Kenali Tentang Lagu Jazz yang Mempunyai Banyak Penggemar dan Irama yang Menenangkan

Jazz merupakan salah satu genre musik yang memiliki banyak penggemar. Hingga saat ini, jazz terus berkembang mengikuti arus musik populer modern tanpa meninggalkan “akar” yang menjadi ciri khasnya. 

Jika dilihat dari sejarahnya, kemunculan jazz pertama kali tercatat pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20. Jazz merupakan perpaduan elemen musik dari berbagai budaya. Namun, banyak yang berpendapat bahwa jazz merupakan cabang dari blues dan ragtime.

Sama seperti genre musik lainnya, jazz memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda. Misalnya, adanya improvisasi di berbagai bagian lagu, ritme yang dinamis, harmoni yang kompleks, dan penggabungan antara berbagai instrumen, termasuk bass, terompet, bass, drum, dan gitar.

Hingga saat ini, jazz pun terus mengalami perkembangan yang dinamis. Sebagai salah satu genre musik yang terbilang “santai”, banyak orang yang menganggap jazz sebagai musik yang menenangkan dan bisa memberikan nuansa positif. 

Baca Juga: Ost Anime Terbaik yang Wajib Didengarkan

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Alasan Jazz Jadi Musik yang Menenangkan

loader

Lagu Jazz

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik dianggap sebagai cara menghibur diri atau untuk menemani aktivitas sehari-hari. Sebagian lagi suka musik karena merasa mendapat ketenangan saat, seperti saat mendengar jazz. 

Jazz dikenal sebagai salah satu genre musik yang dapat menenangkan. Salah satu alasannya adalah karena iramanya yang lembut dan terdengar santai, meski dengan ritme yang kompleks dan aransemen yang rumit. 

Berikut 5 alasan yang membuat jazz dianggap sebagai musik yang menenangkan:

  1. Irama dan flow yang lembut

    Kebanyakan lagu jazz diramu agar menghasilkan irama yang lembut dan nyaman di dengar. Setiap nada yang memiliki flow yang halus dengan harmoni yang kaya. 

    Perpaduan keduanya menciptakan harmoni yang easy listening. Meski kamu bukan pecinta aliran musik ini, tak sulit untuk menikmati lagu-lagu jazz pada situasi apapun. 

  2. Improvisasi

    Salah satu elemen yang menjadi ciri khas jazz adalah improvisasi. Hal ini dianggap kebebasan musisi untuk mengekspresikan emosi melalui lagu. 

    Dengan ketidakterdugaan, jazz dapat membantu pendengarnya mengalihkan pikiran kamu saat bagian improvisasi terdengar. Hasilnya, hal-hal yang ada dipikiran sedikit terlupakan dan menurunkan rasa cemas. 

  3. Ritme yang santai

    Jazz juga identik dengan ritme yang tidak terlalu cepat sehingga membuat suasana lebih santai. Kondisi ini dapat menurunkan detak jantung dan menenangkan sistem saraf. 

    Jika suasana sudah santai, suasana akan lebih rileks. Tak heran jika lagu jazz menjadi andalan dan cocok ketika membutuhkan atmosfer yang santai dengan pace aktivitas yang lebih pelan.

  4. Efek relaksasi 

    Mendengarkan musik jazz dapat merangsang tubuh untuk merespons sistem relaksasi. Hal ini meliputi menurunkan tekanan darah dan meningkatkan alirannya ke otak yang dapat membantu mengurangi stres dan membuat perasaan lebih tenang. 

    Dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa jazz dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak dan lelap. Irama jazz dan lambat. seperti musik klasik, dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga membuat tubuh lebih cepat mengantuk. 

  5. Musikalitas yang kompleks

    Meskipun irama yang terdengar membuat rileks, nyatanya jazz merupakan salah satu aliran musik yang kompleks. Not yang rapat serta vokal yang enak didengar berpadu dengan sangat baik dengan alunan instrumen yang menghasilkan harmoni. 

    Namun, kekompleksan inilah yang juga membuat jazz menyenangkan untuk didengar. Meski banyak hal yang terjadi pada sebuah lagu, jazz bisa menghasilkan irama yang menenangkan dan enak didengar. 

