Liburan Aman di Tengah Pandemi, Simak 10 Tren Wisata 2021 Ini

Hampir semua kalangan butuh liburan untuk merefresh kembali pikiran dan tubuh setelah sibuk bekerja, belajar atau beraktivitas lainnya. Hal ini membuat pariwisata menjadi salah satu sektor yang tak pernah ada habisnya. Apalagi jika weekend atau hari libur sekolah tiba, berbagai tempat wisata akan penuh pengunjung.

Namun, tak ada yang bisa menyangka bahwa di tahun 2020, kemarin, sektor pariwisata Indonesia redup dengan cepat karena adanya pandemi Covid-19. Pemerintah terpaksa menutup semua tempat wisata untuk sementara waktu guna memutus penyebaran virus corona tersebut.

Kini, sudah memasuki tahun 2021. Meski virus Covid-19 masih mewabah, sektor pariwisata dalam negeri sudah mulai pulih kembali. Beberapa tempat wisata sudah buka kembali dan traveler domestik mulai mempertimbangkan rencana liburan di tahun 2021.

Berkaca dari pandemi Covid-19, tentunya traveler menginginkan liburan yang aman dengan penerapan protokol kesehatan, tapi tetap mengasyikan. Alhasil, belakangan ini muncul beberapa gaya liburan masyarakat dan diprediksi akan menjadi tren wisata di 2021.

Agar tak penasaran dan traveler bisa menikmati liburan yang aman, berikut beberapa tren wisata domestik yang akan booming di sepanjang tahun 2021.

 

10 Tren Wisata Domestik di 2021

1. Mengunjungi Alam

loader
Mengunjungi alam

Jika sebelumnya kebanyakan orang menghabiskan liburannya dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang kekinian atau instagramable, tapi sepertinya gaya wisata seperti ini akan menurun pamornya. Hal ini dikarenakan, ruang tempat wisata yang terbatas membuat kebanyakan orang masih takut dengan penyebaran virus.

Maka dari itu, traveler akan merencanakan liburan di tahun 2021 ini dengan tujuan wisata alam yang memiliki ruang terbuka dengan suasana sekitar tempat wisata yang sangat asri. Tempat wisata seperti ini tertuju pada pegunungan, pantai, air terjun, dan pedesaan.

2. Liburan Bersama Keluarga

Sudah menjadi hal yang sangat lumrah kalau ingin liburan pasti sebagian besar traveler bergabung dengan agen travel. Traveler beranggapan, dengan menggunakan jasa agen travel, liburan menjadi lebih praktis dan waktu ke setiap tujuan tempat wisata sudah terjadwalkan dengan baik.

Namun, dikarenakan agen travel ini akan bercampur dengan wisatawan lain, hal ini membuat traveler menjadi takut karena rentan dengan penularan virus penyakit. Akhirnya, liburan bersama keluarga inti (orangtua, suami/istri dan suadara kandung) akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Dengan begitu, traveler bisa menikmati liburan tanpa rasa takut terserang virus penyakit.

Baca Juga: Tips Liburan Aman dan Tetap Asik di Era New Normal

3. Liburan Singkat

Menikmati liburan hingga semingguan lebih memang sangat menyenangkan. Akan tetapi, jika pandemi Covid-19 ini masih mewabah, sebaiknya jangan dilakukan. Tentukan masa liburan dengan waktu yang singkat.

Jika biasanya, Anda dan keluarga pergi liburan ke suatu kota bisa seminggu lamanya, maka untuk sementara waktu sebaiknya 3-4 hari saja. Liburan singkat di masa pandemi ini guna lebih aman karena minim resiko penularan virus.

4. Perjalanan Wisata dengan Kendaraan Pribadi

Menggunakan pesawat terbang dan kereta ketika ingin pergi ke kota wisata memang lebih praktis dan cepat sampai. Akan tetapi, naik transportasi umum tersebut memiliki resiko tinggi terhadap penularan virus karena pasti adanya kerumunan penumpang saat memasuki pesawat atau kereta.

Untuk menghindari hal ini, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi jika tujuan wisata masih antar kota. Selain lebih aman, Anda juga bisa lebih menikmati pemandangan selama perjalanan ke kota wisata tujuan.

