Mengenal J&T dan Cara Lacak Paket Terkini dengan Mudah

Lacak paket merupakan salah satu aktivitas yang belakangan ini sangat banyak dilakukan. Maraknya rutinitas belanja online tentu menjadi alasan utama dibalik tingginya minat masyarakat untuk lacak paket JNE maupun lacak paket Shopee Express dan yang lainnya. 

Berbanding lurus dengan kebutuhan tersebut, perusahaan ekspedisi juga menyediakan layanan yang praktis untuk hal tersebut. Hampir semua perusahaan ekspedisi menyediakan layanan untuk mempermudah konsumen melakukan aktifitas lacak paket dengan lebih mudah. 

Jika ingin melakukan aktivitas lacak paket J&T maupun lacak paket Ninja dan yang lainnya, maka pastikan resi pengiriman paket tersebut masih tersimpan dengan baik. Hal ini penting, sebab semua layanan ekspedisi akan mewajibkan konsumen menggunakan nomor resi sebagai persyaratan untuk pelacakan paket.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

J&T Menjadi Salah Satu Perusahaan Ekspedisi Terbesar 

loader

J&T Express merupakan perusahaan penyedia jasa ekspedisi yang sudah berdiri sejak tahun 2015 lalu. Perusahaan ini dikenal dengan nama PT. Global Jet Express dan sudah sejak lama dikenal di berbagai negara, seperti: Singapura, Thailand, Kamboja, Filipina dan yang lainnya. Bukan di negara lain, namun perusahaan ini mendirikan kantor pusat di bilangan Pluit, Kota Jakarta Utara

Kesuksesan J&T tentu tak bisa dipisahkan dari tangan dingin pendirinya, Jet Lee yang sempat menjadi SOE Oppo Indonesia dan juga Tony Chen yang tak lain adalah founder OPPO untuk urusan jasa pengiriman. Kerjasama keduanyalah yang pada akhirnya menjadi nama J&T, di mana ini merupakan singkatan nama keduanya, yakni Jet dan Tony.

Selain lacak paket J&T yang terbilang mudah dan praktis, perusahaan ekspedisi ini juga menyediakan banyak tempat drop point yang bisa dijangkau dengan mudah oleh para konsumennya. Konsumen bisa datang dengan mudah ke lokasi yang paling dekat dan melakukan pengiriman paket mereka dengan mudah. 

Hampir seluruh lokasi drop point ini juga buka dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 08.00 malam. Bukan hanya itu saja, kurir dan sebagian layanan drop point ekspedisi ini bahkan tetap buka dan bekerja di hari libur. Hal ini tentu akan mempermudah dan mempercepat proses pengiriman paket pelanggan.

Apa saja Layanan Pengiriman yang Dimiliki J&T?

J&T memiliki beberapa jenis layanan pengiriman yang berbeda, antara lain: 

1. J&T EZ

Ini merupakan layanan dengan jangkauan yang paling luas di J&T, bahkan sampai ke berbagai pelosok nusantara.  Meski bukan yang termurah, namun biaya pengiriman untuk jenis paket yang satu ini masih terjangkau, tidak terlalu murah dan tidak juga mahal, konsumen juga tetap bisa lacak paket J&T dengan mudah.

J&T EZ sendiri memiliki estimasi pengiriman yang tidak terlalu cepat, yakni sekitar 2-3 harian sejak paket diserahkan kepada kurir. Namun sebagaimana jenis paket lainnya, estimasi pengiriman ini tentu akan sangat tergantung pada lokasi serta jarak pengiriman paket itu sendiri. 

Jangkauannya yang terbilang luas membuat J&T EZ ini cukup banyak diminati oleh masyarakat luas. Hal ini juga tentu dipengaruhi oleh harganya yang terjangkau, termasuk proses lacak Paket J&T yang cukup mudah untuk dilakukan secara online oleh para konsumen, kapanpun mereka ingin memantau paketnya. 

2. J&T ECO

Ini merupakan layanan pengiriman J&T dengan biaya yang murah. Tarifnya yang terbilang murah tentu akan sesuai bagi konsumen yang hanya memiliki budget terbatas untuk mengirimkan paket mereka. Meski murah, pelanggan tetap bisa lacak paket J&T untuk memantau perjalanan paket yang mereka kirimkan. 

Sesuai dengan tarifnya yang ekonomis, layanan pengiriman J&T ECO tentu tidak akan secepat jenis paket lainnya. Estimasi waktu pengiriman untuk jenis paket yang satu ini sekitar 5-14 harian, tergantung pada lokasi dan juga jarak pengiriman paket itu sendiri. 

Bukan hanya itu saja, jangkauan J&T ECO juga lumayan terbatas dan tidak menjangkau seluruh pulau yang ada di tanah air. Pengiriman ini hanya memiliki jangkauan di beberapa wilayah saja, antara lain: Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Sumatera, dan Pulau Sulawesi saja sebagai jangkauan paling jauh untuk Indonesia wilayah Timur. 