    Itulah lima alasan yang membuat jazz menjadi salah satu aliran musik yang dianggap menenangkan. Ritme yang pelan dengan vokal yang syahdu memang kombinasi yang tepat untuk menemanimu saat bersantai. 

    Baca Juga: 15 EDM Music yang Wajib Didengar, Beat-nya Bikin Semangat

Rekomendasi Lagu Jazz Terbaik yang Wajib Didengar

loader

Rekomendasi Lagu Jazz

Sejak awal kemunculannya, musisi jazz selalu menghadirkan karya-karya yang memukau. Setiap lagu yang diperdengarkan memiliki ciri khas dengan harmoni yang berkelas. 

Tertarik untuk mendengarkannya? Berikut 8 lagu jazz yang wajib kamu dengar. Beberapa lgu bahkan sangat dihormati dan memberikan pengaruh yang kuat bagi perkembangan jazz, bahkan diagungkan hingga saat ini. Simak ulasannya!

  1. Miles Davis dan John Coltrane - Kind of Blue

    loader

    Kind of Blue merupakan salah satu lagu dari album berjudul sama karya Miles Davis. Secara keseluruhan, Kind of Blue sendiri merupakan album paling berpengaruh dalam sejarah musik jazz. 

    Berkolaborasi dengan John Coltrane, Kind of Blue menyuguhkan lagu yang amat emosional dengan harmonisasi dan inovasi yang belum banyak diketahui orang saat itu. Melodi-melodi yang diperdengarkan sederhana, tapi memberikan kesan yang sangat kuat berka permainan instrumen yang berkelas.

    Sejak saat itu, bahkan hingga sekarang, Kind of Blue menjadi salah satu pedoman aliran jazz dan dihargai sebagai salah satu karya terbaik. Lagu ini membuat jazz lebih dikenal lagi dengan lagu yang memikat. 

  2. Billie Holiday - Strange Fruit

    loader

    Salah satu lagu paling ikonik dalam sejarah musik jazz, lagu ini diperkenalkan pertama kali pada 1939. Strange Fruit dianggap sebagai simbol perlawanan terhadap isu rasisme yang terjadi di Amerika pada saat itu. 

    Lirik yang puitis dibawakan dengan sangat emosional oleh Billie Holiday demi menggambarkan kesedihan dan ketidakadilan. Masih menerima banyak pro dan kontra, karya ini membuat Billie menerima banyak penghargaan. 

    Dengan revolusi yang sangat kental, Strange Fruit pun dianggap sebagai salah satu lagu paling berpengaruh. Tak heran banyak penggemar musik, khususnya jazz, yang menghormati karya Billie hingga saat ini. 

  3. Ella Fitzgerald dan Louis Armstrong - Summertime

    loader

    Lagu yang merupakan hasil penafsiran dari Porgy and Bess ini juga menjadi pioner dalam perkembangan jazz. Lagu ini disebut memiliki musikalitas yang mengesankan dengan nuansa romantis yang enak di dengar. 

    Suara indah Ella berpadu dengan vokal Louis yang khas membuat lagu ini terasa sangat eksperimental. Summertime juga membawa pesan yang mendalam tentang arti hidup dan kesederhanaan. 

    Summertime menjadi salah satu lagu yang memiliki pengaruh kuat dalam budaya jazz populer. Jika kamu menyukai jazz, lagu ini harus masuk playlist dan wajib didengarkan. 

  4. Duke Ellington dan John Coltrane - In a Sentimental Mood

    loader

    Dibawakan oleh dua legenda jazz, In Sentimental Mood sudah pasti diracik dengan perpaduan musikalitas yang tinggi dan harmoni yang elegan. Tak heran jika lagu ini menjadi salah satu jazz klasik menginspirasi musisi hingga saat ini. 

    Melodi yang indah dibalut dengan permainan saxophone membuat lagu ini penuh dengan perasaan melankolis dan romantis. Alunan melodi yang lembut diisi dengan improvisasi yang tepat dan tidak berlebihan,

    In a Sentimental Mood bisa dibilang sebagai contoh sempurna dari kolaborasi dua musisi besar. Lagu ini juga sukses mendapat tanggapan yang positif dari para penggemar dan kritikus berkat keindahannya. 

