Langka dan Super Indah, Ini Dia 10 Jenis Ikan Hias Termahal di Dunia

Ikan hias selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi peminatnya, terutama untuk ikan hias yang terbilang langka dan sulit ditemukan. Pada dasarnya ikan hias ini dibedakan menjadi 2 jenis, yakni: ikan hias air asin (laut) dan juga ikan hias air tawar. Kedua jenis ikan hias ini tentu akan memiliki karakter dan juga cara perawatan tersendiri, termasuk jenis pakan yang bisa dikonsumsi. 

Namun secara garis besar, memelihara ikan hias air asin memang lebih rumit, jika dibandingkan dengan ketika memelihara ikan hias air tawar. Dari berbagai hal menarik terkait ikan hias ini, harganya yang mahal tentu menjadi sesuatu yang tidak bisa dilupakan, bukan? 

Ada banyak jenis ikan hias yang populer dan dicari di pasaran, beberapa di antaranya bahkan dihargai sangat tinggi. Tidak tanggung-tanggung, beberapa jenis ikan hias bahkan dijual dengan harga milyaran. 

Jika melihat kenyataan ini, menjadikan ikan hias sebagai hobi yang menghasilkan uang tentu sangat layak untuk dipertimbangkan. Selain mendapatkan kesenangan, keuntungan yang besar juga bisa diharapkan dari aktivitas yang satu ini. Berikut adalah beberapa jenis ikan hias termahal yang pernah diperjual-belikan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Arwana Platinum (Rp5,5 Milyar)

loader

Menjadi ikan hias paling langka dan banyak diminati, Arwana Platinum saat ini menjadi jenis ikan hias yang paling mahal di dunia. Jenis ikan air tawar yang bisa ditemukan di perairan Afrika, Amerika Serikat hingga Asia Tenggara ini memiliki harga yang sangat paling fantastis untuk saat ini. Bukan hanya itu saja, Arwana Platinum bahkan biasanya memiliki chip khusus di dalam tubuhnya, peralatan ini ditanam dengan tujuan untuk membedakannya dari ikan lainnya.

2. Peppermint Angelfish (Rp400 Juta)

loader

Ikan hias yang satu ini menjadi salah satu yang terlangka, bahkan diperlihatkan untuk terakhir kalinya di tahun 2012 kepada khalayak ramai. Corak unik berwarna garis merah dan putih di tubuhnya membuat Peppermint Angelfish begitu menarik, ditambah lagi dengan tingkat kesulitan mendapatkannya yang harus menggunakan kendaraan khusus yang bisa mencapai kedalaman tertentu di bawah laut. 

Baca Juga: Bisa Seharga Satu Rumah Mewah, Ini Dia Deretan Video Games Paling Langka dan Termahal di Dunia

3. Bladefin Basslet (Rp135 Juta)

loader
Bladefin Basslet via plugon.us

Memiliki ukuran rata-rata 1,5 inchi saja, Bladefin Basslet memang begitu mungil dan tentunya sulit ditangkap. Ikan ini bisa ditemukan di perairan dalam sekitar Karibia dan biasanya hanya hidup di celah-celah karang yang terdapat di dasar laut saja. Untuk membawa pulang ikan hias yang mungil ini.

4. Golden Basslet (Rp110 Juta)

loader
Golden Basslet via reeflex.net

Ikan laut yang tergolong pemalu ini bisa ditemukan di sekitar perairan Pasifik dan juga Atlantik. Sifatnya yang pemalu membuatnya betah berlama-lama di tempat persembunyian, sehingga semakin sulit untuk ditemukan. Untuk mendapatkan Golden Basslet biasanya akan dibutuhkan perangkap yang dibuat secara khusus.

5. Neptune Grouper (Rp80 Juta)

loader
Neptune Grouper via reefbuilders.com

Neptune Grouper merupakan ikan hias yang hidup di laut yang dalam, meskipun sesekali bisa ditemukan di area yang sedikit dangkal. Ikan ini memiliki corak yang beragam, bahkan bisa berbeda ketika masih muda dan ketika sudah dewasa. Jika di usia muda ikan ini bercorak kekuningan dan juga oranye, maka ketika dewasa corak ini akan berubah menjadi merah kekuningan.

6. Nami Green Arowana (Rp70 Juta)

loader
Nami Green Arowana via youtube.com

Meski tidak menjadi jenis arwana yang paling langka, Nami Green Arowana juga sudah mengalami penurunan populasi yang sangat tinggi saat ini. Ikan air tawar yang tadinya cukup banyak ditemukan di perairan air tawar Asia ini sudah semakin sulit ditemukan, karena banyak yang menjadikannya target buruan. Hal ini juga membuat harganya semakin tinggi di pasaran.

7. Australian Flathead Perch (Rp67 Juta)

loader
Australian Flathead Perch via reeflex.net

Menjadi salah satu ikan hias yang sulit ditangkap, Australian Flathead Perch memang lebih senang bersembunyi di celah karang. Ikan ini bahkan hanya akan keluar sesaat saja, yakni ketika mereka sedang mencari makan.  Jika ingin mendapatkannya, menyelam ke dasar laut adalah hal yang tidak bisa ditawar. Dengan tingkat kesulitan seperti ini, wajar saja jika harga Australian Flathead Perch ini bisa semahal itu.

Baca Juga: Mencapai Triliunan Rupiah, Ini Dia Deretan Film dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia

8. Wrought Iron Butterflyfish (Rp32 Juta)

loader

Ikan yang hanya berukuran sekitar 6 inchi ini termasuk jenis ikan mungil dan pada umumnya mudah ditemukan di perairan Jepang. Tergolong ke dalam jenis Butterflyfish, Wrought Iron Butterflyfish juga terbilang lincah dan gerakannya begitu menarik.  Wrought Iron Butterflyfish memiliki warna dasar hitam keabu-abuan dengan tambahan garis yang berwarna kuning terang di sekitar area siripnya.

9. Clarion Angelfish (Rp30 Juta)

loader

Ikan hias yang satu ini bisa ditemukan di area pantai lepas Pasifik Meksiko, Kepulauan Revillagigedo, tepatnya di sekitar pulau Cipperton yang terpencil. Meski ukurannya terbilang kecil, Clarion Angelfish memang memiliki warna yang cantik dan cerah, sehingga sangat menarik minat para kolektor. Untuk memelihara ikan ini, dibutuhkan izin resmi dari pemerintah Meksiko.

10. Candy Basslet (Rp14 Juta)

loader

Ikan hias air asin ini bisa ditemukan di sepanjang Pantai Curacao di perairan Karibia. Ikan langka ini termasuk dalam kelompok ikan hias yang kaya akan warna yang sangat beragam, namun terbilang sulit ditemukan. 

Kemampuannya yang baik dan senang bersembunyi di antara celah karang membuat Candy Basslet hanya bisa ditemukan di titik tertentu saja. Bahkan untuk mendapatkannya, dibutuhkan perjuangan yang kuat untuk menyelam ke bawah lautan. Namun saat ini Candy Basslet sudah mulai dibudidayakan, sehingga bisa dibeli langsung pada penangkarnya.

Baca Juga: Ada yang Sampai Puluhan Juta Rupiah, Ini Dia 10 Aplikasi Android Termahal di Dunia