Kumpulan Quotes Teman Penuh Makna Tersirat untuk Membuktikan Eratnya Pertemananmu

Selain keluarga, lingkungan pertemananlah yang dapat menjadi tempat pelarian dari segala masalah yang terjadi dalam hidup seseorang. Sekadar berkumpul bersama teman dan sahabat dapat menjadi obat untuk menyembuhkan segala beban kehidupan sehari-hari yang sudah tertumpuk cukup berat.

Saling berbagi cerita, bercanda, dan bertukar pikiran bersama relasi dapat menjadi sarana terbaik melepaskan seluruh unek-unek dalam hati dan pikiran. Itulah mengapa hampir semua orang pasti begitu menghargai hubungan pertemanannya agar senantiasa terjalin, bahkan hingga masa tua nanti. 

Besarnya peran persahabatan tersebut mungkin membuat kamu ingin mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih terhadapnya. Dengan begitu, teman dan sahabatmu akan mengetahui betapa kamu menghargai mereka yang selalu ada dalam suka maupun duka selama ini. Nah, ketimbang memikirkan sendiri kalimat untuk menggambarkan perasaanmu, kumpulan quotes tentang teman penuh makna tersirat ini mampu menjadi bukti akan eratnya hubungan pertemanannya saat ini.

Baca Juga: Lagi Dimabuk Cinta Sama Doi? Ini Kumpulan Quotes Bucin Buat Ngodein Pasanganmu

Kumpulan Quotes Teman

loader

Quotes Teman

  1. Sahabat Sejati Akan Selalu Menemani Bagaimanapun Kondisimu

    “Sahabat sejati adalah mereka yang menemanimu ketika semua orang pergi menjauhimu.” – Walter Winchell

    Tips: Tidak peduli bagaimana kondisi seseorang, masalah apa yang sedang menerpa, sahabat sejati akan selalu setia menemanimu dalam keadaan seburuk apa pun itu. Saat berada di atas, sahabat sejati pasti akan merasa senang dan terus mendukung kesuksesan temannya. Sebaliknya, saat sedang berada di kondisi yang terpuruk, walaupun sudah tidak ada lagi orang yang bersedia membantu, sahabat sejati akan terus berada di sisimu dan menemanimu untuk kembali bangkit. 

  2. Indahnya Persahabatan yang Saling Memahami Satu Sama Lain

    “Salah satu keindahan persahabatan sejati ialah kemampuan saling memahami serta dipahami satu sama lain.” – Lucius Annaeus Seneca

    Tips: Eratnya hubungan pertemanan dapat dibuktikan dengan kemampuan untuk saling memahami dan juga dipahami. Tanpa memerlukan penjelasan panjang lebar lebih dulu, sahabat akan mampu membaca perasaan sahabatnya. Itulah keindahan dari persahabatan yang tak ditemui pada jenis hubungan pertemanan lainnya.

  3. Pengertian dari Sahabat yang Sebenarnya

    “Sahabat yang baik tak akan mencelakai, melainkan melindungi, menasihati, serta tulus mengasihi.” 

    Tips: Sahabat yang baik tak akan memiliki niat sedikitpun untuk mencelakai sahabatnya. Melainkan, demi kebaikan sahabatnya, mereka akan selalu berusaha untuk melindungi, memberi nasehat, serta secara tulus terus mengasihi. 

  4. Sahabat Lebih Berharga Dibanding Harta atau Kekuasaan

    “Sahabat tidak tergantikan kekuasaan dan kekayaan.” 

    Tips: Saat masih dalam kondisi hidup yang biasa-biasa saja, sebagian orang mungkin tak terlalu menganggap penting akan nilai sebuah persahabatan. Bahkan, tak sedikit pula orang yang rela menjual pertemanannya demi harta ataupun kekuasaan. Namun, saat hal tersebut terlanjur terjadi, mereka akan terlambat menyadari bahwa persahabatan sebenarnya jauh lebih berharga dibanding harta atau kekuasaan yang selama ini diidamkannya. 

  5. Sahabat Baik Ibarat Bintang

    “Sahabat selayaknya bintang, tak selalu terlihat, tapi akan selalu ada untukmu.” 