3. J&T Super

Jika sudah pernah lacak paket J&T, maka sudah tentu paham jika jenis pengiriman yang satu ini jadi yang paling cepat. J&T super merupakan layanan pengiriman paling cepat dari ekspedisi tersebut, bahkan hanya membutuhkan waktu pengiriman sekitar 1-2 hari saja sejak paket diterima kurir. 

Jenis layanan ini tentu akan sangat cocok untuk konsumen yang membutuhkan pengiriman dalam kurun waktu yang cepat. Untuk pengiriman paket dalam kota yang sama dan diterima sebelum jam 10 pagi, maka akan sampai di hari yang sama. Sedangkan pengiriman beda kota sebelum jam 10 pagi, akan diterima paling lambat 48 jam saja. 

Namun sebagai paket dengan layanan paling cepat, biaya pengiriman paket J&T Super ini tentu lebih mahal, jika dibandingkan dengan jenis paket lainnya. Jangkauannya juga terbilang luas dan konsumen bisa lacak paket J&T untuk memantau pengiriman paket mereka dengan mudah. 

Baca Juga: 5 Cara Cek Resi JNE REG, YES, OKE, Jesika Anti Ribet!

Bagaimana Proses Pengiriman Paket J&T Express? 

Bagi para pelanggan ekspedisi, lacak paket JNE atau melakukan lacak paket Shopee Express tentu menjadi hal yang biasa. Konsumen kerap penasaran dengan detail proses pengiriman paket mereka, sehingga kerap melakukan lacak paket online untuk mengetahui hal tersebut. 

Jika mengirimkan paket lewat J&T, maka proses pengiriman paket akan berlangsung seperti berikut ini: 

  1. Konsumen melakukan pengiriman paket melalui drop point terdekat atau menggunakan layanan pick-up yang disediakan oleh J&T.
  2. Petugas maupun kurir yang bertugas menerima paket, sedangkan konsumen mendapatkan resi pengiriman paket tersebut. 
  3. Paket akan dikirimkan oleh kurir J&T ke gudang pusat terdekat, sesuai dengan lokasi pengiriman. Pada tahap ini, pihak J&T akan melakukan penyortiran seluruh paket, di mana setiap paket akan dipisahkan sesuai dengan jenis layanan serta tujuan pengirimannya. 
  4. Paket akan mulai dikirimkan menuju kota tujuannya dengan melewati sejumlah titik transit terlebih dahulu, sesuai dengan lokasi pengirim dan penerima paket tersebut.
  5. Paket diterima di drop point terdekat, sesuai dengan alamat penerimanya. 
  6. Paket diambil oleh kurir sprinter dan diantarkan ke alamat penerima, sesuai dengan resi yang tertera pada paket tersebut. 
  7. Paket diterima oleh penerimanya dan terkirim dengan sukses. 

Baca Juga:  6 Asuransi Pengiriman Terbaik di Indonesia

Cara Lacak Paket Ekspedisi Online 

loader

Cara Lacak Paket J&T

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk lacak paket J&T secara online: 

  • Kunjungi situs resmi J&T mengunakan smartphone atau laptop. 
  • Jika ingin lacak paket J&T, maka ketikkan nomor resi yang tertera pada resi pengiriman paket.
  • Klik “Track”, maka informasi mengenai perjalanan paket akan segera terlihat pada layar. 

Cara Lacak Paket JNE

Berikut ini adalah beberapa cara untuk lacak paket JNE dengan mudah secara online: 

  • Kunjungi situs resmi JNE menggunakan smartphone atau laptop.
  • Ketikkan nomor resi paket pada kotak yang tersedia untuk lacak paket JNE.
  • Klik “Search”, maka informasi detail/ lacak paket JNE akan tertera pada halaman tersebut. 

Cara Lacak Paket Shopee Express

Berikut ini adalah beberapa cara untuk lacak paket Shopee Express dengan mudah secara online: 

  • Kunjungi halaman resmi https://spx.co.id/m/ melalui smartphone atau laptop. 
  • Ketikkan nomor pelacakan/ resi pada kolom yang tersedia untuk lacak paket Shopee Express.
  • Klik “Lacak”, maka informasi pengiriman paket akan muncul pada layar. 

Cara Lacak Paket Ninja 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk lacak paket Ninja dengan mudah secara online: 

  • Kunjungi halaman https://www.ninjaxpress.co/id-id/tracking untuk lacak paket Ninja melalui smartphone atau laptop
  • Ketikkan nomor tracking id paket untuk bisa lacak paket Ninja
  • Klik “Lacak Paket”, maka informasi tentang pengiriman paket akan muncul pada layar. 

Lacak Paket dengan Mudah dan Cepat 

Mengirim paket melalui ekspedisi merupakan kebutuhan untuk sebagian besar orang belakangan ini. Lakukan pengiriman paket melalui layanan ekspedisi yang tepat, sehingga paket bisa terkirim dengan baik. Untuk memantau proses pengiriman, lakukan pelacakan paket secara online dengan mudah dan cepat kapanpun kamu menginginkannya.

Baca Juga: Rekomendasi Barang yang Cocok Dibeli dengan PayLater