Pernah Manggung Dibayar Kecil, Kini Tiara Andini Sudah Bisa Beli Rumah Sendiri dari Bernyanyi

Nama Tiara Andini jadi populer semenjak mengikuti ajang Indonesian Idol 2020. Ia pun berhasil menduduki posisi runner-up dan terkenal di seluruh Nusantara. Terlebih, Tiara bersama Lyodra dan Ziva berhasil mengantongi Genk Idol Terdahsyat dalam Dahsyatnya Awards 2020. 

Selain itu, dara belia kelahiran Jember, 23 September 2001 ini telah melebarkan sayapnya ke ranah akting dan memandu acara. Dalam sinetron Amanah Wali 4 (2020) yang tayang di RCTI, Tiara unjuk gigi memperlihatkan kebolehannya berakting. Ia juga kemudian menjadi presenter di beberapa acara televisi.

Baca Juga: Gisella Anastasia, Jebolan Indonesian Idol yang Kini Sukses Jadi Artis Sekaligus Pebisnis Tajir

Talenta Bernyanyi Terlihat Sedari Kecil

View this post on Instagram

A post shared by TIARA (@tiaraandini)

Sejak masih duduk di bangku TK, pemilik nama lengkap Tiara Anugrah Eka Setyo Andini ini sudah mahir bernyanyi. Memasuki usia SD, putri dari Sari Yoshida Setyosari dan Deddy Nugroho tersebut kemudian mengikuti kursus olah vokal. 

Kecintaan terhadap dunia tarik suara membuatnya menjuarai berbagai lomba menyanyi di Jember, Jawa Timur. Ia pun mendalami berbagai macam genre musik dan semakin fasih menyanyikan lagu-lagu keroncong hingga Mandarin yang beraneka ragam tingkat kesulitannya. Alhasil, bakat Tiara menjadi semakin terasah.

Bahkan, ia pun sempat mencuri perhatian boyband K-Pop senior, Super Junior, di ceremony penutupan ajang Asian Games 2018. Ketika itu, ia menjadi perwakilan dari kampung halamannya.

Juara 2 Indonesian Idol hingga Jadi Host dan Bintang Iklan

Dengan suaranya yang merdu dan lembut, Tiara sanggup mencuri hati publik dan dicintai masyarakat. Warna vokalnya yang bernuansa jazzy membuatnya berhasil menjadi juara kedua dari ajang Indonesian Idol 2020. Ia pun semakin dikenal luas di seluruh Nusantara. 

Wara-wiri di layar kaca, Tiara Andini sering dipercaya untuk menjadi host dan juga bintang iklan. Sebagai presenter, ia telah memandu acara Dahsyatnya 2020 yang tayang di RCTI. Ia juga tampil sebagai host dalam Tokopedia: Waktu Indonesia Belanja TV Show di SCTV dan Dahsyatnya 2021.

Tiara pun tampil membintangi sejumlah pariwara. Salah satunya seperti Good Day, Samsung Galaxy A Series, Smartfren Unlimited, dan tak ketinggalan Hanasui.

Lagu Tiara Andini

View this post on Instagram

A post shared by TIARA (@tiaraandini)

Gemintang Hatiku, Maafkan Aku #TerlanjurMencinta, dan 365 menjadi single terkenal dari Tiara Andini di tahun 2020. Kini, Tiara bahkan telah mempunyai fans garis keras dalam jumlah banyak. 

Di tahun 2021, Tiara akhirnya meluncurkan sebuah EP (mini album). Berduet dengan Arsy Widianto, ArTi Untuk Cinta (2021) menjadi favorit para penggemar mereka.

Dalam mini album tersebut, terdapat sejumlah lagu yang juga diterima anak muda. Di antaranya seperti Diam-Diam, Cintanya Aku, serta Bahaya dan Bahaya yang dibuat dalam versi Korea.

Tak hanya itu saja, Tiara juga kembali mengeluarkan Hadapi Berdua, sebuah single lain darinya. Adapun single lainnya yang berjudul Memilih Aku kembali dibawakan bersama Arsy Widianto. Lagu Memilih Aku diketahui menjadi lagu tema dari Telkomsel.

Tak hanya menelurkan single dan mini album sebagai penyanyi solo. Tiara juga sempat berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi lainnya.

Di bawah naungan Def Jam Indonesia dan Universal Music Indonesia, Tiara bersama 25 penyanyi lainnya merilis Damaikan Dunia (2020). Demikian juga dengan single bertajuk Indonesia Jaya (2020) yang dinyanyikannya bersama dengan delapan orang finalis Indonesian Idol X.

Baca Juga: Indonesian Idol Jadi Ajang Pencarian Bakat Bergengsi di Indonesia, Ini Ulasannya

Sukses Bawakan Maafkan Aku #TerlanjurMencinta

Kesuksesan Tiara Andini semakin jadi sorotan sewaktu lagu Maafkan Aku #TerlanjurMencinta sukses besar di pasaran. Seperti diketahui, lagu #TerlanjurMencinta dibuat dalam tiga versi yang juga dinyanyikan oleh Lyodra dan Ziva. 

Adapun Tiara dipercaya untuk menyanyikan versi Maafkan Aku #TerlanjurMencinta. Berkat lagu sendu garapan Yovie Widianto tersebut, Tiara lagi-lagi berhasil mengantongi beragam penghargaan.