  5. Fats Waller - Ain’t Misbehavin

    loader

    Lagu jazz klasik yang populer pada masanya ini ditulis oleh Fats Waller dan dirilis pada 1929. Dengan melodi piano yang khas, Ain’t Misbehavin menjadi salah satu lagu jazz paling populer dan dikenal banyak penikmatnya. 

    Dibawakan dengan alunan piano yang ceria, lagu ini menggambarkan suasana yang ceria dan mengajak pendengarnya seakan ingin berdansa. Fats juga memberikan elemen ragtime dan stride yang khas sehingga membuat lagu ini sangat kaya. 

    Hingga saat ini, Ain’t Misbehavin masih sering diperdengarkan dan menjadi salah satu lagu jazz terbaik. Permainan piano Fats yang flawless juga kerap menjadi inspirasi banyak musisi jazz dalam berkarya. 

  6. Brian Culbertson - You’re Magic 

    loader

    You’re Magic merupakan salah satu karya Brian Culbertson yang menyita perhatian. Sebagai musisi kontemporer, Brian menunjukkan keterampilan bermain instrumen dan menggabungkan elemen R&B sehingga lagu ini memiliki kesan yang unik. 

    Irama yang diperdengarkan cukup ringan dan menenangkan. Penggunaan keyboard dan piano pada lagu ini menggambarkan konsep cinta dengan nuansa yang positif.

    Jika kamu suka jazz dan R&B, lagu ini cocok untuk didengar. Meski diproduksi secara modern, You’re Magic tetap mempertahankan melodi piano akustik yang justru memberikan nilai lebih untuk keseluruhan lagu. 

  7. Benny Goodman - Sing, Sing, Sing

    loader

    Benny Goodman menunjukkan kemahirannya sebagai pemain klarinet dengan memasukan instrumen ini ke dalam Sing, Sing, Sing. Tak hanya itu, lagu ini juga memberikan ruang untuk instrumen lain, termasuk solo drum, untuk memberikan kesan yang mendalam bagi pendengar.

    Dari segi musikalitas, Sing, Sing, Sing menampilkan unsur swing yang khas dan ritme yang rapat. Meski dengan lirik yang sederhana, lagu ini mampu membuat pendengarnya tertarik untuk berdansa dengan irama yang energetik. 

    Benny sukse membuat lagu menjadi salah satu ikon musik jazz. Jika kamu butuh lagu untuk menambah semangat, Sing, Sing, Sing sangat cocok untuk didengarkan. 

  8. Boney James - Tick Tock 

    loader

    Sebagai salah satu musisi jazz berbakat, Boney berhasil menciptakan Tick Tock yang banyak disukai orang. Menampilkan kemahirannya bermain saxophone. Tick Tock memiliki nuansa yang santai dan memberikan efek menyenangkan bagi pendengarnya. 

    Aransemen lagu juga dibuat dengan baik sehingga setiap instrumen mendapatkan highlight. Meski tanpa vokal. keindahan melodi dan improvisasi yang dihadirkan membuat Tick Tock memberikan kesan serta emosi yang kuat. 

    Itulah 8 lagu jazz yang wajib kamu dengarkan. Setiap lagu memiliki keunikan dan daya tarik masing-masing dan sangat enjoyable. Mana yang akan kamu dengar dulu?

Uniknya Jazz: Musik yang Menenangkan dengan Kompleksitasnya

Hingga saat ini, music jazz masih menjadi favorit banyak orang dan terus mengikuti modernisasi arus perubahan musik. Meski mulai muncul jazz kontemporer atau modern, jazz tidak akan pernah meninggalkan akarnya.

Tidak sulit untuk menjadikan jazz sebagai salah satu lagu favorit. Sebab, genre musik ini memang sangat easy listening dan nyaman didengar. Kamu setuju?

Baca Juga: Rekomendasi Novel Wattpad yang Wajib Dibaca