Lebih Canggih dari Zoom, Facebook Luncurkan Fitur Video Call sampai 50 Orang

Semenjak adanya imbauan kerja dari rumah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona oleh banyak perusahaan sampai saat ini beberapa aplikasi online yang bisa mendukung kegiatan kerja dari rumah menjadi sangat populer.

Aplikasi video call seperti google hangout, skype dan zoom kebanjiran pengguna baru berkali-kali lipat semenjak musim pandemi coronavirus.

Kebutuhan fitur video call yang bisa melakukan video conference call lebih dari 10 orang menjadi sangat penting demi menjaga stabilitas workflow terutama untuk urusan komunikasi antar sesama rekan kerja dan klien di perusahaan-perusahaan yang sedang mewajibkan karyawannya untuk kerja dari rumah.

Tidak ingin ketinggalan, Facebook pun ikutan menambahkan fitur baru pada aplikasi video call dan chatnya Facebook Messenger yaitu Messenger Rooms. Dengan fitur baru dari facebook ini, pengguna bisa membuat video chat room yang bisa mengajak hingga 50 orang untuk bergabung dengan video group call si pengguna.

Diluncurkan secara resmi pada tanggal 24 April 2020, fitur baru video group call ini juga tidak memiliki time limit dan siapa saja bisa bergabung kedalam video group call Facebook Messenger walaupun tidak memiliki akun facebook sebelumnya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kelebihan Facebook Messenger Rooms

facebook messenger

Selain bisa mengundang hingga 50 orang untuk bergabung ke video gorup call, berikut beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh Facebook Messenger Rooms:

  • Perlindungan privasi Messenger Rooms yang mencakup kemampuan untuk mengontrol siapa yang melihat video grup call Anda, dan dapat mengunci atau membukanya sesuka hati. Dengan ini kamu bisa mem-filter siapa saja yang boleh bergabung kedalam messenger rooms kamu.
  • Untuk mengundang orang yang tidak memiliki akun Facebook kedalam grup video call, Anda dapat berbagi tautan dengan mereka. Anda juga dapat berbagi video grup call di facebook melalui news feed, groups dan events agar orang-orang yang melihat tautan Anda bisa mampir ke video group call messenger rooms Anda.
  • Anda bisa membuat dan bergabung video group call Facebook Messenger Rooms baik dengan handphone atau komputer Anda tanpa harus mendownload perangkat tambahan lain.
  • Jika memiliki aplikasi Messenger, Anda dapat bermain dengan efek AR seperti telinga kelinci, dan fitur bertenaga AI baru seperti latar belakang 360 imersif.
  • Dengan aplikasi Messenger Anda juga bisa menikmati 14 filter kamera dan stiker serta latar belakang bertema berkemah dan ulang tahun agar aktivitas video group call Anda menjadi lebih seru.

Baca Juga: Cara Cepat dan Aman Gadai Barang Online Melalui Pegadaian Digital

Cara Membuat Video Group Call di Facebook Messenger Rooms

facebook messenger

Setelah tersedia di area Anda, inilah cara membuat video grup chat di Facebook Messenger Rooms dari ponsel atau komputer Anda:

1. Download aplikasi Messenger

Untuk smartphone Android di Google Play Store, untuk iOS di AppStore. Untuk PC aplikasi bisa didownload di App Store Windows untuk Desktop Windows dan di App Store Apple untuk Dekstop Mac iOS.

Note: untuk dekstop windows, aplikasi facebook messenger hanya bisa didownload untuk PC yang sudah menggunakan sistem windows 10.

2. Buka aplikasi Messenger.

3. Ketuk tab people di kanan bawah layar.

4. Ketuk create room, dan pilih orang yang ingin Anda gabung.

Jika rooms untuk video group call Anda sudah jadi, akan ada pilihan untuk video group call dengan status terbuka sehingga siapa saja bisa masuk dan keluar video grup chat atau dikunci dimana orang-orang yang bisa bergabung ke dalam video group chat terbatas hanya pada yang diundang saja.

Baca Juga:  Lagi Nganggur saat Corona? 6 Perusahaan Ini Buka Lowongan Kerja

Makin Canggih, Kerja dari Rumah karena Covid-19 semakin Mudah

Dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh internet saat ini, sekarang bekerja dari rumah semakin gampang saja. Urusan pekerjaan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di kantor seperti meeting dengan tim divisi atau klien sekarang bisa dengan mudahnya dilakukan dengan berbagai aplikasi video group call yang ada saat ini.

Nah, agar job desk  yang lain dan komunikasi dengan rekan kerja tetap berjalan dengan baik jangan lupa untuk persiapkan kebutuhan bekerja dari rumah Anda dengan baik seperti jaringan internet yang stabil dan suasana kerja di rumah yang nyaman agar daya fokus bekerja tidak terganggu.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2020 Resmi Dilarang, Awas Ada Denda hingga Rp100 juta