    Tips: Bintang yang berada jauh di langit memang terlihat sangat kecil dan tak terlalu signifikan menyinari. Namun, walaupun begitu, bintang akan selalu memberikan sinarnya tanpa pamrih, dalam kondisi dan situasi apapun, tak terkecuali. Sahabat juga seperti itu, tak selalu bertemu, tapi akan selalu ada dan siap membantu untukmu. 

  6. Lebih Baik Bersama Dalam Gelap Daripada Sendirian Dalam Terang

    “Berjalan bersama sahabat di kegelapan terasa lebih baik ketimbang berjalan sendiri dalam terang.” – Helen Keller

    Tips: Berjuang bersama-sama dengan sahabat sejati menggapai sebuah tujuan akan terasa jauh lebih baik daripada berada dalam kesuksesan namun hanya bisa dirasakan seorang diri. Karena dengan perjuangan bersama, kamu mampu mengatasi masalah apapun dengan lebih mudah dan saling menguatkan, ketimbang sukses sendirian tanpa ada orang yang dapat menjadi sarana berbagi kesenangan tersebut. 

  7. Diamnya Sahabat Jauh Lebih Menyakitkan Ketimbang Kata-Kata Tajam Musuh

    “Pada akhirnya, bukanlah kata menyakitkan musuh yang selalu diingat, tapi diamnya sahabat yang dahulu mendukung kita.” – Martin Luther King

    Tips: Biasanya, hal yang selalu terngiang dalam pikiran adalah kata menyakitkan yang diucapkan oleh musuh. Namun, diamnya sahabat mampu menimbulkan pertanyaan yang berimbas pada rasa khawatir dalam hati. Karenanya, diamnya sahabat sering kali terasa lebih mudah mengambil fokus kita ketimbang kata-kata menyakitkan yang diucapkan oleh musuh. 

  8. Koreksi secara Pribadi, Puji secara Publik

    “Koreksilah sahabatmu secara pribadi, dan puji dia di depan umum.” – Leonardo da Vinci

    Tips: Tidak semua orang bersedia dan menerima sebuah kritik atau saran yang disampaikan secara gamblang atau terbuka di depan banyak orang. Tak terkecuali sahabatmu yang mungkin akan merasa direndahkan saat hal tersebut kamu lakukan. Akan tetapi, saat memuji sahabatmu, usahakan untuk menyampaikannya di depan umum agar kebaikan dan kelebihannya bisa diketahui oleh lebih banyak orang lagi.

  9. Inti dari Sebuah Persahabatan

    “Persahabatan adalah inspirasi dan motivasi, bukan sekadar basa-basi dan gengsi.” 

    Tips: Persahabatan tidak hanya sekadar sebagai teman berkumpul dan melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari saja. Melalui hubungan persahabatan yang erat, inspirasi dan motivasi juga biasanya akan muncul untuk mampu membantumu menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi ke depannya. 

  10. Terbuka Menerima Perbedaan dan Keunikan 

    “Setiap orang unik dan berbeda dengan caranya sendiri. Hargai walaupun tak berarti harus menyukai semuanya.” 

    Tips: Sebuah persahabatan tidak akan bisa bertahan tanpa adanya rasa saling menerima dan terbuka terhadap perbedaan maupun keunikan yang dimiliki sahabatnya. Walaupun pasti ada sifat atau hal yang tidak disukai, tetap hargai dengan cara yang tepat. Dengan begitu, makna dan manfaat persahabatan bisa lebih dalam kamu rasakan. 

  11. Persahabatan Dapat Digambarkan Sebagai Tangan dan Mata

    “Sahabat itu selayaknya tangan dan mata. Ketika mata menangis, tanganlah yang mengusapnya. Saat tangan terluka, mata akan menangis.”

    Tips: Sahabat yang baik pasti akan berusaha menghapuskan kesedihan yang sedang kamu rasakan. Begitu pula saat masalah dan masa sulit menghadang, sahabatlah yang biasanya akan langsung menawarkan bantuan karena rasa empati yang sudah sangat dalam dimiliki. 

