Kredit Multiguna, Keunggulan dan Kekurangannya

Sekarang, sudah tidak perlu perlu pusing lagi untuk mencari pinjaman ketika Anda membutuhkannya. Sebab, sudah ada banyak bank atau lembaga perkreditan lain yang menyediakan layanan tersebut. Salah satu jenis kredit yang sedang banyak diambil saat ini adalah Kredit Multiguna (KMG) atau Kredit Dengan Agunan. Dibandingkan produk lainnya, Kredit multiguna memiliki beberapa keunggulan yang tidak bisa disamai oleh Kredit Tanpa Agunan atau pegadaian.

Salah satu yang membuat banyak orang tertarik menggunakannya adalah limit pinjaman yang tinggi. Di mana, Anda bisa mendapat pinjaman sampai dengan miliaran rupiah. Caranya hanya dengan memberikan sejumlah aset kepada pihak bank untuk dijadikan agunan.

Kenapa Harus Menggunakan Kredit Multiguna?

Salah satu asalan mengapa orang memakai Kredit Multiguna adalah karena mereka bisa mendapatkan uang banyak untuk berbagai keperluan tanpa harus menjual aset berharganya. Sebagai contoh, Anda sedang membutuhkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk memperbesar bisnis dan ingin menjadikan rumah sebagai lahan pemasukan dari masalah tersebut.

Terkait dengan hal tersebut, ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama, menjual rumah tersebut, atau menjadikannya jaminan pinjaman. Kalau melakukan hal pertama, maka yang terjadi adalah Anda akan kehilangan rumah tersebut. Kedua, menjadikannya jaminan pinjaman, lalu setelah pinjaman lunas bisa kembali rumah itu akan kembali menjadi milik Anda.

Kalau melihat dari apa yang terjadi kemudian, Anda mungkin akan mengambil solusi kedua. Kenapa? Karena Anda tidak harus kehilangan rumah untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan. Lalu, bagaimana kalau kita tidak mampu membayarnya? Itu masalah lain, yang penting rumah itu masih menjadi milik pribadi. Soal masalah mampu melunasi atau tidak, itu semua tergantung kepada Anda sebagai debitur. Apakah bisa mengatur keuangan untuk mencicil hutang atau tidak. Iya kan?

Keunggulan Dari Kredit Multiguna

Ada beberapa keunggulan dari Kredit Multiguna yang bisa Anda pertimbangkan sebelum mengambilnya. Ini dia:

1. Limit Pinjaman Tinggi, Bisa Sampai Miliaran

Limit Pinjaman Tinggi

Limit Pinjaman Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu keunggulan Kredit Multiguna adalah memiliki limit pinjaman tinggi. Kenapa bisa begitu? Salah satu alasannya karena dia membutuhkan jaminan aset sebagai syaratnya. Dengan begitu, risiko bank untuk merugi akibat nasabah mengalami gagal bayar akan lebih kecil dibandingkan Kredit Tanpa Agunan.

Sebagai contoh, Anda mau meminjaman dana Rp 1 miliar untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa mengajukan Pinjaman jaminan Sertifikat Rumah atau tanah yang bernilai sama dengan permintaan dana sebagai jaminan kepada bank. Bila Anda bisa melakukannya, ada kemungkinan bank akan mau mencairkan dana yang dibutuhkan ituu.

2. Masa Tenor Lebih Panjang, Bisa Lebih Dari 5 Tahun

Masa Tenor Lama

Masa Tenor Lama

Dengan limit pinjaman yang tinggi, ada kemungkinan kemampuan Anda untuk membayar utang akan semakin panjang. Dengan permasalahan itu, sekarang sejumlah bank memberikan layanan Kredit Multiguna dengan masa tenor sampai 10 tahun, bahkan lebih. Keunggulan kedua ini bertolak belakang dengan Kredit Tanpa Agunan yang rata-rata hanya memberi waktu pelunasan sampai 3 tahun saja.

Namun, Anda harus ingat, selama apapun masa tenor. Kalau tida bisa dilunasi ya percuma saja.

3. Pemakaian Lebih Fleksibel, Bisa Untuk Konsumsi dan Lainnya

Pemakaian Lebih Fleksibel

Pemakaian Lebih Fleksibel

Keunggulan Kredit Multiguna yang lain adalah bisa dipakai untuk beragam keperluan. Tidak seperti Kredit Tanpa Agunan, yang terkadang hanya bisa dipakai untuk tujuan konsumtif. Kredit Multiguna bisa digunakan untuk beragam tujuan, mulai dari konsumtif sampai bisnis. Maklum, namanya saja sudah Multiguna, pasti penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Dengan keunggulan ini, tentunya banyak orang menjadi tertarik menggunakan Kredit Multiguna. Apapun tujuan pemakaiannya, asalkan Anda mempunyai jaminan yang diperlukan. Silahkan ajukan kepada pihak bank melalui kami.

Kekurangan Kredit Multiguna

Ini dia kekurangan dari Kredit Multiguna yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengambilnya:

1. Tidak Punya Jaminan, Tidak Bisa Meminjam

Harus Punya Jaminan Aset

Harus Punya Jaminan Aset

Ya, salah satu alasan mengapa orang urung menggunakan Kredit Multiguna adalah karena harus memiliki aset untuk diagunkan kepada bank. Dengan kondisi Anda yang umpama tidak memiliki aset, tentu keinginan untuk mengajukan pinjaman ini menjadi tidak realitis. Kalau sudah begitu, mungkin Anda bisa menggunakan Kredit Tanpa Agunan sebagai solusi lain.

2. Gagal Bayar, Aset Melayang

Aset Bisa Disita

Aset Bisa Disita

Nah, ini dia masalah lain dari Kredit Multiguna. Di mana, Anda terancam kehilangan aset akibat disita kalau mengalami gagal bayar. Kalau Anda tidak ingin sampai terjadi, yang harus dilakukan tak lain adalah me-manage uang yang dipinjam dengan sebaik mungkin.

Selain itu, atur masalah cicilan hutang KMG ke dalam rincian pengeluaran setiap bulan. Sehingga tidak ada hutang yang tertunggak dan menumpuk.

Baca Juga: Kriteria dan Pilihan Kredit Multiguna Terbaik

3. Proses Pengajuan Lebih Lama Dari KTA

Proses Di Bank Lama

Proses Di Bank Lama

Karena membutuhkan aset rumah atau mobil sebagai jaminan pinjaman, tentu proses aplikasi akan semakin lama. Karena bank membutuhkan waktu untuk menilai apakah aset yang diajukan sudah sesuai nilainya dengan dana yang diminta. Kalau belum, biasanya mereka akan meminta Anda untuk memberikan aset lain hingga selisih antara dana yang diminta dengan nilai agunan dianggap sesuai.

Baca juga: 6 Biaya Tambahan Untuk Pengambilan KTA dan KMG

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Tertarik Menggunakan Kredit Multiguna?

Nah, tadi sudah sedikit berkenalan dengan Kredit Multiguna (KMG), serta mengetahui keunggulan dan kekurangannya. Sekarang pertanyaannya, apakah Anda mau menggunakannya atau tidak?

Untuk pertanyaan ini, ada jawaban sendiri yang bisa dijadikan pedoman sebelum mengajukan aplikasinya. Yaitu, tergantung dari urgensi dan nilai yang dibutuhkan. Kalau nilainya besar dan Anda memiliki agunan, maka Anda bisa menggunakan KMG. Namun apabila sebaliknya, gunakan saja KTA sebagai solusi pendanaan Anda.

Baca juga: Wawancara Kredit dengan Bank? Lakukan 7 Hal ini