5. Staycation

loader
Staycation

Masih takut karena virus Covid-19, tapi tetap ingin merasakan liburan? Tak perlu khawatir, Anda bersama pasangan atau keluarga bisa menikmati liburan dengan staycation di hotel dalam kota. Anda bisa merencanakan staycation ini di beberapa hotel yang berbeda. Agar lebih terasa liburannya, pilihlah hotel yang memiliki nuansa unik.

6. Cukup 1-2 Kali Liburan

Sederet tanggal merah, cuti kerja, libur sekolah menjadi waktu yang tepat untuk traveling. Hal ini membuat intensitas liburan menjadi lebih sering dalam satu tahunnya.

Dikarenakan kondisi masih pandemi dan tidak aman untuk kesehatan, sebaiknya ditahun ini cukup lakukan liburan 1-2 kali saja. Selebihnya bersabar, hingga virus Covid-19 telah dinyatakan sirna di Indonesia.

7. Berkunjung ke Tempat Wisata Baru

Tempat wisata yang sudah terkenal atau viral di tengah masyarakat sudah pasti akan ramai dengan pengunjung dari berbagai daerah di saat waktu liburan tiba. Situasi ini membuat para traveler memiliki resiko lebih tinggi akan tertularnya virus penyakit.

Untuk itu, traveler lebih memilih eksplorasi ke tempat wisata yang baru dan belum ramai pengunjung. Meski lebih sepi, Anda tetap bisa menikmati liburan dengan rasa aman.

Baca Juga: Tempat Wisata di Lembang yang Oke Banget Dikunjungi saat Liburan

8. Wisata Terdekat

Berkunjung ke tempat wisata yang lokasi jauh atau berada di kota lain memang membuat perjalanan jadi lebih seru dan mengasyikan. Namun, lokasi wisata yang jauh membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di tujuan. Selama perjalanan ini memiliki risiko yang tinggi karena rentan dengan virus.

Sebaiknya, pilihlah tempat wisata yang lokasinya dekat dengan rumah Anda. Kalaupun harus pergi ke tempat wisata yang berada di kota lain, traveler perlu memastikan kesehatan tetap terjaga dengan baik selama perjalanan wisata.

9. Liburan Virtual

Sebagian besar traveler tak ingin mengambil risko dengan liburan ke berbagai tempat wisata karena masih pandemi. Namun, traveler masih bisa menikmati liburan, yaitu liburan virtual di rumah.

Sekarang ini banyak para operator pariwisata tanah air yang memberikan pelayanan baru dengan menghadirkan tur wisata virtual di tempat wisata tertentu. Bahkan, liburan virtual ini ada yang gratis hingga berbayar.

Anda hanya tinggal cari informasi di internet atau media sosial mengenai liburan virtual ini, kemudian registrasi, hidupkan laptop atau smartphone, aktifkan Zoom, kemudian Anda bisa langsung menikmati liburan virtual.

Bagi yang mau praktis, Anda juga bisa langsung mengunjungi travel vlogger di Youtube. Pastinya, banyak travel vlogger yang sudah mengupload video liburan lengkap dengan tur di setiap tempat wisata yang dikunjunginya. 

10. Wisata Kuliner

loader
Wisata kuliner

Wisata kuliner hampir sejalan dengan tempat wisata. Bagi Anda yang lebih memilih cinta terhadap makanan, wisata kuliner ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi liburan di tahun 2021. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat rumah makan atau restoran di beberapa daerah yang memiliki makanan khas atau unik.

Rencanakan Liburan di Masa Pandemi dengan Matang

Liburan boleh dilakukan guna refreshing diri dari kesibukan. Namun, karena sekarang ini masih pandemi Covid-19, Anda perlu merencanakan liburan dengan sangat matang. Pilihlah tren liburan yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga keluarga. Selain itu, Anda juga perlu memastikan tujuan tempat wisata sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Lengkapi perjalanan liburan Anda dan keluarga dengan asuransi travel atau kesehatan.

Baca Juga: 5 Surga Wisata Alam Tersembunyi di Indonesia yang Keren Banget