Kredit Motor Ditolak? ini 4 Alasan Utamanya

Memiliki kendaraan roda dua yang sudah lama menjadi impian kini tak lagi sulit berkat kehadiran fasilitas kredit dari perusahaan leasing. Namun demikian, apakah anda pernah mencoba mengajukan kredit kendaraan bermotor di perusahaan pembiayaan (leasing) tersebut? Jika ya, apakah pihak perusahaan pembiayaan langsung menyetujui permintaan Anda? Ternyata pengajuan kredit itu tidaklah semudah yang kita bayangkan.

Sebenarnya, proses pengajuan aplikasi sangat mudah dan cepat, bahkan kurang dari seminggu saja sepeda motor baru sudah bisa mejeng di teras rumah. Meskipun begitu, beberapa orang justru gagal mencicipi fasilitas kredit. Tujuan utama perusahaan leasing yaitu mempermudah keinginan konsumen membeli sepeda motor idaman secara kredit. Akan tetapi ada sejumlah persyaratan wajib yang harus dipenuhi sebelum mencicipi fasilitas kredit tersebut. Sayangnya, penolakan atas pengajuan aplikasi seringkali diakibatkan karena ketidakmampuan calon konsumen untuk memenuhi setiap poin penting tersebut.

Mengapa demikian? Uraian dibawah ini akan memberikan gambaran jelas seluk beluk pengajuan kredit kendaraan tersebut. Setidaknya ada empat alasan utama mengapa pengajuan kredit motor ditolak oleh perusahaan leasing.

1. Tanpa Sadar Anda masuk dalam daftar blacklist

  Credit

Perhatikan Skor Kredit Anda via tuition.io

 

Jangan harap bisa mengajukan kredit motor di perusahaan leasing jika nama sudah masuk blacklist alias daftar hitam. Kasus ini sering terjadi pada konsumen yang pernah kredit motor dan menyimpan track record buruk dalam pembayaran cicilan, entah itu selalu telat bayar, nunggak berbulan-bulan dan motor ditarik paksa oleh pihak leasing.

Dalam dunia leasing ada istilah black list perusahaan leasing dan Black List BI Checking. Istilah "Blacklist Bank" yang umum beredar di masyarakat sebenarnya mengacu pada data debitur bermasalah dalam Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia. SID merupakan sistem yang menghimpun informasi mengenai fasilitas pembiayaan (kredit) yang dilaporkan secara rutin setiap bulan oleh lembaga-lembaga keuangan peserta SID, termasuk Bank Umum, kepada Bank Indonesia selaku regulator moneter dan sistem pembayaran di Indonesia. Sistem terpadu tersebut memungkinkan suatu bank mengetahui apabila ada penunggak kredit di bank lain yang mengajukan permohonan kredit di tempatnya. Untuk kasus kredit kendaraan di perusahaan pembiayaan (leasing) biasanya hanya menggunakan data black list antar perusahaan pembiayaan saja.

Nama dengan track record buruk dijamin gagal total. Oleh karena itu, selalu jaga nama baik di hadapan pihak leasing dengan pembayaran cicilan tepat waktu setiap bulan. Usahakan tidak mengambil kredit motor tambahan bila tak sanggup memenuhi kewajiban bulanan yang justru berujung perusakan nama baik dan masuk blacklist.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Motor

2. Penghasilan tak cukup, Idealnya penghasilan sebesar 3x dari total pengeluaran bulanan

Penghasilan

 

Penghasilan Tidak Cukup via wikihow.com

 

Pihak leasing berhak menolak aplikasi pengajuan kredit motor apabila penghasilan kurang memadai. Mereka memiliki team analyst yang menghitung pos pendapatan dan pengeluaran calon konsumen secara detil. Apabila jumlah kedua pos tersebut hampir sama besar, maka pengajuan aplikasi langsung ditolak.

