Lika-Liku Perjalanan Karier Nindy Ayunda, Penyanyi Sekaligus Sosialita Cantik

Anindia Yandirest Ayunda Fadli, atau lebih dikenal dengan sapaan Nindy Ayunda telah lama berkarier di industri entertainment Indonesia. Tak hanya menjajal dunia tarik suara, akting, dan modeling, Nindy kini makin terkenal aktif sebagai YouTuber, selebgram, serta business woman. 

Kerap bergaya glamor dan mewah, publik telah mengenal kiprah Nindy sejak tahun 2006 silam. Selain berduet dalam lagu Untuk Sahabat bersama Audy Item, bintang iklan Olay of Ulan ini juga telah menelurkan sejumlah hits lainnya seperti Buktikan, Matahari, dan Cinta Cuma Satu. 

Baca Juga: Gak Nyangka! Ternyata Ini Rahasia Nia Ramadhani Bisa Hidup Bergelimang Harta

Duet Untuk Sahabat Bersama Audy

Setelah menjuarai Sumbar Talenta, Nindy sempat memperlihatkan kebolehannya bernyanyi di Kedutaan Besar Malaysia. Namun gerbang menuju panggung belantika musik Tanah Air baru terbuka setelahnya. 

Wanita yang lahir di Padang, pada 10 Januari 1989 ini keluar sebagai pemenang di kontes Olay Duet with Audy Item (2006). Kemenangan tersebut lantas membawanya ke dapur rekaman. 

Bersama Audy, ia berduet membawakan lagu Untuk Sahabat yang terdapat di dalam album bertajuk 23-03. Sejak saat itu, wajah cantik Nindy kian dikenal. Namanya pun semakin naik daun dengan talenta menyanyi yang diakui. 

Karier yang Kian Meroket

Sebelumnya, tak pernah terbayangkan baginya untuk meniti karier di panggung hiburan Tanah Air. Namun nyatanya, putri dari pasangan Ratmulyati dan Fadli Yunis ini kian meroket sebagai penyanyi. 

Ia dipercaya untuk membawakan OST. Badai Pasti Berlalu yang berjudul Matahari di tahun 2007. Di tahun yang sama, alumni SMA Labschool Jakarta dan Public Relation dari Universitas Paramadina ini pun sempat berkolaborasi membawakan lagu Tidur Malam Ini bersama grup musik Bragi. 

Akhirnya, Nindy pun semakin serius menjajal dunia tarik suara. Album solo pertamanya yang bertajuk Tak Pernah Kubayangkan berhasil dirilis di tahun 2008. Dengan dukungan musisi kenamaan seperti Bebi Romeo, Aldi Bragi, dan Tohpati, Nindy berhasil merampungkan full album tersebut.

Berkat kedua single yang berjudul Buktikan dan Cinta Cuma Satu yang melejit, nama Nindy pun makin populer di kalangan masyarakat. Pada tahun 2009, MTV menyebut Nindy Ayunda sebagai solois wanita top kedua setelah BCL (Bunga Citra Lestari).

Menyambut Bulan Suci Ramadan di tahun 2009, ia kembali berkolaborasi dengan Hijau Daun dalam recycle lagu Akhirnya. Lagu tersebut diketahui juga pernah dibawakan oleh Gigi.

Meraih Best Female Pop Trendy

Selain itu, Nindy berduet dengan Human Band untuk lagu Jangan Lama-Lama (2010). Lagu tersebut menjadi soundtrack film layar lebar Seleb Kota Jogja (SKJ) yang juga ikut dibintangi olehnya. 

Adapun bersama Lala dan Terry, Nindy Ayunda sempat merilis single berjudul Setulus Hati di bawah naungan label Sony Music Entertainment. Memasuki tahun 2011, Nindy dianugerahi trofi dari AMI (Awards Anugerah Musik Indonesia) untuk kategori Best Female Pop Trendy

Hingga pada tahun 2014, Nindy yang sudah menikah kembali menyapa penggemar dengan rilisan album Cinta Yang Baru. Single bertajuk Terbiasa Bahagia sempat dirilisnya dan mendapat sambutan meriah dari para fans setianya.

Unjuk Gigi di Dunia Akting

Nindy Ayunda tercatat pernah bermain dalam beberapa film layar lebar. Pada tahun 2008 contohnya, ia hadir dalam film bisu Rien Pembunuh Berantai yang diproduksi oleh Diwangkara Film. Dalam film ini, Nindy beradu akting dengan Guntur Triyoga, Ayu Diana dan Ubaydillah.

Kemudian di tahun 2010, ia kembali hadir dalam film berjudul Pengantin Cinta serta Seleb Kota Jogja (SKJ) garapan Starvision Plus. 

Selain menampilkan Nindy, film komedi Seleb Kota Jogja (SKJ) ini turut dibintangi oleh deretan aktor dan aktris papan atas. Di antaranya ialah Trio SKJ (Juan Rangga, Tama, dan Bagus), Andy /rif, Cinta Laura, Butet Kertaradjasa, dan Jaja Miharja.

