Kumpulan Resep Camilan Buka Puasa Sederhana yang Mudah Dibuat

Menjelang bulan Ramadan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain stamina dan fisik, mental pun juga harus dilatih agar siap berpuasa selama satu bulan penuh. Rasa lapar dan haus harus dilawan untuk meraih kemenangan di bulan suci. Ketika waktunya berbuka puasa, seringkali berbagai jenis camilan siap menyambut untuk mengisi perut yang lapar.

Camilan saat buka puasa atau yang biasa disebut takjil menjadi makanan wajib saat berbuka puasa. Apa jadinya jika berbuka tanpa takjil yang beraneka ragam jenis dan menggugah selera itu. Pasti terasa kurang lengkap dan tak menggugah selera makan, kan?

Akan tetapi berburu takjil kadang kala dapat menghabiskan energi. Hal ini dikarenakan ramainya jalanan yang diisi pemburu takjil lainnya, belum lagi makanan yang dijual dipinggir jalan seringkali terkena asap kendaraan atau debu. Tidak heran bila ada orang yang khawatir dari sisi kesehatan takjil yang dibeli.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah membuat takjil dirumah. Selain lebih aman, kamu bisa menentukan jenis takjil yang kamu inginkan sesuai selera. Tidak sulit dan bisa memberi pengalaman baru yang lebih menyenangkan, kamu bisa mencoba 9 resep camilan buka puasa sederhana yang pas untuk dibuat dan dinikmati selama bulan Ramadan. 

Baca Juga: Ngabuburit Jajan Takjil, Ini Tips Memilih Makanan yang Aman

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

9 Resep Camilan Buka Puasa Sederhana

Berikut ini adalah resep yang dapat kamu gunakan untuk membuat camilan buka puasa di rumah:

  1. Tempe Mendoan

    loader

    Tempe Mendoan

    Jenis camilan yang satu ini memang tak boleh ketinggalan. Tempe menjadi camilan favorit banyak orang. Itulah mengapa setiap olahan dari tempe tak pernah sepi peminat. 

    Membuat tempe mendoan di rumah terbilang sederhana dan tak memerlukan banyak waktu maupun tenaga. Berikut langkahnya:

    • Siapkan adonan yang terbuat dari tepung maizena, tepung krispi, air, gula, dan garam. (Tekstur adonan ini harus agak kental).
    • Potong tempe dengan tipis memanjang (ketebalan tempe kira-kira 1cm hingga 2cm maksimal).
    • Celupkan tempe kedalam adonan tepung.
    • Lalu, goreng pada minyak yang panas. 
    • Bila warnanya sudah cokelat keemasan, angkat tempe dan tiriskan.
    • Diamkan sebentar dan tempe mendoan siap disantap.

    Sebagai pelengkap, tempe mendoan bisa disantap dengan cocolan sambal petis, pun sambal kecap, atau dengan cabai rawit. Apalagi jika dimakan dalam kondisi masih panas, tempe mendoan ini pasti bisa menjadi kudapan yang sangat menggugah selera. 

  2. Tahu Kriwil

    Pertama, ada camilan buka puasa dari tahu. ‘Kriwil’ yang dimaksud adalah adonan tepung yang digoreng kering sehingga menghasilkan remahan krispi dan bikin ketagihan siapa saja yang menikmatinya.

    Tahu yang digunakan bisa tahu kuning maupun tahu putih. Kamu bisa memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai selera dan menambahkan potongan daun bawang agar membuatnya lebih kaya akan rasa.

    Cara memasaknya cukup mudah. Berikut langkahnya:

    • Siapkan adonan yang terbuat dari tepung maizena, tepung krispi, air, gula, dan garam. (Tekstur adonan ini harus agak kental).
    • Celupkan tahu pada adonan tepung yang telah selesai dibuat.
    • Lalu, goreng pada minyak yang panas. 
    • Sebagai langkah akhir, sisa adonan dalam wadah bisa kamu tuangkan pada tahu yang ada di penggorengan hingga membuatnya “kriwil” dan keriting. 
  3. Pisang Goreng Madu

    Selesai membahas camilan buka puasa dengan cita rasa yang asin, kini saatnya beranjak ke jenis gorengan bercita rasa manis yang juga biasa disantap saat berbuka puasa, yaitu, pisang goreng. Tekstur pisang yang lembut dan manis dicampur dengan adonan tepung yang gurih menjadi alasan mengapa pisang goreng menjadi camilan yang selalu diburu saat buka puasa.

