5 Langkah Renovasi Kamar Tidur ala Korea dengan Budget Rp800 ribuan

Memiliki kamar nyaman tentu akan menjadi hal menyenangkan dan bisa bikin betah pemiliknya. Namun, kondisi kamar yang seperti ini tidak dimiliki oleh semua orang, barangkali kamu salah satunya. Seringkali kamar dipenuhi dengan berbagai barang yang membuatnya jadi sumpek. Bukan hanya itu saja, kondisi kamar yang tidak pernah berubah juga bisa membuat area tersebut terasa membosankan.

Jika ingin mengubah suasana kamarmu, tidak ada salahnya untuk melakukan renovasi kecil-kecilan. Pilih konsep ala Korea untuk membuat tampilan kamar baru dan lebih segar. Tidak selalu mahal, jika dilakukan dengan cara yang tepat, renovasi ini hanya perlu budget Rp800 ribuan saja. Ubah tampilan kamar jadi lebih modern dan segar, agar kamu betah berlama-lama di sana.

Berikut ini adalah beberapa langkah renovasi dengan budget Rp800 ribuan, yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan kamar tidurmu.

Baca juga: Biaya Sulap Rumah Jadi Ruangan Kerja, Cek Di Sini!

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Cara Renovasi Kamar ala Korea

  1. Cat Kembali Dinding Kamar

    loader

    Cat Kamar Tidur

    Warna cat kamar akan sangat mempengaruhi suasana yang tercipta di dalamnya. Warna yang cerah pada umumnya akan membuat tampilan kamar jadi lebih segar. Namun, jika menginginkan konsep Korea, mengubah seluruh warna dinding kamar menjadi putih adalah hal pertama yang perlu dilakukan.

    Tampilan kamar yang keseluruhannya berwarna putih bersih akan memberi kesan luas dan nyaman di dalam kamar. Belilah 2 kaleng cat tembok yang berwarna putih. Gunakan saja kuas atau perlengkapan yang sudah ada, agar biaya untuk kebutuhan ini bisa ditekan. Lakukan pengecatan ini sendiri, agar lebih hemat biaya. Cat seluruh permukaan dinding dengan teliti, sehingga hasilnya bisa rapi.

  2. Ubah Tampilan Kaca Nako

    loader

    Ubah Tampilan Kaca

    Jendela yang menggunakan kaca nako memang bisa membuat tampilan kamar menjadi kurang menarik. Namun, mengubah jendela ini tentu akan membutuhkan budget yang besar, jadi urungkan saja. Kamu hanya perlu mengubah tampilan jendala nako tersebut, agar memiliki kesan modern dan tidak kaku. Lakukan pengecatan kusen jendela dengan menggunakan cat khusus untuk kayu. Pilih warna cat yang putih, agar kusen ini tampak menyatu dengan keseluruhan ruangan.

    Untuk mendapatkan kesan modern yang lebih maksimal, ganti juga tirai jendelamu. Jika selama ini kamu menggunakan tirai dari kain, sudah saatnya untuk mengganti tirai tersebut. Belilah sebuah tirai WPC yang praktis dan modern. Pastikan ukuran tirai sesuai dengan ukuran jendela, agar produk tersebut bisa digunakan dengan baik.

  3. Buat Tempat Penyimpanan dan Rak

    loader

    Buat Rak

    Barang-barang yang tergeletak di lantai juga akan membuat kesan berantakan pada kamar tidur. Menata barang pada rak penyimpanan yang simpel akan jauh lebih baik dan bisa membuat kamar terlihat lebih rapi. Buat beberapa wadah penyimpanan dengan menggunakan kardus bekas atau yang lainnya. Manfaatkan juga dinding untuk urusan yang satu ini.

    Pasanglah beberapa rak dinding yang bisa dimanfaatkan untuk memajang dan sekaligus menyimpan berbagai barangmu. Kamu bisa membuat rak ini dengan menggunakan kayu bekas. Maka, kamu hanya perlu membeli beberapa pasang braket besi saja untuk membuatnya. Rak dinding seperti ini akan menghemat banyak ruang di dalam kamar, apalagi jika ternyata kamu memiliki banyak barang-barang kecil yang berantakan.

  4. Ganti Lantai Kamar

    loader

    Ganti Lantai

    Mengubah lantai kamar juga bisa memberi kesan yang baru di dalam kamar tidur. Lantai keramik yang putih biasanya akan memberi kesan kaku dan monoton, jadi cobalah ubah dengan menggunakan karpet saja. Pilih karpet bermotif dengan warna netral, seperti motif kayu atau yang lainnya.

    Karpet bermotif seperti ini juga bisa dibeli secara online, agar kamu bisa menemukan lebih banyak pilihan. Harganya memang terbilang mahal, namun tentu akan sesuai dengan manfaat yang bisa didapatkan. Beli karpet sesuai dengan ukuran kamar, agar benar-benar bisa terpasang dengan sempurna.

  5. Pasang Dekorasi Baru

    loader

    Pasang Dekorasi

    Jangan lupa untuk membeli dekorasi kamar yang baru, agar tampilan kamar jadi lebih menarik. Beberapa dekorasi tanaman hias atau lampu tidur yang unik akan membuat kamar jadi lebih indah. Tata kembali kamarmu menjadi lebih rapi dan pasanglah beberapa dekorasi untuk membuat tampilannya jadi lebih segar. Dijamin, kamar ini akan membuatmu nyaman dan betah berlama-lama.

Baca juga: Menghitung Rincian Biaya Renovasi Rumah dan Tipsnya

Biaya Renovasi Kamar ala Korea

Berikut ini adalah rincian biaya yang dibutuhkan untuk renovasi.

  • Cat tembok (2 kaleng) : Rp130.000
  • Cat kayu : Rp10.000
  • Tirai WPC : Rp90.000
  • Braket besi (10 buah) : Rp50.000
  • Karpet : Rp190.000
  • Dekorasi kamar : Rp330.000

Total : Rp800.000

Renovasi Kamar Tidurmu Jadi Lebih Rapi dan Nyaman

Melakukan renovasi menjadi salah satu cara terbaik untuk mengubah suasana dan tampilan kamar tidur. Hal ini tidak akan membutuhkan banyak biaya, apalagi jika dilakukan dengan langkah tepat. Renovasi kamarmu ala Korean Style, agar nyaman dan terlihat rapi.

Baca juga: Tips Sulap Rumah yang Mau Dijual Tanpa Renovasi, Cuma Butuh Tenaga