Dalam sistem analisa kredit dikenal istilah analisa 5 C, salah satunya adalah capacity analisa dari sisi kelayakan penghasilan. Penghasilan dari gaji, pendapatan lain-lain dibandingkan dengan pengeluaran rutin diharapkan memiliki selisih untuk membayar cicilan. Idealnya bisa menggunakan salah satu rumus yang sering digunakan team survey yaitu besaran cicilan haruslah maksimal sepertiga dari total penghasilan rutin. Banyak orang yang berusaha membesar-besarkan income sampingannya dengan tujuan dianggap memiliki kemampuan membayar cicilan.

Oleh karena itu, calon konsumen harus menghitung jumlah pendapatan dan pengeluaran sebelum mengajukan kredit motor. Jangan biarkan angka nominal pengeluaran hampir sama besarnya dengan pendapatan yang justru menjadi alasan kuat bagi pihak leasing untuk menolak pengajuan aplikasi.

3. Persyaratan kurang lengkap dan calon konsumen susah dihubungi

Persyaratan Kurang Lengkap

Persyaratan Kurang Lengkap via spin.atomicobject.com

 

Pihak leasing butuh data diri calon konsumen, sehingga mewajibkan pemberian foto copy KTP dan Kartu Keluarga. Pada beberapa kondisi tertentu, calon konsumen juga dimintai sejumlah data tambahan seperti surat keterangan kerja, surat bukti kepemilikan rumah, surat keterangan domisili hingga surat keterangan cerai atau kematian.

Kasus kredit ditolak bisa juga disebabkan oleh Pemohon Sulit Untuk Dihubungi. Apabila anda mengajukan kredit elektronik maka pastikan nomor telepon anda stand by dan mudah untuk dihubungi dari pihak leasing. Apabila sang pemohon sulit dihubungi oleh pihak leasing maka proses pengajuan akan menjadi lambat dan sulit untuk diproses lebih lanjut. Pihak perusahaan leasing bisa berasumsi saat pengajuan kredit saja susah dihubungi apalagi jika nanti sudah terjadi pencairan.

Jika persyaratan data diri kurang lengkap, apalagi anda susah dihubungi maka semakin besar peluang penolakan aplikasi kredit sepeda motor. Oleh karena itu, coba penuhi persyaratan dari pihak leasing termasuk data tambahan. Biasanya data tambahan hanya butuh sekitar 1-2 dokumen saja, tergantung keperluan.

4. Tidak ada niat baik alias kurang kooperatif saat proses survey

Kerjasama

Kerjasama via legal4ukm.com

 

Calon konsumen ditolak pihak leasing karena tak ada niat baik untuk bekerja sama alias kooperatif pada saat proses survey. Ada dua hal utama yang jadi bahan pertimbangan utama yakni:

a)   Tidak memberikan informasi data diri secara lengkap dan benar. Pada saat survey, calon konsumen harus bersikap terbuka dan tidak boleh berbohong saat memberi informasi data diri. Jika tak ada niatan baik dalam hal ini, jangan kaget aplikasi ditolak. Oleh karena itu, jangan ragu kasih informasi dengan benar dan jelas.

b)   Tidak kooperatif saat proses survey. Banyak calon konsumen gagal bawa pulang sepeda motor impian akibat sikap tidak kooperatif saat proses survey dilakukan. Hindari perilaku kurang menyenangkan pada pihak surveyor. Jangan ragu membuka pintu rumah dan bersikap ramah demi meyakinkan perwakilan pihak leasing.

Perhatian juga bahwa kunci sukses survey bisa juga ditentukan hasil survey lingkungan anda. Jika anda baik dimata tetangga, maka hasil survey akan positif dan jika anda punya karakter yang tidak baik, maka lingungan sekitar rumah anda juga akan mengetahuinya. Ada kewajiban dari surveyor untuk check karakter calon konsumen terhadap lingkungan sekitarnya.

Baca Juga : Mau Kredit Motor Bekas? Ini Untung Dan Ruginya

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Pelajari Lebih Lanjut

Untuk meminalisir kemungkinan kredit motor Anda ditolak. Pelajari lebih lanjut setiap poin secara seksama dan tutupi kekurangan sebelum mengajukan kembali kredit sepeda motor. Hal ini akan membantu Anda mengerti apa saja yang harus dihindarkan agar pengajuan kredit motor Anda disetujui.

Baca Juga : Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Kredit Motor