Liburan saat Bulan Puasa? Jangan Abaikan ini

Siapa bilang saat berpuasa itu harus di rumah melulu? Anda bisa bepergian ke mana saja selama berpuasa, termasuk ke luar negeri untuk menikmati suasana puasa yang berbeda.

Pergilah menjelajah tempat-tempat baru dan jadikan bulan Ramadan kali ini lebih menyenangkan dari puasa tahun sebelumnya. Tentunya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar puasa Anda tidak terganggu selama liburan.

Persiapan apa saja yang dibutuhkan agar liburan berjalan lancar dan menyenangkan? Lakukan tips-tips berikut ini.

1. Menentukan dan Memilih Destinasi Liburan yang Tepat

Pertama-tama, tentukan destinasi liburan, apakah itu di dalam negeri atau di luar negeri. Hindari destinasi yang terlalu jauh karena dapat menguras lebih banyak tenaga.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih tempat yang letaknya masih berdekatan dengan kota tempat tinggal. Kalaupun ingin ke luar negeri, sebaiknya kunjungilah negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, atau lainnya yang hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 1 atau 2 jam lebih.

Pastikan kota atau negara yang Anda kunjungi ramah muslim untuk mengurangi godaan yang datang dari dunia luar. Misalnya godaan makan atau minum karena sebagian kafe atau restoran di tempat tujuan yang muslim friendly biasanya akan ditutup di siang hari.