    Baca Juga: Serius Hingga Kocak! Ini Kumpulan Cara Menagih Utang ke Teman

  12. Kunci Mendapatkan Keabadian dalam Kebersamaan

    “Persahabatan yang Didasari keikhlasan hati serta kasih sayang akan menciptakan keabadian dalam kebersamaan.” 

    Tips: Setiap hubungan yang dijalin oleh seseorang pasti akan mengalami pasang surut akibat satu hal dan lainnya. Namun, dengan dasar keikhlasan hati dan juga kasih sayang, pasang surut hubungan dalam persahabatan tersebut tidak akan terlalu berpengaruh dan keabadian dalam kebersamaan akan tetap senantiasa tercipta. 

  13. Indahnya Persahabatan yang Tulus 

    “Indahnya persahabatan ialah saat memberi tanpa harap balasan. Ada tawa ketika dalam kesedihan.”

    Tips: Melalui persahabatan seseorang mampu mengerti makna memberi tanpa berharap balasan atau imbalan. Melalui persahabatan pula kamu bisa mendapat dan berbagi tawa walaupun sedang berada di dalam kesedihan. 

  14. Peran Sahabat saat Masalah Mendatangi

    “Sahabat tidak akan menghilang saat masalah datang. Justru merekalah yang akan menggandeng tanganmu lalu menghadapinya bersama.” 

    Tips: Sahabat biasanya akan menjadi pihak pertama yang akan mengulurkan tangannya saat kamu menghadapi masalah. Bersama-sama, masalah akan jauh lebih mudah diatasi dan tak terus menjalar menjadi masalah yang lebih pelik ke depannya.

  15. Sahabat Sejati Sebagai Pembawa Energi Baru pada Jiwamu

    “Hal hebat mengenai sahabat sejati ialah mereka membawa energi baru pada jiwamu.”

    Tips: Makna dari persahabatan memang bukanlah sekadar sebagai teman berkumpul di waktu luang saja. Sahabat sejati ialah mereka yang mampu melihat potensi di dalam dirimu dan memercikkan energi baru pada jiwamu agar bisa menjadi sesuatu hal yang memiliki wujud yang nyata. Ya, inilah hal hebat yang mungkin hanya akan bisa kamu dapatkan saat memiliki sahabat sejati. 

  16. Hal yang Pasti Dilakukan Sahabat Sejati

    “Sahabat sejati bukanlah orang yang sering mentraktir atau meminjamkan uang padamu. Tapi lebih ke orang yang selalu ada saat kamu mengalami kegagalan.” 

    Tips: Makna sebenarnya dari persahabatan tidak akan pernah bisa ditentukan dari materi. Melainkan, kepedulian dan keberadaannya di situasi apapun, termasuk saat terjatuh, merupakan hal yang menjadikan seseorang layak menjadi sahabat sejati. Orang-orang dengan ketulusan inilah yang harus bisa kamu jaga agar bisa selalu berada di hidupmu.

  17. Persahabatan Bukan Tentang Berapa Lama Kamu Mengenal Seseorang

    “Sahabat bukan tentang siapa yang sudah lama kamu kenal, tapi tentang siapa yang mendatangimu dan tak pernah meninggalkanmu di kondisi dan situasi seburuk apa pun.” 

    Tips: Banyak orang menyangka bahwa sahabat adalah mereka yang sudah cukup lama mengenalmu. Padahal, mereka belum tentu akan bertahan saat kamu berada di situasi yang sulit dan mengulurkan. Tanamkan dalam hati bahwa teman terbaik adalah mereka yang tak ragu untuk mendatangi dan tak akan pergi meninggalkanmu, tak peduli seberapa buruk kondisimu.

  18. Persahabatan Muncul Karena Pengertian di Setiap Perbedaan

    “Sahabat sejati bukanlah orang yang mempunyai banyak persamaan, namun orang yang mempunyai pengertian terhadap semua perbedaan.”

    Tips: Orang-orang yang memiliki banyak persamaan tak secara otomatis menjadi sahabat tanpa adanya pengertian untuk menerima perbedaan. Dengan pengertian akan perbedaan tersebut, persahabatan dapat muncul akibat rasa saling melengkapi satu sama lain. Dari situlah persahabatan yang erat mampu terbangun dan mampu bertahan selamanya. 

