Kumpulan Tempat Wisata di Jakarta yang Instagramable dan Ramah di Kantong

Sebagai Ibu Kota Indonesia, Jakarta bisa dibilang memiliki segala hal yang dibutuhkan oleh masyarakatnya. Bahkan, tak sedikit pelancong dari seluruh pelosok negeri yang nekat mencoba peruntungan baru dengan berpindah dan mencari pekerjaan di kota metropolitan ini. 

Meski banyak yang berpendapat bahwa hidup di Jakarta itu keras, kota tersebut ternyata memiliki sisi lembutnya juga, lho! Dibalik menjamurnya gedung-gedung tinggi yang menjulang hingga ke langit, terdapat banyak destinasi wisata dengan beragam daya tariknya. 

Dari semua tempat wisata di Jakarta yang populer, ternyata terdapat cukup banyak spot liburan yang mampu membuat setiap pengunjungnya ketagihan berswafoto. Tak hanya itu, tempat dengan banyak spot foto untuk mengisi feeds Instagram tersebut juga dapat dikunjungi oleh siapa saja karena cukup ramah di kantong. 

Nah, jika Anda sedang mencari tempat liburan yang instagramable dan tidak membuat dompet jebol di Jakarta, 10 destinasi ini layak untuk dijadikan referensi. Pastinya, sebelum mengunjungi lokasi ini, kosongkan dulu memory card kamera dan smartphone untuk menyimpan hasil foto yang didapatkan.  

Tempat Wisata di Jakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan

2. Kawasan Revitalisasi

loader

Kawasan revitalisasi Kali Besar memang telah banyak menarik perhatian para pemburu foto. Penyebabnya tak lain karena kawasan ini memiliki banyak bangunan kuno yang khas dengan model Kolonial Belanda silam. Sudah pasti fotografer mampu mendapatkan spot foto dengan nuansa bak kehidupan di Eropa sana. 

Di Kali Besar juga terdapat jembatan apung yang tentunya menjadi andalan pengunjung untuk berfoto. Ada pula patung aesthetic yang dapat dijadikan sebagai objek foto bersama. Dijamin hanya dengan mengambil gambar dari sudut yang berbeda, foto yang Anda ambil dapat membuat siapa saja takjub.

3. Lapangan Banteng

loader

Sumber: megapolitan.kompas.com

Lapangan Banteng yang baru rampung direvitalisasi telah menjadi lokasi yang layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di Jakarta. Wajah barunya yang menawan dengan banyak hiasan pohon tinggi serta bunga hingga rumput yang padat membuat kawasan ini digemari oleh para pelancong untuk berfoto. 

Tak hanya itu, Lapangan Banteng juga memiliki Patung bertema Pembebasan Irian Barat dan pancuran air yang indah dengan warna yang menari saat malam hari tiba. Bisa dibayangkan bukan foto yang bisa diambil dengan hiasan air mancur dengan warna colorful serta patung yang memiliki nilai sejarah tinggi? Jadi, buruan ajak keluarga atau teman terdekat untuk mengisi feeds Instagram Anda.

4. Pelabuhan Sunda Kelapa

loader

Dengan sederet kapal kayu besar di tepi dermaga membuat banyak pegiat fotografi menjadikan lokasi ini sebagai spot foto yang ciamik. Tak hanya memberikan nuansa klasik pada foto, pelabuhan ini juga memiliki daya tarik berupa keindahan sunset yang sulit ditemukan di destinasi wisata lain.

Usahakan untuk datang sebelum jam 4 sore agar bisa menemukan tempat berfoto yang paling strategis. Jika beruntung, bukan tidak mungkin pengunjung akan mendapatkan foto di tengah senja matahari dengan hiasan siluet kapal-kapal besar yang menakjubkan. 

5. MoJa Museum

loader

Sumber: blog.airyrooms.com

Sebagai tempat seni interaktif dekat Pondok Indah Mall, MoJa Museum memiliki atraksi berupa ruangan dengan tema sinematik dari film-film berkelas. Memiliki tak kurang dari 14 ruangan yang bisa dijadikan sebagai spot foto, MoJa Museum menjamin pengalaman berfoto yang tidak bisa diberikan oleh museum lainnya.