    Kamu bisa membuat pisang goreng madu sendiri di rumah. Tidak sulit, pembuatan pisang goreng hanya perlu bahan pisang raja yang sudah matang, tepung terigu, gula, madu, dan sedikit garam. Kemudian, ikuti langkah ini.

    • Potong pisang menjadi beberapa bagian dengan ukuran sesuai selera.
    • Masukkan dalam adonan tepung terigu yang telah dicampur dengan air, gula, madu, dan garam.
    • Lalu, goreng sampai cokelat keemasan dan garing. 

    Hal yang perlu diingat adalah pisang yang digunakan harus yang benar-benar matang, ya. Hal ini karena tekstur pisang akan berubah sangat lembut bahkan lembek saat digoreng. Tapi, jika tak menyukai pisang goreng yang terlalu lembek, penggunaan pisang jenis lain atau yang tak terlalu matang juga bisa dijadikan pilihan.

  4. Donat Labu Kuning

    Nah, beralih dari gorengan yang begitu menggoda, camilan yang satu ini juga tak kalah menggugah selera, lho. Jika biasanya donat terbuat dari adonan kentang atau tepung, maka ada variasi lain yang patut dicoba, yaitu donat labu kuning. Cita rasa khas labu kuning yang manis dan gurih akan membuat siapa pun yang mencoba donat ini terpana. 

    Untuk membuatnya, caranya tak jauh berbeda dengan resep donat kentang, seperti, tepung protein tinggi, gula, garam, kuning telur, baking powder, dan mentega. Kamu hanya perlu mengganti bahan kentang dengan labu kuning.

    Lalu ulen adonan dan bulatkan sesuai selera, kemudiamkan diamkan sekitar 30-40 menit. Bila sudah dibentuk dan dibulatkan, goreng rendam dalam minyak panas hingga warnanya cokelat dan sedikit emas.

    Untuk taburan luar, penggunaan gula halus adalah pilihan terbaik. Namun, tanpa taburan pun donat labu kuning sudah terasa manis dan memanjakan lidah. 

  5. Onde-Onde Kentang

    Camilan lain yang bisa dipilih sebagai kudapan saat berbuka puasa adalah onde-onde kentang. Biasanya, onde-onde akan dibuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau halus. Tapi kali ini, kamu bisa mencampurnya dengan kentang. 

    Proses pembuatannya memang tak jauh beda dengan pembuatan onde-onde pada umumnya. Hanya saja ketika membuat adonan kulit luar, perlu ditambahkan kentang yang telah dihaluskan. Untuk isiannya pun bisa lebih variatif sesuai dengan selera dan kreativitasmu. 

    Kentang yang digunakan untuk campuran kulit onde-onde bisa membuat tekstur kulit menjadi lebih lembut dan empuk. Jadi, meskipun dimakan saat dingin tak akan menjadikan onde-onde terasa keras dan sulit digigit. 

  6. Martabak Manis Lipat

    Jenis camilan yang satu ini memang tak boleh hilang dari daftar makanan yang menggugah selera. Rasa manisnya yang khas ditambah topping yang bervariatif menjadikan makanan ini sangat cocok dijadikan makanan pembuka. Untuk dijadikan camilan buka puasa sederhana di rumah, kamu bisa membuatnya dalam ukuran relatif kecil agar lebih mudah ketika hendak menyantapnya.

    Adonan yang digunakan sama persis dengan adonan martabak manis pada umumnya. Perbedaannya terletak pada cetakan yang digunakan, yaitu berupa teflon yang berukuran kecil atau sedang. Caranya, 

    • Panaskan teflon terlebih dahulu dengan mengoleskan mentega di atasnya. 
    • Kemudian, tuang adonan martabak manis ke atas teflon, letakkan penutup, dan masak dengan api kecil hingga matang. 
    • Untuk topping, bisa kamu tambahkan di bagian atas martabak manis, lalu lipat menjadi bagian yang lebih kecil. 
    • Olesi mentega di atasnya agar lebih wangi dan enak.
  7. Cilok Daging

    Semua sepakat bahwa camilan ini memang selalu menjadi idola. Teksturnya yang unik serta tambahan bumbu yang begitu banyak macamnya menjadi alasan cilok tak pernah sepi pembeli. Apalagi jika ditambahkan dengan isian yang variatif, tentu membuat snack ini semakin menggugah selera.