Meledak di pasaran, video musik Maafkan Aku Tiara Andini menjadi unggulan dan telah ditonton 78 juta kali di YouTube. Sementara video klip versi Lyodra, Mengapa Kita #TerlanjurMencinta, menduduki posisi kedua dan telah ditonton sekitar 30 juta kali. 

Barulah di urutan ketiga, menyusul kemudian versi Ziva Magnolya. Video klip Tak Sanggup Melupa #TerlanjurMencinta, berada di posisi ketiga dengan total pemutaran mencapai 23 juta penonton di YouTube.

Sejumlah penghargaan lagi-lagi kembali diraih Tiara berkat lagu galau dengan aransemen yang meneduhkan tersebut. Dari Pahlawan Musik Lokal Jak FM 2020, Tiara berhasil meraih penghargaan Pahlawan Perempuan Terfavorit. Lagu Maafkan Aku #TerlanjurMencinta juga mendapatkan predikat Lagu Galau Terfavorit serta Lagu Terfavorit.

Sementara dari Resso Indonesia Anthem Awards 2020, Maafkan Aku Tiara Andini telah sukses mendapat penghargaan Lagu Ternyanyi Bareng. Hingga memasuki tahun 2021, lagu Maafkan Aku #TerlanjurMencinta membuat Tiara menyabet penghargaan Lagu Terfavorit dari Telkomsel Awards.

Memboyong Beragam Penghargaan Bergengsi

View this post on Instagram

A post shared by TIARA (@tiaraandini)

Meski tergolong pendatang baru, namun pesona dan bakat Tiara telah membuatnya menorehkan sejumlah prestasi bergengsi. Ia pun berhasil memboyong sekian penghargaan bergengsi walaupun belum lama berkiprah di panggung hiburan Indonesia.

Dari Dahsyatnya Awards 2020, ia memenangkan penghargaan Host Terdahsyat serta Lagu Terdahsyat untuk single Gemintang Hatiku. Bersama Ziva dan Lyodra, Tiara juga mengantongi penghargaan Genk Idol Terdahsyat dari ajang tersebut.

Selain itu, ia juga meraih Penyanyi Cover Lagu Terambyar dari Ambyar Awards 2020 untuk lagu Pamer Bojo yang ia bawakan. Adapun dari RCTI+ Indonesian Digital Awards, Tiara berhasil memenangkan predikat Digital Darling Female.

Selanjutnya, Tiara meraih predikat Pendatang Baru Tersilet dari Silet Awards 2020. Sementara dari Anugerah Musik Indonesia 2020, ia meraih Pendatang Baru Terbaik.

Masih ada beberapa penghargaan keren lainnya yang dimenangkan Tiara. Salah satu yang paling membanggakan adalah ketika ia meraih Best New Asian Artist Indonesia dari Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2020, Korea Selatan.

Adapun dari JOOX Indonesia Music Awards, ia mendapatkan penghargaan Indonesian Artist of The Year 2021. Sementara dari RCTI+ Indonesian Digital Awards 2021, ia membawa pulang Most Favorite Host untuk acara Dahsyatnya 2021 (bersama Raffi Ahmad, Denny Cagur, dan Ayu Dewi).

Belajar Olah Vokal Sampai Menangis

Sebelum akhirnya sukses dan terkenal seperti sekarang, Tiara juga pernah ditempa kesulitan. Ia harus berjuang mengatasi beberapa rintangan, terutama sewaktu dirinya masih harus belajar olah vokal saat les menyanyi.

Kepada rekan media, Tiara mengaku jika dulu ia kerap merasa tertekan saat kesulitan sewaktu belajar olah vokal. Saking susahnya mempelajari berbagai lagu yang hendak dinyanyikannya, ia pun sampai menangis. Belum lagi jika mengingat pandangan sebelah mata dari teman-temannya sendiri. 

Namun walaupun harus ditempa sedemikian rupa, Tiara tetap tegar dan berusaha dengan maksimal. Pasalnya, menjadi penyanyi dengan karya yang dicintai telah menjadi impiannya sedari kecil.

Sudah Bisa Beli Rumah Sendiri

View this post on Instagram

A post shared by TIARA (@tiaraandini)

Sudah sukses besar, Tiara masih tak menyangka jika dia telah berhasil mewujudkan impian yang ia cita-citakan. Terlebih dengan popularitas serta kekayaan materi yang juga telah berhasil dikantonginya.

Dulu dirinya hanya dibayar Rp100 ribu saja untuk sekali manggung, atau Rp250 ribu per lagu Mandarin. Kini Tiara tentu sudah mendapatkan fee yang jauh lebih besar lagi. 

Bahkan sekarang ia sudah mampu membeli rumah sendiri di usia yang masih muda sekali. Semua itu ia dapatkan dari hasil keringat dan kerja kerasnya sendiri. Meski begitu, Tiara mengakui bahwa bantuan dan saran dari orangtuanya memegang peranan penting terkait pengelolaan income yang ia dapatkan.

Baca Juga: Gagal di 'Indonesian Idol', Kini Anji Manji Malah Jadi Penyanyi Berpendapatan Tertinggi