Liburan di Palembang? Kunjungi 7 Destinasi Menarik Ini

Palembang memiliki keindahan alam yang menawan dan sangat menarik untuk dikunjungi. Selain pempeknya yang lezat dan menggoda selera, kota ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. 

Jika kamu berkunjung ke wilayah Sumatera, maka pastikan kamu menikmati beberapa hari di kota yang terbilang cukup besar ini. Kamu bisa menikmati beragam kulinernya yang sedap, termasuk berbagai wisata alamnya yang luar biasa.

Berikut ini adalah beberapa destinasi menarik dan wajib kamu kunjungi saat berada di Palembang:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

jembatan ampera

Ikon Kota Palembang ini menjadi salah satu destinasi wajib yang akan selalu dikunjungi wisatawan. Jembatan Ampera yang membentang di atas Sungai Musi ini dibangun secara khusus untuk menghargai jasa mantan Presiden Indonesia yang pertama, yaitu Ir. Soekarno. 

Saat menikmati keindahan Jembatan Ampera, kamu juga bisa berkunjung ke Pasar Sekanak, sebuah pasar unik dan hanya berjarak sekitar 50 meter saja dari jembatan tersebut. Di pasar ini, kamu bisa menikmati wisata kuliner dan berbelanja berbagai souvenir unik khas Palembang. 

Selain itu, kamu juga bisa menikmati wisata budaya di Kota Tua Palembang yang lokasinya berada di kawasan tersebut.

Baca Juga: Liburan Ke Medan? 8 Tempat Wisata Ini Jangan Sampai Terlewatkan!

2. Air Terjun Bidadari di Lahat

Air terjun bidadari lahat
Air terjun bidadari via panduanwisata.id

Palembang juga memiliki air terjun nan indah, yakni Air Terjun Bidadari. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, air terjun menawan ini menawarkan keindahan alam yang tidak biasa. Kamu akan dimanjakan dengan keindahan dan juga nuansa alam sekitarnya yang masih begitu terjaga. 

Nama air terjun ini berkaitan dengan cerita tentang kawasan itu sendiri, dimana masyarakat setempat percaya bahwa air terjun tersebut merupakan tempat mandi para bidadari dari kayangan. Di tempat ini, kamu juga dapat berenang pada danau kecil yang terdapat di area bawahnya, sambil menikmati susunan batu-batu koral yang rapi dan indah. 

Lokasi: Karang Dalam, Kecamatan Penang (sekitar 8 km dari Kota Lahat) Palembang. Tiket masuk Rp 5.000,- per orang.

3. Air Terjun Lematang Indah

air terjun lematang indah

Air terjun yang satu ini menjadi pilihan destinasi wisata alam lainnya di Palembang. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter, air terjun ini dikelilingi alam yang indah dan sangat mempesona. Kamu bisa menikmati udara segar serta air yang begitu jernih di kawasan ini. 

Kawasan air terjun indah ini juga terbilang mudah untuk dicapai dan sudah dilengkapi dengan undakan yang rapi hingga ke lokasi. Hal ini akan mempermudah setiap pengunjung yang datang ke sini. 

Lokasi: Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Tiket masuk Rp 4.000,- per orang.

4. Air Terjun Bedegung

Air Terjun Bedegung

Air terjun ini merupakan satu di antara sejumlah air terjun yang paling tinggi di tanah air. Dengan ketinggian sekitar 99 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan indah dan tidak biasa. Kawasan ini terbilang masih alami dan memiliki keindahan yang menyejukkan mata. 

Jika dibandingkan dengan air terjun lainnya yang terdapat di Palembang, Air Terjun Bedegung ini menjadi yang paling sulit untuk dicapai. Perjalanan untuk mencapai kawasan air terjun harus dilakukan melewati tangga yang berada di atas aliran sungai. 

Bukan hanya itu saja, pengunjung juga harus menyeberang menggunakan jembatan besi dengan beberapa area berlubang di beberapa bagian. Namun perjuangan menuju tempat ini tentu akan sebanding dengan keindahan yang bisa dinikmati.

Lokasi: Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Tiket masuk Rp 5.000,-

Baca Juga: Tempat Makan di Surabaya yang Enak, Murah dan Cocok untuk Para Backpacker

5. Taman Pelangi Sriwijaya

Taman pelangi sriwijaya
Taman pelangi sriwijaya via tamanpelangisriwijaya.blogspot.com

Taman unik ini merupakan taman hiburan dengan berbagai wahana menarik di dalamnya. Taman yang resmi dibuka pada tahun 2014 silam ini menawarkan nuansa malam yang indah di Kota Palembang. 

Kamu bisa menemukan banyak spot cantik untuk berfoto, lengkap dengan hiasan lampu warna-warni yang menarik. Bukan hanya itu saja, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana yang terdapat disana, seperti: Romantic Garden, Rumah Balon, Paddle Boat, Trampolin, dan yang lainnya. 

Lokasi: Jln. Gubernur Hasan Basri, Jakabaring, Palembang. Tiket masuk Rp 15.000,- per orang (hari biasa) atau Rp 25.000,- per orang (akhir pekan/ libur). Harga tiket masuk ini belum termasuk tiket wahananya.

6. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak menjadi destinasi wajib untuk kamu yang suka wisata sejarah. Benteng ini merupakan bangunan bersejarah warisan dari keraton Kesultanan Palembang, yakni Sultan Mahmud Badaruddin 1. 

Benteng ini mulai dibangun dari tahun 1780 dan selesai di tahun 1797. Tidak hanya menikmati wisata sejarahnya saja, dari lokasi benteng ini pengunjung juga melihat kemegahan Jembatan Ampera di atas Sungai Musi nan indah.

Lokasi: Jalan Sultan Mahmud Badaruddin, Dusun 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tiket masuk: Rp 5000,- per orang.

7. Green Paradise Pagaralam

Green Paradise Pagaralam
Green Paradise Pagaralam via www.pergidulu.com

Green Paradise Pagaralam akan menjadi destinasi tepat untuk kamu yang suka wisata alam. Di Lokasi ini kamu bisa menikmati banyak destinasi wisata sekaligus, seperti: danau, Sungai Lematang, pegunungan, bahkan hamparan kebun teh yang hijau nan indah. 

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di tempat ini, mulai dari memancing, berenang, berkuda, serta aktivitas menarik lainnya. 

Lokasi: Desa Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara, Kabupaten / Kota Pagar alam, Provinsi Sumatera Selatan. Tiket masuk Rp 5.000,- per orang (dewasa) dan Rp.2.500,- per orang (anak-anak).

Nikmati Liburan Seru di Palembang

Palembang memiliki banyak destinasi wisata menarik, beberapa bahkan begitu indah dan menakjubkan. Jika kamu termasuk pecinta wisata alam, kunjungi kawasan ini untuk menikmati air terjun dan juga pemandangan alamnya yang indah. Rencanakan liburanmu ke Palembang sekarang juga dan nikmati wisata alam indah yang tak terlupakan.

Baca Juga: 5 Daftar Destinasi Wisata Menarik Di Gorontalo