  19. Perbedaan Teman dan Sahabat

    “Seorang teman mengetahui semua cerita dalam hidupmu dan seorang sahabat ada dalam semua cerita itu.”

    Tips: Setiap orang pasti berada dalam hidup orang lain. Jika kamu berteman dengan seseorang, kamu mungkin akan menceritakan sesuatu tentang hidupmu. Tetapi, jika kamu bersahabat dengan seseorang, dia akan ada di dalam hidupmu dan ceritamu. Maka, bersahabatlah dengan orang agar hidupmu terus dipenuhi oleh keramaian.

  20. Bantulah Temanmu

    “Bantu temanmu saat mereka dalam kesulitan, maka mereka akan memudahkanmu dikemudian hari.”

    Tips: Percayalah bahwa berbuat baik pada semua orang akan kembali dampaknya pada dirimu. Terlebih jika kamu membantu seorang teman atau bahkan sahabat, dampaknya akan begitu berarti padamu di kemudian hari.

  21. Keheningan yang Memulai Persahabatan

    “Persahabatan sejati dimulai saat keheningan di antara dua orang terasa nyaman.”

    Tips: Sebelum dimulainya sebuah persahabatan, tentunya dimulai dari pertemuan yang asing. Di antara dua orang atau lebih, ada ketidaktahuan yang menciptakan keheningan. Namun, jika dalam keheningan ini kedua orang tersebut merasa nyaman, di situlah dimulai persahabatan.

  22. Sahabat Layaknya Kesehatan

    “Persahabatan sejati itu layaknya kesehatan, nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya.”

    Tips: Sahabat dapat disamakan dengan kesehatan. Ketika kita sakit, baru kita merasakan hilangnya nikmat kesehatan. Begitu pula dengan sahabat sejati, kesetiaan seorang sahabat baru terasa ketika sahabat itu sudah tidak ada atau pergi. Maka, peganglah tangan sahabatmu erat-erat agar pertemanan kalian pun menjadi lebih langgeng.

  23. Sahabat Seperti Roda yang Berputar

    “Sahabat bagaikan roda yang terus berputar, yang membuat lokomotif itu terus berjalan.”

    Tips: Lokomotif tidak akan bisa berjalan mulus dan cepat tanpa adanya roda yang bergerak di atas rel. Begitupula dengan sahabat. Sahabat layaknya roda yang terus berputar untuk membantu hidupmu berjalan mulus dan lancar. Tanpa adanya sahabat, hidupmu akan berjalan lebih lambat dari biasanya.

  24. Tanggung Jawab, bukan Kesempatan

    “Persahabatan bukanlah kesempatan, tapi tanggung jawab yang manis.” - Khalil Gibran

    Tips: Persahabatan bukanlah kesempatan. Artinya, persahabatan bukanlah suatu hal yang lewat begitu saja layaknya kesempatan. Terkadang ada, kadang tidak. Bisa diambil ataupun tidak. Persahabatan merupakan tanggung jawab seseorang pada orang lain untuk terus menjalin hubungan. Namun, tanggung jawab inilah bukanlah suatu beban melainkan dapat meringankan bebanmu. Oleh karena itu, bertanggung jawablah dengan persahabatanmu agar terus berbahagia bersama.

  25. Teman Ketika yang Lain Menjauh

    “Sahabat sejati adalah ia yang menemanimu saat semua orang pergi menjauhimu.” - Walter Winchell

    Tips: Ada saatnya ketika kamu mungkin merasa semua orang pergi menjauhimu, baik jauh secara fisik maupun jauh secara batin. Namun, percayalah sejauh sejauhnya jarak kamu dan sahabat, ia akan menemanimu agar kamu tidak sendiri. Maka, peganglah erat-erat sahabatmu agar tidak menjadi orang asing yang menjauhimu.

