online (Infografis)

Keuntungan Memanfaatkan Layanan Konsultan Pajak

loader

Bagi kamu yang ingin tahu keuntungan apa yang bisa diperoleh dengan menggunakan layanan jasa konsultan pajak. Berikut beberapa manfaat/keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan jasa konsultan pajak:

  1. Meminimalisir segala risiko kesalahan yang mungkin terjadi di bidang perpajakan.
  2. Bisa mengurangi beban dalam pengurusan pajak yang dimiliki perusahaan, sehingga pihak perusahaan bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnisnya.
  3. Lebih efisien karena tingkat kesalahan dalam pelaksanaan kewajiban perpajakan sebagai wajib pajak menjadi minim.
  4. Pemilik bisnis tak terbebani dengan urusan administratif perpajakan pada saat membuat laporan sampai dengan proses pelaporannya.
  5. Dampingan dari pihak konsultan yang memahami prosedur pemeriksaan serta mengantisipasi resiko kerugian akibat kesalahan dalam perhitungan dan sanksi pajak/surat teguran dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP).
  6. Bisa mengatasi masalah dengan cepat dan tuntas sehingga tak menyita pikiran dan waktu pimpinan perusahaan.
  7. Perusahaan bisa melakukan perencanaan pajak atau tax planning dengan lebih baik.
  8. Perusahaan dapat lebih fokus dalam pengembangan bisnis.
  9. Menghemat waktu para pebisnis mengelola proses administrasi pajak.
  10. Pemilik dan manajemen perusahaan bisa beraktivitas seperti biasa tanpa ada beban karena urusan pajak sudah ditangani oleh orang yang kompeten.

Dengan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari konsultan pajak. Jadi tidak heran, semakin banyak perusahaan baru muncul, maka semakin banyak juga jasa konsultasi pajak karena permintaanya yang juga semakin tinggi.

Pastikan Budget Siap jika Ingin Menggunakan Konsultan Pajak

Untuk para pemilik bisnis yang sedang mengembangkan bisnisnya, sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan layanan konsultasi pajak untuk mempermudah urusan perpajakan. Namun, baiknya keputusan ini dibarengi dengan budget yang sudah siap.

Ini karena, biaya yang dikeluarkan untuk konsultan pajak tidaklah murah sehingga bisa saja membebani kas bisnis sendiri. Jadi jika memang masih bisa dilakukan sendiri karena bisnis belum terlalu besar, lakukan sendiri saja.

Jasa konsultan pajak bisa dilakukan jika bisnis sudah semakin berkembang dan besar atau telah memiliki banyak cabang. Jadi tidak usah dipaksakan yah!

Baca Juga: SPT Tahunan - Jenis Formulir, Contoh, dan Cara Lapornya