Namun, perlu diingat jika museum ini menjalankan sistem 1 way trip. Artinya, pengunjung tidak boleh kembali ke ruangan seni yang telah dilewati. Oleh karena itu, pastikan Anda telah puas berfoto di satu ruangan seninya sebelum beranjak ke ruangan selanjutnya.

6. Museum MACAN

loader

Pecinta karya seni modern dan kontemporer tentu sudah tidak asing dengan museum yang satu ini. Ya, Museum MACAN memang memiliki konsep seni yang kekinian dan banyak dikagumi oleh generasi saat ini. Bahkan, popularitas Museum MACAN telah sampai di kancah internasional. 

Dengan tarif masuk mulai dari 30 ribu untuk anak dan 50 ribu untuk dewasa, pengunjung dapat memotret aktivitas di banyak pameran di museum ini. Yang menjadi favorit di Museum Moja adalah Infinity Mirrored Room, buah karya dari Yayoi Kasama. Jadi, pastikan untuk mendapatkan banyak gambar diri saat berada di ruangan unik tersebut.  

7. Terowongan Jalan Kendal

  loader

Sumber: megapolitan.kompas.com

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini dapat dikunjungi secara cuma-cuma alias gratis. Pasalnya, meski merupakan fasilitas publik untuk para pejalan kaki, Terowongan di Jalan Kendal dikenal memiliki nilai keindahan yang menarik.

Dengan hiasan beragam warna yang estetis dan seakan meresap ke setiap sudut terowongan, pejalan kaki bisa mendapatkan foto untuk diabadikan di sosial media pribadinya. Adanya hiasan berupa mural juga membuat lokasi ini menjadi lebih instagramable. 

Jadi, siapkan kamera ponsel Anda dan segera beranjak ke Terowongan Jalan Kendal ini. 

8. Jembatan Gelora Bung Karno

loader

Sumber: harnas.co

Masih seputar kawasan publik yang instagramable, Jembatan Gelora Bung Karno ini juga tidak kalah menariknya dengan Terowongan Jalan Kendal. Jembatan penyeberangan orang ini memiliki konsep kesenian surealis bak visual efek di film Doctor Strange. Dengan tambahan kilauan warna yang tepat membuat JPO ini terlihat menawan dan cocok untuk dijadikan spot foto andalan pejalan kaki. 

9. Kota Tua

loader

Berada di kawasan Tamansari, Kota Tua telah menjadi lokasi wisata yang terkenal dengan suguhan lingkungannya yang klasik dan vintage. Banyaknya museum bersejarah yang berada di lokasi ini juga membuatnya menjadi destinasi wisata yang memiliki potensi foto instagramable tak terbatas. 

Bayangkan saja, pengunjung Kota Tua dapat mampir ke Museum Fatahillah, Toko Merah, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa Keramik, dan banyak jenis museum lainnya. Belum selesai dengan daya tarik museumnya, Kota Tua juga berdekatan dengan Pelabuhan Sunda Kelapa dan juga Petak Sembilan Pecinan yang tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai disana. Jadi, daripada bingung mencari spot foto untuk dishare di Instagram, singgah dulu saja sebentar di Kota Tua ini. 

10. Kalijodo Park

loader

Kalijodo memang dulunya dikenal sebagai tempat hiburan malam yang mungkin masih membekas di benak masyarakat Jakarta. Akan tetapi, citra negatif di lokasi tersebut kini telah berbalik sebanyak 180 derajat. Alasannya karena adanya Kalijodo Park yang telah disulap menjadi kawasan wisata yang ramah bagi anak dan keluarga. 

Diresmikan sejak awal tahun 2017 lalu, Kalijodo Park memiliki fasilitas area bersepeda dan skateboard, lapangan futsal hingga dinding mural yang berseni. Jadi, Kalijodo Park ini cocok dijadikan sebagai spot mengisi waktu luang yang seru sekaligus memotret momennya dengan fasilitasnya yang lengkap. 

Liburan Menyenangkan dan Mendapatkan Foto Instagramable Tak Harus Mahal

Liburan identik sebagai pengeluaran yang cukup menguras isi dompet. Padahal, jika lebih teliti melihat daya tarik tempat wisata di Jakarta, ada banyak spot liburan yang menarik dan murah. Maka, buang jauh-jauh pemikiran liburan di Jakarta harus mahal agar bisa menikmati dan mengabadikan momennya dengan sempurna.