  26. Memahami dan Dipahami

    “Salah satu keindahan persahabatan sejati adalah kemampuan untuk saling memahami dan dipahami satu sama lain.” - Lucius Annaeus Seneca

    Tips: Mempertahakan persahabatan sejati adalah suatu kemampuan yang terindah karena di antara sahabat tersebut terdapat kemampuan untuk saling memahami. Kemampuan untuk memahami dan dipahami inilah yang membuat suatu persahabatan makin erat dan langgeng. Maka, untuk bisa mempertahankan pertemanan itu, pahamilah mereka.

  27. Bahasa Persahabatan

    “Bahasa persahabatan tak tercermin dari kata-kata, melainkan dengan arti.”- Henry David Thorea

    Tips: Meskipun kata-kata tak terucap, persabahatan yang kuat akan mengerti satu dengan yang lainnya. Sebab, arti dari suatu tindakanlah yang begitu berarti. Apa yang tidak diucapkan, bisa saja terlihat dari apa yang dilakukan. Maka, jika ingin persahabatan terus langgeng, perhatikanlah apa yang dilakukan.

  28. Persahabatan seperti Kaca

    “Persahabatan itu sebening kaca, sekali rusak, memang bisa diperbaiki namun takan hilang retakannya.”

    Tips: Kaca merupakan suatu hal yang ringkih dan mudah pecah. Begitu pula dengan persahabatan. Jagalah persabahatanmu seperti kamu menjaga sebilah kaca. Jika kaca tersebut retak atau bahkan pecah, luka yang dibuat tidak akan hilang meskipun kaca dapat kembali lagi. Maka, sayangilah sahabatmu agar persahabatan makin menyatu.

  29. Tidak Hanya Nyaman, Tetapi juga Berkembang

    “Jangan mencari kawan yang membuatmu merasa nyaman, tetapi carilah sahabat yang akan memaksamu untuk terus berkembang.”

    Tips: Nyaman dengan kawan memang suatu hal yang penting dalam pertemanan. Namun, seorang sahabat tidak hanya membuatmu nyaman, tetapi ia akan membuatmu terus berkembang. Semua kegagalan, kesalaha, kesuksesan, kebahagiaanmu menjadi miliki sahabatmu pula. Maka, tidak heran jika mereka menasehati, mencerami, atau bahkan memarahimu demi kebaikanmu.

  30. Sahabat Bagaikan Tembok

    “Sahabat bagaikan tembok. Terkadang kamu bersandar pada mereka, dan tetap nyaman hanya dengan mengetahui bahwa mereka ada.”

    Tips: Keberadaan sahabat tidak melulu untuk mendukung, bersenang-senang, atau melakukan kegiatan bersifat fisik. Akan tetapi, dengan keberadaan sahabat saja yang bisa membuat nyaman itu sudah bisa menjadi cukup. Mengetahui bahwa mereka akan selalu ada untukmu meskipun hanya terdiam diri, itu sudah bisa membuatmu tenang.

  31. Orang yang Membuatmu Hidup adalah yang Tulus Mencintai

    “Teman dapat membuatmu tertawa, sahabat dapat membuatmu bergembira, namun yang tulus mencintailah yang mampu membuatmu hidup.” - Nazril Irham

    Tips: Kamu bisa tertawa dengan teman dan kamu juga bisa berbahagia dengan sahabat. Akan tetapi, kamu akan hidup dengan orang yang mencintaimu secara tulus. Maka, temukanlah seseorang yang bisa membuatmu hidup, sebab merekalah yang bisa menopangmu dalam kehidupan.

  32. Berjalan dalam Gelap dan Terang

    “Berjalan dengan seorang sahabat di kegelapan lebih baik daripada berjalan sendirian dalam terang.” - Hellen Keller

    Tips: Meskipun dalam kegelapan, jika dilalui dengan sahabat, pasti akan menjadi lebih baik dibandingkan berjalan sendiri ketika bahagia. Sebab, ketika ada sahabat pasti akan ada yang membantumu, meski itu suka atau duka. Memiliki sahabat berarti memiliki arahan hidup yang lebih terang ketimbang berjalan sendiri. Maka, sayangilah sahabatmu karena merekalah yang akan membantumu ke depannya.

