Kumpulan Resep Camilan Buka Puasa Sederhana yang Mudah Dibuat

Menjelang bulan Ramadan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain stamina dan fisik, mental pun juga harus dilatih agar siap berpuasa selama satu bulan penuh. Belum lagi jika bulan puasa nanti masih harus dilewati di tengah suasana pandemi, pasti akan cukup berat mengingat ruang gerak dan aktivitas yang dibatasi.

Untuk itu, perlu rasanya mengatur strategi agar bisa melewati Ramadan tanpa harus risau dan takut yang berlebihan meski harus selalu menjaga jarak. Beberapa kebiasaan selama bulan puasa harus dikurangi, bahkan dihilangkan demi meminimalkan kontak dengan lingkungan luar. Salah satunya yaitu kebiasaan berburu camilan untuk buka puasa di luar rumah.

Ya, camilan atau yang biasa disebut takjil menjadi makanan wajib saat berbuka puasa. Apa jadinya jika berbuka tanpa takjil yang beraneka ragam jenis dan menggugah selera itu. Pasti terasa kurang lengkap dan tak menggugah selera makan, kan?

Nah, agar tak kecewa dan sedih, kamu bisa memasak sendiri camilan yang biasa disantap saat berbuka puasa. Selain lebih aman, kamu bisa menentukan jenis takjil yang kamu inginkan sesuai selera. Tidak sulit dan bisa memberi pengalaman baru yang lebih menyenangkan, kamu bisa mencoba 8 resep camilan buka puasa sederhana yang pas untuk dibuat dan dinikmati selama bulan Ramadan. 

Baca Juga: Ngabuburit Jajan Takjil, Ini Tips Memilih Makanan yang Aman

8 Resep Camilan Buka Puasa Sederhana

  1. Tahu Kriwil

    loader

    Tahu Kriwil

    Pertama, ada camilan buka puasa dari tahu. Ya, ‘kriwil’ yang dimaksud adalah adonan tepung yang digoreng kering sehingga menghasilkan remahan krispi dan bikin ketagihan siapa saja yang menikmatinya.

    Tahu yang digunakan bisa tahu kuning maupun tahu putih. Kamu bisa memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai selera, kemudian, siapkan adonan luar yang terbuat dari tepung maizena, tepung krispi, air, gula, dan garam. Tergantung selera, kamu bisa juga menambahkan potongan daun bawang agar membuatnya lebih kaya akan rasa. 

    Cara memasaknya cukup mudah. 

    1. Celupkan tahu pada adonan tepung yang telah selesai dibuat.
    2. Lalu, goreng pada minyak yang panas. 
    3. Sebagai langkah akhir, sisa adonan dalam wadah bisa kamu tuangkan pada tahu yang ada di penggorengan hingga membuatnya “kriwil” dan keriting. 
  2. Tempe Mendoan

    loader

    Tempe Mendoan

    Jenis camilan yang satu ini memang tak boleh ketinggalan. Tempe menjadi, tidak hanya makanan, tapi juga camilan favorit banyak orang. Itulah mengapa setiap olahan dari tempe tak pernah sepi peminat. 

    Membuat tempe mendoan di rumah terbilang sederhana dan tak memerlukan banyak waktu maupun tenaga. Kamu hanya perlu mengiris tempe menjadi beberapa bagian dengan ketipisan sesuai selera. Kemudian, balut dengan adonan tepung yang sudah dibumbui dan goreng sampai berwarna kuning keemasan. 

    Sebagai pelengkap, tempe mendoan bisa disantap dengan cocolan sambal petis, pun sambal kecap, atau dengan cabai rawit. Apalagi jika dimakan dalam kondisi masih panas, tempe mendoan ini pasti bisa menjadi kudapan yang sangat menggugah selera. 

  3. Pisang Goreng Madu

    loader

    Pisang Goreng Madu

    Selesai membahas camilan buka puasa dengan cita rasa yang asin, kini saatnya beranjak ke jenis gorengan bercita rasa manis yang juga biasa disantap saat berbuka puasa, yaitu, pisang goreng. Tekstur pisang yang lembut dan manis dicampur dengan adonan tepung yang gurih menjadi alasan mengapa pisang goreng menjadi camilan yang selalu diburu saat buka puasa.

    Nah, jika tak mau antre membelinya, kamu bisa membuat pisang goreng madu sendiri di rumah. Tidak sulit, pembuatan pisang goreng hanya perlu bahan pisang raja yang sudah matang, tepung terigu, gula, madu, dan sedikit garam. Kemudian, ikuti langkah ini.

    1. Potong pisang menjadi beberapa bagian dengan ukuran sesuai selera.
    2. Masukkan dalam adonan tepung terigu yang telah dicampur dengan air, gula, madu, dan garam.
    3. Lalu, goreng sampai matang. 

    Hal yang perlu diingat adalah pisang yang digunakan harus yang benar-benar matang, ya. Hal ini karena tekstur pisang akan berubah sangat lembut bahkan lembek saat digoreng. Tapi, jika tak menyukai pisang goreng yang terlalu lembek, penggunaan pisang jenis lain atau yang tak terlalu matang juga bisa dijadikan pilihan.

  4. Donat Labu Kuning

    loader

    Donat Labu Kuning

    Nah, beralih dari gorengan yang begitu menggoda, camilan yang satu ini juga tak kalah menggugah selera, lho. Jika biasanya donat terbuat dari adonan kentang, maka ada variasi lain yang patut dicoba, yaitu donat labu kuning. Cita rasa khas labu kuning yang manis dan gurih akan membuat siapa pun yang mencoba donat ini terpana. 