    Nah, jika ingin menikmati cilok saat buka puasa, kamu bisa memasaknya sendiri, lho. Bahan yang dibutuhkan juga tak banyak, hanya tepung tapioka, daging, bawang putih, bawang merah, dan garam. Untuk cara memasaknya: 

    • Haluskan terlebih dahulu daging dan bumbu-bumbu. Daging yang digunakan boleh daging ayam ataupun sapi, tergantung selera atau bahan yang ada. 
    • Kemudian campurkan tepung tapioka dan air sampai adonan menjadi lembek dan bisa dibentuk. 
    • Lalu, bentuk adonan menjadi bulatan kecil. Kemudian pipihkan dan masukkan daging yang sudah disiapkan ke dalam adonan tersebut. 
    • Rebus dalam air mendidih atau kamu bisa juga mengukusnya. 
    • Setelah matang, kamu bisa menyantapnya dengan saus sambal, saus tomat, saus kacang, atau bisa juga dengan variasi sambal lain sesuai selera. 
  8. Puding Susu Jeruk

    Jika bosan dengan aneka gorengan dan makanan manis, maka saatnya mencoba camilan untuk buka puasa yang segar. Apalagi kalau bukan puding. Camilan yang satu ini memang begitu identik dengan menu buka puasa dan bahkan tak sedikit orang menjadikannya sebagai menu yang wajib tersedia.

    Namun, jika bosan dengan sajian puding yang itu-itu saja, kini hadir variasi baru yang patut dicoba yaitu puding susu jeruk. Dari namanya saja pasti sudah terbayang betapa segarnya puding yang memiliki cita rasa jeruk dan susu tersebut bercampur. 

    Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan agar-agar atau puding, susu, jeruk, dan gula. Caranya hampir sama saat membuat puding, yaitu: 

    • Campurkan bubuk agar-agar atau puding dengan susu dan gula.
    • Kemudian, rebus sampai mendidih sambil diaduk di api kecil. 
    • Jika sudah mendidih, tuangkan adonan puding tersebut ke dalam wadah atau cetakan yang sudah diberi potongan buah jeruk sebelumnya. 
    • Diamkan selama beberapa menit dan masukkan ke dalam kulkas.
    • Puding pun siap dinikmati.
  9. Kroket Kentang

    Camilan yang terbuat dari kentang ini tidak pernah gagal membuat perut terisi dan lidah termanjakan. Kroket memang membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih, namun hasilnya sangat memuaskan serta tingkat kegagalannya juga rendah. Berikut cara membuatnya:

    • Campurkan 500 gram kentang yang dikupas dan dihaluskan (kukus, rebus, panggang, atau goreng lalu dihaluskan) dengan 2 sdm susu bubuk, 200 gram daging sapi atau ayam giling, wortel halus, dan seledri yang dipotong tipis-tipis.
    • Masukkan juga tumisan bawang putih dan merah yang halus, garam, merica, gula, tepung terigu, tepung panir dan sedikit air dalam adonan.
    • Bulatkan adonan lalu lumuri ke tepung terigu atau maizena, telur kocok atau tepung basah, dan tepung roti.
    • Goreng di minyak panas sampai cokelat keemasan dan garing.
    • Kroket siap disantap dengan cabai atau sambal sebagai pelengkap.

Baca Juga: Inilah Tips yang Bisa Diterapkan untuk Menghindari Stres Ketika Melakukan Perjalanan Panjang

Tak Ada Lagi Alasan Buka Puasa Terasa Hambar dengan Ide Camilan yang Menggugah Selera

Itulah tadi beberapa camilan yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah dan praktis sebagai teman berbuka puasa. Dengan adanya camilan, momen berbuka puasa tentu akan terasa jauh lebih nikmat dan mampu menghilangkan rasa lapar dan dahaga setelah seharian menahan nafsu makan. Jadi, sudah tahu camilan mana yang bakal kamu buat untuk buka puasa nanti? 

Baca Juga: Mengenal Sociolla, E-Commerce Jual Beli Produk Kecantikan yang Lengkap