  33. Perbedaan Sahabat dengan yang Lain

    “Sahabat mencarimu ketika yang lain mencacimu, sahabat merangkulmu ketika yang lain memukulmu.”

    Tips: Ketahuilah bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara sahabat dan orang lain. Ketika orang lain mencaci dan memakimu, sahabat akan mencarimu. Ketika orang lain memukulmu, seorang sahabat akan merangkulmu. Percayalah bahwa seorang sahabat akan ada untukmu, meskipun kamu berada dalam keterpurukan.

  34. Bukan Kata-kata Musuh yang Diingat, Tapi Diamnya Sahabat

    “Pada akhirnya bukan kata-kata menyakitkan dari musuh yang selalu kita ingat, namun diamnya para sahabat yang dulu mendukung kita.” - Martin Luther King

    Tips: Kata-kata menyakitkan yang datang dari musuh pada akhirnya tidak akan begitu menyakitkan. Hal yang paling menyakitkan adalah diamnya sahabat yang dulu pernah mendukungmu. Pada akhirnya, kamu tidak akan ingat orang-orang yang tidak pernah ada di hidupmu. Akan tetapi, ketika kamu pernah dekat dengan seseorang dan suatu hari dia tidak mendukungmu, itu akan teringat selamanya. Maka, pertahankanlah pertemananmu dengan sahabatmu dan jagalah hubungan tersebut sehingga mereka tetap bisa mendukungmu di saat terpuruk.

  35. Tuluslah Mencintai Sahabatmu

    “Teman dapat membuatmu tertawa, sahabat dapat membuatmu bergembira, namun yang tulus mencintai lah yang mampu membuatmu hidup” - Nazril Irham

    Tips: Quotes teman ini mengajarkan bahwa setiap orang dapat menjadi teman untuk tertawa, sahabat untuk berbahagia bersama. Namun, tidak semua orang cocok untuk membantumu hidup. Maka, carilah orang yang tepat dan tulus mencintaimu agar kamu dapat dengan mudah menjalani naik-turunnya hidup.

  36. Kekayaan dan Kekuasaan Tidak Begitu Berarti Dibanding Sahabat

    “Sahabat tak tergantikan oleh kekayaan dan kekuasaan.”

    Tips: Seorang sahabat sejati akan terus setia dan ada untukmu sekalipun kamu memiliki kekayaan yang melimpah atau kekuasaan yang berarti. Ia ada untukmu bukan untuk kekayaan dan kekuasaanmu, melainkan sebagai dirinya sendiri.

  37. Bergandengan Tangan dalam Masalah

    “Sahabat tak akan menghilang ketika masalah datang, justru menggandeng tanganmu dan menghadapinya bersama-sama.”

    Tips: Menjadi sahabat seseorang berarti merelakan diri untuk menggandeng tangan mereka dan menghadapi masalahnya bersama-sama. Hal tersebut akan terjadi pula padamu jika kamu memiliki sahabat. Seorang sahabat tidak akan menghilang dan meninggalkanmu pada masa-masa sulit. Justru, dialah menjadi support system utama dalam hidupmu.

  38. Perilaku ke Sahabat di Privat dan Publik

    “Koreksilah sahabat secara pribadi, dan pujilah ia di depan umum.” - Leonardo da Vinci

    Tips: Janganlah kamu mengumbar kesalahan sahabatmu di ruang publik, jagalah muka mereka agar orang lain tidak mengetahui kesalahan dan keburukan sahabatmu. Koreksilah secara pribadi, ketika tidak ada orang lain di sekitarnya. Namun, tunjukilah kebaikannya dia di ruang publik dengan memujinya secara terang-terangan.

Junjunglah Persahabatan dengan Cara yang Positif 

Setelah keluarga, sahabat merupakan orang yang paling berharga dan berpengaruh dalam hidup seseorang. Bahkan, tak sedikit orang yang menganggap sahabatnya sebagai keluarga sendiri karena kedekatan dan momen yang selama ini telah dilalui secara bersama-sama.

Baca Juga: Kiat Sukses Bangun Bisnis Bareng Sahabat, Dijamin Langgeng Terus