Baca Juga: Dari Penyanyi Hingga Sukses Jalankan Gurita Bisnis, Begini Perjalanan Karier Ashanty

Sosialita yang Modis dan Stylish

Kerap terlihat bergaya hidup extravaganza, Nindy sering pergi berlibur ke luar negeri. Tak hanya menempati hunian mewah. Ia juga mempunyai gaya fashion yang unik dan glamour, dengan beragam barang branded yang dibanderol dengan harga selangit.

Tak jarang, ia terlihat sering mengenakan berbagai aksesoris yang lucu, artistik, bahkan nyeleneh. Contohnya, pernah Nindy menggendong tas yang bentuknya persis seperti mie instan. Alhasil, para fans dan netizen pun kerap tertarik untuk menyimak kesehariannya.

Terlebih, Nindy sukses mempertahankan body goal yang singset dan langsing. Program dietnya yang berhasil tersebut mengundang decak kagum dari para penggemarnya. Padahal seperti diketahui, dirinya telah melahirkan dua orang anak.

Sebagai sosialita, wanita yang tampil trendi dan awet muda ini kerap bersahabat akrab dengan para artis cantik lainnya. Salah satunya ialah Ririn Ekawati, Ashanty, Ussy Sulistiawaty, hingga tak ketinggalan Olla Ramlan.

Nindy Ayunda dan Suami

Prahara yang menimpa biduk rumah tangga Nindy Ayunda masih hangat diperbincangkan. Pada bulan Mei 2021, Nindy diketahui telah resmi menyandang status janda. Pengadilan Agama Jakarta Selatan telah memutuskan bahwa pernikahannya dengan Askara Parasady Harsono telah berakhir.

Nindy melaporkan Askara ke pihak yang berwajib pada Desember 2020 lalu. Menurutnya, keputusan tersebut ia lakukan karena kesabaran ada batasnya. 

Pasalnya, Nindy mengaku bahwa Askara tak pernah memberi nafkah, berbohong, berselingkuh dengan banyak wanita, serta melakukan KDRT. Padahal, selama ini diketahui bahwa Askara ialah pengusaha tajir melintir.

Meski begitu, pihak Askara membantah tudingan dari Nindy tersebut. Adapun kini, Askara sudah berstatus tersangka atas dugaan tindak kekerasan rumah tangga yang dituduhkan kepadanya.

Selain itu, ia telah divonis 9 bulan penjara atas kasus kepemilikan senjata api ilegal dan penyalahgunaan narkotika. Kini yang bersangkutan tengah berada di balik jeruji besi.

Sebelumnya, Nindy dan Askara menikah pada 11 November 2011. Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai dua orang anak. Pertama ialah Abhirama Danendra Harsono. Sedangkan yang kedua ialah Dhinira Parasady Harsono.

Giat Menjajal Berbagai Bisnis

Sebagai penggiat usaha, Nindy merilis clothing dengan brand bernama H O M E B Y N I N D Y. Di bawah line tersebut, ia menyediakan busana casual yang modis untuk sehari-hari. 

Selain itu, Nindy juga menjajal usahanya sebagai digital creator. Kanal YouTube miliknya yang bernama Nindy Ayunda telah mendapatkan 123 ribu subscribers. 

Ia kerap membagikan beragam konten. Mulai dari beraneka resep masakan hingga tips busana untuk mix and match berbagai outfit.

Adapun usaha lainnya di bidang food and beverages ialah Ganbatea. Minuman teh hijau dan milkshake yang kaya akan nutrisi menyehatkan ini banyak digandrungi karena sensasi segarnya. Adapun inovasi terbaru dari Ganbatea ialah Ichigo Soursop yang menggabungkan kesegaran teh hijau serta buah sirsak.

Diklaim sebagai pionirnya minuman Sakura Boba, gerai Ganbatea hingga saat ini telah dibuka di berbagai kota besar. Salah satunya ialah Jakarta, Bandung, Tangerang, Banjarmasin, dan masih banyak lagi. 

Usir Kesedihan dengan Kegiatan Positif

Tak ada gading yang tak retak. Nyatanya, kehidupan pribadi Nindy Ayunda memang tak semanis seperti yang diperlihatkannya di media sosial. 

Nindy yang baru saja menjalani proses perceraian tentu masih terpukul hebat. Tak ada yang menyangka bahwa selama bertahun-tahun ia berusaha menutupi masalah rumah tangga yang dialaminya. Terlebih ia kerap bersikap seolah kehidupan rumah tangganya berjalan serba harmonis. 

Walaupun demikian, ia berusaha untuk tak tenggelam berlarut-larut dalam kesedihannya. Demi mengusir tekanan hidup yang dialaminya, ia memilih untuk menekuni kegiatan yang positif, terus berbisnis, dan melanjutkan hidup. 

Baca Juga: Profil Arini Subianto, Perempuan Terkaya di Indonesia dengan Harta Triliunan