    Untuk membuatnya, caranya tak jauh berbeda dengan resep donat kentang, seperti, tepung protein tinggi, gula, garam, kuning telur, baking powder, dan mentega. Kamu hanya perlu mengganti bahan kentang dengan labu kuning. Untuk taburan luar, penggunaan gula halus adalah pilihan terbaik. Namun, tanpa taburan pun donat labu kuning sudah terasa manis dan memanjakan lidah. 

  5. Onde-Onde Kentang

    loader

    Onde-Onde Kentang

    Camilan lain yang bisa dipilih sebagai kudapan saat berbuka puasa adalah onde-onde kentang. Biasanya, onde-onde akan dibuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau halus. Tapi kali ini, kamu bisa mencampurnya dengan kentang. 

    Proses pembuatannya memang tak jauh beda dengan pembuatan onde-onde pada umumnya. Hanya saja ketika membuat adonan kulit luar, perlu ditambahkan kentang yang telah dihaluskan. Untuk isiannya pun bisa lebih variatif sesuai dengan selera dan kreativitasmu. 

    Kentang yang digunakan untuk campuran kulit onde-onde bisa membuat tekstur kulit menjadi lebih lembut dan empuk. Jadi, meskipun dimakan saat dingin tak akan menjadikan onde-onde terasa keras dan sulit digigit. 

  6. Martabak Manis Lipat

    loader

    Martabak Manis Lipat

    Jenis camilan yang satu ini memang tak boleh hilang dari daftar makanan yang menggugah selera. Rasa manisnya yang khas ditambah topping yang bervariatif menjadikan makanan ini sangat cocok dijadikan makanan pembuka. Untuk dijadikan camilan buka puasa sederhana di rumah, kamu bisa membuatnya dalam ukuran relatif kecil agar lebih mudah ketika hendak menyantapnya.

    Adonan yang digunakan sama persis dengan adonan martabak manis pada umumnya. Perbedaannya terletak pada cetakan yang digunakan, yaitu berupa teflon yang berukuran kecil atau sedang. Caranya, 

    1. Panaskan teflon terlebih dahulu dengan mengoleskan mentega di atasnya. 
    2. Kemudian, tuang adonan martabak manis ke atas teflon, letakkan penutup, dan masak dengan api kecil hingga matang. 
    3. Untuk topping, bisa kamu tambahkan di bagian atas martabak manis, lalu lipat menjadi bagian yang lebih kecil. 
  7. Cilok Daging

    loader

    Cilok Daging

    Semua sepakat bahwa camilan ini memang selalu menjadi idola. Teksturnya yang unik serta tambahan bumbu yang begitu banyak macamnya menjadi alasan cilok tak pernah sepi pembeli. Apalagi jika ditambahkan dengan isian yang variatif, tentu membuat snack ini semakin menggugah selera.

    Nah, jika ingin menikmati cilok saat buka puasa, kamu bisa memasaknya sendiri, lho. Bahan yang dibutuhkan juga tak banyak, hanya tepung tapioka, daging, bawang putih, bawang merah, dan garam. Untuk cara memasaknya: 

    1. Haluskan terlebih dahulu daging dan bumbu-bumbu. Daging yang digunakan boleh daging ayam ataupun sapi, tergantung selera atau bahan yang ada. 
    2. Kemudian campurkan tepung tapioka dan air sampai adonan menjadi lembek dan bisa dibentuk. 
    3. Lalu, bentuk adonan menjadi bulatan kecil. Kemudian pipihkan dan masukkan daging yang sudah disiapkan ke dalam adonan tersebut. 
    4. Rebus dalam air mendidih atau kamu bisa juga mengukusnya. 
    5. Setelah matang, kamu bisa menyantapnya dengan saus sambal, saus tomat, saus kacang, atau bisa juga dengan variasi sambal lain sesuai selera. 
  8. Puding Susu Jeruk

    loader

    Puding Susu Jeruk

    Jika bosan dengan aneka gorengan dan makanan manis, maka saatnya mencoba camilan untuk buka puasa yang segar. Apalagi kalau bukan puding. Camilan yang satu ini memang begitu identik dengan menu buka puasa dan bahkan tak sedikit orang menjadikannya sebagai menu yang wajib tersedia

    Namun, jika bosan dengan sajian puding yang itu-itu saja, kini hadir variasi baru yang patut dicoba yaitu puding susu jeruk. Dari namanya saja pasti sudah terbayang betapa segarnya puding yang memiliki cita rasa jeruk dan susu tersebut bercampur. 

    Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan agar-agar atau puding, susu, jeruk, dan gula. Caranya hampir sama saat membuat puding, yaitu: 

    1. Campurkan bubuk agar-agar atau puding dengan susu dan gula.
    2. Kemudian, rebus sampai mendidih. 
    3. Jika sudah mendidih, tuangkan adonan puding tersebut ke dalam wadah atau cetakan yang sudah diberi potongan buah jeruk sebelumnya. 
    4. Diamkan selama beberapa menit dan puding pun siap dinikmati. Simple, kan?

Baca Juga: Bikin Sendiri Lebih Sehat, Ini 5 Resep Takjil Buka Puasa yang Manis dan Gurih

Tak Ada Lagi Alasan Buka Puasa Terasa Hambar dengan Ide Camilan yang Menggugah Selera

Itulah tadi beberapa camilan yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah dan praktis sebagai teman berbuka puasa. Dengan adanya camilan, momen berbuka puasa tentu akan terasa jauh lebih nikmat dan mampu menghilangkan rasa lapar dan dahaga setelah seharian menahan nafsu makan. Jadi, sudah tahu camilan mana yang bakal kamu buat untuk buka puasa nanti? 

Baca Juga: Sabar, Ini Ujian! Berikut Cara Menjalankan Puasa Ramadhan saat Pandemi Corona